Cara Menambahkan Cover Foto Instagram Reels dengan Mudah

Cara Menambah Cover Foto Instagram Reels dengan Mudah

Instagram Reels adalah fitur Instagram terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat video berdurasi pendek dan dengan latar belakang audio. Fitur IG Reels merupakan sebuah peluang bagi setiap pengguna untuk menggaet banyak followers (pengikut) dengan lebih mudah.

Jika kamu ingin membangun jumlah pengikut Instagram dengan lebih cepat, memanfaatkan fitur Instagram Reels adalah salah satu jalannya. Di saat video pendek tersebut terunggah, seluruh pengguna Instagram akan bisa melihat konten tersebut meski kamu tidak saling mengikuti (following).

Bagaimana caranya agar konten IG Reels kamu banyak ditonton oleh warga Instagram? Salah satu jalannya adalah  dengan menyematkan thumbnail atau cover foto menarik yang bisa mengundang hasrat para pengguna untuk meng-klik dan menonton isi konten Reels kamu. 

Lantas, bagaimana cara menambahkan Cover Foto Instagram Reels? Artikel ini akan menjelaskan tutorial menambahkan thumbnail di IG Reels dengan mudah.

Cara Menambahkan Cover Foto Instagram Reels

Instagram Reels merupakan salah satu solusi yang cukup efektif dalam meningkatkan impresi, jangkauan dan jumlah followers. Selain itu, fitur ini juga akan semakin meningkatkan performa akun kamu jika ditampilkan dalam profile grid Instagram.

Namun sayangnya, unggahan Reels yang tampil di Profile Grid biasanya akan merusak estetika feeds dan mengganggu visual branding

Untuk menyiasatinya, kamu dapat melakukan cara menambahkan cover foto Instagram Reels dan sesuaikan dengan tema atau tone feed Instagram aesthetic-mu. 

Dengan begitu, kamu akan mendapat dua keuntungan sekaligus yakni, menaikkan jumlah impresi akun melalui profile grid dan mempertahankan tampilan Instagram Feeds agar tetap estetik.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menambahkan cover foto di IG Reels adalah mempersiapkan video pendek lalu unggah ke dalam Instragram Reels.

Namun, sebelum membuat IG Reels, pastikan dulu aplikasi Instagram kamu sudah ter-update ke versi terbaru. Jika belum, silakan lakukan update aplikasi Instagram melalui Play Store atau App Store.

Baca Juga:   Algoritma YouTube: Bagaimana Supaya Video Dapat Banyak Views?

Selanjutnya, kamu hanya tinggal mengikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

1. Membuat atau Mengunggah Video IG Reels

Buka aplikasi Instagram, lalu klik ikon ‘+’ di bagian atas kanan atau klik ikon profil (Your Story) seperti gambar berikut untuk mulai mengunggah video IG Reels

pertama membuka instagram

Lihat di bagian bawah layar ponsel kamu dan pilih tab ‘Reels’ yang terletak di antara fitur ‘Stories’ dan ‘Live’

membuka instagram reels

Selanjutnya, kamu bisa mulai merekam video secara langsung atau klik ikon ‘+’ di bagian bawah kiri layar untuk memilih dan mengunggah video pendek yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Kemudian, kamu bisa melakukan pengaturan lain seperti menambahkan efek,  background audio, filter keren, dan lain sebagainya. Setelah itu, klik tombol ‘Next’ seperti yang tertera pada tampilan berikut untuk melanjutkan step-step berikutnya.

klik selanjutnya

2. Menambahkan Cover Foto pada Video IG Reels

Setelah menyelesaikan tahapan sebelumnya, kamu akan melihat tampilan layar Share Settings seperti gambar berikut ini.

menambahkan cover

Selanjutnya, kamu tinggal meng-klik ‘Cover’ yang ada di dalam Reel preview image untuk mengganti foto cover atau thumbnail.

memasukkan ke galeri

Disini, kamu memiliki dua opsi untuk menambahkan cover foto yakni dengan cara dragging atau menggeser selektor dalam footage video (ditunjukkan oleh kotak merah bagian atas) atau menggunakan foto lain yang ada di galeri (kotak merah bagian bawah).

Jika kamu menggunakan opsi kedua atau ‘Add From Gallery’, step berikutnya adalah kamu hanya perlu meng-klik satu gambar di galeri untuk foto cover IG Reels. Jika sudah, klik tombol ‘Done’ di bagian kanan atas layar.

klik tombol done

Fun fact: Menambahkan foto cover dari galeri biasanya akan memberikan kualitas gambar yang lebih jernih.

3. Pengaturan Tambahan

Setelah selesai melakukan cara menambah foto cover Instagram Reels, kamu akan dibawa ke halaman pengaturan akhir sebelum mengunggahnya ke ranah publik. 

Dalam pengaturan tersebut, kamu dapat melakukan berbagai jenis setting lain dalam video IG Reels seperti menambahkan caption (write a caption), menandai seseorang (tag a people), mengedit audio (rename the audio), dan lain sebagainya.

crop foto profil cover instagram reels

Jika kamu ingin memotong gambar cover agar pas dengan ukuran Profile Grid atau Grid Feeds, silakan klik ‘Crop Profile Image’. Kamu bisa mengatur ulang posisi gambar sampul dengan cara drag, zoom in, dan zoom out. Selanjutnya, klik ikon ‘centang’ warna biru pada bagian kanan atas layar.

Baca Juga:   Apa itu Key Opinion Leader (KOL) dan Perbedaannya dengan Influencer?

Apabila proses editing sudah selesai, kamu bisa langsung klik tombol biru ‘Share’ untuk mengunggah atau membagikan hasil video IG Reels kamu kepada para pengguna Instagram.

Selain di Reels tab, kamu juga bisa membagikan hasil video tersebut ke dalam grid feeds, fitur IG Stories, atau via Direct Message kepada kerabat terdekat.

Tutorial Edit Cover Foto IG Reels

Bisakah kita mengganti cover foto IG Reels lama dengan gambar sampul yang baru? Tentu saja bisa. Berkat adanya pembaharuan aplikasi Instagram terbaru, kini kamu sudah bisa mengubah cover foto lama dengan foto yang baru.

Cara ini tentu sangat membantu setiap pengguna yang hendak mengganti tema Instagram baru untuk seluruh postingannya. 

Lalu, bagaimana cara menambah cover foto Instagram Reels yang baru? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pilih Postingan IG Reels yang Ingin Kamu Edit

Buka aplikasi Instagram lalu pilih ‘Reels Tab’ pada halaman profil Instagram kamu. Kemudian klik ‘titik tiga’ dalam video IG Reels yang terletak di sisi kanan layar sebagaimana yang gambar berikut.

pilih postingan instagram reels

2. Edit Cover Foto Lama dengan yang Baru

Setelah itu, pilih opsi ‘Edit’ seperti yang tertera dalam gambar berikut ini.

edit cover di instagram reels

Selanjutnya, kamu bisa klik ‘Cover’ dalam Reels preview image tersebut untuk melakukan pengubahan cover foto lama menjadi gambar yang baru.

menambahkan cover di instagram reels

Selanjutnya, kamu hanya tinggal mengikuti step-step cara menambahkan cover foto Instagram Reels yang sudah dijelaskan sebelumnya. Gampang, kan!

Bagaimana Cara Membuat Cover Foto Instagram Reels?

Bagi kamu yang sedang berusaha mengembangkan akun Instagram, fitur IG Reels adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah reach (jangkauan), engagement (keterlibatan), dan followers.

Agar hasilnya semakin efektif, kamu perlu melakukan langkah strategis lain untuk mempercantik konten IG Reels tersebut. Salah satu langkah yang bisa kamu mulai adalah dengan melakukan cara menambahkan cover foto Instagram Reels dengan gambar yang menarik.

Untuk bisa mendapatkan cover foto menarik, kamu bisa menggunakan berbagai gambar-gambar estetik dalam situs penyedia stock foto gratis. Selain itu, kamu juga bisa membuat desain cover foto sendiri agar lebih orisinil dan autentik.

Ada banyak sekali jenis aplikasi desain dan edit foto yang bisa membantu kamu menciptakan gambar sampul keren untuk video IG Reels. Kamu bebas menggunakan aplikasi desain atau edit foto versi desktop, mobile, maupun web.

Baca Juga:   Cara Meningkatkan Followers Pinterest, Cepat dan Efektif!

1. Unfold

Aplikasi ini sudah sangat populer di kalangan pengguna Instagram untuk keperluan mengedit IG Stories dengan tampilan yang super estetik. Unfold juga bisa kamu pakai untuk mengedit gambar sampul keren untuk postingan IG Reels.

Aplikasi Unfold bisa kamu temukan di semua jenis perangkat mobile dengan sistem operasi Android maupun iOS. Disini, kamu akan mendapatkan banyak pilihan template, font, dan efek foto keren secara gratis 

Selain untuk mengedit foto, Unfold juga bisa kamu gunakan untuk keperluan mengedit video dengan mudah sebelum di-post ke Instagram Reels.

2. Canva

Siapa sih yang belum kenal dengan aplikasi editing yang satu ini? Canva merupakan aplikasi sekaligus platform desain dan edit foto populer yang bisa kamu gunakan dalam perangkat ponsel bersistem operasi iOS dan Android.

Canva juga bisa kamu akses menggunakan perangkat komputer melalui layanan desain dan editing berbasis web. Untuk bisa mengoperasikannya, pastikan perangkat laptop kamu sudah terhubung dengan jaringan internet terlebih dahulu.

Adapun contoh cara membuat cover foto Instagram Reels dengan tool editing Canva secara mudah antara lain:

  • Pilih blank template dengan dimensi canvas sebesar 1080 x 1920 (karena dimensi untuk video IG Reels adalah 9:16)
  • Klik opsi ‘Elements’ dan pilih gambar kotak
  • Posisikan elemen kotak tadi tepat di bagian tengah canvas
  • Tambahkan teks, background gambar, stiker, atau komponen penunjang lainnya sesuai dengan tema desain yang kamu inginkan
  • Setelah proses desain dan editnya selesai, klik export atau download untuk menyimpan gambarnya. 

Kamu bisa menggunakan hasil karya desain tersebut sebagai cover foto, thumbnail, atau gambar sampul menarik untuk video IG Reels. Tak susah kan!

Sudah Tahu Cara Menambahkan Cover Foto Instagram Reels?

Agar konten IG Reels kamu memiliki banyak jumlah views, like, dan comment, buatlah video konten yang bermanfaat dan berikan cover foto  menarik supaya lebih dilirik. 

Cara menambahkan cover foto Instagram Reels tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mempraktekkan langkah-langkah di atas agar lebih jelas.

Dapatkan informasi maupun tips strategi seputar influencer, marketing influencer, maupun social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password