Cara Menambahkan Link di Instagram Story Menggunakan Sticker Link

Cara Menambahkan Link di IG Story

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram. Aplikasi yang merangkul penggunanya yang dari berbagai kalangan ini telah memperbarui fiturnya. Sekarang kamu bisa menambahkan link. Ingin tahu update apa saja yang berikan oleh Instagram? Ingin tahu juga cara menambahkan link di Instagram Story? Sebelum itu simak dulu yuk beberapa update Instagram di bawah ini dan kenali Instagram lebih dalam!

Mengenal Instagram

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram? Instagram merupakan sosial media yang sekarang ini menduduki tingkat teratas selain Tik Tok. Instagram banyak diminati oleh masyarakat dan berbagai kalangan. Dari yang muda sampai tua, pekerja dan juga orang-orang kaya. 

Instagram memungkinkan pengguna untuk mengedit dan mengunggah foto dan video pendek melalui genggaman. Pengguna dapat menambahkan keterangan pada setiap postingan mereka dan menggunakan hastag dan geotag berbasis lokasi untuk mengindeks hal yang kamu posting dan membuatnya dapat terlihat oleh pengguna lain di dalam aplikasi Instagram. 

Setiap posting oleh pengguna muncul di feed Instagram followers mereka dan juga dapat terlihat oleh publik saat menggunakan hastag atau geotag. kamu sebagai pengguna juga memiliki opsi untuk menjadikan profil menjadi private sehingga hanya pengikut mereka yang dapat melihat postingan mereka.

Seperti platform jejaring sosial lainnya, pengguna Instagram dapat menyukai, mengomentari, dan menandai postingan orang lain, serta mengirim pesan pribadi ke teman mereka melalui fitur Instagram Direct Message. Foto yang kamu post dapat terposting di satu atau beberapa situs media sosial lainnya termasuk Twitter, Facebook, dan Tumblr hanya dengan satu klik.

Instagram bukan tools yang hanya bisa untuk individu tetapi juga dapat menguntungkan bagi bisnis. Aplikasi berbagi foto menawarkan perusahaan kesempatan untuk memulai akun bisnis gratis dan mulai mempromosikan merek-merek dan produk mereka. 

Perusahaan dengan akun bisnis memiliki akses ke metrik engagement dan play gratis. Instagram dalam reportnya mengatakan, lebih dari 1 juta pengiklan di seluruh dunia menggunakan Instagram untuk berbagi cerita dan mendorong hasil bisnis. Selain itu 60% orang mengatakan mereka menemukan produk baru melalui Instagram.

Karena Instagram menunjang banyak kebutuhan penggunanya, instagram juga mendapat tuntutan untuk memenuhi semua permintaan dan kebutuhan user Instagram. Instagram secara berkala melakukan update pada sistemnya. Terutama di 2021 ini banyak sekali update menarik dari Instagram. Apa saja sih update nya?


Top Update dari Instagram

Selama tahun 2021 ini, selain pandemi yang mulai berkembang penurunannya. Aplikasi Instagram juga memperlihatkan perkembangannya. kamu dapat melihat bahwa Instagram melakukan update-update yang sangat baik dari beberapa tahun kebelakang. 

Baca Juga:   Cara Download Video di TikTok Lite Cepat dan Mudah 

Sebelum mengetahui cara menambahkan link di Instagram Story, lirik dulu yuk yang lainnya. Biar kamu ga ketinggalan dan malah dikatain gaptek sama teman-teman kalian!

1. Add Links to Instagram Stories

Ini fitur yang akan kita bahas nanti tentang bagaimana cara menambahkan link di instagram Story. Sebelum itu, kenali dulu apa maksud dari menambahkan link ini. 

Seperti yang kamu sering lihat di Instagram Story, jika kamu memiliki followers 10K keatas kamu akan bisa menggunakan fitur swipe up. Cara menggunakan fitur ini adalah kita menggeser ke atas pada Instagram Story. Setelah kita menggeser ke atas, kamu akan langsung terhubung ke link, tautan atau situs yang kalian pasangkan pada fitur ini. 

Namun, pada 27 Oktober tahun ini Instagram menambahkan fitur lain. kamu bisa menaruh link pada story kamu dengan atau tanpa memiliki 10K followers loh! Menarik bukan?

Instagram melakukan update ini karena banyaknya feedback dari user. Head of Instagram Adam Mosseri mengatakan dalam sebuah Tweet bahwa pembaruan penambahan link dengan followers dibawah 10K merupakan  tanggapan Instagram terhadap feedback para penggunanya. 

Sticker link pada Instagram Story adalah cara termudah untuk mempromosikan banyak konten dan produk kamu di Instagram. kamu juga akan melihat analytics untuk membantu kamu mengoptimalkan strategi pada konten Instagram Story yang kamu miliki.

Instagram mengatakan bahwa dalam hal link, sticker memiliki tiga keunggulan utama dibandingkan fitur swipe up:

  • Sticker akrab dan populer di kalangan pengguna, yang menggunakannya untuk musik, pertanyaan, lokasi, dan polling, dll.
  • Melalui Sticker kamu bisa menjadikan postingan kamu lebih menarik dan kreatif.

Dan yang paling penting adalah

  • Sticker memungkinkan followers kamu untuk terlibat dengan Instagram Story, sedangkan fitur swipe up tidak memungkinkan followers kamu memberikan balasan atau reaksi pada Instagram Story kamu.

Sederhananya: seperti gitu swipe up sebelumnya, stiker tautan Instagram adalah alat penting untuk strategi bisnis Instagram apa pun.

Tutorial Menambahkan Link di IG Story

Instagram sangat mendengarkan penggunanya. Aplikasi yang friendly kepada penggunanya ini akan bertahan lama karena memenuhi permintaan pengguna dan selalu memberikan respon atas masalah-masalah dari penggunanya. 

Sebelum kita lompat kepada cara menambahkan link di Instagram Story, lihat-lihat update lain dulu yuk!

2. Text Translations

Masih dalam Instagram Stories, Instagram kini menampilkan ikon gelembung chat yang dapat menerjemahkan teks ke lebih dari 90 bahasa. kamu dapat melihat terjemahan dengan mengklik ikon atau kli pada see translation di sudut kiri atas Instagram Story.

Saat ini, alat ini hanya menerjemahkan teks yang ditambahkan dengan editor teks Instagram Story. Audio dan teks tidak dapat diterjemahkan, tetapi mungkin akan ada di masa mendatang, yang tentu saja akan semakin meningkatkan aksesibilitas pada Instagram. Hal ini menyusul fitur translation otomatis untuk teks posting, komentar, dan bios pengguna telah tersedia sejak 2016.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Filter di TikTok untuk Konten, Mudah Banget!

3. Updated Analytics

Pada 2021 Instagram meluncurkan professional dashboard yang merupakan salah satu fitur paling berguna di Instagram. Fitur ini ada pada akun kreator dan bisnis, memiliki tiga fitur utama yang ditujukan untuk membantu orang mencari nafkah dari hasrat mereka dan mendukung bisnis kecil.

  • Track your performance. kamu dapat temukan insight dan tren berdasarkan kinerja akun yang kamu miliki. Fitur ini membaca apa yang biasa kamu search dan like, akan di selaraskan dan direkomendasikan oleh Instagram.
  • Grow your business. kamu akan mendapatkan akses ke banyak alat untuk membantu kamu membangun dan menjalankan bisnismu dengan lebih efisien, serta memeriksa status dan kelayakan monetisasi
  • Stay informed. Mengumpulkan sumber daya seperti kiat, trik, dan inspirasi untuk membantu kamu memanfaatkan waktu Instagram kamu sebaik-baiknya

Professional dashboard pun telah diperbarui beberapa kali sepanjang tahun 2021, menambahkan beberapa kelebihan bagi para content creator yaitu:

  • Reel Insights. Menampilkan berapa yang memutar video di akunmu, melihat berapa akun yang melihat akun Instagrammu, total like, komentar, share, dan orang yang menyimpan video dari akunmu.
  • Live Insight. Memaparkan hal yang sama dengan Reel Insight pada postingan live.
  • Reach updates. Transparansi lebih terhadap audiens, siapa yang kamu jangkau, dan bagaimana kamu menjangkau mereka.

Adanya pembaruan ini akan membuat kamu mampu melihat sejauh mana orang yang menyukai akun Instagrammu dan tipe-tipe audiens yang menonton dan menyukai profil maupun video dan fotomu.

Itulah deretan update yang paling baik dari Instagram sepanjang 2021 ini. kamu bisa mulai melakukan explore di instagram untuk memanfaatkan fitur-fitur tersebut. Namun highlight pada kali ini adalah update Instagram yang sekarang bisa memasukkan link melalui story tanpa harus mempunyai 10K followers. Lalu, bagaimana cara menambahkan link di Instagram story?


Cara Menambahkan Link di Instagram Story

Kamu sudah mengetahui beberapa update tentang Instagram di 2021, sekarang tiba saatnya untuk mempraktekkannya. 

Kamu mungkin sudah tahu kalau Instagram menghapus fitur swipe up dan sekarang menjadi sticker link. Bagaimana cara menambahkan link di Instagram Story?

  • Kamu perlu mengambil foto atau memasukkan foto yang sudah ada pada camera roll ke story Instagram.
    Menambahkan Link IG Story
  • Jika sudah melakukan pemilihan atau pengambilan gambar pada smartphone mu, lakukan klik pada icon sticker pada kanan atas.
    Tambahkan Link IG Story
  • Pada bagian pemilihan sticker kamu dapat melakukan scroll kebawah untuk mencari ikon dengan gambar “link” setelah itu kamu klik pada sticker tersebut.
    Pilih Sticker Link
  • Setelahnya akan terbuka kolom untuk kamu menambahkan link yang ingin kamu masukkan ke dalam Instagram Story kamu.
    Masukkan URL
  • Setelah itu di pojok kanan atas kamu dapat menekan tombol “done”.
    Tambahkan Link yang ingin dituju
  • Inilah tampilan yang akan kamu dapatkan di Instagram Story kamu.
    Hasil setelah menambahkan link di IG Story
Baca Juga:   Karakter Pengguna Instagram Beserta Minatnya!

Jika kamu merasa link yang kamu berikan terlalu panjang, tenang saja. Berita baiknya Instagram memberikan update terbaru tentang customise your link. kamu bisa sesukamu untuk menampilkan link kamu pada Instagram Story kamu.

Cara menambahkan link di Instagram Story kamu dengan link yang bisa berubah-ubah sesuai dengan mau kamu adalah:

  • Pada bagian memasukkan link pilih tombol customise sticker text
  • Setelah itu kamu bisa memasukkan apapun teks yang ingin kamu tampilkan.
  • Setelah itu ketuk tombol “done” pada pojok kanan atas.

Hasilnya kamu bisa merubah teks pada stiker link dengan sesuka hati. Namun jangan takut, orang-orang yang mengklik sticker tersebut akan tetap dibawa ke link yang kamu buat.


Apa yang Akan Terjadi Setelahnya?

Jika kamu sudah melakukan posting Instagram Story dengan sticker link di dalamnya, kamu bisa melacaknya. Maksud melacak disini adalah kamu bisa mengikuti setiap action atau reaction pada sticker link dan Instagram Story yang kamu buat. kamu dapat melihat matriks dan analytics dari postingan tersebut.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu yang menggunakan sticker link untuk melakukan promosi tentang suatu produk atau menjual barang akan terbantu. kamu akan melakukan evaluasi dan membuat Instagram Story kamu lebih menarik lagi.


Yuk, Terapkan Cara Menambahkan Link di Instagram Story!

Itulah cara menambahkan link di Instagram Story. Semoga ini dapat membantu kamu entah itu untuk keperluan personal maupun keperluan bisnis.

Melalui fitur ini orang-orang bisa mempromosikan sebuah karya seni, menjual sebuah barang dan masih banyak hal lainnya.

Ada sekitar 500 juta akun lebih di Instagram yang menggunakan fitur Instagram Story. Tentu saja jika kamu adalah seorang pebisnis kamu dapat melakukan pengiklanan di wadah digital yang sangat besar ini.

Para pelaku bisnis pun dapat menggunakan Instagram sebagai wadah untuk melakukan sebuah bisnis. Jika kamu adalah pebisnis, fitur ini merupakan fitur yang ditunggu-tunggu. Buatlah fitur ini menjadi semenarik mungkin dan juga mampu membantu penjualan kamu dengan baik, Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password