Cara Melihat TikTok Insight dan Memanfaatkannya

Cara Melihat Tiktok Insight

Cara melihat TikTok insight memang cukup mudah. Hal ini bisa kamu pelajari dengan cara mencari referensinya melalui internet. 

TikTok sendiri merupakan sebuah platform yang cukup populer. Terlebih lagi dengan semakin banyaknya content creator pembuat TikTok yang membuat aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang menyediakan banyak video menarik. 

Bahkan, aplikasi TikTok yang ada di Google Play Store sendiri berada di urutan Top 5. Aplikasi TikTok ini bahkan sudah berhasil mendapatkan jumlah download lebih dari 100 juta downloader. 

Maka dari itu, tidak mengherankan apabila banyak sekali orang yang beralih profesi menjadi content creator TikTok. 

Namun, pada umumnya, jika kamu memang ingin menjadi seorang content creator TikTok, maka kamu harus memiliki jumlah followers yang banyak terlebih dahulu. 

Selain itu, kamu juga harus banyak mempersiapkan konten-konten yang menarik lainnya agar para followersmu tersebut bisa semakin bertambah.


Apa Itu TikTok Insight?

TikTok insight merupakan sebuah media yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik para audiens baru. Untuk bisa menerapkan cara melihat TikTok insight, tentu kamu akan membutuhkan TikTok analytic. 

TikTok analytic sendiri merupakan kunci dalam meningkatkan strategi TikTokmu. Menariknya lagi adalah bahwa semua itu bisa kamu lakukan secara mudah dan gratis. 

Dengan bisa membaca analytic TikTok, maka kamu pun akan mengetahui dengan mudah apa yang orang lain inginkan. 

Namun, sebelum kamu mendapatkan data analytic TikTok, maka kamu wajib untuk mengubah akun TikTok menjadi pro akun terlebih dahulu. 

Cara Mengubah Akun TikTok menjadi Pro

  1. Pertama, silahkan klik pada bagian titik 3 yang berada pada pojok kanan atas. 
  2. Pilih manage my account. 
  3. Klik switch to pro account. 
  4. Setelah itu, silahkan pilih kategori yang kamu inginkan. 

Algoritma TikTok

Setelah kamu mengetahui apa keinginan dari para pengikutmu, maka kamu juga harus bisa menganalisa strategi untuk meningkatkan akun TikTok milikmu tersebut. 

Baca Juga:   Tiktok Ads: Kelebihan dan Cara Beriklan di Tiktok

Untuk itu, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara melihat TikTok insight. Dengan kamu melihat data pengunjung, maka kamu bisa memonetisasi akun agar jika sudah banyak followers, maka kamu tidak akan merasa bingung lagi dalam mencari konten. 

Nah, setelah mengetahui data pengunjung, maka kamu harus mengetahui apa itu algoritma TikTok. Karena dengan hal inilah, maka kamu akan dengan mudah menarik orang lain untuk melihat akun TikTok milikmu. 

Algoritma TikTok sendiri memiliki 2 kriteria, yakni trending dan interaksi. Oleh sebab itu, jika memang konten TikTokmu sering mengikuti trending TikTok, maka akan semakin mudah kamu dalam menarik orang lain untuk mengunjungi akunmu tersebut. 

Dalam istilahnya, video yang sedang trending biasanya lebih terkenal dengan sebutan FYP. Dengan masuknya video ke FYP ini, maka akan lebih memudahkan kamu terkenal. 

Jadi, usahakan ketika kamu membuat sebuah konten, maka kamu harus bisa memasukkan kriteria tersebut.


Cara Melihat TikTok Insight

Jika kamu sudah paham akan algoritma TikTok, maka ada baiknya jika kamu mulai mempelajari tentang bagaimana cara melihat TikTok insight

Tujuan kamu mengetahui cara untuk melihat TikTok insight ini adalah agar ketika kamu membuat sebuah konten, maka kamu sudah mengetahui harus berbuat apa. 

Untuk melihat TikTok insight ini, kamu bisa menggunakan 2 cara.

Tanpa Menggunakan Tools

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melihat TikTok insight adalah dengan tanpa menggunakan tools atau tanpa aplikasi tambahan. 

Cara ini terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. 

  • Silahkan kamu buka aplikasi TikTok. 
  • Jika sudah, kamu bisa alihkan ke menu profil. 
  • Setelah itu, silahkan kamu klik tanda titik tiga yang berada pada bagian pojok kanan atas layer handphonemu. 
  • Nantinya, kamu pun akan diarahkan ke bagian menu pengaturan dan privasi. Apabila kamu sudah bisa masuk, maka silahkan langsung klik saja alat kreatornya. 
  • Setelah itu, akan muncul beberapa menu. 
  • Silahkan pilih menu yang sesuai dengan keinginanmu. 
  • Jika sudah, nantinya akan muncul data ringkasan, konten, dan pengikut yang bisa kamu lihat. 

Pada menu ini, kamu juga bisa mengubat setting waktunya. Setting waktu ini berfungsi untuk mengetahui perkembangan akun dari TikTok yang kamu miliki. 

Baca Juga:   Rekomendasi Aplikasi untuk Content Creator, Mudah Digunakan!

Untuk setting waktunya sendiri bisa kamu mulai dari 7, 28, hingga 60 hari terakhir.

Dengan Menggunakan Tools

Untuk cara melihat Tikok insight yang kedua adalah dengan menggunakan tool tambahan atau aplikasi yang berasal dari pihak ketiga. 

Tools yang sangat disarankan adalah Exolyt. Tools bernama Exolyt ini bisa memudahkan kamu dalam melihat jumlah likes, comment, dah share pada aplikasi TikTokmu tersebut. 

Cara ini terbilang mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melihat TikTok insight dengan menggunakan tools. 

  • Pertama, silahkan kamu buka browser, baik melalui handphone atau komputer. 
  • Silahkan kunjungi situs dari Exolyt. 
  • Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan proses login. Jika kamu belum memiliki akun, maka kamu bisa melakukan proses registrasi terlebih dahulu. 
  • Jika sudah berhasil login, silahkan masukkan username dari akun TikTok yang akan kamu lihat performanya. 
  • Setelah itu, kamu bisa melihatnya dan mulai menganalisa data dari akun TikTok yang kamu lihat tersebut. 

Untuk cara yang kedua ini memang cukup komplit. Jadi, mungkin akan sedikit rumit bagi kamu yang tidak memahaminya dengan baik.


Cara Memanfaatkan TikTok Insight

Setelah kamu memahami bagaimana cara melihat TikTok insight, maka kamu pun harus mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya. 

Ada 2 cara yang bisa kamu manfaatkan dari TikTok insight ini untuk melihat data analyticnya. 

Analytic TikTok Berdasarkan Konten

Untuk bisa melihat analytic di bagian konten TikTok, maka kamu bisa langsung masuk ke konten TikTok milikmu. 

Caranya, kamu tinggal klik tanda titik 3 pada pojok bagian bawah layar TikToknya. Setelah itu, akan muncul beberapa analytic TikTok. Pada bagian ini, ada beberapa metrik yang bisa kamu baca. 

  • Berapa kali video kamu diputar. 
  • Berapa video yang disukai atau like. 
  • Seberapa banyak komentar yang ada pada videomu tersebut. 
  • Berapa banyak videomu tersebut dibagikan. 

Total Play Time

Total play time merupakan jumlah total dari durasi video yang diputar. Sementara average watch merupakan rata-rata dari videomu yang orang lain tonton. 

Traffic Source Types

Traffic source types merupakan cara orang lain dalam menemukan konten milikmu. Entah melalui for you page, personal profile, atau melalui followingmu. 

Baca Juga:   Cara Download Gambar di Instagram PC, Gampang Banget!

Audience Territories

Metrik ini berfungsi untuk mempermudah kamu melihat siapa saja yang sudah menonton video kamu, dan berasal dari lokasi mana saja.


Analytic TikTok Berdasarkan Dashboard

Cara kedua dalam melihat analytic TikTok adalah dengan langsung mengecek pada bagian dashboard TikTokmu. 

  1. Kamu bisa langsung ke menu setting. 
  2. Pilih creator tool, lalu lanjutkan ke analytic. 

Ada 3 kolom yang bisa kamu lihat pada analytic dashboard TikTokmu tersebut. 

1. Overview

Pada kolom overview ini, kamu bisa melihat 3 data yang ada pada akun TikTokmu tersebut. Kolom ini bisa kamu lihat berdasarkan waktu tertentu. 

  • Video views, yang merupakan perkembangan dari berapa kali kontenmu dilihat berdasarkan waktu tertentu. 
  • Followers, yang merupakan perkembangan pengikut pada akun TikTokmu. 
  • Profile views, yang merupakan perkembangan orang-orang yang mengunjungi dan melihat akun TikTokmu tersebut.

2. Content

Pada kolom konten ini, kamu bisa melihat berapa banyak konten yang sedang kamu buat dalam waktu tertentu. Selain itu, kamu juga bisa melihat berapa banyak kontenmu yang sedang tren. 

3. Followers

Pada kolom followers, maka kamu bisa melihat demografi, jenis kelamin dari tiap followersmu, dan jam berapa para followers ini paling aktif melihat kontenmu. 

Namun, untuk bisa membuka fitur yang satu ini, maka kamu harus memiliki minimal 100 followers terlebih dahulu.


Kesimpulan

Inilah beberapa cara melihat TikTok insight yang bisa kamu coba. Meskipun memang tergolong masih baru, namun aplikasi TikTok ini memiliki basis pengguna yang sangat besar. 

Dengan begitu, maka bagi para pemasar dan brand pun bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa mendapatkan hasil analisis yang lebih baik. 

Tujuannya adalah agar kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal ketika akan memutuskan membuat sebuah kampanye marketing influencer melalui aplikasi TikTok. 

Jadi, cukup mudah bukan cara untuk melihat TikTok insight pada akunmu sendiri? Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk kamu. 


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password