Cara Melihat Analisis TikTok, Lengkap untuk Pemula!

cara melihat analisis tiktok

Bagaimana cara melihat analisis TikTok?

Dalam mengembangkan sebuah media sosial, memang tidak boleh sembarangan. Kamu perlu memperhatikan perkembangan konten yang kamu buat.

Selain itu, pertimbangkan apakah konten yang kamu unggah tersebut memang menjadi kesukaan para audiens atau followersmu?

Saat ini, media sosial yang sudah menyediakan fitur analisis, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Meskipun begitu, ternyata banyak pengguna media sosial tersebut yang belum tahu tentang manfaat fitur analisis ini serta bagaimana cara menggunakannya.

Jika kamu salah satunya, simak ulasannya berikut ini!

Apa itu Analisis TikTok?

Analisis TikTok merupakan fitur yang memudahkan kamu untuk mengetahui seperti apa kualitas konten yang kamu buat.

Apakah nanti kontenmu tersebut mampu menjangkau audiens secara lebih banyak atau sebaliknya.

Apa Saja Manfaat Menganalisis TikTok?

Sebelum menjelaskan tentang cara melihat analisis TikTok, kamu perlu tahu manfaat menganalisis akun milikmu.

Manfaat utamanya, yaitu kamu bisa mengetahui kualitas dari konten yang kamu unggah.

Berikut manfaat lainnya yang akan kamu rasakan nantinya:

1. Melakukan Analisis Konten

Pada tab konten, kamu akan melihat analisis secara lebih luas, terkait setiap video yang kamu miliki. Kamu juga dapat mengetahui beberapa informasi penting seputar total suka, total penayangan, komentar, pembagian, durasi rata-rata orang menonton video, dan lain sebagainya.

Fitur analisis ini juga akan memberikan informasi tentang video seperti apa yang disukai penonton. Dengan begitu, kamu dapat menghadirkan konten yang sesuai, agar persentase engagement semakin meningkat. 

Konten-konten yang kamu unggah nanti juga akan memiliki peminat yang lebih banyak serta bisa jadi menjadi salah satu cara meningkatkan jumlah followers mu.

Bukan itu saja, kamu juga bisa mempertimbangkan kapan waktu terbaik untuk mengunggah konten, setelah melakukan analisis. Ini bermanfaat agar konten yang kamu unggah nanti mampu menjangkau audiens secara lebih banyak. Semua data yang muncul tersebut tersedia untuk 7 hari terakhir.

2. Mengetahui Performa

Manfaat yang kedua adalah terkait performa. Di sini ada dua bagian penting, yaitu tayangan video serta tingkat penyelesaian. Pada tayangan video akan menampilkan ada berapa banyak pengguna TikTok yang menonton video  atau konten yang kamu unggah pada periode tertentu. 

Sementara itu, di bagian tingkat penyelesaian menampilkan informasi seputar jumlah pengguna yang benar-benar menonton konten milikmu hingga selesai. Sehingga, kamu bisa menilai seberapa kuat performa konten kamu mempengaruhi target audiens.

3. Keterlibatan

Manfaat analisis TikTok berikutnya, yakni bisa mengecek di bagian tab keterlibatan. Kamu bisa mengetahui berapa banyak keterlibatan para audiens pada kontenmu. Keterlibatan tersebut bisa dalam bentuk komentar, like, atau share. Dengan demikian, kamu bisa tahu jenis konten seperti apa yang disukai oleh followers kamu.

4. Mengetahui Pertumbuhan Konten

Pertumbuhan bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk mengetahui ada berapa banyak pengikut baru yang memfollow akun TikTok milikmu dari hasil data analisis. Kamu bisa mengetahuinya per tanggal sesuai video yang kamu upload di tanggal tersebut.

5. Retensi

Manfaat berikutnya, yaitu kamu bisa melihat seperti apa penurunan durasi para audiens ketika menonton kontenmu. Melalui data retensi ini, kamu bisa lebih mudah dalam menganalisis jenis serta durasi video yang disukai atau tidak oleh para audiens.

6. Gender & Lokasi

Untuk bagian yang satu ini, akan memunculkan informasi seputar persentase jumlah dari penonton pada konten tertentu. Informasi tersebut berdasarkan gender serta lokasinya.

7. Analisis Follower

Pada tab ini berfungsi untuk mengecek terkait perkembangan dari jumlah pengikut akun milikmu. Informasi tersebut bisa dalam bentuk dari mana penonton kontenmu berasal, di jam berapa saja mereka aktif mengecek akun atau kontenmu, dan lain-lain. 

Data yang kamu lihat ini merupakan 7 hari terakhir atau bisa dari 4 minggu atau 28 hari terakhir.

Cara Melihat Analisis TikTok

Sebenarnya cara membaca analisis TikTok ini merupakan sebuah kunci untuk dapat mengembangkan akun TikTok milikmu.

Apalagi fitur ini juga dapat kamu gunakan secara gratis.

Dengan memahami bagaimana cara menganalisisnya, kamu akan tahu apa saja konten yang perlu kamu buat, seperti berikut ini:

1. Mengubah Akun

Sebelum kamu mulai melakukan analisis, maka kamu perlu mengubah akun terlebih dahulu. Kamu harus  mengubah akunmu ke akun Pro dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi TikTok di gadget kamu.
  • Klik pada titik 3 yang terdapat di pojok kanan atas.
  • Silahkan memilih menu Manage my Account.
  • Kemudian, klik Switch to Pro Account.
  • Sekarang, kamu perlu menentukan kategori maupun industri yang kamu inginkan

2. Cara Melihat Analisis TikTok Sesuai Konten

Salah satu cara untuk bisa menganalisis TikTok, yaitu melalui konten. Kamu dapat langsung menuju ke konten milikmu. Selanjutnya, klik titik tiga yang terdapat di pojok kanan bawah.

Perlu kamu perhatikan, bahwa terdapat beberapa metrik. Kamu perlu memahami informasi yang terdapat pada metrik tersebut, misalnya:

  • Berapa kali video kamu mendapatkan like.
  • Berapa kali videomu diputar.
  • Ada berapa banyak komentar yang kamu dapatkan pada video tersebut.
  • Berapa kali seseorang membagikan videomu.

Kemudian, untuk total playtime merupakan jumlah dari keseluruhan durasi video milikmu yang telah diputar. Sementara itu, average watch time merupakan durasi rata-rata orang menonton konten milikmu.

Selain itu, ada juga istilah bernama traffic source type. Maksudnya, bagaimana nanti orang-orang bisa menemukan konten milikmu, apakah melalui FYP maupun personal profile. Sementara terkait audience territories merupakan metrik untuk membuatmu bisa mengecek lokasi dari orang-orang yang menonton kontenmu.

3. Mengecek Analisis TikTok Melalui Data di Dashboard

Kamu juga bisa mengecek analisis TikTok lewat data yang ada di Dashboard. Berikut ini cara melihat analisis TikTok by YouTube Heron Farin:

Mengecek Analisis TikTok Melalui Data di Dashboard 1

  • Silakan masuk ke menu Pengaturan.

Mengecek Analisis TikTok Melalui Data di Dashboard 2

  • Pilih creator tools.

Mengecek Analisis TikTok Melalui Data di Dashboard 3

  • Pilih analytic.

Nanti, kamu akan melihat tiga kolom di bagian analytic dashboard. Untuk kolom Overview, kamu dapat mengecek 3 data terkait akun TikTok milikmu. Selanjutnya, ada beberapa penjelasan lainnya, seperti:

  • Video views merupakan perkembangan dari berapa kali konten milikmu dilihat pada waktu tertentu.
  • Followers, perkembangan dari followers atau pengikut akun TikTok milikmu.
  • Profile views, perkembangan dari orang-orang yang melihat dan mengunjungi akun TikTok milikmu.

Kemudian, pada bagian Followers, akan muncul tampilan demografi. Kamu juga bisa mengecek jenis kelamin dari pengikutmu tersebut serta pada jam berapa mereka biasanya aktif. Akan tetapi, bagi yang ingin mengakses fitur ini, setidaknya kamu mempunyai pengikut minimal 100 akun terlebih dahulu.

Sudah Paham Bagaimana Cara Melihat Analisis TikTok?

Demikian pembahasan tentang cara melihat analisis TikTok.

Jadi, fitur analytics yang tersedia ini sangat bermanfaat untuk mengetahui perkembangan akun milikmu.

Kamu bisa tahu apakah konten yang kamu unggah tersebut memang mampu menarik minat audiens atau sebaliknya.

Semoga bermanfaat!


Temukan inspirasi lainnya tentang social media influencer, TikTok influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password