Cara Menambahkan Link di TikTok Bio, Lengkap!

cara menambahkan link di tiktok bio

Bagaimana cara menambahkan link di TikTok bio? Sebelum mengetahui caranya, Kamu perlu tahu bahwa TikTok sekarang sudah semakin populer. Jumlah orang yang aktif menggunakannya bahkan sudah mencapai angka ratusan juta. Saat ini jumlah pengguna yang mengunduh TikTok di Play Store mencapai 500 juta lebih.

Hal ini menunjukkan bahwa TikTok memang sangat terkenal. Kabarnya, TikTok sudah mengalahkan kepopuleran Instagram. Apalagi sekarang media sosial TikTok semakin banyak menawarkan fitur-fitur menarik yang tidak jauh berbeda dengan IG.

Salah satu fitur tersebut yaitu kamu dapat menambahkan link pada TikTok bio. Memang fitur ini tampaknya sederhana, namun kamu akan merasakan perbedaan yang cukup signifikan ketika memasukkan link YouTube, website, maupun Instagram ke akun TikTok.

Apa Itu Link TikTok Bio?

Jika kamu ingin memahami cara menambahkan link di TikTok bio, sebelumnya kamu juga harus tahu apa itu link pada TikTok bio. Terlebih, banyak konten kreator baik di TikTok maupun Instagram yang mencantumkan frasa ‘tautan di bio’. 

Link TikTok bio merupakan tautan atau URL yang bisa kamu tambahkan di bagian deskripsi pada profilmu. 

Tujuannya untuk memberikan informasi pada audiens jika mereka dapat memperoleh lebih banyak informasi dengan mengeklik tautan tersebut. Dengan kata lain, ketika audiens membuka link tersebut, otomatis mereka akan masuk ke halaman tertentu baik tentang konten, produk, website, dan lain-lain.

Mencantumkan tautan atau link tersebut sangat penting, terutama bagi seseorang yang ingin mempromosikan produk atau jasa tertentu. 

Selain itu, jika kamu tengah mengerjakan projek, memiliki koleksi produk terbaru, dan lain-lain, maka kamu juga bisa memberikan informasi tersebut melalui tautan yang kamu cantumkan di bio. Kemudian kamu bisa membuat konten menarik di feeds, stories, dan lainnya. 

Setelah itu, kamu tinggal menuliskan “link in bio” untuk memberitahukan kepada audiens agar mengklik tautan tersebut. Setelah mengklik tautan tadi, para audiens pun akan kamu bawa untuk mengakses isi/halaman tertentu dari link tersebut.

Apa Manfaat Link di TikTok Bio?

Sayangnya masih banyak pengguna TikTok yang belum menyadari manfaat menambahkan tautan ke akun TikTok, termasuk para konten kreator. 

Mereka tahu TikTok memang hanya memberikan satu tautan yang dapat diklik. Meskipun begitu, fitur ini sangat bermanfaat dan jika kamu seorang konten kreator maka harus memaksimalkan fitur tersebut dengan sebaik mungkin. Mengapa? 

Manfaat link di TikTok bio memungkinkan konten kreator untuk mengarahkan trafik pengunjung menuju ke suatu aplikasi, kanal, atau situs lain di luar TikTok.

Secara spesifik, beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan ketika menambahkan link di TikTok bio yaitu:

  • Mengarahkan konsumen menuju link di mana mereka dapat mengunjungi websitemu.
  • Mengarahkan konsumen atau audiens menuju halaman utama dari brand.
  • Dengan mengklik link bio, konsumen akan menuju ke halaman promosi maupun diskon.
  • Menjadi wadah untuk mengumumkan produk baru.
  • Memberikan informasi pada followers agar mereka ikut giveaway maupun proyek marketing yang lainnya.
  • Membagikan link sehingga audiens dapat mendaftarkan akun dalam suatu layanan untuk memperoleh sampel gratis.
  • Tautan ke salah satu artikel atau blog populer.
  • Mengarahkan audiens menuju konten terbaru di YouTube atau langsung ke channel YouTube yang kamu miliki.
  • Menginformasikan tentang bagaimana cara membeli, mengunduh, menggunakan produk, dan lain-lain.

Itulah beberapa manfaat menambahkan link di TikTok bio. Jadi, ketika followers membuka profilmu, mereka tidak harus repot-repot menemukan situs atau tautan spesifik tentang produk maupun layanan yang kamu tawarkan. Semuanya sudah tersedia pada link di bio yang kamu sediakan.

Jenis Link Bio

Sebelum kamu memutuskan menampilkan link pada profil bio TikTok, pahami beberapa jenis link berikut ini:

1. Link Promosi

Jenis link yang pertama yaitu tautan promosi. Sesuai namanya, ini merupakan link yang akan mengarahkan para audiens agar mengklik tautan yang kamu cantumkan. Tautan tersebut berisi informasi tentang apa saja promosi yang kamu tawarkan.

2. Situs Perusahaan

Ketika seseorang mengklik link pada bio TikTok, mereka akan langsung tertuju pada situs perusahaan. Biasanya para pengunjung langsung berada di halaman utama. Ini juga berlaku untuk link tentang website toko online.

3. Link Media Sosial

Kamu pasti juga sering menemukan jenis link bio yang satu ini. Melalui profil bio TikTok, kamu dapat memasukkan tautan yang mengarah ke media sosial lain yang kamu miliki. Jadi, kamu dapat memasukkan link Instagram, YouTube, Twitter, dan lain-lain.

Jadi, ketika ada audiens yang mengklik link tersebut, maka mereka masuk ke profil akun media sosialmu. Ini juga termasuk salah satu cara yang bisa kamu pilih untuk menambah followers.

4. Tautan Afiliasi

Afiliasi merupakan kerjasama antara seseorang dengan perusahaan atau instansi tertentu. Kamu juga bisa mencantumkan link afiliasi pada bio TikTok. Biasanya link tersebut berisi kode referral sehingga kamu bisa memperoleh komisi setiap kali ada orang yang mengkliknya.

Melalui link tersebut juga memungkinkan orang lain memperoleh promo atau diskon menarik. Kamu bisa mencantumkannya pada profil TikTok sehingga followers-mu tinggal mengkliknya saja.

5. Link Kemitraan atau Sponsor

Jika kamu memiliki brand yang bekerja sama dengan sponsor, kamu dapat mencantumkan link pada bio TikTok. Jadi, ketika ada yang mencari tahu tentang kemitraanmu, mereka tinggal mengklik link yang kamu munculkan di profil TikTok.

Cara Menambahkan Link di TikTok Bio

Sebenarnya cara menambahkan link di TikTok bio tidaklah sulit.

Namun ada satu syarat, kamu perlu mengubah akunmu dari yang biasa menjadi akun TikTok bisnis.

Setelah itu baru kamu dapat menambahkan link sesuai yang kamu butuhkan, misalnya link YouTube, website, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Untuk mengubah akun biasa ke akun bisnis, langkah-langkahnya antara lain:

  • Buka TikTok dan pastikan kamu menggunakan aplikasi versi terbaru. Silakan mengeceknya di Play Store atau App Store untuk memastikannya.
  • Pergi ke menu “Profil” yang ada di pojok kanan bawah.
  • Klik ikon garis tiga di sudut kanan atas, lalu klik opsi “Settings and privacy”.
  • Temukan “Kelola Akun” atau “Manage Account”
  • Pilih “Alihkan ke Akun Pro” atau “Switch to Business Account” (ini bagi pengguna akun TikTok biasa).
  • Kamu akan melihat dua pilihan jenis akun. Sekarang kamu harus memilih akun “Bisnis” sehingga kamu dapat menyertakan link website.
  • Langkah berikutnya, tentukan kategori yang paling sesuai dengan akun TikTok yang kamu miliki. Terdapat banyak kategori yang tersedia. Cukup pilih satu saja.
  • Tekan “Berikutnya”.
  • Sekarang kamu pilih “Edit Profil” TikTok agar dapat menambahkan tautan di bio.
  • Saat ini kamu sudah bisa memasukkan link sesuai keinginanmu di bagian menu “Situs Web”.
  • Selanjutnya, silakan mengisinya tautannya.
  • Di bagian “Biodata” juga perlu kamu isi.
  • Klik “Simpan”.
  • Sekarang di bio TikTok-mu sudah ada link yang telah kamu tambahkan.

Begitulah langkah-langkah mengubah akun biasa ke TikTok bisnis lengkap dengan cara menambahkan link di TikTok bio. Maka dari itu, kamu harus memeriksa akunmu terlebih dahulu apakah sudah termasuk akun bisnis atau masih biasa.

Tips  Menambahkan Link di TikTok Bio Agar Terlihat Keren

Setelah kamu memahami tutorial menambahkan link di TikTok bio, sekarang waktunya membuatnya lebih menarik. Informasi ini bermanfaat bagi para pelaku usaha untuk menarik minat konsumen agar mengklik link tersebut. Bagaimana caranya?

  • Tips pertama, kamu perlu memberitahu followers-mu mengenai siapa dirimu dan apa yang sedang kamu lakukan. Kamu perlu menjelaskannya melalui kata-kata yang singkat.
  • Tips kedua, tambahkan emoji di TikTok bio. Fungsi emoji ini yaitu membantu pengguna menekankan kepribadian atau identitas dari usaha maupun merek. Apalagi jika kamu belum memiliki cukup ruang untuk menjelaskan siapa dirimu.
  • Tambahkan CTA pada bio sehingga followers-mu dapat langsung menghubungi jika mereka memerlukan sesuatu.
  • Tidak kalah penting, pastikan kamu memasukkan karakter tidak lebih dari 80. Itulah batas maksimal yang diberikan TikTok.

Cara Menambahkan Banyak Tautan di Bio

Kamu sudah memahami bagaimana cara menambahkan link di TikTok bio. Namun terkadang yang menjadi masalah adalah kamu tidak bebas menambahkan tautan ke akunmu. Kamu hanya bisa menambahkan satu link saja.

Di sisi lain, kamu memiliki beberapa tautan lain yang sebenarnya juga harus kamu cantumkan agar bisa memanfaatkan peluang seoptimal mungkin. Bagi para konten kreator, itu berarti harus mengubah banyak link menjadi satu link dengan menggunakan halaman arahan.

Kamu cukup menjadikan halaman arahan yang isinya seluruh link yang ingin kamu munculkan. Kemudian tambahkan link tersebut ke TikTok bio. Jika cara ini terlalu rumit, kamu bisa memanfaatkan beberapa tools di bawah ini. Melalui tools tersebut kamu bisa membuat halaman banyak tautan atau multilink.

1. Menggunakan Linktree

Linktree merupakan sebuah tools gratis yang memungkinkanmu untuk membuat halaman multilink. Cara melakukannya cukup mudah karena sudah terdapat template yang bisa kamu gunakan. 

Nanti template tersebut juga bisa kamu sesuaikan. Kamu juga bisa melihat seperti apa kinerja halamanmu. Namun untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kamu bisa menggunakan Linktree Pro.

Untuk itu, kamu harus membayar biaya berlangganan $6 per bulan. Dengan versi Pro kamu dapat menghilangkan logo Linktree di halaman arahan. Selain itu, kamu juga dapat mengakses pilihan analitik serta bisa melakukan banyak  penyesuaian. 

2. Menggunakan Oneclick-bio

Tools berikutnya untuk menambahkan banyak link yaitu Oneclick-bio. Kamu bisa membuat link sederhana pada halaman arahan dengan memanfaatkan tombol berisi teks. Sebenarnya konsepnya tidak jauh berbeda ketika kamu menggunakan Linktree.

Menambahkan beberapa link bisa kamu lakukan dengan mudah. Langkah-langkahnya di Oneclick-bio juga cukup sederhana dan mudah dipahami.

3. Memanfaatkan Unbounce

Jika kamu mempunyai lebih banyak waktu serta cenderung memilih link yang sepenuhnya bisa kamu sesuaikan pada halaman di bio, kamu bisa memanfaatkan Unbounce. 

Melalui tools ini kamu bisa memanfaatkan halaman arahan yang akan melengkapi  bio TikTok-mu secara sempurna. Tinggal drag and drop untuk menambahkan beberapa link yang kamu inginkan.

Yuk, Coba Cara Menambahkan Link di TikTok Bio Sekarang!

Seperti itulah beberapa cara menambahkan link di TikTok bio. Kesimpulannya, link pada bio memberikan banyak manfaat. Manfaat ini bisa dirasakan oleh para konten kreator karena memudahkannya untuk menginformasikan pada audiens tentang sesuatu yang ingin dia tawarkan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, coba sekarang!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media influencer, TikTok influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password