Bagaimana Cara Membuat Podcast di Spotify untuk Pemula?

Perkembangan teknologi yang semakin canggih mampu membuat kamu jadi bisa berbagi dan berkomunikasi menggunakan berbagai cara atau platform media sosial. Salah satu caranya adalah podcast yang saat ini cukup populer di kalangan banyak orang, Namun, masih sedikit orang yang mengetahui cara membuat podcast di Spotify.

Podcast adalah konten dalam bentuk audio digital yang berisi pembahasan mengenai berbagai topik dalam satu seri dan dapat diakses kapan saja dan dari lokasi mana pun. iPod dan penyiaran adalah dua istilah yang membentuk kata podcast.

Aplikasi podcast paling populer saat ini adalah Spotify. Situs atau layanan aplikasi ini dirancang khusus untuk berbagi dan mendengarkan rekaman suara. Kamu bisa mendengarkan berbagai genre diskusi dalam podcast di Spotify.

Persiapan Membuat Podcast di Spotify

Sebelum mengetahui cara membuat podcast di Spotify, ada baiknya kamu mengetahui persiapan apa saja yang harus kamu miliki saat hendak melakukan kegiatan ini.

1. Perangkat untuk Podcast

Kamu harus menyiapkan komputer atau perangkat seluler yang bisa terhubung ke internet sebelum kamu bisa mulai membuat podcast. Terkait jenis aplikasi yang kamu gunakan untuk menghasilkan podcast, kamu bisa menggunakan Anchor atau Spotify.

Kamu bisa langsung menemukan aplikasinya melalui browser jika menggunakan laptop atau komputer. Tetapi jika kamu memiliki smartphone, kamu bisa mendapatkan aplikasi tersebut dari Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.

 2. Menentukan Pokok Bahasan

Memilih tema dan menulis skrip adalah langkah selanjutnya dalam persiapan pembuatan podcast. Sebelum memulai proses perekaman, ada baiknya untuk memilih subjek yang ingin kamu bahas sebagai penyiar podcast baru.

Kamu bisa memilih dari berbagai tema mulai dari pembahasan terkait dengan hobi kamu hingga pembahasan terpanas yang banyak diperdebatkan di lingkungan sekitar. Buat skrip terstruktur setelah kamu memilih pokok bahasan untuk memudahkan kamu dalam mengingat apa yang harus dikatakan di podcast tersebut.

Baca Juga:   Apa itu Instagram Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis?

3. Menentukan Alur dari Pembicaraan

Adanya alur pembicaraan yang terstruktur akan mengarahkan diskusi dan menjaganya topik bahasan agar tetap pada jalurnya. Meski begitu, cobalah untuk tidak terlalu terpaku pada skrip sampai kamu membacanya. Untuk membuat percakapan terdengar lebih alami, kamu harus bisa melakukan improvisasi.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Berikut ini adalah langkah atau cara membuat podcast di Spotify untuk pemula yang dapat kamu ikuti.

1. Membuat Akun Spotify

get started

Foto: Penulis

Cara membuat podcast di Spotify yang pertama adalah buka situs Spotify for Podcaster. Kemudian klik Get Started atau Log in yang ada di pojok kanan atas untuk masuk ke akun Spotify kamu. kamu bisa login menggunakan akun Facebook, Google, Nomor Telepon, dan Apple. Jika sudah berhasil, lanjut ke step berikutnya

Jika belum memiliki akun potify, klik Sign Up For Spotify. Nantinya kamu akan mengisi informasi email, username, menyetujui persyaratan, dan sebagainya. Setelah selesai, klik Sign Up. Nantinya, akan ada informasi verifikasi yang masuk ke email kamu. Jika sudah melakukan verifikasi, ikuti langkah selanjutnya.

2. Memilih Hosting untuk Podcast

Selanjutnya, cara membuat podcast di Spotify yakni memilih hosting untuk podcast kamu. Spotify tidak menyediakan tempat untuk menyimpan podcast kamu, sehingga kamu perlu menggunakan platform hosting podcast untuk menggungahnya dan sebagai tempat penyimpanan podcast kamu.

Saat ini, banyak layanan hosting podcast yang bisa kamu gunakan. Namun, umumnya orang-orang menggunakan Anchor sebagai third-party apps (aplikasi pihak ketiga) podcast hosting. Ini akan membantu memudahkan kamu dalam membagikan podcast ke Spotify.

3. Membuat Anchor dan Upload Audio Podcast

Berikut ini adalah cara membuat podcast di Spotify menggunakan hosting platform Anchor:

  • Jika kamu menggunakan komputer atau smartphone, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu di situs https://anchor.fm.

anchor

Foto: Penulis

  • Pilih Get Started
Baca Juga:   Ketahui Waktu Terbaik Posting TikTok, Tingkatkan Eksistensi Konten

daftar anchor

Foto: Penulis

  • Isi data diri kamu mulai Full Name, Email, dan Password. Kemudian klik Sign Up.
  • Setelah itu, verifikasi akun kamu melalui email yang sudah pihak Anchor kirim.

new episode

Foto: Penulis

  • Setelah selesai verifikasi, cara membuat podcast di Spotify yakni pilih New Episode di sudut kanan atas menu.

create

Foto: Penulis

  • Setelah itu, kamu bisa memutuskan apakah akan mengunggah audio yang sudah kamu rekam sebelumnya (Quick Upload) atau segera mulai merekam suara (Create an Episode).

rekam

Foto: Penulis

  • Jika audio untuk podcast kamu sudah siap, cara membuat podcast di Spotify  selanjutnya adalah mengunggahnya dengan menyeret file dari perangkat ke fitur unggah.
  • Tunggu konten audio kamu selesai memproses pengunggahan.
  • Setelah itu, klik Save Episode untuk menyimpan konten kamu.

episode option

Foto: Penulis

  • Pada cara membuat podcast di Spotify ini, kamu kemudian akan mendapat instruksi untuk memasukkan detail terkait podcast kamu. Seperti judul episode hingga diakhiri dengan tanggal upload.
  • Pilih Save As Draft jika kamu ingin menyimpannya terlebih dahulu. Namun, pilih Next jika kamu ingin langsung mengunggahnya.

setup

Foto: Penulis

  • Kemudian akan muncul kolom Set Up Your Podcast, Isi nama podcast dan deskripsi. Isikan juga podcast kategori dan bahasanya, klik Continue.

 cover art

Foto: Penulis

  • Setelah itu, kamu akan masuk pada Choose Your Cover Art, berikutnya adalah memilih cover art dari podcast kamu. Kamu bisa menggunakan yang sudah tersedia di Anchor atau mengunggah cover art karya sendiri.
  • Jika sudah, klik Continue dan klik Update Cover Art.

publish

Foto: Penulis

  • Setelah selesai memperbarui cover art, klik Publish.
  • Akan ada RSS Distribution yang berisi link untuk kamu masukkan nanti di akun Spotify. Klik Enable pada tombol yang berada di bawah link RSS Feed.

copy rrs feed

Foto: Penulis

  • Tidak lama kemudian akan muncul tombol Copy.
  • Klik Copy.

4. Menyalin RSS Feed

get started

Foto: Penulis

  • Cara membuat podcast di Spotify  selanjutnya adalah menyalin link RSS setelah akun Spotify kamu. Luncurkan browser dan ketik alamat website https://podcasters.spotify.com. Setelah itu pilih Get Started.
Baca Juga:   Cara Melihat Instagram Insight dan Memanfaatkannya Untuk Bisnis

send code

Foto: Penulis

  • Copy-paste link RSS Feed podcast yang sebelumnya kamu salin di platform Anchor dan klik Next. Kemudian akan muncul tombol Send Code, maka klik tombol tersebut dan kamu akan diberi kode verifikasi yang terkirim ke alamat email Spotify kamu.
  • Selanjutnya, cara membuat podcast di Spotify  yang harus kamu lakukan adalah verifikasi. kamu akan menerima email verifikasi dari Spotify dengan kode khusus.
  • Jika sudah, klik Next

tell us

Foto: Penulis

  • Kamu harus mengisi informasi yang diperlukan di bagian Tell us more about your podcast sebelum pendengar bisa menikmati podcast kamu. masukkan kategori dari podcast yang kamu buat beserta bahasa, asal negara, dan kategori utama.
  • Kamu telah menyelesaikan pembuatan podcast.

Mudah Bukan Membuat Podcast di Spotify?

Demikianlah langkah-langkah atau cara membuat podcast di Spotify.

Perlu diektahui, setelah mengunggah podcast di Spotify perlu waktu beberapa hari agar bisa mengudara.

Jadi, tunggu saja!

Sebagai pemula, berikan kesan pertama yang menarik agar pendengar akan terus menantikan podcast kamu.

Gunakan juga perangkat lain seperti mikrofon dan headphone agar suara yang kamu hasilkan lebih jernih dan enak didengar.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar social media marketing, influencer marketing dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password