Cara Menambahkan Subtitle Video YouTube Dengan Mudah

Cara Menambahkan Subtitle Video Youtube

YouTube menjadi platform yang sering orang nikmati untuk mencari informasi, edukasi, dan hiburan. Namun biasanya beberapa orang menonton YouTube sulit memahami karena adanya perbedaan bahasa. Sehingga para konten kreator harus bisa mencari cari menambahkan subtitle video YouTube agar mudah dipahami.

Apa Itu Subtitle YouTube?

Subtitle YouTube adalah cara yang sering pengguna akun YouTube gunakan untuk memunculkan teks atau tulisan agar orang mudah memahaminya. Beragam konten kreator dan penontonnya yang memiliki bahasa yang berbeda menjadi salah satu faktor. Anda yang sering menonton melalui YouTube pasti paham dengan hal itu. 

Manfaat Subtitle YouTube

Sebelum kita membahas tentang cara menambahkannya, berikut ini manfaat dari adanya subtitle YouTube untuk penonton dan konten kreator. 

1. Memudahkan Pemahaman Audiens

Dengan cara menambahkan subtitle video YouTube dengan benar akan memudahkan audiens memahaminya. Jika Anda lihat dari sudut penonton maka akan paham dengan hal tersebut. Ketika Anda sebagai penonton mencari video tetapi bahasa asing lalu terdapat subtitle bahasa sendiri akan mudah paham. 

2. Bagus Untuk SEO

Selanjutnya yaitu akan memberikan keuntungan berupa SEO yang nantinya akan lebih bagus lagi. Ketika Anda memiliki konten video yang bisa diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa yang berbeda akan meningkatkan SEO. Nantinya akan berpotensi untuk orang – orang di seluruh dunia bisa menikmati konten Anda. 

Anda yang lebih mengutamakan untuk memanfaatkan digital marketing seperti ini akan lebih cepat mengambil langkah. Mesin pencarian di YouTube nantinya akan mengutamakan teks caption yang memiliki beberapa bahasa. Kemudian Anda juga dapat bekerja sama dengan orang lain untuk membuat web tambahan bahasa asing. 

3. Meningkatkan Jangkauan Audiens

Berikutnya dari cara menambahkan subtitle video YouTube dengan beragam bahasa akan meningkatkan jangkauan audiens. Kita tahu bahwa di seluruh dunia memiliki banyak perbedaan bahasa, sehingga bisa Anda manfaatkan ke dalam subtitle video. Tentukan bahasa apa saja yang ingin Anda masukan dan cari tahu lebih dalam lagi.

Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Postingan Instagram Anti Ribet. Yuk, Simak!

Bagi Anda yang belum tahu ketika nantinya dalam video tersebut hanya memiliki satu bahasa saja akan merugikan dari jumlah penontonnya. Beberapa hasil riset menyatakan bahwa nantinya hanya mendapatkan 60% dari penonton Anda. Dengan subtitle multibahasa nantinya akan mudah menggaet penonton di luar sana

4. Membuat Brand Anda Lebih Unggul

Manfaat berikutnya yaitu akan membuat brand Anda lebih unggul dari yang lainnya. Tidak sedikit brand di luar sana tidak menyediakan beragam bahasa pada konten videonya. Hal ini bisa Anda manfaatkan dan cari peluang sebesar mungkin. Anda harus bisa mencari cara untuk siap mengatasi persaingan yang tidak ada habisnya.

Misalnya Anda mengupload sebuah video untuk mempromosikan suatu produk. Namun bahasa yang Anda gunakan hanya satu dan mungkin bagi beberapa orang ada yang tidak memahaminya. Dengan adanya subtitle dari beberapa bahasa yang tersedia maka secara tidak langsung dapat mencangkup pasar yang lebih luas lagi.

5. Meningkatkan Daya Tarik Penonton Dalam Keadaan Bising

Beberapa orang yang sedang beraktivitas di luar ruangan juga membutuhkan sebuah hiburan atau informasi. Mereka mencari hal tersebut biasanya melalui platform YouTube karena dapat menontonnya dalam bentuk video. Dengan YouTube ini tentunya setiap orang dapat mengakses kapanpun dan dimanapun.

Tetapi seperti orang – orang yang sedang di dekat jalan raya atau kerumunan pastinya sulit mendengar suara dari videonya. Maka dari itu dengan cara menambahkan subtitle video YouTube akan memudahkan penonton Anda. Sehingga ketika menonton video Anda nantinya akan tahu informasi apa yang tersampaikan.

6. Mempertahankan dan Banyak Melibatkan Berbagai Macam Audiens

Dengan Anda memberikan subtitle pada konten video YouTube maka akan mendapat berbagai macam orang saling terlibat dan mempertahankannya. Mereka akan sering menonton konten Anda yang memiliki subtitle dengan bahasa yang mereka mengerti. Dengan begitu mereka akan merasa senang dan semakin tertarik. 

Baca Juga:   Cara Download Video di TikTok Tanpa Tools, Dijamin Anti Ribet!

Misalnya Anda memiliki sebuah akun YouTube dan sering mengupload video dengan informasi gadget dan teknologi. Kemudian memberikan subtitle dengan bahasa inggris maka akan mudah menarik perhatian penonton luar. Sehingga mereka bisa saja sering menontonnya dan selalu memberikan komentar yang baik.


Cara Menambah Subtitle Video YouTube

Setelah Anda mengetahui manfaat dari adanya subtitle di YouTube. Berikutnya yaitu cara untuk menambahkan subtitle pada video YouTube yang bisa Anda terapkan juga nantinya.

1. Memakai Sinkronisasi Transkrip yang Ada Di YouTube

Untuk cara yang pertama ini Anda dapat membuka Video Manager di YouTube. Untuk mencari pilihan Video Manager tersebut dapat melalui My Channel atau klik Creator Studio. Setelah itu klik Edit pada video tersebut dan cari Subtitles and CC kemudian Anda klik. Selanjutnya klik Add New Subtitles dan pilih bahasa subtitle

Berikutnya Anda harus mentranskripsikan video ke dalam area teks. Setelah itu Anda cari pilihan Set Timings dan klik maka secara otomatis teks dengan video akan selaras. Nantinya subtitle yang sudah Anda sinkron akan muncul pada tampilan timeline. Jika sudah maka bisa segera Anda publish agar dapat melihat hasilnya.

2. Menggunakan Berkas Teks ke Video

Cara menambahkan subtitle video YouTube berikutnya dengan berkas teks. Langkah pertama Anda harus memakai program penyunting teks yang dari bawaan seperti TextEdit dan Notepad atau yang lainnya. Kemudian Anda harus membuat berkas subtitle dengan menggunakan salah satu program penyunting yang ada. 

Untuk membuatnya memiliki format khusus seperti mencantumkan nomor subtitle, timestamp, dan teks serta nantinya Anda Save As dahulu. Kemudian Anda harus memasukan nama berkas dan akhirannya harus “.srt, lalu ganti Save As Type menjadi All Files. Setelah itu pilih menu Encoding lalu Anda ubah menjadi UTF-8.

Selanjutnya cari Video Manager yang bisa Anda temukan di My Channel dan Creator Studio. Lalu pilih Edit yang berada di samping video dan klik Subtitle and CC. Berikutnya pilih Add New Subtitles dan Upload a File, setelah itu cari berkas yang sudah Anda buat. Terakhir Anda atur subtitle dan langsung mempublish nya.

3. Menambahkan Subtitle Di Video Sendiri

Untuk cara berikutnya yaitu menambahkan subtitle ke dalam video Anda. Pertama Anda bisa masuk ke akun YouTube dan pilih My channel di bagian sidebar. Kemudian pilih Video Manager yang bisa Anda cari juga di bagian Creator Studio. Lalu pilih Edit yang berada di video Anda dan klik Subtitle and CC

Baca Juga:   Ide Konten 17 Agustus, Menarik untuk Hari Kemerdekaan!

Setelah itu klik Add New Subtitles dan pilih yang Create new subtitles or closed caption. Selanjutnya Anda dapat memilih bahasa yang ingin digunakan seperti bahasa inggris atau bahasa Indonesia untuk memudahkan penderita tuna rungu. 

Ketika Anda ingin menambahkan subtitle harus memutar videonya dan menghentikannya terlebih dahulu. Kemudian klik tanda “+” yang ada di area teks. Berikutnya Anda atur durasinya dengan cara seret bilah yang ada di kedua bagian subtitle dan tentukan titik awal serta akhirnya. Setelah jadi lalu bisa mempublish nya.

4. Menambah Subtitle Di Video Orang Lain

Anda juga bisa memakai cara menambahkan subtitle video YouTube ini untuk video orang lain. Caranya yaitu bisa memilih video kreator lain mana yang ingin Anda masukan subtitle. Kemudian klik icon setting yang ada di dalam video tersebut dan pilih Subtitles/CC. Namun biasanya tidak semua video bisa Anda tambah subtitle.

Selanjutnya pilih bahasa yang ingin Anda masukan. Berikutnya putar dan hentikan video untuk menentukan bagian yang ingin Anda tambah subtitle. setelah itu atur subtitle yang ada di dalam timeline dengan menyeret kedua bilah tersebut. Jika sudah Anda bisa mengirim subtitle itu dengan klik Submit for review.  


Sudah Paham Cara Menambahkan Subtitle Video Youtube?

Dengan demikian, subtitle yang ada di video YouTube memang akan memberikan manfaat yang banyak untuk konten kreator maupun penontonnya. Manfaat tersebut seperti memudahkan penonton untuk memahami isi video karena perbedaan bahasa sampai meningkatkan kualitas video Anda. 

Bisa Anda bayangkan ketika menonton sebuah film luar negeri tanpa subtitle pastinya sulit untuk memahaminya. Sehingga nantinya akan berdampak juga dari jumlah peminatnya dari orang Indonesia. Maka dari itu adanya cara menambahkan subtitle video YouTube sangat penting. Siap mencoba?


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, seperti social media influencer, berita influencer, maupun marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password