Cara Membuat Video Shorts YouTube untuk Pemula

Cara Membuat Video Shorts YouTube untuk Pemula

Meta: YouTube shorts merupakan fitur video pendek. Namun, bagaimana sih cara membuat video shorts YouTube untuk pemula? Berikut ulasannya!

Slug: cara-membuat-video-shorts-YouTube

Cara membuat video shorts YouTube mungkin memang masih terdengar asing untuk sebagian orang. Video shorts ini sendiri merupakan fitur video pendek pesaing dari TikTok dan Reels Instagram. 

Nah, bagi kamu yang ingin lebih mengenal apa itu video shorts pada YouTube, silahkan simak saja ulasan lengkapnya berikut ini. 

Apa Itu Shorts YouTube?

YouTube shorts ini merupakan salah satu cara bagi siapa saja yang ingin terhubung dengan penonton baru. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menggunakan smartphone dan kamera shorts yang ada pada aplikasi YouTube saja. 

Video shorts dari YouTube ini tentunya akan memudahkan kamu untuk membuat video berdurasi singkat hingga 160 detik dengan bantuan kamera multi segmen. 

Fitur baru ini sudah lebih dulu rilis di India dan Amerika Serikat. YouTube sendiri akhirnya resmi merilis fitur video pendek bernama Short ini di Indonesia pada tanggal 23 Juli 2021. 

Fitur shorts ini memungkinkan para pengguna YouTube mengunggah video pendek berdurasi 15 sampai 60 detik. Namun, video tersebut juga sudah lengkap dengan musik latar, filter, teks, dan caption. 

Bagi kamu yang penasaran, fitur shorts versi beta ini sudah tersedia pada aplikasi YouTube dengan versi 16.28.36 milik Android. 

Para pengguna pun bisa langsung menemukan menu shorts ini pada sisi bawah layar ketika membuka aplikasi YouTube. 

Manfaat Video Shorts YouTube

Sebelum kamu memahami bagaimana cara membuat video shorts YouTube, maka ada baiknya jika kamu mengetahui apa manfaat dari shorts itu sendiri lebih dulu. 

Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan shorts. 

1. Lebih Mudah Terhubung dengan Penonton Baru

Manfaat pertama dari shorts pada YouTube ini adalah kamu akan merasa lebih mudah untuk terhubung dengan penonton baru pada akun YouTubemu tersebut. 

Dengan begitu, maka penontonmu pun bisa lebih banyak dari biasanya karena jangkauannya yang cukup luas. Kamu tentunya akan mendapatkan banyak subscriber baru dari pembuatan video shorts tersebut. 

2. Lebih Mudah Membuat Video Berdurasi Singkat

Manfaat berikutnya dari shorts ini adalah lebih memudahkan kamu dalam pembuatan video berdurasi singkat. 

Kamu bisa membuat video berdurasi 15 detik hingga 60 detik. Bahkan, kamu bisa membuat video pendek ini dengan memanfaatkan kamera multi segmen. Selain itu, kamu juga bisa membuat ide konten yang jauh lebih mobile friendly. 

3. Mendapatkan Pendanaan YouTube Shorts

Memang untuk saat ini para kreator video shorts tidak berbagi pendapatannya dari iklan yang ada pada pemutar shorts. 

Namun, sebagai gantinya, pihak YouTube memperkenalkan Pendanaan YouTube Shorts. 

Pendanaan YouTube Shorts ini adalah pemberian dana sebesar $100 juta untuk para kreator yang membantu YouTube dalam mengembangkan video shorts. 

4. Menaikkan Traffic Pada Algoritma YouTube

Manfaat dari shorts YouTube yang terakhir adalah dapat menaikkan traffic pada algoritma YouTube. Dengan begitu, maka video kamu pun bisa berada pada bagian atas pencarian YouTube. 

Ukuran Resolusi Shorts YouTube

Cara membuat video shorts YouTube ini juga tergantung dengan jenis video yang kamu publikasikan. Pihak YouTube sendiri membedakan video melalui fitur ini dengan video yang sering kamu tonton. 

Cara membedakannya adalah dengan melihat durasi dan ukuran resolusi video shorts yang tampil pada beranda atau pencarian YouTube. 

  • Durasi minimal dan maksimal untuk video shorts ini adalah 15 detik sampai 60 detik. 
  • Sementara itu, untuk ukuran dari resolusi video shortsnya sendiri adalah dengan aspek rasio vertical 9:16. Untuk minimal resolusinya adalah 600 x 600, dan maksimumnya bisa bervariasi, tergantung dari video kamu. 
  • Namun, ukuran resolusi yang direkomendasikan adalah 720 lebar x 1280 tinggi, atau 1080 lebar x 1920 tinggi. 

Cara Membuat Video Shorts YouTube Pemula

Setelah kamu paham apa itu shorts YouTube, manfaatnya, dan berapa ukuran resolusinya. Maka, sekarang adalah saatnya kamu mengetahui bagaimana cara membuat video short YouTube ini. 

Nah, berikut ini akan dijelaskan cara-cara membuat shorts YouTube. 

1. Download dan Install Shorts YouTube

download dan install shorts youtube

Cara membuat video shorts YouTube pertama adalah dengan download dan install aplikasi YouTube versi terbaru melalui Google Play Store terlebih dahulu. 

Kamu juga sudah tidak perlu lagi menginstall aplikasi lain, karena shorts ini sudah tersedia pada aplikasi YouTube. 

2. Jalankan Shorts di YouTube

jalankan shorts di youtube

Setelah aplikasi YouTube terpasang, silahkan kamu jalankan aplikasi YouTube tersebut seperti biasa. Jika sudah, silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan video shortnya. 

  • Pilih tombol atau icon plus yang ada pada bagian tengah layar YouTube kamu. 
  • Pada bagian create, silahkan kamu pilih create a shorts. Pilihan ini untuk memulai pembuatan shorts pada YouTube kamu. 
  • Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan memilih menu shorts, lalu pilih icon kamera yang ada pada bagian pojok kanan atas layar YouTube kamu. 

3.  Record Video Shorts di YouTube

record video shorts di youtube

Setelah kamu klik create a shorts, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah merekam video sesuai dengan keinginanmu. 

Namun, perlu kamu ingat bahwa dalam pembuatan video shorts ini videomu harus memenuhi ketentuan dan kebijakan yang berlaku. 

Pada bagian recording ini, kamu bisa merekam video shorts dengan durasi 15 detik hingga 60 detik. 

Nah, dalam cara membuat video shorts YouTube ini, ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan dan manfaatkan. 

  • Undo dan Redo

Fitur undo dan redo ini bisa kamu gunakan ketika pengambilan gambar secara langsung.  Dengan begitu, maka kamu bisa memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhanmu. 

  • Kecepatan Video

Kamu juga bisa mengatur kecepatan pengambilan video. Bahkan, kamu bisa mengatur ritmenya dengan kecepatan hingga 3 kali lipat, atau melambat hingga 0,3 kali lipat. 

  • Filter

Pada video shorts YouTube ini juga terdapat fitur filter yang tersedia lebih dari 10 jenis. Filter ini bisa kamu tambahkan pada video shortsmu untuk mempercantik dan memperindah gambar yang kamu buat. 

  • Lagu

Selain fitur-fitur tersebut, ada juga fitur lagu yang bisa kamu tambahkan pada video shortsmu. Kamu bisa menambahkan lagu dari awal maupun pada akhir pengeditan videonya. 

Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Bagian dari lagu atau audio yang kamu tambahkan juga tentunya bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. 

  • Teks

Video shorts ini juga telah dilengkapi dengan fitur teks. Kamu bisa mengatur kapan tulisan yang kamu buat bisa muncul pada bagian video shortsnya. 

4. Editing Video Shorts YouTube

editing video yang telah dibuat

Pada tahap berikutnya, kamu bisa mengedit video shorts YouTube yang sudah kamu buat sebelumnya. Caranya adalah bisa dengan kamu menambahkan music, text, hingga mengatur timeline videonya. 

Kamu juga bisa menggunakan fitur filter untuk membuat videomu terlihat lebih menarik. Jika sudah, kamu bisa klik tombol next. 

5. Upload Video Shorts YouTube

upload video

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah upload video shorts yang sudah kamu buat. Selain itu, jangan lupa juga berikan caption dan hashtag #shorts pada judul video. 

Terakhir, jangan lupa juga untuk mengatur video shorts yang sudah kamu buat tersebut menjadi public

Cara Upload Video Shorts YouTube

Untuk cara upload video shorts sendiri cukuplah mudah. Nah, silahkan kamu ikuti saja langkah-langkah berikut ini. 

  • Siapkan video shirts dengan rasio vertikal. Untuk durasinya harus kurang dari 1 menit (60 detik). Persiapan ini bisa kamu lakukan melalui laptop atau handphone. 
  • Jalankan YouTube kamu. 
  • Silahkan klik tanda icon plus, lalu pilih upload video. 
  • Jika sudah, pada jendela upload video tersebut kamu tinggal drag saja file video yang sudah kamu buat sebelumnya. 
  • Setelah itu, silahkan kami pilih tombol berikutnya. 
  • Pada bagian visibilitas, kamu bisa setting ke publik untuk mulai mempublikasikan videomu tersebut. 
  • Nantinya, ketika kamu membuka halaman beranda channel YouTubemu tersebut, maka akan ada keterangan shorts pada video yang sudah kamu upload sebelumnya. 

Inilah beberapa hal yang perlu kamu pahami mengenai bagaimana cara membuat video shorts YouTube. Kamu bisa membuat video ini menggunakan browser yang ada di laptop maupun smartphonemu. 

Namun jangan lupa untuk menyesuaikan standar durasi dan ukuran dari shorts YouTube tersebut. Selain itu, buat video dengan rasio vertikal dan durasi video kurang dari 1 menit (60 detik). Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password