Cara Membuat Instagram Music dengan Mudah untuk Story

cara membuat instagram music

Instagram meluncurkan sebuah fitur baru bernama instagram music. Karena terbilang cukup baru, saat ini masih banyak orang yang belum bisa menggunakannya dengan baik. Masih banyak orang yang kurang paham terkait bagaimana cara membuat instagram music di instagram itu sendiri.

Sebelum masuk ke  bagaimana cara membuatnya, sebenarnya kamu perlu mengetahui lebih lanjut terkait apa itu instagram music. Langsung saja, berikut pembahasannya!

Apa Itu Instagram Music?

Instagram music merupakan sebuah fitur baru yang hadir di Instagram. Fitur yang satu ini membuat konten kreator instagram semakin bisa berkreasi dengan mudah di instagram. Dengan adanya fitur instagram music ini, konten di instagram tampak semakin berwarna dan tidak membosankan.

Lengkapnya lagu yang bisa kamu pilih juga bisa menambah ide yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten. Kamu bisa melakukan pencarian lagu yang kamu inginkan pada instagram music ini. 

Hal ini bisa kamu lakukan karena instagram music sendiri sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan label musik di Indonesia. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagu yang ingin kamu gunakan tidak bisa kamu temukan pada instagram music nantinya.

Setelah mengetahui apa itu instagram music, tentunya kamu semakin tertarik untuk mengetahui bagaimana cara membuat instagram music itu sendiri. Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini!

Cara Membuat Instagram Music di Story

Cara yang pertama adalah membuatnya dan meletakkannya pada story akun instagram kamu. Ketika kamu menggunakan cara yang satu ini, maka konten dengan audio ini akan muncul pada story dari akun instagram kamu nantinya. Langsung saja, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa membuatnya!

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok dengan Mudah

1. Membuka Aplikasi Instagram dan Membuat Story

membuka instagram dan masuk ke menu story (1)

Pertama, kamu harus membuka aplikasi instagram. Kemudian kamu bisa menggeser ke kanan layar HP mu hingga kamu masuk ke menu story atau cerita. Ketika sudah mendapatkan tampilan seperti pada gambar di atas, kamu bisa segera membuat story yang ingin kamu unggah. Silahkan langsung saja untuk menekan tombol lingkaran berwarna putih seperti yang tanda panah merah tunjuk pada gambar. 

Pastikan kamu membuat story dalam bentuk video agar bisa kamu sisipkan musik di dalam video tersebut nantinya. Atau kamu juga bisa menggunakan video yang sebelumnya sudah kamu simpan untuk kamu tambahkan musik di story instagram nantinya.

2. Mengusap Layar Dari Ujung Bawah Ke Atas

mengusap layar

Cara membuat instagram music selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mengusap layar dari ujung bawah ke atas. Hal ini harus kamu lakukan untuk mengakses beberapa media menarik yang bisa kamu tambahkan pada konten video mu nantinya. Dalam hal ini, salah satu media yang bisa kamu tambahkan pada video story kamu adalah music.

3. Memilih Music Untuk Kamu Tambahkan Pada Story

memilih music

Cara membuat instagram music pada story instagram yang berikutnya adalah dengan memilih menu music pada menu yang ada. Setelah kamu mengusap layar dari bawah ke atas, kamu akan melihat tampilan pilihan seperti pada gambar di atas. Nah, pilihlah ikon music seperti yang tanda panah merah tunjuk pada gambar. Dengan memilih ikon tersebut, kamu akan menambahkan musik pada story kamu nantinya.

4. Menentukan Lagu Mana yang Ingin Kamu Tambahkan

menentukan lagu

Cara berikutnya yang harus kamu lakukan untuk membuat instagram music ini adalah memilih lagu mana yang ingin kamu tambahkan. Dalam hal ini, kamu harus bisa memilih lagu mana yang sekiranya cocok dengan story yang ingin kamu upload. Untuk mendengarkan lagunya terlebih dahulu, kamu bisa menekan tombol play warna putih yang berada di sebelah kanan dari judul lagunya. Ini akan mempermudah kamu ketika kamu tidak mengetahui judul lagu yang ingin kamu gunakan.

5. Memilih Bagian Lagu yang Ingin Kamu Gunakan

memilih bagian music (1)

Cara membuat instagram music di story instagram yang berikutnya adalah memilih bagian lagu yang akan kamu gunakan. Kamu bisa memilih bagian lagu mana yang menurutmu paling cocok dengan video pada story milik kamu. 

Baca Juga:   Bahaya Beli Followers di IG Bagi Engagement Follower Kamu!

Perhatikan tanda panah bertanda angka 1. Tanda panah itu menunjuk ke bagian yang bisa kamu gunakan untuk mengatur dan menyesuaikan bagian lagu yang ingin kamu gunakan. Durasinya sesuai dengan durasi video yang akan kamu gunakan.

Kemudian perhatikan juga tanda panah bertanda angka 2. Tanda panah itu menunjuk ke bagian yang bisa kamu gunakan untuk mengubah gaya tulisan dari lirik lagu yang nantinya muncul pada video story kamu. Tentunya kamu juga bisa mengatur di sebelah mana kamu ingin memunculkan lirik lagu tersebut.

6. Mengunggahnya ke Story

mengunggah story (1)

Setelah semuanya sudah kamu lakukan, sekarang saatnya untuk kamu mengunggah video tersebut ke story milik kamu. Kamu bisa langsung mengunggahnya dengan menekan tombol di pojok kiri bawah seperti yang tanda panah tunjuk pada gambar di atas. Setelah itu, kamu sudah berhasil membuat instagram music pada story dari akun instagram milik kamu.

Cara Membuat Instagram Music di Reels

Selain membuatnya dalam bentuk story, kamu juga bisa membuatnya sebagai sebuah reels. Hal ini sedikit berbeda dengan cara membuat pada instagram story sebelumnya. Pada Instagram Reels kamu harus memilih lagu terlebih dahulu, barulah nanti kamu harus menyesuaikan konten mu dengan lagu yang kamu gunakan.

Untuk pembahasan lengkapnya, langsung saja berikut cara yang harus kamu lakukan!

1. Mengakses Mode Reels

mengakses mode reels (1)

Cara pertama yang harus kamu lakukan saat membuat instagram music melalui reels ini adalah mengakses mode reels itu sendiri. Seperti halnya pada story, kamu harus membuka aplikasi instagram terlebih dahulu kemudian mengusap layar HP mu ke kanan untuk masuk ke mode create.

Setelah itu kamu perlu menggeser bagian yang tanda panah merah bertanda angka 1 tunjuk hingga menemukan mode reels. Setelah itu, kamu bisa langsung menekan tombol Audio seperti yang tanda panah merah bertanda angka 2 tunjuk pada gambar.

2. Memilih Lagu yang Ingin Kamu Gunakan

mengakses mode reels (1)

Cara membuat instagram music pada reels yang berikutnya adalah memilih lagu yang akan kamu gunakan. Tampilan seperti pada gambar di atas akan muncul setelah kamu menekan tombol Audio pada langkah sebelumnya.

Baca Juga:   Karakteristik Produk yang Lebih Cocok Dipromosikan Melalui IG Story

Nah, pada tahap ini,  kamu bisa memilih lagu mana yang menurut kamu akan cocok sebagai pengiring konten reels pada kali ini. Setelah menemukan lagu yang cocok, kamu hanya perlu menekan judul lagu tersebut dan lagu akan segera ditambahkan sebagai pengiring video reels.

3. Mengatur Bagian Lagu yang Ingin Kamu Gunakan

mengatur bagian lagu (1)

Cara berikutnya yang harus kamu lakukan dalam membuat instagram music di reels adalah menyesuaikan bagian lagu yang ingin kamu gunakan. Dalam hal ini kamu bisa memperhatikan bagian yang tanda panah merah tunjuk pada gambar di atas.

Kamu bisa menggeser bagian tersebut dan menyesuaikannya sehingga bisa menemukan bagian lagu yang cocok untuk kamu gunakan. Setelah sudah sesuai, kamu bisa langsung menekan tombol centang putih di pojok kanan atas.

4. Mengambil Konten Untuk Reels

mengambil konten (1)

Setelah menyelesaikan semua penyesuaian pada langkah sebelumnya, cara membuat instagram music di reels yang harus kamu lakukan adalah mengambil konten. Pengambilan konten menjadi hal yang penting untuk kamu lakukan dalam proses kali ini. Pastikan kamu mengambil konten dengan tetap menyesuaikan audio atau musik yang sudah kamu tambahkan sebelumnya. Dengan penyesuaian yang bagus, maka hasil reels akan semakin bagus juga nantinya.

5. Mengunggah Instagram Music ke Reels

mengunggah ig music (1)

Cara terakhir yang harus kamu lakukan di reels ini adalah mengunggahnya ke reels. Kamu hanya perlu menekan tombol yang tanda panah merah tunjuk pada gambar di atas. Setelah itu kamu akan melihat cuplikan dari reels yang sudah kamu ambil. Jika sudah yakin ingin mengunggahnya, kamu bisa langsung saja mengunggah reels tersebut. Dengan begitu, kamu sudah berhasil membuat instagram music pada reels di Instagram.

Itulah Dia Cara Membuat Instagram Music 

Setelah mengetahui caranya, pastikan kamu melakukannya dengan benar sesuai dengan yang sudah dibahas sebelumnya. Ini menjadi penting untuk kamu perhatikan agar kamu bisa membuat konten yang bagus dan juga keren. 

Selain itu, kamu juga harus tetap memperhatikan konten yang akan kamu upload. Pastikan kamu membuat konten yang menarik dan juga unik. Dengan begitu, penonton akan betah dan suka dengan konten yang kamu hasilkan.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influener101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password