Cara Menambahkan Link di Bio Instagram, Mudah untuk Pemula!

cara menambahkan link di bio instagram

Sebagai salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini, Instagram ternyata menjadi tempat terbaik untuk melakukan marketing campaign yang menjanjikan. Agar marketing campaign tersebut berhasil, kamu sangat perlu mengetahui cara menambahkan link di bio Instagram

Bagaimana cara melakukannya? Simak beberapa caranya dan informasi penting lainnya berikut ini.

Apa Fungsi Link di Bio Instagram?

Link di bio Instagram adalah sebuah tautan yang dapat kamu klik dan berada di sebuah akun Instagram. Tautan link tersebut nantinya akan mengarah ke sebuah halaman baru sesuai dengan keinginan kamu.

Sehingga, kamu dapat mengarahkan orang-orang yang berkunjung ke profil kamu ke sebuah halaman baru dan nantinya dapat meningkatkan penjualan produk yang kamu tawarkan.

Manfaat Menambahkan Link di Bio Instagram

Sebelum mengetahui beberapa cara menambahkan link di bio Instagram, kamu harus mengetahui apa saja manfaat yang kamu dapatkan dengan menambahkan link tersebut. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya untuk kamu.

1. Sebagai Media Promosi

Manfaat yang pertama dari mengetahui cara menyematkan link di bio Instagram adalah bisa menjadikan link tersebut sebagai media promosi berbagai produk pada akun Instagram kamu.

Melalui link di bio Instagram, kamu dapat mengarahkan pengunjung yang tertarik dengan produk atau layanan kamu ke sebuah halaman baru. Link ini juga bisa kamu perbaiki agar tampilan URL bisa lebih menarik dengan bantuan beberapa aplikasi.

2. Memudahkan Calon Pembeli

Manfaat yang berikutnya adalah dapat memudahkan calon pembeli untuk lebih mengenal atau bahkan dapat memudahkan mereka untuk langsung membeli produk yang kamu jual.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan kamu. Berkat kemudahan ini  orang-orang bisa langsung mendapatkan barang atau layanan yang mereka inginkan sesuai dengan apa yang kamu jual. Saat ini, cara ini termasuk hal yang harus dilakukan jika ingin menjual produk atau layanan di Instagram.

Coba bayangkan jika kamu sudah rutin melakukan penawaran produk di Instagram tapi tidak mengarahkan konsumen ke suatu platform pembelian, apakah si konsumen jadi tertarik untuk membeli? 

Baca Juga:   Social Media Strategist: Pengertian, Peran dan Tanggung Jawab

Kemungkinan besarnya adalah tidak. Sebab, mereka bisa saja tidak tahu kemana harus membeli dan bagaimana cara agar barang tersebut bisa konsumen miliki. Jadi, jika ingin jualan kamu laris, mudahkan urusan pembeli.

3. Strategi Marketing Media Sosial Paling Ampuh

Manfaat dari mengetahui cara menambahkan link di bio Instagram yang selanjutnya adalah kamu dapat menjalankan strategi marketing media sosial yang paling ampuh. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa saat ini, Instagram adalah media sosial yang paling banyak dikunjungi.

Jika kamu memanfaatkan hal tersebut, maka kamu telah membuka atau menjalankan strategi marketing yang terbaik untuk saat ini.

4. Memperluas Jaringan Penjualan

Media sosial Instagram adalah salah satu wadah yang sangat ampuh untuk memperluas jaringan. Karena hal ini, Instagram sering menjadi pilihan banyak orang untuk memperluas jaringan penjualan mereka ke para pelanggan baru.

Hal ini akan semakin bermanfaat apabila terdapat link di bio Instagram kamu yang akan memudahkan orang-orang mengetahui atau bahkan mendapatkan barang atau layanan yang kamu tawarkan. Link di bio Instagram ini bisa dikatakan juga sebagai CTA dalam melakukan penjualan di media sosial Instagram.

Cara Menambahkan Link di Bio Instagram Desktop

Untuk menyisipkan link di bio Instagram kamu dapat melakukannya melalui desktop atau komputer. Berikut ini adalah cara memberikan link pada bio Instagram melalui desktop atau komputer.

  • Buka halaman Instagram melalui desktop atau komputer.
  • Pada bagian pojok kanan atas, klik profil kamu.
  • Setelah masuk ke dalam halaman profil, Klik button “Edit Profile” yang terletak pada bagian samping nama kamu.

edit profil

(Instagram via Desktop)

  • Setelahnya akan terdapat bagian “Situs web” yang dapat kamu masukan URL link sesuai keinginan.

situs web

(Instagram via Desktop)

  • Selanjutnya masukan URL link website kamu
  • Setelahnya, Klik button “Send”  atau “Kirim” yang ada pada bagian bawah

send atau kirim

(Instagram via Desktop)

  • Kini bio akun Instagram kamu telah memiliki link yang dapat mengarah ke halaman website kamu.

Cara Menambahkan Link di Bio Instagram Mobile

Selain melalui desktop atau komputer, kamu juga dapat melakukannya melalui mobile atau smartphone.

Cara memberikan link di bio Instagram melalui mobile atau smartphone juga sangatlah mudah.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka akun Instagram kamu.
  • Ketuk ikon profile untuk membuka profil Instagram kamu.
  • Ketika sudah masuk ke dalam akun profil kamu, ketuk pada bagian “Edit Profile”.
Baca Juga:   Perbedaan Impression dan Reach di Sosial Media

edit profile

(Instagram via Mobile)

  • Pada bagian situs web, masukan URL link yang kamu inginkan
  • Setelah memasukan URL link tersebut, ketuk pada bagian “Selesai”

selesai

(Instagram via Mobile)

  • Kini bio akun Instagram kamu telah terdapat link yang dapat pengguna klik dan akan mengarah mereka ke halaman yang kamu inginkan

Menambahkan Link di Bio Instagram Melalui Aplikasi

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini banyak sekali orang yang memanfaatkan link di bio Instagram untuk menambahkan berbagai tautan menarik dengan berbagai tujuan. 

Link-link tersebut biasanya dimasukan melalui bantuan aplikasi. Orang-orang yang memasukan link pada bio Instagram biasanya adalah mereka yang menggunakan akun Instagram mereka untuk keperluan bisnis. Berikut ini adalah beberapa aplikasi tersebut.

1. LinkTree

LinkTree adalah aplikasi yang kini sangat terkenal dan sering dimasukan dalam sebuah bio di akun Instagram. Terutama bagi orang-orang yang menjalankan bisnis atau menjual barang mereka di Instagram.

Orang-orang yang memasukan tautan LinkTree di bio akun Instagram mereka biasanya akan memberikan orang-orang terkait beberapa opsi layanan. 

Opsi tersebut seperti platform digital tempat mereka berjualan, informasi kontak, website personal, deskripsi produk jualan, dan masih banyak lagi.

2. BitLy

Aplikasi berikut ini adalah aplikasi yang paling umum untuk melakukan cara menambahkan link di bio Instagram. Hal ini karena dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat merubah URL link menjadi lebih menarik dan tetap berfungsi untuk mengarahkan orang-orang ke tautan yang kamu inginkan.

Cara menggunakan BitLy juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukan URL link yang asli, kemudian membuat link BitLy yang baru. Selain itu juga dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat mengetahui berapa banyak orang yang melakukan klik pada link BitLy yang kamu pakai di bio Instagram kamu. 

3. Shorby

Shorby adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk berbagai keperluan sesuai dengan keinginan kamu. Tools ini akan mengarahkan orang yang melakukan klik pada bio di Instagram kamu ke halaman yang baru.

Tampilan halaman baru ini bisa kamu sesuai dengan berbagai keperluan sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu tampilan halaman ini juga bisa kamu sesuaikan dengan pilihan kamu dan kamu dapat membuatnya menjadi sangat menarik.

4. Lnk.Bio

Jika kamu menginginkan tampilan halamannya simpel dan elegan ketika seseorang melakukan klik link di bio Instagram, maka Lnk.Bio adalah aplikasi yang tepat untuk kamu.

Baca Juga:   10 Tools TikTok Gratis untuk Influencer dan Pebisnis

Meskipun simpel dan elegan, sayangnya dengan menggunakan Lnk.Bio kamu tidak dapat melalukan banyak perubahan tampilan seperti beberapa aplikasi sebelumnya. Singkatnya, kamu hanya dapat memasukan URL link website, media sosial lainnya, dan beberapa hal lainnya.

5. Linkin.bio

Aplikasi lainnya yang dapat kamu gunakan agar orang lain melakukan klik di link bio Instagram kamu adalah menggunakan Linkin.bio. Cara menambahkan link di bio Instagram dengan menggunakan Linkin.bio ini sering menjadi pilihan banyak orang terutama jika orang tersebut menjual berbagai barang.

Hal tersebut karena dengan menggunakan aplikasi ini, orang melakukan klik tersebut akan menuju ke halaman yang menampilkan feed Instagram kamu. Sehingga orang tersebut akan dapat melihat berbagai produk yang telah ada di akun Instagram kamu.

6. Shortstack

Aplikasi terakhir yang sering digunakan oleh banyak orang untuk menyematkan link adalah Shortstack. Shortstack adalah aplikasi yang sering digunakan terutama untuk menjalankan sebuah marketing campaign.

Saat menggunakan Shortstack, kamu dapat membuat beberapa marketing campaign seperti meminta audiens untuk melakukan voting, mengisi biodata atau berbagai macam hal lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Sudah Tahu Cara Menambahkan Link di Bio Instagram?

Itulah beberapa informasi penting mengenai cara menambahkan link di bio Instagram yang perlu kamu ketahui.

Ternyata sangat mudah, kan?

Kamu dapat melakukannya melalui desktop, mobile atau menggunakan bantuan aplikasi lain agar halaman yang tampil jadi lebih menarik.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu ya!


Temukan inforsmasi lainnya seputar social media influencer, Instagram influencer, marketing influencer dan tips lainnya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password