Cara Membuat Channel Youtube di HP dan PC

Cara Membuat Channel Youtube untuk Pemula

Youtube merupakan platform milik Google untuk berbagi konten dalam bentuk video. Pengguna aktif Youtube di Indonesia sangat banyak, yaitu mencapai 170 juta pengguna aktif per Februari 2021. Jumlah tersebut bahkan mengalahkan Instagram dan Facebook. Oleh karenanya, tidak sedikit orang yang mulai mencari cara membuat channel Youtube sendiri.

Dengan memiliki akun Youtube, kamu bisa menjadi seorang content creator di platform ini. Membuat video, membagikan, dan menanti banyak orang menonton video hasil karyamu. Simak berikut cara membuat channel Youtube baik melalui HP maupun komputer.


Cara Membuat Channel Youtube di HP

Kamu tidak harus memiliki komputer untuk menjadi seorang Youtuber. Manfaatkan HP untuk membuat video, mengedit, hingga mengunggahnya ke channel milikmu. Unduh aplikasi Youtube di Google PlayStore atau iOS Store dan ikuti langkah-langkah berikut.

Buat Akun Google untuk membuat akun Youtube di HP

Oleh karena Youtube merupakan bagian dari Google, kamu harus memiliki akun Google untuk bisa membuat channel di Youtube. Buatlah akun Google khusus untuk channel mu.

  1. Buka aplikasi Youtube dan klik bagian profile di bagian kanan atas. Apabila kamu belum pernah login akun Google sebelumnya, maka klik tulisan “Login”.
    Cara Membuat Channel Youtube di HP
  2. Setelah itu klik ikon tanda tanda panah yang mengarah ke arah bawah sehingga muncul kotak dialog seperti pada gambar di bawah ini.
    Buat akun google untuk youtube
  3. Klik tanda plus di bagian kanan atas pada kotak dialog tersebut.
  4. Selanjutnya pilih “Create account”, klik “For myself”, dan klik “Next” untuk membuat akun baru.
    Pilih Create Account Google
  5. Isi nama kamu pada kolom yang tersedia lalu klik “Next”.
  6. Pada halaman yang kamu lihat saat ini, terdapat beberapa kolom yang harus kamu isi. Lengkapi kolom tersebut, yaitu tanggal lahir dan gender lalu klik “Next”.
    Lengkapi data yang dibutuhkan
  7. Sekarang kamu bisa menentukan alamat surel Google yang ingin kamu pakai. Pastikan unik karena nama yang umum kemungkinan besar sudah terpakai oleh orang lain. Jika sudah, kamu bisa klik “Next” sekali lagi.
  8. Kemudian kamu harus membuat password akun, buatlah password yang sulit tertebak agar akunmu tidak kena hack. Seperti misalnya menggunakan kombinasi huruf kapital, angka, dan tanda baca. Setelah itu, silahkan klik “Next”.
    Buat Password
  9. Akan muncul halaman yang memberi penawaran untuk mengoptimalkan penggunaan alamat surel. Jika kamu setuju, pilih “Yes, I’m in” jika sebaliknya, kamu bisa klik “Skip”.
Baca Juga:   Bagaimana Cara Membuat Podcast yang Menarik untuk Pemula?

Saat ini kamu sudah memiliki akun Google khusus untuk channel Youtube. Selanjutnya, simak cara membuat channel Youtube.

Tutorial Membuat Channel Youtube di HP dengan Cepat

Apakah kamu sudah siap menjadi content creator di Youtube? Berikut cara membuat channel Youtube melalui aplikasi di HP.

  1. Download aplikasi youtube di hp kemudian buka aplikasi Youtube dan klik ikon profil yang ada di sebelah kanan atas.
  2. Pilih “Your Channel” yang ada di atas tulisan “Youtube Studio”.
    Cara Membuat Channel Youtube Baru di HP
  3. Tentukan nama channel Youtube mu dan masukkan ke dalam kolom yang tersedia.
    Masukkan Nama Channel
  4. Klik “Youtube’s Terms of Service” untuk membuka peraturan dan ketentuan yang telah Youtube tetapkan untuk menjadi content creator di platform tersebut.
    1. Apabila sudah, kamu bisa klik “Create Channel” dan channel Youtube milikmu sudah jadi.
      Berhasil Membuat Akun Channel Youtube di HP

Cara Membuat Channel Youtube di PC dan Laptop

Kurang lebih cara membuat channel Youtube lewat komputer sama dengan cara membuatnya melalui HP. Oleh karena cara lewat HP sudah menggunakan Bahasa Inggris, berikut langkah-langkahnya menggunakan Bahasa Indonesia.

Buat Akun Google Untuk Channel Youtube di PC

  1. Pertama, buka browser yang ada di komputer kamu lalu tulis “google.com” pada kolom URL.
    buat akun google lewat pc
  2. Selanjutnya, klik tombol “Login” berwarna biru yang ada di bagian kanan atas.
  3. Lalu klik “Buat Akun”, pilih “Untuk diri sendiri” dan klik “Berikutnya”.
    Buat Akun untuk Diri Sendiri
  4. Lengkapi setiap kolom mengenai data diri kamu untuk mendaftar akun Google lalu klik “Berikutnya.”
  5. Kemudian, pada kolom teratas kamu diminta mengisi nomor HP. Pastikan kamu memasukkan nomor HP yang masih aktif karena Google akan mengirim kode verifikasi ke nomor tersebut. Lengkapi juga data yang lain seperti alamat surel yang lain (opsional), tanggal lahir dan gender. Apabila sudah klik “Berikutnya” dan akun Google mu sudah jadi.
Baca Juga:   Ketahui Apa Saja Aplikasi YouTuber Sebelum Membuat Kontennya!

Tutorial Membuat Channel Youtube di PC dan Laptop

Sudah siap dengan akun Google, saatnya kamu mengikuti Langkah cara membuat channel Youtube melalui komputer berikut ini.

  1. Buka google.com kembali lalu klik ikon titik berjumlah sembilan yang ada di sebelah ikon profil dan klik ikon Youtube.
    Cara Membuat Channel Youtube di PC dan Laptop
  2. Kemudian klik icon profil dan pilih tulisan “Buat Channel”.
    Buat Channel Youtube di PC
  3. Akan muncul kotak dialog “Tampilan profil Anda”, kamu bisa membuat nama channel dan mengganti foto profil. Jika sudah lengkap, klik “Buat Channel” dan cara membuat channel Youtube sudah selesai.
    Lengkapi data profil channel di pc dan laptop

Manfaat dan Keuntungan Membuat Akun Youtube

Banyak orang mulai memutuskan untuk membuat akun Youtube. Berikut manfaat dan keuntungan memiliki channel Youtube.

1. Mendapatkan Uang dari Adsense

Bukan rahasia lagi jika menjadi Youtuber bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Uang tersebut merupakan hasil AdSense, yaitu jaringan iklan oleh Google. Google akan memasang iklan pada video milikmu dan kamu mendapatkan uang dari setiap orang yang menyaksikan iklan tersebut.

Biasanya hitungan pendapatan dari iklan tersebut dihitung dengan metode Cost per Mille (CPM) atau per seribu penonton. Oleh karenanya, setiap pendapatan Youtuber akan berbeda, tergantung dari berapa penonton video yang tidak melewatkan iklan tersebut.

2.  Menjadi Influencer

Setelah tahu cara membuat channel Youtube kamu harus belajar untuk membangun branding di Youtube apabila ingin menjadi influencer yang terkenal. Dengan menjadi influencer, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari endorsement.

3. Tempat Aktualisasi Diri

Sebagai salah satu tempat berkarya, Youtube memberikan  tempat untuk mengaktualisasi diri. Dengan menjadi content creator di Youtube, kamu bisa berkarya sesuai dengan minat kamu dan menunjukkan karya mu pada orang lain.

Misalnya kamu memiliki minat di bidang robotic, buatlah konten mengenai hal tersebut. Jika kamu suka menyanyi, kamu bisa membuat konten dengan cover lagu-lagu terkenal. Dengan demikian, kamu tidak hanya bisa berkarya sesuai minat, bahkan menemukan orang-orang dengan  minat yang sama yaitu para subscriber channel.

Baca Juga:   Ketahui Pentingnya Script Podcast untuk Setiap Siaran!

Siapkah Kamu Menjadi Youtuber Terkenal?

Setelah tahu keuntungan memiliki channel Youtube, apakah kamu berminat untuk menjadi seorang Youtuber? Segera ikuti Langkah cara membuat channel Youtube di atas dan realisasikan mimpi kamu sebagai seorang content creator.

Menjadi seorang Youtuber terkenal tidaklah mudah, akan banyak tantangan yang harus kamu hadapi. Seperti jumlah penonton yang sedikit dan sulit mencari ide konten. Namun apabila nama mu sudah mulai dikenal, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan subscriber baru.


Dapatkan berbagai tips influencer, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password