Cara Lengkap Membuat Instagram Reels dengan Mudah

cara membuat instagram reels

Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, sekarang ini banyak aplikasi canggih yang mulai bermunculan dan berkembang dengan sangat cepat. Salah satunya adalah aplikasi Instagram.

Instagram menjadi aplikasi yang populer dan banyak digandrungi oleh semua kalangan masyarakat dunia. Hal ini dibuktikan dengan pengunduh yang lebih dari 1 M pengguna.

Instagram mampu memanjakan penggunanya dengan berbagai macam fitur yang tersedia, seperti membagikan foto, video pendek, membuat cerita pada fitur story, dan music lyric.

Selain fitur music lyric, aplikasi ini juga menghadirkan fitur terbaru yang bernama Reels. 

Pengertian Instagram Reels

Biasanya para pengguna Instagram menggunakan aplikasi tersebut untuk membagikan foto atau video ke beranda maupun story, sekarang kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menjadi lebih kreatif.

Dengan munculnya fitur ini membuat tampilan utama Instagram menjadi berubah, sebab fitur Reels terdapat pada bagian tengah antara icon Home, Store, Profile, dan Store untuk menggantikan icon Postingan Baru. Lalu icon Postingan Baru pun pindah ke bagian sisi atas di samping icon Direct Messages dan Notifications.

Namun, sebagian orang menganggap bahwa fitur ini adalah fitur tiruan dari aplikasi TikTok. Kendati sejatinya, Instagram membuat fitur Reels untuk mengharapkan penggunanya semakin betah dalam memainkan aplikasi ini.

Instagram pertama kali meluncurkan fitur Reels pada tanggal 5 Agustus 2020 dan baru 50 negara yang dapat mengaksesnya. Sementara, pengguna dari Indonesia bisa mengaksesnya mulai Juni 2021 kemarin.  

Baca Juga:   8 Cara Kreatif Posting Carousel Instagram, Mana yang Ingin Kamu Coba?

Dengan fitur ini, kamu bisa membuat video pendek dengan waktu 15 detik dan dapat menggunakan pilihan efek, music, dan tools yang semenarik mungkin. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menggabungkan dan merekam berbagai klip lalu menjadikannya sebagai video yang utuh.

Jika akun milikmu dikunci, maka yang bisa melihat postingan video Reels buatanmu hanyalah followersmu saja. Sebaliknya, jika kamu menggunakan tagar FYP atau For Your Page, maka secara otomatis videomu akan mampir di explore Instagram.

Kegunaan dari FYP ini mirip dengan milik aplikasi TikTok, sebab pengguna Instagram akan disajikan oleh konten Reels yang memiliki posisi teratas pada penjelajahan fitur tersebut. Selain itu, kamu juga bisa scroll ke bawah untuk menemukan konten sesuai selera.

Bagaimana Cara Membuat Instagram Reels?

Bagi kamu yang merasa penasaran, yuk simak dan ikuti cara membuat Instagram Reels di bawah ini :

1. Buka Aplikasi Instagram

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi Instagram, lalu ketuk icon kamera yang ada pada sudut bagian kiri atas. Setelah itu, pada halaman selanjutnya kamu ketuk Get Started (Memulai).

Disana kamu akan melihat pilihan dari beberapa opsi yang terdiri dari Live, Story, dan Reels. Kemudian ketuk opsi Reels untuk memulai membuatnya. 

2. Panjang Video Sekitar 15 Detik

Kamu harus memastikan video Reels buatanmu memiliki waktu 15 detik. Baru setelah sudah siap, kamu klik lingkaran berwarna putih untuk mulai merekam video.

3. Jangan Lupa Tambahkan Musik

Agar video Reels buatanmu semakin menarik, maka kamu bisa menambahkan musik. Ketuk icon musik di bagian sebelah kiri, lalu cari lagu yang sesuai selera kamu.

4. Sesuaikan Kecepatan Pada Video

Untuk mengatur kecepatan video, kamu bisa gunakan icon berbentuk panah yang terdapat pada bagian kanan dan terlihat seperti tombol putar. 

5. Gunakan Efek Filter yang Menarik

Kamu bisa memilih berbagai jenis filter untuk membuat video Reels buatanmu menjadi semakin terlihat kreatif. 

6. Mengatur Timer Video

Kamu juga bisa melakukan pengaturan pada timer dalam merekam atau memotret. Caranya ketuk icon timer pada posisi kiri, lalu Set Timer. Kemudian ketika kamu mulai merekam video, maka timer secara otomatis akan muncul.

7. Simpan Video

Jika kamu sudah merasa puas dengan hasilnya, silahkan simpan video tersebut ke galeri ponsel.

Baca Juga:   Ide Konten Fashion Menarik untuk Online Shop di Instagram

8. Bagikan Hasil Video

Setelah kamu mengedit video Reels tersebut agar semakin menarik, jangan lupa untuk bagikan video dan gunakan tagar FYP, hal ini agar konten video kamu masuk ke explore pengguna lain.

tampilan instagram reels

Ukuran Postingan Instagram Reels

Rata-rata ukuran dari postingan video Reels adalah sekitar 5 detik sampai 35 detik. Dengan durasi waktu ini, kamu dapat membuat video yang menarik dan kreatif untuk berbagai alasan. Misalnya saja untuk membantu membuat boost bisnis kamu di platform Instagram. 

Bagaimana Cara Menambahkan Musik di Instagram Reels

Agar lebih paham mengenai cara untuk menambahkan musik pada Reels, berikut langkah-langkahnya :

1. Tambahkan Cuplikan Video atau Foto Terlebih Dahulu

masukkan video atau foto untuk membuat reels

2. Lalu Setelah Itu, Tap Tambahkan Musik Untuk Membuat Video Instagram Reels Semakin Menarik

menambahkan music saat membuat instagram reels

3. Memilih Lagu Untuk Video Instagram Reels

memilih lagu untuk reels

Untuk memilih lagu, kamu cukup tekan icon musik. Lalu pilih lagu sesuai dengan kesukaan kamu, kemudian pada halaman selanjutnya, kamu klik icon centang untuk mencantumkan lagu ke video Reels kamu.

Setelah lagu berhasil muncul pada video, kemudian kamu bisa menyimpan video tersebut terlebih dahulu, lalu bagikan dengan cara tekan Berikutnya ke explore pengguna Instagram lainnya.

klik berikutnya untuk publish instagram reels

Bagaimana Cara Mengakses Instagram Insight?

Ada cara-cara yang perlu kamu tahu untuk bisa mengakses Instagram Insight. Berikut caranya:

1. Kenali Instagram Insight

Instagram Insight adalah sebuah fitur yang tersedia pada aplikasi Instagram, fitur ini bisa memberikan informasi kepada kamu mengenai konten yang kamu posting, kamu juga bisa mengetahui interaksi antara akunmu dan followers. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui data diri dari followers akun kamu, yang meliputi jenis kelamin, usia, dan lainnya.

Instagram Insight memiliki banyak manfaat yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah untuk melakukan Jasa Iklan di Instagram dengan cara menentukan target audience pasar pada aplikasi ini.

2. Menu yang Tersedia

Fitur ini mempunyai 3 menu yang patut untuk kamu coba. Apa saja menu itu? Berikut penjelasannya :

Menu Content

Pada menu ini, kamu bisa dengan mudah melihat informasi tentang berbagai konten yang pernah kamu upload. Seperti mengetahui akun yang melihat konten kamu, entah itu story atau feed. Lalu berapa akun yang share konten milik akun kamu, siapa saja yang save konten kamu juga bisa, dan informasi lainnya.

Baca Juga:   IG Story atau Post: Manakah yang Menghasilkan Engagement Terbaik?

Menu Activity

Untuk mengetahui berapa banyak akun yang melakukan interaksi dengan akun kamu, maka kamu harus menggunakan akun bisnis terlebih dahulu. Kamu bisa mengetahui berapa kali followers menekan tombol website yang tersedia, jumlah jangkauan konten, kunjungan profil akun Instagram kamu, atau berapa kali followers menekan tombol email atau kontak telepon kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berapa banyak akun yang berhasil dijangkau oleh konten unggahan kamu dan jumlah tayangan yang kamu dapat dari konten.

Menu Audience

Melalui menu ini, kamu bisa mengetahui berbagai data tentang followers akun kamu. Seperti usia, gender, dan lainnya. Selain itu, kamu juga akan memperoleh kapan waktu followers kamu melihat atau stalk akun yang kamu punya.

3. Cara Mengakses Instagram Insight

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengakses Instagram Insight :

Untuk Mengetahui Identitas dan Geografi Followers Akun

Dengan ini kamu bisa mengetahui berbagai informasi dari identitas followers, meliputi gender, usia, lokasi (geografi). Contoh untuk mengetahui usia :

mengetahui usia followers instagram

Contoh untuk mengetahui gender pengikut akun :

mengetahui jenis kelamin followers instagram

Dan contoh untuk mengetahui lokasi dari pengikut akun kamu :

mengetahui lokasi followers instagram

Jika berdasarkan tabel diatas, maka rata-rata usia pengikutmu adalah yang berusia 18-24 tahun, kebanyakan berjenis kelamin perempuan, dan berlokasi di Jakarta.

Mengetahui Waktu Akses Pengikut

Kamu bisa mengetahui kapan waktu pengikutmu mengakses akun Instagram mereka, seperti kapan jam dan hari ketika mereka menggunakan Instagram. Dengan informasi itu, maka kamu bisa menentukan prime time kapan akan publish konten sesuai waktu mereka mengakses akun Instagram. Contohnya seperti ini :

melihat waktu akses pengikut

Melihat Kunjungan Profil Akun

Kamu bisa dengan mudah mengetahui berapa kali profil akun Instagram kamu dikunjungi oleh seseorang atau berapa kali pengikut kamu menekan tombol website yang kamu sediakan pada akun Instagram. 

Kamu bisa melihatnya seperti pada contoh ini :

melihat kunjungan profil

Melihat Jangkauan Akun

Kamu juga dapat mengetahui berapa banyak akun yang bisa dijangkau oleh konten akun Instagram kamu. 

Contohnya seperti dibawah ini :

melihat jangkauan akun

Sudah Bisa Membuat Instagram Reels?

Nah itulah panduan lengkap untuk menggunakan fitur terbaru yang menarik dan keren, mulai dari cara membuat Instagram Reels hingga penjelasan tentang fitur Insight. Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi dan tips seputar influencer, berita influencer, maupun social media influencer hanya di influencer101.id.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password