Cara Membuat Akun TikTok dengan Mudah dan Cepat

Pada zaman milenial dan penuh teknologi seperti sekarang, banyak orang berlomba-lomba untuk mencari ketenaran. Baik itu karena prestasi, lelucon, atau kontroversi, semua cara akan mereka lakukan hanya agar namanya naik. 

Terlebih lagi, platform sosial media online kian banyak penggemarnya dari kategori semua usia. Beberapa platform sosial media yang terkenal sekarang adalah Instagram, Twitter, dan TikTok. Tentunya aplikasi-aplikasi tersebut mampu mengisi waktu luang kamu menjadi lebih berwarna. Untuk kamu yang pemula, apakah kamu ingin tahu cara membuat akun TikTok milikmu sendiri? Berikut penjelasannya!

Tentang TikTok

Secara singkat, TikTok adalah aplikasi yang mengusung tema hitam dan mempunyai logo seperti not balok. Aplikasi ini dulunya sempat membawa feedback negatif karena mirip dengan aplikasi tenar serupa bernama Musically. 

Terkhususnya untuk warganet Indonesia yang dahulu selalu menganggap aplikasi ini adalah aplikasi alay artinya norak. Sampai semua pengguna aplikasi TikTok dulu seringkali memiliki sebutan “anak alay”. Namun ternyata TikTok berhasil unggul lebih jauh dari segala feedback negative tersebut dan pada akhirnya bisa setenar sekarang.

Aplikasi yang rilis pada tahun 2016 lalu dari provinsi China ini mempunyai sistem sebagai platform untuk berbagi video dengan soundtrack atau lagu kita sendiri. Durasi waktu yang ada untuk setiap video adalah sekitar 15 detik sampai 3 menit. 

TikTok sendiri dulunya bernama Dou Yin yang pada awalnya hanya mempunyai pengguna sebanyak ratusan ribu, sementara pada tahun 2021 sekarang pengguna TikTok melejit naik hingga mencapai angka 35,28 Juta pengguna. 

Hal yang paling utama dari aplikasi ini adalah TikTok menyajikan tempat bagi para kreator-kreator untuk dapat memulai membagikan video kreatif mereka tanpa harus bersusah payah mengedit. Seperti yang kita tahu, aplikasi TikTok mempunyai sistem edit langsung sehingga kita tidak perlu mengunduh aplikasi edit video untuk dapat membuat video kita berkualitas.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Filter di TikTok untuk Konten, Mudah Banget!

Baca: Cara Membuat dan Memanfaatkan TikTok Bisnis

Akibat ketenarannya, TikTok pada akhirnya mengakuisisi pesaing terbesar mereka yaitu Musical.ly pada tahun 2017 dan menggabungkannya dengan aplikasi mereka. Sungguh menakjubkan ya pamor dari aplikasi ini. Saat ini, kreator dan pengguna TikTok tidak hanya dari orang-orang biasa yang hanya iseng, namun sampai ke artis-artis mendunia yang international.

Karena itulah, sekarang masyarakat menganggap TikTok sebagai sarana empuk untuk mendapat kepopularitasan cepat. Banyak orang berlomba-lomba untuk membuat video sekreatif mungkin demi mendapat Like dan Followers.

Cara Membuat Akun TikTok Menggunakan HP 

Setiap orang dari kita pasti mempunyai ponsel masing-masing yang sering kita gunakan sehari-hari. Untuk Kamu yang ingin menggunakan aplikasi TikTok dari HP, Berikut ini Penulis akan memberitahu bagaimana cara membuat akun TikTok menggunakan HP.

1. Unduh Aplikasinya

install tiktok

Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mengunduh aplikasi TikTok dari Playstore atau AppStore yang ada pada ponsel kamu.

2. Buka Aplikasi

membaca peraturan tiktok (1)

Setelah terunduh, buka aplikasi TikTok yang ada pada daftar menu aplikasi HP Kamu. Saat pertama kali terunduh, TikTok akan memberimu pilihan seperti yang ada berikut. Tekan “Setuju dan Lanjutkan”. Jika Kamu tidak ingin berlama-lama untuk memilih minat yang ada, Kamu bisa melewati nya dengan menekan tombol “Lewati”.

Ketika kamu Lewati, TikTok akan langsung membawa kamu ke halaman utama mereka. Tujuan nya adalah kamu tidak perlu repot-repot untuk masuk ke akunmu, kamu sudah dapat menikmati TikTok. Namun, jika kamu ingin menyimpan suatu video, atau berkomentar pada postingan orang, atau sekedar mengikuti seseorang, Kamu tetap harus mendaftarkan dirimu dan membuat akun.

3. Klik Profile

Jika kamu ingin membuat akunmu sendiri, Klik “Profile”. Tombolnya terdapat pada logo paling kanan bawah. Setelah itu kamu akan berhadapan dengan tombol “Mendaftar TikTok”,  klik tombol tersebut.

Baca Juga:   12 Aplikasi Edit Foto Selebgram Gratis dan Mudah, Hasilnya Aesthetic!

cara membuat akun tiktok dengan membuat profil

4. Pilih Cara Mendaftar

melakukan pendaftaran

Nah, ketika kamu menekan tombol daftar akun, TikTok akan memberimu pilihan cara mendaftar. Kamu dapat memilih antara menggunakan nomor ponsel atau email, atau kamu ingin mendaftar akun melalui cara cepat lain seperti Facebook, Gmail, LINE, Twitter dan Kakaotalk.

5. Daftarkan Akun

memasukkan usia

Jika kamu memilih untuk mendaftar melalui nomor telepon atau email, kamu wajib memasukkan tanggal lahirmu pada halaman yang tertera. Perlu Kamu ingat, TikTok hanya mengizinkan seseorang yang berusia lebih dari 13 tahun untuk dapat membuat akun. Jadi jika kamu kurang dari 13 tahun, harap untuk menanyakan izin orang tuamu dahulu, ya!

6. Pilih Metode Daftar

Setelah memasukkan tanggal lahirmu, kamu dapat memilih menggunakan nomor telepon atau email. Pilihlah metode yang kamu inginkan lalu tunggu kode verifikasi dari TikTok masuk ke nomor telepon atau email yang kamu daftarkan. Pastikan kamu memasukkan nomor telepon dan email yang aktif untuk dapat terverifikasi ke TikTok.

7. Masukkan Kode Verifikasi

Setelah memasukkan kode verifikasi, akunmu sudah selesai teregistrasi dan kamu sudah dapat menikmati fitur-fitur yang tersedia pada TikTok.

Cara Membuat Akun TikTok Menggunakan Desktop

Cara membuat akun TikTok kedua yang dapat Penulis sampaikan adalah dengan menggunakan desktop kamu. Caranya cukup mudah.

1. Buka Google Chrome atau Safari yang ada pada laptop kamu, dan buka laman TikTok.

membuka websitenya

2. Seperti pada aplikasi TikTok versi ponsel atau HP, TikTok versi desktop juga langsung menyambungkan kamu dengan halaman beranda utama yang ada pada laman mereka.  Namun, kamu hanya bisa menjadi penonton saja. Jika kamu tidak mendaftar atau memasukkan akun kamu, kamu tidak akan bisa menyukai video orang atau berinteraksi dengan siapapun. Maka dari itu, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menekan tombol “Log In” atau “Masuk Akun”.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok dengan Mudah

klik tombol login pada tiktok

3. Setelahnya, akan tampil halaman “Log In” yang memungkinkan kamu untuk memasukkan akun kamu. Jika kamu belum mempunyai akun, ketuk tombol “Daftar Akun” pada tombol paling bawah yang berada pada menu pop up tersebut.

pilihan login tiktok

4. Lalu, Kamu bisa memilih cara mana yang akan kamu pakai untuk mendaftarkan akunmu. Tersedia berbagai cara, sama seperti versi HP, kamu dapat membuat akun TikTok melalui cara No. ponsel atau email, atau cara cepat lainnya seperti Facebook, Google, LINE, Twitter dan Kakaotalk.

halaman daftar

5. Apabila kamu ingin melakukan cara membuat akun TikTok melalui nomor telepon atau email. Ketuk tombol paling atas, lalu Kamu akan melihat menu selanjutnya dari daftar akun ini. Untuk dapat membuat akun, kamu wajib berumur 13 tahun keatas. 

cara membuat akun dengan nomor hp

Lalu isi nomor telepon kamu yang aktif, tunggu sampai kode verifikasi nya muncul, lalu kamu perlu memasukkan nya kedalam box yang tersedia. Setelah itu, akun kamu berhasil terdaftar dan kamu sudah dapat memakainya.

6. Untuk kamu yang tidak ingin mendaftar melalui nomor HP. Kamu dapat mendaftar melalui email dengan menekan tombol “Mendaftar dengan email”. Isi seperti biasa dan tunggu kode verifikasi yang akan terkirim ke email Kamu. Setelah itu, masukkan kode verifikasinya, dan Selesai.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Akun TikTok?

Saat ini, TikTok memang sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak yang menggunakannya untuk hiburan, mencari informasi, bahkan melakukan strategi marketing. Setelah tahu cara membuat akun TikTok, tentunya kami berharap kamu bisa menggunakan akun tersebut dengan baik, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password