Cara Membuat dan Memanfaatkan TikTok Bisnis

Cara Membuat Akun TikTok Bisnis

Setelah rilis secara global pada tahun 2017, TikTok secara aktif meluncurkan fitur yang inovatif. Tidak hanya berusaha untuk merangkul content creator, namun juga menyediakan platform yang ramah untuk pemilik bisnis dengan mengumumkan adanya akun TikTok for Business. Apakah kamu sudah tahu cara membuat akun TikTok bisnis ini?

TikTok sebagai media sosial dengan pengguna terbesar di Indonesia, yaitu 20 juta lebih pengguna aktif per 2020, memberikan peluang besar bagi pemilik bisnis. Melalui TikTok, kamu bisa membangun branding dan menjangkau banyak calon konsumen baru.


Apa Itu Akun TikTok Bisnis?

TikTok menyusul Instagram sebagai media sosial yang memberi ruang istimewa untuk pemilik bisnis. Akun TikTok Bisnis merupakan akun khusus yang dapat pemilik bisnis gunakan untuk mempromosikan produk mereka. Tentunya berbeda dengan akun TikTok biasa, akun bisnis ini lengkap dengan berbagai fitur yang dapat mendukung pemasaran sebuah usaha.

Cara membuat akun TikTok bisnis yang mudah dan melesatnya jumlah pengguna TikTok di Indonesia sejak masa pandemi membuat banyak pebisnis berlomba-lomba untuk memanfaatkannya. Jika kamu seorang pemilik bisnis, sudah saatnya memasarkan bisnis kamu juga di platform ini.

Baca juga: Cara Menembus Algoritma dan Masuk FYP TikTok


Cara Membuat Akun TikTok Bisnis

Memiliki akun TikTok Bisnis akan sangat menguntungkan bagi sebuah bisnis. Berikut cara membuat akun TikTok Bisnis. Apabila sebelumnya kamu sudah memiliki akun TikTok biasa, kamu bisa langsung mengikuti langkahnya dari poin nomor 3.

  1. Pertama, Download Aplikasi TikTok di Google Play Store atau iOS Store lalu buka aplikasi tersebut.
  2. Klik “Mendaftar” kemudian isi setiap data yang TikTok minta seperti nama dan nomor HP.
  3. Akun TikTok kamu sudah terbuat, saatnya membuat akun tersebut menjadi akun TikTok Bisnis. Buka bagian profil dengan menekan ikon Me di bagian kanan bawah.
  4. Setelah itu, klik ikon garis tiga yang berada di sebelah kanan atas dan pilih “Manage account”.
  5. Pada bagian account control, pilih “Switch to Business Account”, lalu akan muncul penjelasan singkat mengenai akun TikTok Bisnis, klik “Next”.
  6. Kemudian pilih kategori bisnis sesuai dengan bisnis kamu dan klik “Next”
Baca Juga:   Cara Menggunakan Filter di TikTok untuk Konten, Mudah Banget!

Saat kamu sudah memilih kategori bisnis, akan muncul kotak pemberitahuan bahwa dengan akun bisnis kamu bisa menikmati berbagai fitur baru. Klik “Edit profile” untuk melengkapi profil kamu sesuai akun bisnis pada umumnya.

Apabila kamu ingin melengkapinya nanti, klik “Skip” dan kamu bisa melakukan pengeditan nantinya dengan menekan tombol “Edit profile” yang terletak di atas bio. Cara membuat akun TikTok Bisnis muda bukan? Akun bisnis sudah untuk kamu pakai mempromosikan usaha mu.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula! Gampang Banget!


Keuntungan dan Manfaat Akun Bisnis

Melalui akun bisnis, TikTok menjanjikan banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa setiap pemilik bisnis dapatkan. Fitur inovatif, bahkan belum ada di media sosial lainnya akan membuat kamu yakin bahwa menghadirkan bisnis kamu di TikTok adalah Langkah yang tepat.

1. Kemudahan Bekerjasama dengan Influencer

Berkolaborasi dengan influencer di media sosial adalah salah satu pemasaran digital yang banyak dilakukan oleh pemilik bisnis saat ini. Namun mencari influencer yang tepat bukanlah perkara mudah. ByteDance, perusahaan pembuat TikTok, memberikan solusi permasalahan tersebut melalui TikTok Creator Marketplace (TCM).

TCM merupakan platform internal TikTok yang menyediakan data influencer yang berkarya di media sosial tersebut. Dengan TCM, kamu bisa dengan mudah mencari influencer yang sesuai dengan bisnismu.  Kamu hanya perlu menyiapkan daftar karakteristik influencer yang ingin kamu ajak kerjasama. Lalu TCM akan memberimu segudang daftar nama influencer yang sesuai dengan karakteristik tersebut.

2. Menikmati Fitur Khusus Akun Bisnis

Tidak hanya memanjakan dengan cara membuat akun bisnis TikTok yang mudah, ByteDance juga menawarkan banyak fitur canggih. Beberapa fitur yang hanya ada pada akun jenis ini adalah  AR Branded Effect, real time performance tracking, dan unique engagement solution. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu bisa mengembangkan akun bisnis kamu secara lebih maksimal.

Baca Juga:   Cara Menambahkan Link di Postingan TikTok dengan Mudah

3. Kemudahan Untuk Menggunakan Ads

Sama seperti media sosial lainnya, TikTok juga menawarkan jasa iklan atau TikTok Ads. Menariknya, TikTok akan memfasilitasi secara lengkap agar kamu dapat membuat kampanye yang benar-benar menguntungkan, yaitu dengan menghadirkan Creative Tools.

Saat menggunakan Creative Tools, kamu akan menemukan banyak templat video, pilihan backsound, efek dan filter, serta tools lainnya yang akan memudahkan kamu untuk membuat konten iklan. Tidak hanya itu, Creative Tools juga hadir dengan Automated Creative Optimization (ACO).

Kamu hanya perlu mengunggah detail konten seperti gambar, tulisan, dan call-to-action dan lainnya. Lalu dengan fitur ACO, TikTok akan mengkombinasikan detail tersebut menjadi suatu konten dan menganalisis konten dengan kombinasi seperti apa yang paling efisien dan efektif. Kamu tidak perlu melakukan A/B Testing atau sejenisnya.

Baca juga: Apa Itu Seleb TikTok Dan Bagaimana Cara Mencapainya?


Tips Sukses Memanfaatkan TikTok Bisnis

Setelah tau cara membuat akun TikTok bisnis tentu kamu harus memanfaatkannya secara maksimal agar bisnismu semakin berkembang. Berikut tipsnya.

1. Konsisten Terhadap Kualitas dan Kuantitas Konten

Tips pertama dan utama adalah konsisten, baik secara kualitas dan kuantitas. Pastikan kamu membuat konten dengan perencanaan yang matang dan sesuai dengan target pasar bisnis mu. Perhatikan hal-hal teknis mengganggu, seperti video yang blur, shaking, dan sejenisnya yang mengurangi nilai estetika. Selain kualitas, kamu juga harus konsisten mengunggah untuk memenuhi ekspektasi pengikut akun bisnis mu.

2. Memilih Influencer dengan Benar

TikTok sudah memberi kemudahan untuk mencari influencer yang tepat dengan fitur TCM. Sehingga tantangan mu adalah menentukan karakteristik influencer yang sesuai. Pilihlah influencer dengan bidang atau niche sama atau memiliki keterkaitan tertentu dengan bisnis kamu.

Baca Juga:   Cara Menaikkan Viewers TikTok dengan Mudah

Selain itu, perhatikan value yang mereka bawa dalam setiap konten, apakah sama dengan value yang bisnis kamu bawa. Perhatikan pula jejak digital mereka, jangan sampai branding bisnis gagal karena memilih influencer yang bermasalah atau berbeda value dengan bisnismu.

3. Membuat Challenge

Pengguna TikTok seringkali membuat sebuah challenge dan berakhir viral bahkan hingga ke media sosial lain. Kamu juga bisa mencoba untuk membuat kampanye iklan dengan strategi challenge yang sesuai dengan bisnismu. Jangan lupa membuat hashtag atau tagar yang jelas saat membuat challenge.

4. Gunakan Iklan Berbayar

Terdapat beberapa jenis iklan berbayar yang TikTok tawarkan. Kamu bisa mencobanya dari harga yang termurah. Manfaatkan creative tools untuk membuat konten dan melakukan efektivitas kampanye.


Yuk, Kembangkan Bisnis di TikTok!

Setelah tahu manfaat dan tips dari akun TikTok Bisnis, apakah kamu tertarik untuk membuatnya? Bisnis yang dapat bertahan lama adalah bisnis yang dapat beradaptasi. Untuk saat ini, salah satu caranya adalah dengan tahu cara membuat akun TikTok Bisnis, mengaplikasikannya, dan memanfaatkan setiap fitur yang ada. Yuk bagikan ke teman pebisnis kamu agar mereka juga mengenal TikTok for Business.


Temukan berbagai informasi menarik lainnya seputar Tiktok Influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password