Cara Memilih Influencer yang Sesuai dengan Brand

cara memilih influencer

Bagaimana cara memilih influencer yang tepat?

Sebelum itu, tahukah kamu jika influencer marketing merupakan metode pemasaran yang saat ini sedang hits?

Teknik marketing seperti ini memang terbukti berhasil dalam menarik minat para audiens secara singkat.

Sebelum kamu mulai menerapkannya, kamu harus memahami seperti apa tips dalam memilih influencer secara tepat.

Metode ini memang terbukti efektif, akan tetapi kamu tidak bisa sembarangan di dalam menentukan siapa influencer yang akan kamu ajak kerja sama.

Jika tidak sesuai menentukan influencer, dikhawatirkan audiens malah tidak tertarik dengan produk milikmu.

Atau, para audiens tersebut sebenarnya tertarik namun kurang puas dengan bagaimana influencer tersebut mempromosikan produk. 

Cara Memilih Influencer untuk Bisnis

Influencer merupakan seseorang yang bisa memberikan pengaruh besar ke orang lain untuk melakukan tindakan.

Misalnya, influencer tersebut berusaha mempengaruhi orang lain untuk membeli produk, menyarankan ke tempat tertentu, memanfaatkan jasa perusahaan tertentu, dan sebagainya. 

Di bawah ini adalah beberapa cara memilih influencer yang harus kamu perhatikan agar tidak salah strategi. Berikut penjelasannya.

1. Lakukan Riset

Cara pertama yaitu melakukan riset terlebih dahulu. Mungkin saat ini kamu sudah mengantongi satu atau dua kandidat. Sekarang kamu perlu mencari tahu seperti apa informasi tentang kandidat tersebut. 

Temukan informasi seputar berapa banyak jumlah followers, konten-kontennya, seberapa populer orang tersebut, dan jumlah engagement. Jangan lupa untuk mencari informasi apakah influencer tersebut pernah memiliki kasus atau berita negatif atau tidak.

Melalui riset yang kamu lakukan, apalah kandidat tersebut tepat untuk mempromosikan produk atau brand? Maka dari itu, kamu tidak bisa hanya berpatokan pada jumlah followers

Baca Juga:   15 Situs Gambar Gratis untuk Kebutuhan Kontenmu!

Sebab, tidak semua orang dengan jumlah followers yang banyak dapat disukai oleh masyarakat serta mampu memberikan impact yang positif.

2. Cek Ulang Riwayat Influencer

Sebenarnya cara memilih influencer ini masih berkaitan dengan cara sebelumnya. Cobalah untuk mencari tahu influencer tersebut pernah bekerja sama dengan siapa saja. Ini tentu sangat penting agar kamu bisa mengetahui apakah pesaingmu juga pernah memanfaatkan jasanya atau tidak. 

Jangan sampai masyarakat menganggapmu hanya ikut-ikutan kompetitor yang pernah bermitra dengan influencer tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui seperti apa kualitas influencer tersebut. Jika ternyata banyak brand atau produk ternama pernah memanfaatkan jasanya, kemungkinan besar kualitasnya tidak diragukan. 

3. Pertimbangkan Budget

Budget menjadi bagian yang tidak kalah penting dalam memilih seorang influencer. Tentu saja kamu perlu menyiapkan anggaran atau dana khusus untuk membayar influencer tersebut. Tetap perhatikan biayanya dan jangan sampai melebihi anggaran untuk promosi.

Beberapa influencer memang ada yang bergaji tinggi. Namun mereka terbukti memberikan pengaruh pada masyarakat untuk menggunakan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Meskipun begitu, bisnismu tetap harus memperkirakan kondisi finansial.

Jangan sampai membuat manajemen keuangan malah berantakan hanya untuk mengejar influencer tersebut. Jadi, cobalah untuk hubungi beberapa kandidat tersebut. Tanyakan berapa rentang biaya jika ingin bekerja sama dengannya. Jika ternyata over budget, sebaiknya kamu mencari kandidat yang lain.

4. Pertimbangkan Orisinalitas Influencer

Ingat, jangan mudah tertipu oleh jumlah like dan followers. Nyatanya, ada banyak akun atau jasa yang menjual followers yang bisa membuat seseorang seolah-olah memiliki jumlah pengikut yang banyak. Padahal ketika kamu mengecek siapa saja pengikutnya, kebanyakan malah akun palsu alias fake account.

Ketika kamu menemukan influencer yang ternyata seperti ini, kemungkinan besar kamu akan rugi. Apalagi jika kamu sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk promosi.

Baca Juga:   Ukuran Foto Profil Instagram Ideal yang Perlu Kamu Perhatikan

Untuk itu, silakan mengecek keaslian influencer tersebut terlebih dahulu. Ketika kamu menemukan bahwa followersnya memang asli, kamu bisa mulai menghubunginya.

5. Pilih Influencer yang Cocok dengan Target Market

Agar promosi bisnismu memberikan hasil maksimal, maka kamu harus pertimbangkan cara memilih influencer yang sesuai dengan target pasar. 

Maksudnya, ketika kamu memiliki target pasar anak-anak muda antara 20 sampai 25 tahun, kamu harus memilih influencer yang rentang usianya tidak jauh berbeda. Hal ini karena biasanya influencer tersebut juga mempunyai followers yang usianya sama.

Akan tetapi, ketika kamu memutuskan memilih influencer paruh baya, kemungkinan produk tidak terjual sesuai target. Untuk itu, kamu perlu memastikan usia influencer dan para followersnya sesuai dengan target pasar.

6. Sesuaikan dengan Skala Bisnis

Cara memilih influencer berikutnya adalah menyesuaikan dengan skala bisnis. Ketika kamu baru membuka bisnis atau bisnismu masih dalam skala kecil dan anggaranmu juga kecil, maka carilah influencer yang biayanya cukup terjangkau. 

Seperti penjelasan sebelumnya, jangan memaksakan bekerja sama dengan influencer sampai melebihi budget yang telah kamu anggarkan.

Akan tetapi, ketika bisnismu sudah berkembang pesat dan berskala besar, maka tidak masalah memilih influencer kelas premium. Hal yang sama berlaku bagi para pebisnis baru yang mempunyai modal besar. 

Kamu bisa bekerja sama dengan influencer terkenal karena kamu memiliki modal yang cukup untuk membayarnya tanpa mengganggu kondisi finansial bisnismu.

7. Pilih Influencer dengan Reputasi yang Baik

Sebenarnya untuk poin yang satu ini masih menjadi bagian riset yang perlu kamu lakukan di awal. Pastikan kamu terapkan cara memilih influencer yang memiliki reputasi yang bagus di masyarakat. Jika sebaliknya, maka produk atau bisnismu berpotensi terkena dampaknya.

Bisa jadi malah orang yang sebelumnya menjadi pelangganmu kemudian beralih ke produk lain. Mereka merasa kecewa karena kamu memanfaatkan influencer yang dicap negatif. Pastikan juga influencer tersebut tidak sedang bermasalah atau tersandung kasus hukum. 

Baca Juga:   7 Media Sosial Terpopuler untuk Meningkatkan Popularitasmu

Bisa-bisa kamu malah akan mengalami kerugian. Selain itu, tujuan promosi dan target yang sudah kamu temukan malah gagal. Influencer yang kamu ajak kerja sama pun malah terkena sanksi hukum dan bahkan harus masuk penjara. Di sisi lain kamu sudah terlanjur mengeluarkan modal yang sangat besar.

8. Influencer dengan Engagement Rate Tinggi

Engagement rate juga bisa menjadi tolak ukur dalam menentukan apakah brand atau produk kamu dapat memikat calon konsumen atau tidak. 

Kamu perlu mengecek seperti apa hubungan atau engagement influencer dengan para followersnya. Apakah followers tersebut memang menjadi fansnya atau malah mengikuti influencer tersebut karena menjadi haters.

9. Update Konten dengan Intensitas yang Baik

Kamu perlu mengecek media sosial influencer tersebut dalam waktu tertentu. Perhatikan intensitasnya dalam mengupload konten. 

Misalnya kamu ingin mengajaknya untuk mempromosikan produk melalui fitur story Instagram. Ternyata dia malah jarang update story IG. Kemungkinan besar malah produkmu tidak dapat menarik perhatian calon pelanggan. 

Untuk itu, pilih influencer yang konsisten update konten. Kamu juga perlu menghindari promosi melalui story karena mudah hilang dan kemungkinan masih banyak followersnya yang belum melihat promosi tersebut.

10. Mulai Menyiapkan Dokumen Kerja Sama 

Meskipun bisnismu berskala kecil, perjanjian hitam di atas putih tetap harus kamu lakukan. Bahkan influencer yang sebenarnya temanmu sendiri tetap harus ada perjanjian di atas materai. Tujuannya untuk menghindari permasalahan yang bisa saja muncul di kemudian hari.

Sudah Paham Cara Memilih Influencer?

Itulah cara memilih influencer yang cocok untuk brand. Ternyata memilih influencer bukan hanya terpatok pada jumlah followersnya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan brand dan audiesnmu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, social media influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password