Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok dengan Mudah

Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok

TikTok merupakan salah satu media sosial yang kini sangat terkenal di dunia termasuk di Indonesia. Selain sebagai sarana media sosial yang menghibur, TikTok juga bisa menjadi sebuah wadah untuk memulai bisnis. Untuk memulai bisnis di TikTok, kamu tentunya harus mengetahui bagaimana cara menambahkan link di postingan TikTok.

Link dari postingan TikTok tersebut nantinya bisa kamu arahkan untuk membuat pengunjung melihat produk yang kamu jual. Perlu kamu ketahui juga, untuk saat ini link di postingan TikTok hanya terbatas untuk akun TikTok shop saja. Tertarik untuk memanfaatkan TikTok untuk bisnis kamu? Simak terlebih dahulu informasinya berikut ini.

Apa Itu TikTok Shop?

Sebelum mengetahui cara menambahkan link di postingan TikTok sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa itu TikTok shop. TikTok shop adalah sebuah fitur yang dihadirkan TikTok terhitung sejak September 2021.

Dengan hadirnya fitur ini, memungkinkan para konten kreator di TikTok untuk mempromosikan produk atau jasa mereka di TikTok. Hadirnya TikTok shop juga memudahkan para pengguna TikTok untuk mengetahui barang atau jasa yang ditawarkan oleh konten kreator tersebut.

Fitur ini adalah jawaban seiring meningkatnya respon terhadap berbagai brand yang melakukan promosi di TikTok. Dilansir dari salah satu sumber yang terpercaya, sekitar 49% pengguna TikTok akan membeli sebuah produk setelah melihat iklan, ulasan atau promosi dari TikTok.

Cara Membuat Akun TikTok Shop

Setelah mengetahui apa itu TikTok shop, tentunya sangat penting bagi kamu mengetahui cara membuat akun TikTok shop sebelum mengetahui cara menambahkan link di postingan TikTok.

Cara untuk membuat akun TikTok shop sangatlah mudah, berikut ini adalah urutan atau langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat akun TikTok shop dan memanfaatkan TikTok sebagai tempat untuk meningkatkan penjualan kamu.

  1. Kunjungi TikTok Shop Seller Center
  2. Pilih menu Sign Up
  3. Masukan akun TikTok kamu
  4. Ikuti langkah-langkah untuk melakukan verifikasi
  5. Isi data-data yang diperlukan
  6. Tunggu konfirmasi dari TikTok melalui email yang kamu daftarkan

Setelah melakukan semua hal di atas, maka kamu telah memiliki akun TikTok shop yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mempromosikan dan menjual barang-barang bisnis kamu di dalam TikTok.

Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok

Setelah kamu memiliki akun TikTok shop, maka kamu dapat menambahkan link pada postingan TikTok kamu. Link ini nantinya akan mengarah pada produk bisnis kamu. Berikut ini adalah urutan langkah-langkah dalam menambahkan link di postingan TikTok.

  1. Kamu hanya perlu membuat sebuah konten video seperti biasa di TikTok, namun pastikan bahwa akun TikTok kamu sudah menggunakan TikTok bisnis
  2. Klik pada bagian tambahkan link sebelum memposting video
  3. Pilih produk yang kamu inginkan
  4. Dengan memilih produk yang kamu inginkan, TikTok akan langsung mengarahkan pengunjung ke TikTok shop dan pengunjung dapat memilih produk yang ditambahkan pada konten video TikTok tersebut
  5. Jika produk belum ada di etalase TikTok shop, makan kamu juga dapat langsung menambahkan produk pada fitur tersebut

Jenis Jenis Iklan di TikTok Shop

Setelah mengetahui apa itu TikTok shop, cara membuat akun TikTok shop dan cara menambahkan link di postingan TikTok, hal penting lainnya yang perlu kamu ketahui adalah jenis jenis iklan di TikTok shop.

Terdapat tiga jenis iklan pada TikTok shop yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu. Untuk lebih mengenal ketiga jenis iklan di TikTok shop, simak dahulu penjelasannya berikut ini.

  1. Collection Ads

Jenis iklan di TikTok shop yang pertama adalah collection ads. Jenis iklan TikTok ini memungkinkan kamu untuk menyertakan slide yang berisi produk kamu dan dapat digeser pada saat video tersebut tampil.

Setiap slide yang tampil akan menampilkan berbagai macam produk yang berbeda-beda. Ketika salah satu dari gambar tersebut di klik, maka pengunjung video tersebut akan langsung diarahkan ke halaman galeri dimana mereka dapat melihat semua produk dan melakukan pembelian.

Iklan jenis ini juga dapat digunakan untuk mengarahkan ke sebuah website bisnis miliki seseorang. Jenis iklan tersebut juga sering kali digunakan penawaran waktu terbatas, penjualan musiman, sampai dengan peluncuran produk baru.

  1. Dynamic Showcase Ads (DSA)

Jenis iklan di TikTok shop yang kedua adalah Dynamic Showcase Ads atau DSA. DSA memungkinkan kamu untuk mempromosikan banyak sekali produk melalui konten-konten video yang bisa kamu personalisasikan atau sesuaikan.

Dynamic Showcase Ads atau DSA ini akan menghasilkan video yang bisa ditargetkan pada audiens tertentu yang sesuai dengan minat dan aktivitas mereka. TikTok juga akan membantu kamu menggunakan jenis iklan ini karena TikTok telah menyediakan berbagai jenis template Dynamic Showcase Ads atau DSA yang bisa kamu gunakan.

  1. Lead Generation

Jenis iklan di TikTok shop yang terakhir adalah lead generation. Jenis iklan ini tersedia dalam iklan video in-feed yang akan membantu sebuah brand untuk mengumpulkan informasi dari pengguna TikTok dengan menggunakan formulir online. Lead generation adalah jenis iklan yang paling cocok untuk sebuah brand yang memiliki siklus penjualan yang cukup lama seperti produk dalam sektor jasa.

Tips Menjual Produk di TikTok Shop

Setelah mengetahui berbagai macam hal sampai dengan cara menambahkan link di postingan TikTok dan juga jenis-jenis iklan di TikTok shop, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjual produk di TikTok shop.

1. Mengoptimalkan Katalog Produk

Setelah mengetahui cara menambahkan link di postingan TikTok, tips menjual produk di TikTok shop yang pertama adalah mengoptimalkan katalog produk. Katalog produk pada akun TikTok kamu adalah sebuah etalase yang nantinya akan menampilkan produk-produk kamu. Pastikan kamu mengoptimalkan katalog produk kamu untuk menarik pelanggan.

Buatlah foto produk yang mudah dikenali dan juga menarik. Jangan lupa untuk memberikan nama produk dengan maksimal 34 karakter saja. Kamu juga harus memberikan deskripsi produk dengan detail dan jelas. 

Perlu menjadi catatan kamu juga bahwa link pada bagian deskripsi produk tidak perlu kamu tambahkan karena link tidak bisa di klik pada bagian deskripsi produk.

2. Promosikan TikTok Shop

Setelah etalase TikTok kamu siap, jangan lupa untuk melakukan promosi etalase dan akun TikTok shop kepada pada pelanggan kamu. Arahkan orang-orang yang mengunjungi konten video kamu ke etalase TikTok kamu. Hal ini penting agar para pengunjung konten video kamu dapat melihat keseluruhan produk yang kamu jual.

3. Promosikan Produk

Tips selanjutnya yang sangatlah penting adalah melakukan promosi produk. Jangan pernah lupa untuk mempromosikan produk dalam katalog akun TikTok shop kamu. Kamu dapat menyebutkan produk pada konten video TikTok kamu dan jangan pernah malu untuk melakukannya. Jangan pernah lupa juga untuk berkreasi semenarik mungkin agar orang-orang akan semakin tertarik dengan produk-produk kamu.

4. Bekerjasama dengan Influencer

Tips yang terakhir adalah bekerjasama dengan influencer. Kamu dapat memanfaatkan jasa influencer yang banyak orang menilai mereka lebih kreatif, unik dan lebih dapat mempengaruhi orang banyak dan bisa meningkatkan penjualan produk-produk kamu. Penting juga untuk mengetahui bagaimana cara menambahkan link di postingan TikTok mereka.

Bekerjasama dengan influencer juga merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan pelanggan baru. Selain mudah, cara ini juga lebih tepat untuk menjangkau pelanggan baru. Hal yang perlu kamu perhatikan dan pastikan adalah untuk menggunakan jasa influencer yang sesuai dengan bisnis kamu.

Cara Berbelanja di TikTok

Setelah mengetahui banyak hal seperti cara menambahkan link di postingan TikTok sampai dengan tips-tips penting dalam menjual produk di TikTok, informasi penting lainnya yang kamu butuhkan adalah bagaimana cara berbelanja di TikTok. 

Informasi ini penting kamu ketahui terutama apabila kamu ingin membeli sebuah produk di TikTok. Berikut ini adalah urutan langkah-langkah cara berbelanja di TikTok

  1. Buka aplikasi TikTok dari smartphone kamu
  2. Kunjungi akun toko yang ingin kamu beli produknya, kamu juga dapat menggunakan hastag #TikTokshop yang akan lebih mempermudah kamu menemukan toko yang kamu inginkan
  3. Setelah menemukan toko tersebut, klik pada bagian icon shop untuk melihat berbagai macam produk yang toko atau akun tersebut tawarkan
  4. Pilih produk yang kamu inginkan
  5. Klik “Buy Now” atau “Add to Cart”
  6. Masukan alamat kamu pada bagian “Shipping Addres”
  7. Masukan metode pembayaran yang akan kamu gunakan pada bagian “Payment Method”
  8. Setelah melakukan semua hal tersebut, klik pada bagian “Place Order” untuk menyelesaikan pembelian kamu
  9. Setelah itu, akun atau toko tersebut akan melakukan konfirmasi pembelian kamu

Yuk, Jalankan TikTok Shop Kamu Sekarang Juga!

Itulah beberapa informasi penting mengenai cara memanfaatkan TikTok sebagai tempat untuk mempromosikan barang atau produk kamu. Mulai dari pengertian apa itu TikTok shop yang nantikan merupakan sebuah akun TikTok untuk menjalankan bisnis kamu, cara menambahkan link di postingan TikTok, tips penting, sampai dengan cara berbelanja di TikTok. Semoga informasi tersebut bisa membantu kamu dalam mengembangkan bisnis kamu.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, tiktok influencer, influencer marketing, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password