Cara Membuat Blog Gratis dengan Mudah untuk Pemula

Mungkin kamu sudah tahu apa itu blog. Blog merupakan salah konten yang banyak di internet. Selain sebagai media penyebar informasi, blog juga merupakan salah satu media untuk mendatangkan uang. Selain itu, membuat blog juga gratis, sehingga ini sangat menguntungkan. Lalu bagaimana cara membuat blog gratis?

Cara Membuat Blog Gratis

Jika kamu ingin tahu cara membuat blog gratis, maka hal yang pertama kamu harus tetapkan pertama kali adalah platform yang akan kamu gunakan. Saat ini, setidaknya ada dua platform besar yang sering banyak orang pilih untuk membuat blog. Yang pertama adalah WordPress, dan yang kedua adalah blogger atau blogspot.

Membuat Blog di WordPress

Untuk kali ini, maka kita akan memberikan contoh cara membuat blog gratis dengan menggunakan platform WordPress. Adapun cara yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke halaman wordpress.com

membuka halaman wordpress com

  • Setelah masuk ke halaman tersebut, maka sebagai cara membuat blog gratis yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah klik Buat situs web kamu
  • Selanjutnya, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. WordPress menyediakan tiga pilihan untuk membuat akun ini. yang pertama menggunakan alamat email seperti biasa. Yang lainnya adalah menggunakan akun Gmail atau menggunakan Apple ID.

mendaftar di wordpress com

  • Setelah membuat akun dengan menggunakan cara seperti di atas, maka langkah yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan domain. Domain ini akan menjadi nama pada blog kamu nantinya. Maka pastikan kamu menggunakan nama domain yang mudah untuk diingat.

memilih domain untuk membuat blog gratis

  • Ketika kamu akan memilih nama domain, maka akan muncul berbagai pilihan yang bisa kamu pilih. Nantinya, nama domain yang muncul tersebut adalah nama domain yang bisa kamu pilih dan kamu gunakan. Kamu bisa memilih nama domain yang berbayar atau yang gratis.

memilih domain

  • Setelah memilih nama domain, maka akan muncul pilihan paket yang WordPress yang bisa kamu pilih. Hal ini berlaku jika kamu ingin menggunakan blog untuk kebutuhan profesional. Setelah itu maka proses pembuatan blog kamu sudah selesai. Dan kamu akan langsung diarahkan ke dasbor WordPress.

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan kustomisasi pada blog WordPress kamu ini.

Kustomisasi Blog WordPress

Ketika kamu melakukan cara membuat blog gratis, maka salah satu cara yang akan kamu lakukan adalah melakukan kustomisasi pada blog kamu. Kustomisasi ini akan bertujuan untuk membuat blog sesuai dengan identitas dan keinginan kamu. Beberapa hal yang bisa kamu atur antara lain

Baca Juga:   15 Situs Gambar Gratis untuk Kebutuhan Kontenmu!

1. Identitas Online

Hal pertama yang bisa kamu atur adalah identitas blog kamu. Di sini kamu bisa mengatur judul blog, slogan, dan juga foto yang akan kamu gunakan pada blog kamu. Untuk melakukan pengaturan ini maka yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke Pengaturan lalu Pilih Umum. Lalu lakukan pengaturan yang ingin kamu lakukan.

kustomisasi blog di wordpress gratis

2. Tampilan

Selain cara membuat blog gratis, maka hal lain yang juga perlu kamu tahu adalah mengatur tampilan pada blog. Nantinya, tampilan ini yang akan menjadi wajah dari blog kamu ketika orang kunjungi. Untuk melakukan pengaturan ini maka yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke Tampilan lalu pilih Tema.

Pada halaman ini maka kamu bisa melakukan pengaturan untuk Layout, Column, Subject, atau Style.

memilih style theme wordpress untuk blog gratis

3. Menulis dan Membuat Postingan

Hal lain yang juga penting untuk kamu ketahui adalah cara membuat postingan. Membuat postingan merupakan bagian penting untuk blog. Untuk membuat postingan ini maka yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke menu Tulis dan buatlah postingan yang kamu inginkan. Setelah postingan selesai kamu buat maka langkah selanjutnya adalah pilih publish atau terbitkan.

Membuat Blog di Blogger

Selain menggunakan WordPress, maka platform lain yang juga menyediakan cara membuat blog gratis adalah menggunakan blogger. Ini merupakan platform yang terintegrasi dengan Google. Adapun cara yang perlu kamu lakukan adalah:

membuka blogger com

  • Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan sebagai cara membuat blog gratis adalah klik Buat Blog.

membuat blog gratis di blogspot

  • Berbeda dengan platform lain, maka khusus untuk platform Blogger ini maka kamu perlu membuat blog dengan menggunakan akun Gmail. Kamu bisa menggunakan alamat Gmail kamu yang lama atau pun membuat alamat baru.

login blogspot menggunakan gmail

  • Selanjutnya kamu akan memilih nama judul blog kamu. Ini merupakan nama yang akan muncul pada halaman atas blog kamu nantinya.

memilih nama blog di blogspot

  • Langkah selanjutnya yang akan kamu lakukan setelah membuat akun adalah menentukan nama domain. Nama domain ini akan menjadi nama blog yang akan kamu gunakan. Maka pastikan kamu memilih nama domain yang mudah untuk diingat.

mengisi url blogspot

  • Setelah memilih nama domain, dan memastikan nama domain tersebut bisa kamu gunakan maka langkah selanjutnya adalah memilih nama tampilan. Ini merupakan nama yang akan muncul pada halaman blog kamu nantinya.

masukkan nama kamu

  • Setelah mengatur nama, maka pembuatan blog pada platform blogger ini sudah selesai kamu lakukan. Salah satu tandanya adalah kamu masuk ke halaman dasbor blogger.
Baca Juga:   Cara Meningkatkan Traffic Website atau Blog dengan Mudah

dashboard blogger

Kustomisasi Blog pada Blogger

Setelah semua pembuatan blog kamu selesai maka langkah selanjutnya adalah melakukan kustomisasi pada blog yang kamu buat. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melakukan pengaturan blog ini. Beberapa hal tersebut antara lain:

1. Identitas Blog

Hal pertama yang perlu kamu atur adalah identitas blog kamu. Nantinya identitas blog ini akan menjadi identitas blog yang kamu punya. Adapun cara yang perlu kamu lakukan adalah dengan masuk ke Menu Setelan. Nantinya, kamu akan menentukan judul, deskripsi, konten, domain, dan lainnya.

tentukan judul blog dan deskripsi

2. Tampilan Blog

Hal lain yang juga perlu kamu atur ketika membuat blog sebagai salah satu cara membuat blog gratis adalah melakukan pengaturan tampilan blog. Tampilan ini akan menjadi wajah dari blog kamu nantinya ketika ada orang yang mengunjungi. Kamu bisa masuk ke menu Tema untuk melakukan pengaturan ini.

mengatur tampilan blog

3. Membuat Postingan

Hal yang tidak kalah pentingnya ketika membuat blog adalah membuat postingan. Tentunya ketika membuat blog alasan utamanya adalah karena kamu ingin memposting suatu hal. Untuk membuat postingan, maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke menu Postingan Baru.

Buatlah postingan yang kamu inginkan. Setelah postingan kamu selesai, maka pilih Publikasikan untuk membuat postingan kamu terupdate dan bisa dilihat banyak orang.

membuat postingan

Cara Membuat Blog yang Menarik

Selain mengetahui cara membuat blog gratis, maka hal lain yang kamu perlu lakukan adalah cara membuat blog yang menarik. Tentunya membuat blog yang menarik juga menjadi sangat penting. Blog yang menarik bisa menjadi salah satu alasan banyak orang yang mengunjungi.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat blog menjadi menarik. Beberapa hal tersebut adalah:

1. Custom Tampilan Blog

Hal yang sangat penting kamu lakukan adalah membuat tampilan blog yang berbeda. Sebenarnya, semua platform memang menyediakan template untuk desain blog ini. kamu bisa menggunakan desain template ini sebenarnya. Namun tentunya kamu juga ingin membuat blog kamu beda dari yang lain.

Dan untuk melakukan hal ini maka langkah yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan desain yang belum pernah digunakan orang lain. Biasanya, cara ini akan kamu gunakan jika kamu membuat blog untuk kebutuhan profesional

2. Gunakan Gambar Pendukung

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk membuat blog kamu menjadi menarik adalah dengan menggunakan gambar pendukung. Gambar pendukung ini bisa berupa ilustrasi, gambar yang menjelaskan langkah demi langkah, ataupun gambar lain yang berkaitan dengan artikel yang kamu buat. Menggunakan gambar juga merupakan salah satu cara untuk mengoptimalkan SEO.

Baca Juga:   Content Placement: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Ketika kamu menggunakan gambar, maka pastikan juga tata letak gambar kamu sesuai dan tidak mengganggu. Hal ini untuk memastikan gambar pendukung yang kamu buat tidak menghalangi atau mengganggu konten utama kamu. Dalam hal ini maka pastikan letak dan ukuran gambar sudah sesuai.

3. Memaksimalkan Widget

Ketika mempelajari cara membuat blog gratis maka mungkin kamu juga akan mengetahui jika blog bisa kamu tambahkan dengan beberapa elemen atau yang biasa disebut dengan widget. Widget ini bisa mengoptimalkan fungsi blog. Selain itu, menggunakan widget juga bisa mempercantik tampilan blog kamu.

Sesuai namanya, widget merupakan elemen tambahan yang fungsinya bisa saja membuat mudah pengunjung. Salah satu widget yang bisa kamu gunakan adalah latest post. Widget ini akan menampilkan postingan kamu dar yang terbaru sampai yang paling lama. Selain itu, masih ada banyak widget lainnya yang bisa kamu gunakan.

Ketika kamu menggunakan widget maka kamu juga perlu memikirkan tata letaknya. Jangan sampai kamu menggunakan terlalu banyak widget dan membuat blog kamu menjadi berantakan. Penggunaan widget yang terlalu banyak juga bisa membuat blog menjadi lambat.

4. Gunakan Top Level Domain

Hal lain yang juga bisa membuat blog kamu menarik adalah dengan menggunakan top level domain. Ketika kamu menggunakan top level domain maka blog kamu akan menjadi lebih mudah untuk ditemukan ketimbang kamu menggunakan subdomain.

5. Memanfaatkan Plugin

Ketika kamu membuat blog kamu untuk kebutuhan profesional maka kamu akan menemukan sebuah cara yang bisa mempermudah pekerjaan kamu yaitu dengan menggunakan plugin. Penggunaan plugin ini bisa menjadi salah satu solusi yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog kamu menjadi lebih menarik.

Ada banyak fungsi yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan plugin ini. plugin ini sendiri bisa mengoptimalkan fungsi dari blog kamu. Salah satu plugin Yang bisa kamu gunakan adalah untuk kebutuhan SEO.

Dengan menggunakan plugin ini maka website kamu akan menjadi lebih untuk ditemukan. Ini juga merupakan salah satu cara untuk mengoptimalisasi blog yang kamu punya.

Sudah Bisa Membuat Blog Sendiri?

Itulah beberapa cara membuat blog gratis yang bisa kamu coba lakukan. Yang perlu kamu perhatikan adalah beberapa platform memang menyediakan blog dengan gratis. Namun tentu dengan berbagai batasan dan aturan.

Jika kamu merasa batasan tersebut mengganggu, atau kamu ingin mengoptimalkan blog kamu maka kamu perlu menggunakan versi berbayar. Dengan menggunakan versi berbayar ini, maka kamu juga bisa mendapatkan uang dari blog yang kamu buat.

Dapatkan berbagai insight baru terkait influencer, blogger influencer, social media influencer, hingga marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password