7 Cara Menambah dan Mendapatkan Followers Instagram (IG)

cara-menambah-followers-ig

Cara Menambah Followers IG – Saat ini mulai banyak orang yang menyeriusi pekerjaan sebagai content creator di media sosial, salah satunya Instagram (IG). Melalui IG, kamu bisa bebas berkreativitas untuk menentukan jenis konten. Namun, salah satu tantangan bagi banyak content creator adalah mengumpulkan followers. Oleh karenanya, penting untuk kamu tahu cara menambah followers IG, berikut caranya.


Cara Menambah Followers IG yang Harus Kamu Coba

Berikut adalah trik penting yang harus kamu lakukan :

1. Buat dan Posting Konten Secara Konsisten

Sebagai seorang content creator, tentunya kamu harus rajin membuat dan posting konten di akun IG milikmu. Konsisten merupakan cara menambah followers IG yang ampuh. Sebab, pada dasarnya media sosial bergerak sangat cepat. Maksudnya, satu kontenmu akan segera tenggelam karena ada konten baru lainnya.

Kamu bisa mulai untuk menetapkan jadwal posting. Ketika sudah disiplin pada jadwal tersebut, maka akan muncul ekspektasi dari followers mu mengenai postingan berikutnya. Saat mereka merasa sudah lama tidak menemukan konten mu pada bagian beranda, mereka akan segera mengunjungi profil IG mu untuk mencari konten terbaru.

Hal tersebut di atas bisa meningkatkan engagement rate dari  setiap postingan mu dan membuat semakin banyak orang yang melihat konten tersebut. Bahkan tidak menutup kemungkinan, konten mu akan masuk ke fitur jelajah dari pengguna Instagram yang belum menjadi followers mu.

Cara menambah followers IG dengan konsistensi tidak hanya berbicara mengenai waktu, namun juga konsisten dengan kualitas yang bagus. Ingat bahwa banyak content creator lainnya yang juga menghasilkan konten menarik, sehingga kamu harus merancang konten yang lebih menarik dari mereka.

Konten yang berkualitas dan menarik juga membuat followers mu tidak segan membagikan konten tersebut ke teman-teman atau ke IG Story milik mereka. Dengan demikian, semakin banyak orang yang melihat konten buatanmu.

Baca Juga:   Instagram Marketing Tren di Tahun 2022 yang Wajib Dicoba

2. Buat Instagram Reels : Cara Menambah Followers IG Terbaru

Pasti kamu sudah tidak asing dengan Instagram Reels. Instagram Reels merupakan fitur terbaru dari Instagram yang memungkinkan kamu membuat video singkat berdurasi 15-60 detik yang lengkap dengan berbagai pilihan efek. Secara umum, Instagram Reels bisa kita sebut mirip Tiktok meskipun tools dan efeknya belum selengkap Tiktok.

Instagram Reels dapat membantu kamu meningkatkan brand awareness. Dalam hal ini berarti brand nya adalah dirimu sendiri sebagai seorang content creator dalam bidang tertentu. Sebab, dengan Reels kamu bisa mendapatkan lebih banyak jumlah jangkauan organik, jika dibandingkan dengan fitur lain seperti Feed dan Story. Algoritma Instagram masih memprioritaskan fitur Reels.

Namun tidak hanya berhenti pada awareness, HotSuite merilis laporan eksperimen yang menyatakan bahwa Instagram Reels juga dapat menjadi cara menambah followers IG dan meningkatkan engagement rate.

Dari hasil eksperimen tersebut, terdapat tiga faktor yang menunjukkan pengaruh terhadap keberhasilan konten Instagram Reels. Faktor tersebut ialah penggunaan lagu yang sedang viral, membagikan konten Reels ke Story, dan penggunaan sedikit hashtag terkait.

3. Membuat Caption yang Menarik

Tidak hanya memperhatikan kualitas visual, kamu juga harus bisa membuat caption dengan copywriting yang menarik. Caption yang menarik merupakan salah satu cara menambah followers IG. Terutama pada bagian judul atau headline caption, agar followers mu tertarik untuk berhenti sejenak dan mengecek konten mu lebih lanjut.

Salah satu tips nya adalah dengan formula 4-U yaitu useful, unique, urgent, dan ultra-specific. Useful berarti kamu membuat copy headline yang menegaskan bahwa kontenmu merupakan konten yang akan menyelesaikan masalah konsumen. Misalnya dengan menambahkan kata “tips” atau “cara”.

Selanjutnya adalah unique, yaitu dengan menggunakan kata-kata yang bombastis, seperti menambahkan kata “Wow!”. Kamu juga bisa mencoba judul yang clickbait namun tetap tidak boleh melenceng terlalu jauh. Jauhnya ekspektasi antara judul dan isi konten bisa membuat followers mu kecewa.

Jika kamu sering melihat caption yang menggunakan kalimat seperti “Hanya Hari Ini”, “Jangan Sampai Kehabisan”, dan sejenisnya, itu berarti pembuat caption sedang berusaha melibatkan emosi audiensnya. Dalam formula 4-U, cara ini disebut trik Urgent, yang bertujuan mendesak audiens agar segara membaca atau melihat isi konten secara keseluruhan. Terakhir ada ultra-specific, yaitu memberi detail spesifik pada copy headline, seperti menambahkan angka.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Menjadi Beauty Vlogger Professional?

4. Kolaborasi dengan Content Creator Lainnya

Cara menambah followers IG selanjutnya adalah kolaborasi dengan content creator lainnya, seperti contohnya melakukan IG Live bersama. Sebelum menentukan dengan siapa kamu akan berkolaborasi, tentukan terlebih dahulu tema yang ingin kamu angkat. Buatlah beberapa tema ide konten lalu lakukan survey ke followers.

Tema yang kamu tawarkan sebaiknya seirama dengan konten harian mu di IG. Sehingga nantinya content creator yang akan kamu ajak pun merupakan seseorang juga memiliki value kurang lebih sama dengan kamu. Dengan melakukan kolaborasi, followers IG akan bertambah karena semakin banyak orang jadi tahu tentang kamu dari content creator yang kamu ajak kerjasama.

Nantinya, ketika kamu sudah cukup memiliki nama di IG, content creator lain akan mulai mengajak mu untuk kolaborasi terlebih dahulu. Tentu kamu tidak boleh melewatkan kesempatan ini sebagai cara menambah followers IG dan menguatkan branding.

5. Promosikan Akun Instagram

Instagram memiliki fitur iklan yang disebut Instagram Ads. Sebagai content creator tidak ada salahnya kamu memanfaatkan fitur ini. Sejak tahun 2012, Instagram Ads disatukan dengan Facebook Ads dengan nama Facebook Business Suite and Business Overview. Meskipun berbayar, kamu bisa menentukan budget sendiri.

Saat memutuskan untuk beriklan, maka pastikan kamu membuat konten yang benar-benar menarik, baik secara visual maupun copywriting. Karena tujuanmu beriklan sebagai cara menambah followers IG, maka kamu perlu menambahkan call-to-action yang mengarah ke profil IG mu.

Saat menentukan kriteria jangkauan, pastikan hal tersebut benar sesuai dengan target pasar kamu. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan iklan, termasuk iklan di Instagram. Oleh karenanya, jika belum menentukan formula yang tepat maka kamu harus terus mencoba dengan strategi lain.

6. Lakukan Interaksi dengan Followers

Melakukan interaksi dengan followers juga bisa menjadi cara menambah followers IG yang ampuh. Interaksi dengan followers bisa kamu lakukan dengan membalas komentar pada konten Feed atau sekadar menyematkan komentar mereka. Agar followers mu mau memberikan komentar, kamu bisa memberikan pancingan pada kontenmu seperti call-to-action atau pertanyaan.

Baca Juga:   10 Tips Supaya Postingan Masuk Explore Page Pada Aplikasi Instagram!

Dengan adanya interaksi pada kolom komentar, maka engagement rate dari postingan tersebut meningkat. Hal ini bisa membawa konten mu masuk dalam fitur jelajah pengguna Instagram yang belum menjadi followersmu. Selain itu kamu bisa melakukan interaksi melalui IG Story. Terdapat banyak fitur IG Story yang dapat kamu manfaatkan seperti Polling dan QnA.

Fitur tersebut secara langsung mengundang interaksi dan menjanjikan tingkat engagement rate yang tinggi. Ketika followers mu aktif berinteraksi dengan konten melalui IG Story, maka algoritma IG akan memunculkan setiap postingan Feed mu pada beranda mereka. Pola ini akan berdampak pada peningkatan ER konten Feed mu karena akan semakin banyak followers mu yang langsung menemukan konten baru mu pada beranda mereka.

7. Pelajari Hasil Analitik

Analisis penting untuk mempertimbangan strategi pemasaran di IG, termasuk untuk mengetahui bagaimana cara menambah followers IG yang cocok untuk akun mu. Pada akun Instagram, terdapat fitur Insight yang dapat kamu manfaatkan. Dari insight tersebut kamu dapat memantau pertumbuhan followers hingga konten mana yang mendapat paling banyak engagement.

Apabila kamu ingin mendapatkan hasil analitik yang lebih mendalam, kamu bisa menggunakan tools tambahan seperti Minter.io, Crowdfire, dan Pixlee. Umumnya tools ini memiliki mode trial yang gratis sehingga selama masa trial kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah fitur pada tools tersebut sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Dengan menggunakan tools tambahan, kamu akan lebih bisa mengoptimalkan strategi untuk IG mu.

Siap Menerapkan Tips Cara Menambah Followers IG Diatas?

Demikian tujuh cara menambah followers IG yang ampuh. Untuk membangun sebuah akun, tentu membutuhkan waktu dan konsistensi, namun akan terbayarkan dengan hasil yang maksimal nantinya. Hindari menambah followers dengan cara membeli atau menggunakan tools tertentu, sebab hal tersebut melanggar ketentuan Instagram dan akun mu terancam mengalami banned.


Temukan berbagai informasi dan tips menarik lainnya seputar instagram influencer hanya di Influencer101.id.

Baca juga:

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password