Cara Melakukan Brief yang Benar untuk Influencer

Cara Melakukan Brief Influencer yang Benar

Cara Melakukan Brief Influencer – Brief atau arahan adalah suatu hal yang kamu lakukan untuk memberikan gambaran mengenai garis besar yang kamu inginkan lengkap dengan poin poin penting mengenai permintaan tersebut. Dalam melakukan brief seperti ini, seseorang tidak bisa melakukannya secara asal-asalan. Kamu harus mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar dalam melakukan brief  untuk influencer.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan tersebut, alangkah lebih baik apabila kamu mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya manfaat atau kegunaannya ketika kamu memberikan brief ini kepada seorang influencer.


Alasan Kenapa Kamu Harus Memberikan Brief Kepada Influencer

Kamu sudah mengetahui definisi dari brief seperti yang telah tertulis di atas sebelumnya. Dari definisi itu, kamu dapat mengetahui bahwa ketika kamu melakukan sebuah brief atau arahan, maka kamu kamu memastikan bahwa seorang influencer akan bekerja dan menyusun skrip konten sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan mendapatkan brief semacam ini, seorang influencer bisa mengetahui gambaran hal yang akan mereka persiapkan kedepannya agar bisa memuaskan permintaanmu. 

Sebagai seorang yang memberikan permintaan, tentunya kamu menginginkan seorang influencer yang bisa memenuhi permintaanmu, bukan? Maka dari itu, kamu harus bisa melakukan brief atau arahan kepada influencer tersebut. 

Dalam melakukan hal semacam ini, tentunya kamu tidak bisa melakukannya sembarangan. Seperti yang sudah tertulis di atas, dalam melakukan brief atau arahan, kamu perlu mengetahui caranya. Dengan mengetahui caranya, kamu bisa melakukan brief yang baik dan benar. Brief yang baik dan benar, tentu akan membuat influencer menjadi mudah memahami apa yang menjadi tujuan utama dari permintaanmu.

Baca Juga:   Apa itu Conversion Rate? Pengertian dan Cara Meningkatkannya

Nah, berikut ini merupakan pembahasan lengkap mengenai cara melakukan brief yang baik dan benar untuk influencer. Simak selengkapnya!


Bagaimana Cara Melakukan Brief Secara Efektif untuk Influencer?

1. Berikan Pengantar

Cara melakukan brief influencer yang pertama adalah dengan memberikan pengantar kepada influencer. Kata pengantar yang mengawali kegiatan kamu dalam melakukan brief atau arahan, akan membuat influencer mempersiapkan dirinya untuk mendengarkan brief dari kamu. 

Hal ini memang terlihat sepele. Namun, sebenarnya ini cukup penting untuk kamu lakukan. Ketika kamu tidak memberikan pengantar, maka brief yang akan kamu sampaikan akan terlihat tidak terarah. Brief atau arahan dari kamu, akan tersampaikan secara tidak terstruktur sehingga akan sulit untuk mereka pahami. Influencer akan kesulitan dalam menentukan maksud dari arahan yang kamu berikan.

Selain itu, ketika kamu memberikan pengantar, maka influencer akan mempersiapkan diri untuk menerima brief dari kamu. 

2. Jelaskan tentang Kompensasi

Cara melakukan brief influencer yang berikutnya adalah menjelaskan mengenai kompensasi yang akan kamu berikan kepada influencer. Kompensasi menjadi hal yang sangat sensitif untuk menjadi topik pembicaraan. Maka dari itu, kamu harus bisa menentukan berapa kompensasi yang tepat untuk kamu berikan kepada influencer. Tentunya dengan mempertimbangkan segala usaha yang influencer lakukan dalam rangka memenuhi permintaan dari kamu.

Selain itu, bersikaplah terbuka dan berikan kesempatan kepada influencer untuk berbicara mengenai kompensasi ini. Dengan begitu, kesepakatan antara kedua belah pihak akan tercapai dan hubungan kerjasama yang baik akan terjalin.

3. Campaign Overview

Campaign Overview menjadi cara melakukan brief influencer selanjutnya. Kamu harus selalu memperhatikan campaign overview dan menyampaikan brief berdasarkan hal tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seberapa efektif dan seberapa bagus efek dari hubungan kerjasama mu ini terhadap bisnismu.

Baca Juga:   Apa itu ROAS? Pengertian, Cara Menghitung, dan Tips Meningkatkannya

Selain itu, pihak dari influencer juga bisa mengetahui apa yang kurang dari campaign yang mereka lakukan. Sehingga mereka bisa memperbaikinya di kemudian hari.

4. Campaign Deliverables

Cara melakukan brief influencer yang keempat adalah campaign deliverables. Dalam hal ini, kamu harus menentukan aspek apa saja yang nantinya akan influencer sampaikan dalam campaign mereka. Kamu harus menentukan hal ini agar influencer bisa mengerti hal apa saja yang harus mereka penuhi agar sesuai dengan permintaan kamu.

Hal ini menjadi sangat penting karena ini berkaitan langsung dengan tingkat kepuasan kamu terhadap kinerja dari influencer nantinya. Ini juga erat kaitannya dengan dampak yang akan terjadi pada bisnismu kedepan.

5. Cara Melakukan Brief Influencer dengan Menyampaikan Inspirasi

Penyampaian Inspirasi juga merupakan salah satu cara melakukan brief influencer. Kamu harus menyampaikan bahwa ide-ide yang berkaitan dengan bisnismu bisa influencer dapatkan dari berbagai sumber. Info seperti ini akan membantu influencer untuk mengetahui darimana mereka akan mendapatkan inspirasi yang akan mendukung kreativitas mereka dalam melakukan campaign.

Dengan mendapatkan inspirasi, maka seorang influencer bisa lebih mudah mengembangkan ide inspirasi tersebut menjadi sebuah karya. Yang mana kemudian karya tersebut akan mereka gunakan dalam campaign mereka terkait bisnis kamu. Dengan inspirasi yang bagus, maka terciptalah konten yang bagus dan menarik sehingga akan memberikan efek positif pada bisnis kamu.

6. Cara Melakukan Brief Influencer dengan Menyampaikan Deadline

Cara melakukan brief influencer yang juga tidak kalah penting adalah menyampaikan deadline. Deadline atau batas waktu atau bisa sering juga kamu dengar dengan tenggat waktu merupakan batas waktu yang kamu berikan kepada influencer untuk menyelesaikan campaign yang mereka lakukan. 

Baca Juga:   Berapa Penghasilan Influencer Berdasarkan Jenisnya?

Ketika menyampaikan deadline, jangan tentukan secara sepihak saja. Berikan kesempatan kepada influencer untuk berpendapat terkait deadline yang kamu sampaikan. Dengan begitu, influencer bisa mengerjakan campaign dengan nyaman dan kesepakatan bisa tercapai dengan baik.

Berbeda halnya ketika kamu menentukan deadline secara sepihak, influencer bisa saja tidak bisa memaksimalkan pekerjaan yang mereka lakukan. Hal ini karena biasanya tenggat waktu yang singkat membuat influencer merasa tertekan dan tidak bisa mengerjakan dengan maksimal. Dengan begitu, hasil dan dampak terhadap bisnis kamu juga tidak bisa maksimal.

7. Jelaskan tentang Konten

Cara melakukan brief influencer yang selanjutnya adalah dengan menjelaskan mengenai konten yang kamu inginkan. Jelaskan sedetail mungkin mengenai jenis konten, durasi, tema, dan sebagainya sehingga influencer juga bisa mengetahui dengan jelas seperti apa konten yang kamu inginkan.

8. Jelaskan tentang Hal yang Perlu Dihindari

Kemudian cara melakukan brief influencer yang terakhir adalah menjelaskan terkait hal apa saja yang perlu influencer hindari. Hal ini harus kamu sampaikan agar influencer tidak melakukan kesalahan dalam penyampaian ketika mereka melakukan campaign. Kamu bisa memberikan ketentuan seperti jangan menyebut merk lain ketika melakukan campaign, jangan menggunakan durasi terlalu lama, dan sebagainya.


Itulah Dia Cara Melakukan Brief Influencer yang Baik dan Benar

Dengan melakukan cara seperti itu, kamu akan mampu menyampaikan brief atau arahan dengan sebaik mungkin. Brief yang baik, akan diterima dengan baik juga oleh influencer. Sehingga campaign yang mereka lakukan, tentunya akan berpengaruh sangat bagus terhadap bisnis milik kamu.

Maka dari itu, perhatikanlah cara-cara yang sudah disebutkan di atas agar brief yang kamu berikan bisa optimal sehingga bisnis milik kamu bisa mengalami pertumbuhan yang baik.


Dapatkan berbagai tips influencer marketing, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password