Cara Membuat Facebook Ads yang Mudah: Pemula Wajib Tahu!

Iklan dan promosi adalah dua hal yang tidak dapat terpisah saat sedang menjual barang dan jasa. Kamu akan memerlukannya dan media sosial adalah tempat paling tepat untuk memasarkan barang jualanmu. Salah satu media sosial yang paling berpengaruh adalah Facebook, tapi bagaimana cara membuat Facebook ads?

Yang pasti kamu harus memiliki akun di media sosial tersebut, tanpa akun kamu tidak akan dapat memanfaatkan fitur yang ia miliki. 

Sebelum mempelajari tutorial cara membuat iklan Facebook ads, tahukah kamu apa pengertiannya? Mengapa kamu harus menggunakan media sosial satu ini? Apa kelebihan mengiklankan barang di Facebook dibanding media sosial lainnya? Yuk, kita pelajari penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook ads merupakan salah satu media bagi penjual untuk promosi penjualannya dengan audience pengguna di dalam media sosial ini. Iklan di Facebook memiliki audience dan pengguna yang cukup stabil, tidak sedikit brand besar dan penjual online yang menggunakannya.

Kamu dapat melihat bentuk iklan yang dipasarkan di Home atau sidebar Facebook. Media sosial ini juga menyediakan dua macam iklan, yaitu iklan gambar dan iklan video. Dilihat dari tujuannya, iklan di Facebook terpisah menjadi beberapa kategori. Yaitu untuk mengejar target traffic, impression, dan lead.

Cara membuat Facebook ads juga tidak terlalu susah. Setiap pengguna media sosial ini memiliki keuntungan untuk memanfaatkan fitur iklan dengan sebaik-baiknya.  

Kelebihan Facebook Ads

Sebagai penjual yang menggunakan media sosial sebagai tempat promosi, kamu mungkin sedikit khawatir untuk mengiklankan barang di Facebook. Kamu mungkin takut tidak mendapat pembeli sebab sudah banyak orang yang berhenti menggunakan media sosial ini.

Nyatanya, justru lebih banyak orang yang menggunakan Facebook sebagai tempat promosi. Selain karena media sosial ini mudah untuk digunakan, range penggunanya pun bermacam-macam. Kamu bisa mendapat engagement yang lebih tinggi apabila tahu tips dan trik saat membuat iklan di sini. 

Namun sebelum membuat iklan, kamu harus tahu apa saja manfaat dan kelebihan yang diberikan Facebook bagi para penggunanya. Berikut adalah kelebihan Facebook ads dibanding iklan di media sosial lain. Check it out!

1. Pengguna Facebook Banyak dan Aktif

Banyak yang bilang bahwa Facebook merupakan media sosial yang hanya digunakan oleh orang-orang lama. Nyatanya, media sosial satu ini masih populer di kalangan banyak orang di Indonesia. Di negara kita sendiri, Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak setelah Youtube.

Bagi kamu yang ingin memperluas jangkauan promosi, media sosial ini akan menjadi salah satu tempat paling efektif. Selain banyak, para penggunanya juga aktif dan sering online sehingga iklanmu bisa cepat menyebar dan menjangkau engagement lebih luas. 

2. Beragamnya Demografi Pengguna Facebook

Selain cara membuat facebook ads yang mudah, kelebihan kedua yang akan kamu dapatkan adalah demografi pengguna yang beragam. Dilansir dari We Are Social 2018, 56 persen pengguna Facebook adalah para lelaki dan 44 persen sisanya para perempuan. 

Baca Juga:   Net Promoter Score Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menghitung

Sebagai tambahan, ada range umur yang sungguh menjangkau seluruh golongan. Mulai dari para remaja berumur 13 tahun hingga lansia yang menginjak angka 65 tahun dan lebih. 

Dalam langkah-langkah cara membuat Facebook ads, kamu akan diuntungkan dengan beragamnya demografi ini. Kamu dapat memilih target audiens sesuai dengan produk yang kamu jual tanpa harus memilah terlebih dahulu. Semakin banyak audiens, semakin menyebar pula iklan yang kamu promosikan.

3. Target Iklan Lebih Spesifik

Kelebihan ketiga yang akan kamu dapatkan selagi fokus dalam cara membuat iklan Facebook ads adalah pemilihan target audiens iklan. Seperti yang telah disampaikan di kelebihan kedua, demografi pengguna di media sosial satu ini beragam. Mulai dari umur, gender, dan pekerjaan.

Kamu dapat memanfaatkan demografi ini dalam menentukan target iklan yang sesuai, terutama apabila kamu punya target audiens tertentu. Gunakan privilege ini untuk mempersempit target audiens menurut gender, lokasi, umur, minat, dan hobi. 

Kelebihan ini adalah nilai plus yang Facebook berikan untuk mempermudah para penjual dalam mendapatkan pembeli sesuai audiens dan produk yang dipasarkan. 

4. Fanpage Kurang Efektif 

Salah satu fitur media sosial dengan warna biru ini adalah Fanpage. Ia merupakan tempat berkumpulnya para pembeli atau penggemar produk maupun orang. Apabila kamu memilikinya, kamu bisa memanfaatkannya untuk memberikan informasi terbaru tentang produk atau promo-promo dan diskon.

Sayangnya, unggahan di dalam Fanpage hanya dapat diakses oleh mereka yang tergabung di dalamnya. Hal ini berarti kamu tidak bisa menjangkau mereka yang berada di luar Fanpage dan engagement tokomu pun kurang luas. 

Oleh sebab itu, kamu dapat mempraktikkan cara membuat Facebook ads yang mudah dan murah. Manfaatkan fitur iklan dengan baik untuk menjangkau lebih banyak audiens dari berbagai kalangan. 

5. Fitur Remarketing 

Facebook berevolusi dengan baik, media sosial satu ini mencoba belajar dan memahami keinginan penggunanya untuk menyebarluaskan iklan secara rata. Tidak hanya menyebar iklan melalui Facebook, namun ia menggunakan fitur remarketing yang dapat membantu menjangkau lebih banyak pasar.

Di tengah zaman yang semakin modern ini, mempromosikan produk untuk dijual akan kurang tepat apabila menggunakan satu media sosial. Remarketing melalui Facebook membantu pengguna untuk menyebarkan iklan melalui website dan media sosial lain yang terkait seperti Instagram. 

Dengan fitur ini, kamu dapat memperluas jangkauan namun tidak perlu menebar iklan di setiap media sosial dan website. Kamu dapat memanfaatkan remarketing dengan baik sehingga semua penjualan melalui semua marketplace berjalan dengan lancar. 

6. Biaya Facebook Ads Murah

Kelebihan terakhir yang dimiliki oleh media sosial ini adalah biaya yang terjangkau. Apabila kamu merasa anggaran untuk mengiklankan produk terlalu mahal, kamu bisa memilih Facebook yang hanya butuh Rp10 ribu sekali iklan. 

Cara membuat Facebook ads yang mudah dan harga yang terjangkau adalah surga bagi para penjual yang membutuhkan promosi dengan kelebihan yang super. Sebagai tambahan, media sosial milik Mark Zuckerberg ini punya fitur untuk mengoptimalkan anggaran terjangkau dengan jangkauan yang sangat luas.  

Teruslah mencoba untuk terbiasa dengan iklan melalui media sosial ini agar Facebook dapat memberikan potongan harga yang lebih murah dari biasanya. 

Cara Membuat Facebook Ads

Setelah memahami apa itu Facebook ads, sekarang adalah saat untuk mempraktikkan cara membuat facebook ads melalui enam langkah. Namun sebelum melakukan langkah-langkah berikut, pastikan kamu telah memiliki akun di media sosial ini. 

Apabila kamu belum memiliki akun di Facebook, maka mendaftarlah terlebih dahulu melalui website resmi. Cara mendaftar di media sosial ini mudah, kamu hanya perlu nomor telepon yang aktif dan informasi data diri. Tambahkan pula email untuk proses verifikasi agar akunmu cepat aktif.

Baca Juga:   Ini Ukuran Postingan di Facebook yang Perlu Kamu Perhatikan

Setelah akunmu siap untuk digunakan, yuk latih dirimu untuk mempraktikkan delapan langkah di bawah ini. 

1. Membuat Akun Halaman di Facebook

Langkah pertama cara membuat Facebook ads adalah pastikan kamu telah memiliki akun di media sosial ini. Kemudian buka halaman atau Home dan mulailah untuk membuat halaman baru khusus untuk berjualan. Apabila kamu telah mengklik halaman, maka yang muncul akan sama seperti gambar di bawah ini. 

membuat akun fanpage di facebook

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Setelah halaman yang kamu buka muncul seperti gambar di atas, klik Mulai dan buatlah halaman khusus. Lalu lanjutkan ke langkah yang selanjutnya di bawah ini. 

2. Memberikan Nama Untuk Toko

memberi nama untuk toko

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Setelah memiliki akun khusus untuk berjualan, cara membuat iklan Facebook ads yang kedua adalah dengan memberikan nama dan informasi terkait toko milikmu. Kamu bisa mengisi Nama Halaman yang ada di atas dengan nama toko maupun brand yang kamu miliki. 

Pastikan kamu telah mengisi nama toko atau brand dengan benar agar tidak ada perubahan. Lalu klik persetujuan yang ada di bawah Nama Halaman dan klik Selanjutnya. 

3. Mengisi Kategori dan Subkategori Halaman Facebook Ads

mengisi kategori di halaman page untuk membuat facebook ads

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Setelah nama toko telah disetujui, halaman akan berpindah menuju informasi terkait kategori toko milikmu. Ada beberapa kategori yang Facebook tawarkan, beberapa di antaranya meliputi Bisnis Lokal, Buku dan Majalah, Film, Merek dan Produk, Musik, Olahraga, dan kategori-kategori lain. Kamu dapat memilih kategori yang paling mendekati dengan tokomu.

Sebagai contoh, apabila toko milikmu menjual produk handmade, maka pilihlah kategori Bisnis Lokal. Kemudian pilih subkategori yang telah diberikan oleh media sosial ini. Beberapa pilihan dalam subkategori meliputi Belanja dan Ritel, Bioskop, Desain dan Fashion, dll. 

4. Mengisi Alamat Toko Terkait

mengisi alamat toko terkait saat membuat facebook ads

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Langkah keempat cara membuat Facebook ads adalah mengisi alamat toko yang kamu ajukan. Apabila kamu tidak memiliki toko resmi, kamu dapat mengisi bagian ini dengan alamat rumahmu atau basecamp tempat barang yang kamu jual disimpan. 

Seperti yang tergambarkan di atas, kamu harus memberikan informasi asli dengan lengkap. Data ini akan berisi alamat lengkap, kota, hingga kode pos dari toko milikmu. Jangan lupa mengisi nomor telepon yang bisa dihubungi agar para calon pelanggan memiliki akses untuk menghubungi tokomu selain melalui Facebook.  

5. Membuat Iklan

membuat iklan

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Setelah mengisi semua data valid terkait toko milikmu, halaman toko akan terbuat. Bentuk halaman tersebut akan sama persis seperti gambar di atas. Jika halaman di atas terbentuk, sekarang adalah saat untuk membuat iklan di Facebook. Klik bagian Promosikan dan halaman akan berubah seperti di bawah ini. 

memilih tujuan beriklan di facebook ads

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Ada empat macam iklan yang media sosial ini tawarkan, kamu dapat mencoba bagian paling atas untuk menjangkau lebih banyak pemirsa. Klik bagian tersebut dan bersiaplah untuk mengisi data-data terkait iklan yang akan kamu terbitkan. 

6. Memilih Target Iklan Facebook Ads

memilih target iklan facebook ads

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Cara membuat Facebook ads sedikit berbeda dengan media sosial yang lain. Kelebihannya adalah kamu bisa memilih dan mengerucutkan target iklan yang kamu terbitkan melalui beberapa kategori. Pilihannya antara lain menjangkau orang melalui wilayah maupun alamat, minat, usia, jenis kelamin. 

Apabila kamu ingin tokomu besar di beberapa wilayah tertentu, kamu dapat memilih bagian wilayah dan mengisinya dengan kota atau kabupaten yang kamu kehendaki. Kamu juga dapat mengatur setiap kategorinya menurut keinginan hingga iklan hanya akan tersebar khusus untuk target yang sudah kamu inginkan. 

Baca Juga:   Youtuber Gaming Indonesia Paling Terkenal Saat Ini, Mana Favoritmu?

7. Menetapkan Anggaran Facebook Ads

menetapkan anggaran

(Sumber: Youtube Dims Maulana)

Kelebihan Facebook ads yang lainnya adalah harga iklan yang murah. Apabila media sosial lain memiliki harga khusus, media sosial ini punya harga yang adjustable. Ada beberapa tawaran sekaligus perkiraan pemirsa yang bisa iklanmu capai dalam sehari, dan kamu dapat menggantinya sesuai kebutuhan.

Harga terendah yang iklan media sosial ini miliki adalah Rp10 ribu dengan jangkauan yang cukup baik. Apabila kamu tidak memiliki banyak anggaran untuk membuat iklan, Facebook adalah pilihan terbaik yang dapat membantumu menentukan audiens dan harga iklan sesuai kebutuhan.  

8. Membayar Facebook Ads

Langkah terakhir cara membuat Facebook ads adalah membayar anggaran iklan yang telah kamu kustomisasi. Media sosial satu ini menawarkan kartu kredit atau kartu debit sebagai metode pembayaran. 

Pastikan kamu telah menuliskan nomor di kartu ATM dengan benar agar pembayaranmu dapat segera diproses. Saat pembayaran telah terverifikasi, maka kamu dapat menyaksikan iklanmu dipajang dan kesempatan menjangkau lebih banyak konsumen akan terkabulkan. 

Tips dan Trik Memaksimalkan Facebook Ads

Kamu telah mengetahui cara membuat Facebook ads dan langkah-langkahnya, namun kamu juga harus tahu cara memaksimalkan iklan di media sosial ini. Ada tiga tips dan trik yang dapat kamu praktikkan agar iklanmu dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan cuan akan berdatangan. Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Memaksimalkan Target Calon Pelanggan

Kelebihan iklan di platform ini adalah adanya kesempatan untuk mengkustomisasi target calon pelanggan. Kamu dapat memanfaatkannya dengan cara mengisi siapa target pasar yang ingin kamu capai. 

Namun sebelumnya, pastikan kamu telah memiliki data-data yang kamu butuhkan. Seperti daerah, minat, umur, hingga jenis kelamin calon pelanggan. Lakukanlah riset untuk mendapatkan target pasar yang sesuai hingga iklanmu tidak sia-sia saat masa promosi sedang berlangsung. 

2. Memberi Pelayanan yang Ramah dan Cepat

Setelah memanfaatkan iklan di platform ini, kamu tidak boleh melupakan pelayanan adalah hal vital dalam berjualan. Kamu harus memperhatikan pelayanan yang kamu berikan terhadap calon pelanggan agar mereka betah dan terus berbelanja di toko milikmu. 

Berikanlah pelayanan yang ramah dan cepat baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan yang telah lama berlangganan di tokomu. 

3. Memperbarui Informasi Produk di Facebook Ads

Setiap toko yang maju adalah toko yang mau berinovasi dalam membuat produk-produk terbaru yang memiliki manfaat lebih dari sebelumnya. Apabila kamu memiliki produk baru, jangan lupa untuk membuat iklannya di Facebook. Iklan akan membantu pelanggan untuk mengetahui bagaimana tokomu berevolusi.

Sayangnya tidak semua toko menerapkan hal ini, padahal update merupakan hal penting yang dapat membantumu menarik pelanggan baik lama dan baru untuk membeli. Sebagai tambahan, informasi produk terbaru adalah bukti bahwa tokomu masih berkembang dan berani bersaing dengan penjual-penjual lainnya. 

Yuk, Praktik Cara Membuat Facebook Ads yang Mudah!

Melakukan promosi di tengah berbisnis adalah hal yang seharusnya kamu lakukan secara konsisten. Apabila kamu lengah, kamu tidak akan dapat pelanggan baru. Bahkan bisa jadi pelanggan lama pun mencari toko baru. Oleh karena itu, buatlah iklan dengan mempraktikkan cara membuat Facebook ads yang mudah di atas. 

Kamu bisa membuktikan bahwa tokomu berkembang, dan para pelanggan setia akan terus tetap mendukung produk baru yang kamu jual. Jadi, siapkah kamu menerima lebih banyak cuan?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, berita influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password