Bagaimana Cara Membangun Personal Branding di Social Media?

cara membangun personal branding

Di era social media yang merajai segalanya seperti sekarang ini, menampilkan diri di depan banyak orang perlu dengan citra yang baik.

Misalnya saja kamu adalah seorang influencer maka perlu sekali tahu cara membangun personal branding untuk bisa mendapatkan kerjasama yang sesuai dengan kualifikasi serta kemampuan yang kamu miliki. 

Nah, artikel ini akan membahas seputar pengertian dan cara membangun branding diri tersebut. 

Pembahasan di sini akan sangat cocok untuk kamu yang kini masih merintis menjadi influencer pemula dan ingin cepat bekerjasama dengan brand. 

Yuk, siapkan alat tulis kamu untuk bisa mencatat segala hal penting supaya bisa kamu pelajari!

Sebenarnya, Apa Sih Personal Branding Itu?

Sebelum menginjak ke pembahasan utama mengenai cara membangun personal branding, mari bahas terlebih dahulu mengenai pengertian dari istilah yang satu ini. 

Secara umum, yang disebut sebagai personal branding adalah sebuah cara untuk mempromosikan diri sendiri dan juga segala bentuk pencapaian diri dalam bekarir.

Jika kamu belum memiliki pengalaman, berarti promosikan keahlian yang kamu miliki. Keahlian ini tidak hanya soal hal-hal teknis, tetapi juga softskill. Salah satu hal yang penting adalah menunjukkan kemampuan dalam public speaking.

Apa Pentingnya Membangun Personal Branding?

Sebelum mengetahui caranya, pahami dulu bahwa ada beberapa hal penting yang membuat kamu harus mulai melakukannya sejak dini.

Yuk, simak!

1. Banyak yang Lebih Percaya Kepada Kamu

Salah satu manfaat penting dari mempromosikan diri adalah orang lain jadi lebih kenal dengan citra diri kamu. Jika kamu membangun personal branding dengan cara bermain di media sosial, maka akan banyak orang yang mengenal kamu meskipun sebelumnya belum pernah bertemu secara langsung.

Orang-orang akan menaruh kepercayaan ketika yang kamu tunjukkan adalah citra atau personal yang baik. Berbeda cerita kalau kamu justru menunjukkan hal-hal yang buruk, maka orang lain akan menaruh pendapat yang tidak-tidak terhadap kamu.

Baca Juga:   9 Cara Mengoptimasi LinkedIn Business Page Agar Makin Populer

2. Belajar untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Lalu, saat kamu melakukan promosi diri, maka kamu akan belajar untuk selalu tampil dengan percaya diri. Dengan kata lain, kamu perlu juga meningkatkan kualitas diri untuk selalu bersemangat. Artinya kamu juga harus merasa yakin dengan keahlian yang kamu miliki .

3. Dapat Memperluas Jejaring Sosial

Di era seperti sekarang ini yang semua serba digital, personal branding bisa membuatmu lebih dikenal oleh banyak orang. Dengan begitu kamu juga akan banyak mengenal orang lain. Dari situlah akan terbentuk jejaring luas yang akan bermanfaat buat kamu.

Jejaring ini akan berguna ketika kamu ingin mencari peluang kerjasama maupun relasi baru.

Jangan sekali-kali meremehkan jejaring yang kamu buat karena sekarang ini banyak pekerjaan tidak bisa kamu dapatkan hanya dari kemampuan teknis belaka. 

Percuma saja kalau kamu memang memiliki kemampuan teknis yang mumpuni, tanpa ada orang yang tahu kemampuan itu.

Lalu, Bagaimana Cara Membangun Personal Branding?

Ada beberapa cara atau tips yang bisa kamu gunakan untuk membangun sebuah personal branding. Cara-cara yang ada di bawah ini akan sesuai dengan keadaan di era digital seperti saat ini.

1. Memilih Segmentasi Ketika Ingin Memulai Promosi Diri

Seperti halnya melakukan promosi produk, kamu juga perlu menentukan sebuah segmentasi saat hendak meningkatkan personal branding di depan publik.  Kamu perlu memilih pasar dengan kreatif.

Pasar ini adalah orang-orang yang akan kamu tuju. Misalnya saja kamu seorang beauty influencer, maka kamu haru menyasar pasar yang tepat, misalnya para wanita.

Tunjukkan hal-hal yang sekiranya punya keterkaitan dengan preferensi mereka.

2. Membuat Portofolio atau Rekam Jejak

Salah satu hal penting setelah menentukan segmentasi personal branding yang ingin kamu tuju adalah membuat portofolio atau rekam jejak yang menarik.

Saat ini keahlian atau kemampuan yang kamu miliki bisa orang ketahui lewat portofolio atau rekam jejak tadi.

Misalnya saja kamu adalah seorang travel influencer, maka kamu harus membangun portofolio dengan perjalanan seru. Caranya yakni dengan membagikan berbagai perjalanan yang pernah kamu lalui di sosial media.

Begitu juga jika kamu adalah seorang fashion influencer, maka perlu sekali menunjukkan konten padu-padan milikmu.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Instagram dengan Cepat dan Mudah

Banyak sekali platform yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat portofolio ini. Apalagi, kanal digital yang khusus membantu personal branding bisa kamu akses secara mudah dan kadang gratis.

Kamu hanya tinggal mengemasnya dengan sekreatif mungkin.

3. Memanfaatkan Berbagai Media Sosial

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa sebuah portofolio akan bisa orang lihat saat kamu membagikannya. Karena ini eranya digital, maka cara membangun personal branding adalah dengan membagikan portofolio dengan memaksimalkan penggunaan media sosial.

Ada banyak media sosial untuk kamu gunakan. Misalnya saja kamu bisa memakai Instagram, Twitter, YouTube, hingga aplikasi Tiktok yang kini banyak sekali penggunanya. 

Ingat bahwa orang akan mulai menilai sikapmu dan juga daya kreatifmu saat membuat konten lewat media sosial tersebut. Maka dari itu jadikan media sosial sebagai media penyebar hal-hal positif, bukan justru hal-hal negatif yang akan menghancurkan reputasimu.

4. Membangun Sebuah Jaringan serta Langkah Kolaborasi

Seperti penjelasan di atas, salah satu manfaat dari cara membangun personal branding adalah untuk mempermudahmu memperluas jejaring atau networking. Nah, networking ini bisa kamu jalin dengan banyak media. Bisa dengan cara yang konvensional maupun cara virtual.

Jalur konvensional bisa dari berkenalan secara langsung dengan mengikuti seminar, pertemuan, event dan lain-lainnya. Di samping itu, kamu juga bisa membangun jaringan secara online dengan cara follow akun-akun yang sekiranya bisa mendukung upaya personal branding-mu.

Mengenai cara membangun jejaring secara online, pastikan kamu hanya mengikuti akun sosial media influencer yang relevan. Bisa dari sisi value-nya, niche, atau aspek-aspek lain yang masih berkaitan dengan upaya branding diri kamu.

Dari akun-akun yang kamu ikuti tersebut, kamu bisa menggali atau mengadopsi cara branding yang mereka terapkan. Meski begitu, ada satu hal yang perlu kamu pahami bahwa strategi branding milik orang lain belum tentu memberikan hasil yang sama efektifnya. Namun, tak ada salahnya jika kamu mencobanya terlebih dulu. 

Ingat, amati, tiru dan modifikasi!

Setelah kamu bisa membangun branding diri lewat jejaring itu, maka selanjutnya adalah melakukan kolaborasi dengan jejaring tersebut. Cobalah berkolaborasi dengan mereka demi membuat insight baru atau ide-ide baru yang mendukung langkah positif yang sedang kamu kembangkan.

5. Konsisten dengan Ciri Khas-mu

Salah satu tips yang perlu kamu ingat betul ketika sedang membangun sebuah personal branding adalah konsistensi dengan ciri khasmu sendiri. Mengapa hal ini penting?

Baca Juga:   Contoh Cara Mempromosikan Produk di Social Media Paling Efektif

Sekarang ini, sangat penting untuk konsisten pada sebuah citra diri saat tampil di depan umum. Saat kamu konsisten dalam menerapkan branding diri A, maka orang-orang akan mudah mengenalmu sebagai sosok yang A. 

Lain halnya jika kamu mencoba memakai banyak citra di depan orang lain. Audiens tentu akan kesulitan dalam menyadari, memahami, mengenali, maupun mengingat keunikan khusus yang ada pada dirimu. Bahkan bisa juga mereka akan menganggapmu kurang memiliki identitas diri.

Konsisten juga bisa membuatmu belajar bahwa proses dalam membangun persona di depan publik itu bukan hal yang instan. Ada hal-hal yang perlu kamu lewati dengan segala bentuk jatuh bangunnya. Maka dari itu tetapkan konsistensi dan bersabarlah dalam mengupayakan branding diri.

Apakah Cara Membangun Personal Branding Sulit?

Itu dia cara membangun personal branding yang sudah kami rangkum untuk kamu coba.

Proses dalam membangun sebuah citra yang positif di depan publik memang tidak selamanya berjalan mulus, ada saja kendala dan tantangannya.

Namun, tidak perlu khawatir akan hal itu selagi apa yang kamu lakukan bukan hal buruk atau merugikan orang lain.

Pastikan untuk tetap rendah hati dan melakukan hal sesuai porsi.

Selamat dan semangat mencobanya!


Temukan inspirasi lainnya tentang influencer marketing, social media influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password