Cara Menembus Algoritma dan Masuk FYP TikTok

cara-masuk-fyp-tiktok

Cara Masuk FYP TikTok – Setiap content creator di Tiktok berharap konten mereka trending hingga bisa masuk ke For Your Page (FYP). Sehingga banyak dari mereka yang berlomba-lomba membuat konten menarik dan mencari cara masuk FYP Tiktok. Dengan kata lain, masuk FYP di Tiktok adalah prestasi bagi content creator di Tiktok. Apakah kamu salah satu content creator di platform ini?

Tiktok sendiri merupakan aplikasi media sosial yang berasal dari Tiongkok. Terbilang baru, Tiktok baru diluncurkan pada tahun 2016 lalu oleh Zhang Yiming. Meskipun awalnya pengguna Tiktok di Indonesia menerima penilaian yang buruk dari masyarakat umum, saat ini kondisinya malah berbalik.

Tahun 2020 lalu, tepatnya ketika masuk masa pandemic, Tiktok menjadi salah satu media sosial paling populer di Indonesia. Jutaan pengguna baru mulai aktif menjadi penggunanya. Berbagai jenis konten pun bermunculan dari para pengguna baru yang membuat aplikasi ini semakin menarik. Dengan tambahan fitur serta tools yang Tiktok tawarkan, content creator Tiktok semakin menunjukkan kekreatifannya.

Jika kamu belum maupun sudah mulai aktif di Tiktok, saatnya kamu juga mulai membuat konten menarik yang bisa masuk FYP. Berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu FYP dan cara masuk FYP Tiktok.


Apa itu FYP Tiktok?

Mengetahui cara masuk FYP Tiktok penting untuk para content creator. FYP Tiktok adalah halaman pertama yang kamu lihat saat membuka aplikasi Tiktok. FYP setiap pengguna berbeda karena Tiktok mengaturnya berdasarkan algoritma yang mereka buat. Algoritma tersebut akan menampilkan konten berdasarkan minat dan interaksi kamu sebelumnya.

Misalnya, kamu menyukai dan memberikan komentar pada beberapa konten video mengenai memasak atau kuliner, maka algoritma Tiktok akan membaca bahwa minat mu ada di situ. Sehingga jangan kaget jika selanjutnya, FYP di akun mu penuh dengan konten masak-masak atau sejenisnya. Apabila kamu adalah pengguna Instagram, maka cara kerja FYP Tiktok kurang lebih hampir sama dengan fitur jelajah pada Instagram.

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang Dari Live TikTok dengan Mudah

Dengan masuk ke FYP Tiktok, maka semakin besar kesempatan kontenmu trending dan menjangkau lebih banyak lagi audiens. Jika konten mu sering trending, banyak pengguna akan tertarik dengan akun mu dan mulai memutuskan untuk follow. Memiliki followers yang banyak bisa membuat Tiktok memverifikasi akun mu. TIdak hanya itu, kamu mulai bisa bekerjasama dengan berbagai brand sebagai seorang influencer.

Baca juga: Begini Cara Kerja Algoritma TikTok. Wajib Tahu!


Bagaimana Cara Masuk FYP Tiktok?

Setelah tahu apa itu FYP Tiktok di atas, apakah kamu mulai tertarik untuk menjadi content creator yang aktif di Tiktok dan membuat konten yang bisa masuk FYP? Meskipun belum memiliki banyak followers, kamu juga bisa kok masuk FYP. Simak berikut cara masuk FYP Tiktok.

1. Cara Masuk FYP Tiktok Paling Penting: Buat Konten yang Berkualitas

Cara masuk FYP Tiktok yang pertama adalah membuat konten yang berkualitas. Konten yang berkualitas akan membuat audiens tertarik dengan konten tersebut dan menontonnya hingga selesai. Bahkan mungkin mereka akan meninggalkan komentar dan memberi tanda suka.  Algoritma Tiktok akan membaca bahwa konten tersebut merupakan konten yang bagus dan akan menampilkan konten video itu ke lebih banyak orang.

Tingkat engagement rate (ER) pada jam-jam pertama akan menentukan sejauh mana Tiktok akan mendistribusikan konten mu ke FYP penggunanya. Oleh karenanya, saat membuat konten Tiktok kamu harus memperhatikan kualitasnya. Membuat konten dengan ide yang orisinil merupakan salah satu cara membuat konten yang berkualitas.

Selain itu, perhatikan juga urusan teknis seperti resolusi video dan lighting. Saat ini, banyak smartphone memiliki kualitas kamera yang mumpuni dan menawarkan hasil resolusi video yang tinggi. Namun, umumnya kamera HP masih belum bisa memberikan hasil yang bagus saat kondisi sekitar kurang pencahayaan. Maka dari itu, kamu harus mengantisipasi hal-hal seperti ini. Misalnya merekam saat siang hari.

Cara masuk FYP Tiktok harus memaksimalkan kualitas visual. Lakukan dengan memilih filter dan transisi yang tepat. Jangan lupakan juga thumbnail yang menarik agar audiens mu penasaran dengan isi konten yang kamu buat. Visual yang bagus akan membuat audiensmu betah menonton video hingga akhir.

Baca Juga:   Cara Membuat dan Memanfaatkan TikTok Bisnis

Terakhir, perhatikan musik yang kamu pilih sebagai backsound. Memilih musik yang sedang populer dan cocok dengan konten mu akan semakin meningkatkan kualitas video. Gunakan pilihan lagu yang yang telah Tiktok sediakan. Apabila kamu menggunakan lagu dari luar aplikasi, maka akan rawan terkena masalah copyright.

Baca juga: Apa Itu Seleb TikTok Dan Bagaimana Cara Mencapainya?

2. Coba Gunakan Fitur Duet

Cara kedua adalah menggunakan fitur duet. Fitur duet adalah salah satu fitur populer di Tiktok yang wajib kamu coba. Fitur ini memungkinkan pengguna Tiktok untuk melakukan duet atau kolaborasi konten tanpa harus bertemu langsung. Kamu juga tidak perlu mengenal orang yang ingin kamu ajak duet.

Memilih konten duet yang viral bisa membantu kontenmu juga ikutan viral, lho. Caranya sangat mudah. Pertama, kamu hanya perlu klik lambang “Share” yang terletak di bagian kanan layar. Kemudian muncul kotak dialog yang berisi banyak tombol. Pilih “Duet” atau “Stitch” dan rekam video duet versi mu.

Duet dan stitch adalah dua fitur yang hampir sama. Dengan fitur duet, nantinya hasil rekaman video mu akan bersebelahan dengan konten asli atau konten yang kamu ajak duet. Sedangkan stitch memungkinkan hasil rekaman video mu terputar setelah video asli. Pada dasarnya, keduanya sama-sama bisa menjadi cara masuk FYP di Tiktok.

Masalah yang seringkali pengguna Tiktok temukan saat menggunakan fitur duet adalah suara yang hilang. Biasanya hanya ada suara dari video asli yang terdengar. Tidak perlu khawatir, cara mengatasinya cukup mudah.

Kamu hanya perlu klik ikon pengeras suara (mic) yang ada di layar sebelah kanan. Kemudian tekan tombol merah sambil merekam suara yang ingin kamu masukkan ke dalam video. Setelah itu klik “Save” dan cek previewnya sebelum posting.

3. Eksplor Fitur Baru di Tiktok

Tiktok merupakan media sosial yang secara aktif mengenalkan inovasinya. Manfaatkan setiap fitur baru ketika membuat konten. Fitur baru di Tiktok biasanya viral karena banyak pengguna penasaran dengan bagaimana fitur baru tersebut dalam meningkatkan kualitas konten engagement rate mereka.

Mengikuti sesuatu yang viral di Tiktok bisa menjadi salah satu faktor konten mu masuk ke FYP banyak orang karena itu yang Tiktok nilai sebagai interest mereka. Fitur baru yang wajib kamu eksplor adalah beberapa fitur pada layanan live stream.

Baca Juga:   Cara Melihat TikTok Insight dan Memanfaatkannya

Beberapa bulan yang lalu, Tiktok mengumumkan bahwa layanan livestream saat ini mengizinkan penggunanya untuk melakukan livestream bersama pengguna lain. Selain itu ada juga Live Q&A sebagai cara masuk FYP Tiktok.

Menggunakan fitur baru pada livestream akan meningkatkan engagement akun mu dengan pengguna lain. Sehingga algoritma Tiktok membaca bahwa banyak orang tertarik dengan akunmu dan menampilkan konten mu ke FYP mereka.

4. Konsisten Posting Konten

Cara masuk FYP Tiktok selanjutnya adalah konsisten posting konten. Tidak hanya bagaimana kamu mengatur jadwal mengenai kapan saja harus posting konten baru tapi juga konsisten mengenai tema konten yang kamu buat.

Seperti yang telah disampaikan pada awal artikel, Tiktok mengatur agar setiap penggunanya dapat langsung menemukan konten yang sesuai dengan minat mereka pada FYP. Sehingga ketika kamu fokus dan konsisten membuat konten pada bidang tertentu, maka akan lebih mudah bagi Tiktok untuk menilai jenis konten mu dan audiens mana yang harus terjangkau dengan konten mu tersebut.

Misalnya kamu konsisten membuat mengenai manajemen keuangan, maka algoritma Tiktok secara otomatis akan menampilkan konten mu ke FYP pengguna yang memiliki minat terhadap konten tentang keuangan. Oleh karenanya, sebelum fokus mengembangkan diri sebagai content creator di Tiktok, kamu bisa mengatur strategi terlebih dahulu, topik apa yang ingin kamu bagikan atau ingin sebagai apa dirimu dikenal di Tiktok.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok untuk Pemula! Gampang Banget!


Siap Menjadi Content Creator Terkenal di Tiktok?

Demikian cara masuk FYP Tiktok yang bisa kamu coba praktekkan. Apakah kamu sudah siap masuk FYP dan menjadi content creator yang terkenal? Masuk FYP bisa menjadi langkah awal kepopuleranmu sebagai content creator di Tiktok. Lakukan evaluasi pada setiap hasil konten dengan mempertimbangkan mana saja yang perlu kamu tingkatkan. Selamat berkreasi!


Dapatkan berbagai tips influencer, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password