Cara Membuat Meme di Instagram dan Menjadi Viral

cara membuat meme di instagram dan menjadi viral

Penggunaan meme untuk konten di internet memang sudah banyak digunakan. Ini merupakan salah satu cara penyampaian sebuah tujuan dengan cara yang unik . Hal ini juga yang membuat banyak orang yang mencari cara membuat meme di Instagram.

Dalam banyak hal, penggunaan meme juga terbukti bisa meningkatkan engagement dan juga menaikan growth. Terutama ketika meme yang dibuat tersebut cukup relate dan juga relevan. Dalam kondisi lain, ketika meme tersebut di share ke orang lain, maka maksud dan tujuannya masih bisa ditangkap. Hal tersebut juga menjadi salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan meme di media sosial, terutama Instagram.


Apa Sebenarnya Instagram Meme?

Sebelum memahami cara membuat meme di instagram, mungkin kamu juga perlu mengetahui apa sebenarnya Instagram meme. Secara mudah, instagram meme merupakan sebuah cara penyampaian konten dengan tujuan untuk menyampaikan sesuatu ke kepada pengguna.

Tujuan penggunaan meme sneidi adalah agar materi yang ingin disampaikan menjadi lebih mudah untuk dicerna. Penggunaan meme ini biasanya akan memadukan gambar dan teks. Fungsi teks adalah untuk memberikan gambaran tentang sebuah kondisi. Sementara fungi object atau gambar yang ada berfungsi sebagai elemen pendukung dari teks.

Instagram meme sendiri biasanya dibuat dengan konteks yang lucu, dan menghibur. Namun ada juga beberapa meme yang dibuat dengan maksud untuk melakukan sindiran. Ketika kamu akan melakukan cara membuat meme di Instagram, maka ada beberapa gambar default yang bisa kamu coba gunakan.

Penggunaan meme dalam instagram ini juga sebenarnya bukan tanpa tujuan. Biasanya penggunaan meme ini bertujuan untuk membangun kedekatan dengan audience. Pada penggunaan yang lebih luas, meme juga berfungsi untuk menaikan brand value. Pada penggunaan sehari-hari maka meme ini bisa saja hanya bersifat untuk menghibur.


Mengapa Menggunakan Instagram Meme?

Selain bagaimana cara membuat meme di Instagram, hal yang banyak orang tanyakan juga adalah mengapa menggunakan meme? Banyak orang yang masih bingung mengapa meme dianggap lebih baik? Salah satu alasannya adalah moment. Saat ini sendiri ada banyak meme yang terinspirasi dari sebuah moment. Ketika moment trending di media sosial, maka para creator meme akan langsung membuat moment tersebut menjadi sesuatu yang menarik.

Baca Juga:   Cara Sukses Menjadi Content Creator Instagram, Lengkap!

Selain itu, dengan gaya penyampaiannya, banyak orang yang menganggap meme ini cukup relate dan relevansi dengan apa yang mereka alami. Pada penggunaan yang lebih luas, penggunaan meme juga bisa dishare dan diterima banyak orang. Ketika semua keunggulan ini bergabung, maka hasilnya adalah banyak nya like, comment, dan share atas konten tersebut.


Bagaimana Cara Membuat Meme di Instagram?

Pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara membuat meme di Instagram? Lalu apakah semua hal bisa dibuat meme? Apakah meme tersebut bisa viral? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu yang ada pada pikiran kalian.

Jika bertanya apakah semua hal bisa dijadikan meme? Maka jawabanya adalah tergantung kondisi dan waktu. Dalam hal ini, maka Anda perlu bisa memahami konten seperti apa yang akan diterima pada saat itu. Sehebat apapun sebuah meme, konten ini juga memiliki waktu edar yang mungkin tidak bisa kamu pakai setiap saat. Hal ini juga berlaku untuk pertanyaan apakah konten tersebut bisa viral?

Hal ini juga akan kembali pada masalah waktu. Formula yang sama belum tentu bisa menghasilkan hal yang sama juga. Dalam hal ini, jika satu brand sukses dengan satu meme, maka belum tentu brand lain bisa mengikuti hal tersebut.

Meski demikian, cara membuat meme di instagram sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Mencari Inspirasi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai cara membuat meme di Instagram adalah dengan mencari isipiransi. Hal ini bisa kamu lakukan mulai dari mencari template meme yang akan kamu gunakan, mencari tujuan meme, mendapatkan kata-kata untuk konten meme, dan lainnya.

Pencarian inspirasi ini juga termasuk melihat apa yang sedang trend di media sosial. Kamu juga perlu melihat konten seperti apa yang audience kamu sukai.

Baca Juga:   Highlight Instagram: Pengetian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

2. Buatlah Meme Versi Kamu

Setelah inspirasi yang kamu butuhkan didapat, maka langkah selanjutnya yang kamu perlukan adalah membuat meme tersebut. Saat ini sendiri, ada 2 jenis meme yang banyak digunakan. Yang pertama adalah static meme atau berbentuk gambar dan yang kedua berbentuk video.

Jika kamu ingin menggunakan foto sebagai template, maka mungkin kamu hanya tinggal mengedit dan menambahkan teks untuk mendukung konten meme kamu. Namun jika kamu ingin menggunakan video, maka kamu juga bisa membuat konten yang lebih panjang.

Saat ini snider, penggunaan static meme atau yang berbasis foto jauh lebih efektif dari yang menggunakan video.

Untuk cara membuat meme di Instagram sendiri kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi atau juga menggunakan software edit foto atau video. Untuk aplikasi, maka sudah banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan.


Tips Membuat Meme

Jika kamu sudah paham bagaimana cara membuat meme di instagram, maka ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat meme kamu dikenal dan mungkin bisa jadi viral. Beberapa tips tersebut antara lain:

1. Tetap Fokus pada Tujuan

Pada penggunaan untuk bisnis, maka biasanya setiap meme yang kamu buat di Instagram memiliki tujuan tertentu. Baik untuk meningkatkan valuen, meningkatkan engagements, dan lainnya. Yang paling penting adalah kamu bisa berpegang terhadap tujuan awal dari pembuatan konten tersebut.

Selain itu, kamu juga perlu konsisten dalam penyampaian meme ini. Jika kamu menggunakan template meme, maka coba pilih template yang sekiranya sesuai dengan konten yang akan kamu buat.

2. Retensi Terhadap Waktu

Jika mengharapkan meme kamu menjadi viral, maka pastikan apa yang kamu buat tersebut tahan lama. Dalam hal ini, pastikan konten yang kamu buat tetap relevan dan relate dengan apa yang terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Sudah banyak contoh dimana orang membuat sebuah konten, namun konten itu baru meledak bertahun-tahun kemudian. Selama konten tersebut masih relevan dan relate, maka kapanpun hal itu meledak menjadi tidak masalah.

3. Tidak Rumit

Pada dasarnya meme merupakan konten yang harus bisa dipahami dalam satu atau dua kali lihat. Dalam hal ini maka ketika kamu membuat meme, maka pastikan konten tersebut jelas dan tidak menimbulkan kesulitan.

Baca Juga:   Cara Mengubah Story Instagram Menjadi IG Reels dengan Mudah

Konten meme yang baik adalah yang mudah untuk memahaminya, relevan, relate, dan bisa dibagikan dengan orang lain. Ketika poin-poin ini bisa kamu lakukan, maka potensi meme yang kamu buat untuk bisa mendapatkan respon cukup tinggi


Aplikasi Membuat Meme

Sudah dijelaskan sebelumnya, jika salah satu cara membuat meme di Instagram adalah dengan menggunakan aplikasi. Saat ini sendiri memang ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan hal ini. Aplikasi ni uga sudah tersedia untuk App Store dan Play Store. Beberapa aplikasi pembuat meme tersebut antara lain:

1. Meme Generator

JIka berbicara masalah cara membuat meme di Instagram, maka mungkin aplikasi ini yang berada di urutan teratas. Beberapa keunggulan dari aplikasi ini adalah memiliki banyak template meme dan desain huruf yang bisa kamu gunakan.

2. Memasik

Aplikasi lainnya yang juga bisa kamu gunakan sebagai cara membuat meme di Instagram adalah emme asik.. Selain menyediakan banyak template, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat meme dalam etuk lain seperti suara atau video.

3. GATM Meme Generator

Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat meme adalah GATM Meme Generator. Salah satu keunggulan dari penggunaan aplikasi tersebut adalah kamu bisa melihat meme seperti apa yang sedang banyak orang suka

4. Memedroid

JIka kamu ingin membuat meme dengan tema tertentu, maka aplikasi yang satu ini akan sangat cocok. Selain menyediakan banyak template, aplikasi ini juga menyediakan banyak tema meme yang bisa kamu gunakan.

Jika melihat dari penggunaanya, meme memang memiliki peranan yang cukup penting dalam dunia konten internet. Dari mulai sindiran sampai hanya untuk hiburan.Bahkan, penggunaan meme ini juga bisa untuk kebutuhan bisnis.

Dalam banyak kasus,orang mencari cara membuat meme di instagram karen penggunaan meme yang cukup efektif. Kombinasi gambar dengan teks memang menjadi daya tarik sendiri untuk netizen.


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer khususnya Instagram influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password