Cara Membuat Thumbnail Youtube dengan Mudah

Cara Membuat Thumbnail YouTube dengan Mudah

Saat sedang memilih video yang akan kamu tonton pada aplikasi YouTube, pastinya selain judul, hal yang paling kamu perhatikan adalah thumbnail YouTube. Banyak sekali para creator YouTube yang berlomba-lomba untuk mendesain thumbnail mereka serapi dan sebagus mungkin untuk mengundang viewers. Untuk itu simaklah cara membuat thumbnail YouTube berikut ini.

Apa itu Thumbnail YouTube?

Sebelum masuk ke cara-cara membuat thumbnail YouTube, kamu wajib tahu terlebih dahulu pengertian dari thumbnail youtube. Walaupun menurut harfiah, gambar thumbnail yang kita tetapkan memang tidak menentukan kualitas video yang kita sediakan kepada calon penonton. Seperti prasa “Don’t judge a book from its cover”. Akan tetapi, walaupun begitu, menentukan cover dari video yang kita buat juga penting, loh.

Thumbnail Youtube adalah sebuah gambar kecil yang kamu pasang pada video kamu untuk menjadi cover. Thumbnail inilah yang akan para penonton kamu nilai pertama kali karena dari sinilah keinginan untuk menekan video kamu akan muncul. Sebenarnya tidak ada ketentuan dalam membuat thumbnail youtube.

Kamu bisa memasang gambar kamu ataupun gambar kosong. Namun, riset membuktikan bahwa thumbnail yang mempunyai tulisan dan beserta gambar yang menggambarkan topik video kamu akan sangat membantu para penonton. Sekarang ini, banyak konten kreator Youtube yang membuat judul tidak jelas, atau hanya berupa reaksi saja. Judul-judul tersebut bahkan termasuk ke dalam judul clickbait, yaitu judul yang mereka lebih-lebihkan untuk mendapatkan lebih banyak penonton.

Tentunya, judul-judul yang kurang jelas seperti itu dapat dibantu dengan menempatkan thumbnail youtube yang bagus dan jelas. Dalam membuat thumbnail sendiri. Ada dua pengaturan yang bisa kamu pilih untuk thumbnail  saat kamu akan mengunggah video kamu, yaitu default dan custom thumbnail

Default Thumbnail Youtube adalah sebuah gambar thumbnail yang akan secara otomatis dipilihkan oleh pihak Youtube berdasarkan video yang kamu punya. Biasanya, kamu akan mendapat tiga pilihan thumbnail oleh youtube ketika video kamu telah terloading. Pilihan ini adalah screenshot otomatis Youtube dari video yang kamu masukkan.

Sementara Custom Thumbnail adalah sebuah gambar thumbnail video Youtube yang kamu buat sendiri. Tentunya ada beberapa kelebihan yang akan kamu dapat dari membuat thumbnail sendiri. 

Salah satunya adalah kamu bisa bebas memilih foto yang ingin kamu taruh untuk cover. Selain itu, jika kamu memilih default thumbnail, kamu hanya akan mendapatkan screenshot yang terkadang gambarnya saja tidak HD (High Definition).

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Instagram dengan Cepat dan Mudah

Namun, jika kamu tidak membuat thumbnail sendiri dan langsung mengunggah video, maka thumbnail yang ada pada video youtube milikmu adalah thumbnail default yang Youtube pilih.

Ukuran Thumbnail Youtube

Seperti yang kamu tahu, thumbnail youtube sendiri memiliki ukuran gambar yang kecil karena hanya akan muncul pada halaman beranda. Saat kamu menekan sebuah video, maka thumbnail tersebut akan otomatis hilang.

Maka dari itu, sebelum kamu mengetahui cara membuat thumbnail, kamu harus tahu terlebih dahulu ukuran-ukuran file serta resolusi untuk thumbnail mu. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Resolusi Gambar

Untuk Resolusi gambar dari thumbnail youtube milikmu, sebaiknya kamu memakai ukuran 1280 x 720 pixel. Ukuran tersebut akan berbentuk persegi panjang. Jika kamu menginginkan ukuran lebih kecil, kamu dapat melakukannya asalkan canvas yang kamu pakai mempunyai lebar minimum sebesar 640 pixels.

2. Format Gambar

Youtube juga memiliki kebijakan dalam format gambar yang boleh kamu pakai untuk thumbnail. Sesudah kamu selesai mengedit, pastikan kamu menyimpan file gambarmu dengan format gambar JPG, PNG, BMP dan GIF.

3. Ukuran File

Ukuran file yang boleh untuk menjadi Thumbnail Youtube adalah 2MB. Jika gambar thumbnail yang kamu buat mempunya ukuran yang lebih besar dari ketentuan tersebut. Kamu bisa mengubahnya pada website-website resize online. Cara tersebut terbilang lebih mudah daripada kamu mengubahnya secara manual.

4. Rasio

Untuk thumbnail yang kamu miliki, haruslah mempunyai rasio 16 : 9 dan berbentuk persegi panjang. Hal ini untuk mencegah penurunan kualitas gambar awal dari konten milikmu. Jika thumbnail mu mempunyai kualitas yang tidak HD, minat penontonmu juga akan berkurang.

5. Tidak Mengandung Unsur SARA

Tentunya, salah satu kebijakan Youtube adalah tidak membuat konten yang mengandung unsur SARA. Ketika membuat suatu Thumbnail, kamu tidak diperbolehkan untuk menyinggung Suku, Agama, Ras dan Golongan manapun. Jika kamu melakukannya, bukan hanya akun Youtube mu saja yang punya kemungkinan ditangguhkan, kamu juga akan menerima sanksi sosial.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di PC atau Desktop

Sesudah mengetahui pengertian dan apa-apa saja ukuran yang kamu perlukan dalam membuat thumbnail YouTube, waktunya kamu mengetahui cara membuat thumbnail YouTube dari desktop. Ada beberapa cara dan aplikasi yang bisa kamu pakai pada desktop kamu, yaitu :

1. Canva

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat thumbnail tanpa susah adalah dengan menggunakan Canva.

  • Buka Canva

membuka canva

  • Selanjutnya, tekan tombol “Buat Desain” dan pilih tombol “Banner Youtube

membuat desain thumbnail youtube di canva

  • Tombol tersebut akan secara otomatis menghubungkan kamu dengan sebuah canvas kosong yang beresolusi otomatis seperti resolusi thumbnail. Dengan ini kamu tidak perlu susah-susah untuk memasukkan resolusi yang kamu inginkan. Kanvas kosong tersebut akan terlihat seperti dibawah ini.
Baca Juga:   Instagram Ads: Kelebihan dan Cara Beriklan di IG Ads

 mulai mengedit image di canva

  • Kamu bisa memulai mendesain canvas tersebut dengan memasukkan berbagai macam ornamen atau foto sesuai keinginan kamu. Pada website canvas juga sudah tersedia beberapa template yang bisa kamu gunakan jika kamu tidak mengerti cara mendesain sesuatu. Nah, template-template tersebut ada yang gratis dan ada juga yang membayar.
  • Untuk memasukkan foto dari Gallery Desktop kamu, tekan tombol “Unggahan” yang ada pada tools bar di samping kiri.

upload gambar di canva

  • Ketuk tombol “Unggah Media” dan pilih lah gambar yang ingin kamu masukkan ke dalam kanvas kosong kamu. Jika sudah ter-loading, maka gambar kamu akan berada pada bagian bawah.
  • Untuk memasukkan teks, kamu dapat menekan tombol “Teks” yang ada pada tools bar yang tersedia. Pada website ini juga kamu bisa mencari font teks yang sesuai dengan yang kamu mau.

pilih font di canva

  • Jika kamu membutuhkan beberapa desain bagan grafis, kamu juga bisa menekan tombol “Elemen” dan kamu dapat memilih banyak sekali pilihan.
  • Setelah selesai mendesain, ketuk tombol “Unduh” yang ada pada bagian pojok kanan atas pada layar. Kamu dapat menyesuaikan jenis file yang dapat kamu pakai sebelum mengunduh. Ingatlah untuk mengunduh dengan format yang sudah disebutkan sebelumnya.

2. Filmora

Cara membuat thumbnail youtube selanjutnya adalah menggunakan aplikasi filmora. Aplikasi ini juga hampir sama penggunaannya dengan website canva. Berikut langkah-langkahnya :

  • Import bagian video yang ingin kamu jadikan thumbnail kamu pada aplikasi Filmora yang telah tersedia, caranya klik tombol File -> Add Media.

masukkan video di filmora

  • Lalu geser video tersebut ke video track bawah.
  • Pada video yang sudah kamu geser ke bawah tersebut, geserlah secara perlahan dan pilih gambar mana yang ingin kamu jadikan thumbnail.

geser perlahan video yang sudah dimasukkan

  • Setelah selesai, kamu bisa menambahkan teks dengan menekan tombol “Titles” yang ada pada tab di atas. Banyak sekali pilihan font teks yang bisa kamu pakai. Pilihlah sesuai keinginan dan ubah teks tersebut dengan kalimat yang kamu inginkan.

menambahkan subtitle atau title

  • Edit lah sesuai yang kamu mau. Silahkan eksplor imajinasimu dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada Filmora.
  • Setelah selesai mengedit, silahkan mengekspor editan kamu dengan tombol “export” pada bagian ujung kanan atas. File thumbnail kamu akan secara otomatis masuk ke dalam galeri desktop.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di HP

Selain menggunakan desktop, kamu juga bisa membuat thumbnail pada HP Kamu. Ada banyak sekali aplikasi-aplikasi editing foto yang bisa kamu pilih. Hal ini tentunya akan mempermudah kamu saat kamu sedang berada di luar rumah dan tidak bisa memakai desktop. Berikut ini adalah cara membuat thumbnail Youtube menggunakan aplikasi PixelLab.

  • Download terlebih dahulu PixelLab dari Google Play Store atau App Store yang ada pada HP kamu.
Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Social Media Officer dan Tugasnya

download aplikasi PixelLab

  • Setelah terdownload, silahkan buka aplikasi tersebut. Tampilan yang akan muncul pertama kali adalah seperti berikut ini.

buka aplikasi pixelLab untuk membuat thumbnail youtube

  • Ketuk tombol “Image Size”, lalu atur kanvas kamu dengan menekan tombol preset dan pilih tombol “YouTube Thumbnail” yang telah tersedia.

mengatur ukuran untuk thumbnail youtube

  • Sebenarnya, ketika kamu telah memilih preset Youtube Thumbnail yang tersedia, kanvas kamu akan secara otomatis berukuran 16 : 9. Tapi jika kamu ingin gambarmu lebih HD lagi, kamu bisa mengaturnya menjadi 1920 x 1080. Lalu tekan tombol OK.

memasukkan ukuran thumbnail

  • Untuk Mengubah tulisan default menjadi tulisan yang kita inginkan, kamu tinggal mengetuk dua kali pada text dan setelahnya silahkan mengubah teks sesuai dengan keinginan kamu
  • Setelah itu, untuk mengubah font tulisan. Kamu tinggal menekan tombol berlambang “A” dan geser sampai kamu menemukan tombol “Font”. Klik tombol font tersebut dan kamu sudah dapat memilih beberapa tipikal font yang kamu suka.

memilih font

  • Untuk memasukkan foto, silahkan memilih tombol tambah pada pojok kiri atas, lalu pilih tombol “From Gallery” pilihlah gambar mana yang ingin kamu masukkan ke dalam kanvas kamu.

memasukkan foto di pixelLab

  • Cara membuat thumbnail youtube selanjutnya adalah memasukkan desain grafis. Pada tombol yang sama juga kamu bisa memasukkan shapes grafis yang kamu inginkan ataupun menambah text lain. Selain itu ada banyak pilihan yang ditawarkan oleh pixel. Kamu tinggal pilih sesuai dengan keinginan dan imajinasi kamu.
  • Setelah selesai mengedit, kamu bisa mendownload image thumbnail kamu dengan menekan tombol berlogo file yang ada di sebelah logo tambah. Logo ini berada pada bar paling atas layar HP kamu. Pilihlah tombol Save as Image.

menyimpan gambar yang telah dibuat

  • Akan muncul beberapa pilihan pada layar HP kamu yang bisa kamu ubah sesuai yang kamu inginkan. Pada bagian image format, kamu dapat menyimpan gambar yang telah kamu edit dengan format milikmu sendiri. Ada format PNG, JPG, dan lain-lain yang bisa kamu pilih.

TIPS : Untuk kamu yang menginginkan gambar yang High Definition, kamu bisa memilih format PNG. Format gambar ini akan menyesuaikan gambar milikmu pada sistem Youtube.

  • Setelah selesai, ketuk tombol “Save to Gallery”

Kesimpulan

Begitulah beberapa cara membuat thumbnail youtube yang bisa kamu ikuti. Thumbnail tentunya adalah salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan performa kamu dalam membuat konten. Selain akan menunjukkan seberapa kreatifnya kamu, membuat thumbnail yang menarik juga mampu menimbulkan rasa penasaran para calon penonton.

Tetaplah ingat untuk membuat thumbnail sesuai dengan konten yang kamu bahas. Hindarilah membuat thumbnail yang click bait. Semoga artikel ini dapat membantu.

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, seperti social media influencer, berita influencer, maupun marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password