Cara Live di TikTok Dengan Mudah Untuk Menarik Banyak Penonton

Cara Live di Tiktok dengan Mudah dan cepat

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang saat ini cukup populer di kalangan masyarakat. Salah satu fitur yang ada di TikTok yang banyak orang-orang minati adalah fitur live pada TikTok. Meskipun cukup menarik, tapi masih banyak orang-orang yang belum bisa menggunakan fitur live di TikTok ini dengan benar. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara live di TikTok sebelumnya agar bisa melakukan live dengan lebih mudah nantinya.

Namun, sebelum masuk ke pembahasan terkait caranya, kamu perlu memahami terlebih dahulu terkait fitur di TikTok ini. Kamu perlu mengetahui apa itu Live TikTok. Langsung saja, berikut pembahasannya!


Apa itu Live TikTok?

Sebelum membahas cara live di TikTok, kamu perlu mengetahui apa itu fitur yang satu ini. Dengan mengetahui fitur yang satu ini, kamu akan lebih mudah dalam memahami bagaimana cara kerja dari fitur siaran langsung yang ada pada aplikasi TikTok ini. 

Berbicara mengenai pengertiannya, sebenarnya fitur siaran langsung pada aplikasi TikTok ini sama seperti fitur siaran langsung pada aplikasi lainnya. Siaran langsung TikTok merupakan sebuah fitur yang ada pada aplikasi TikTok yang bisa kamu akses setelah memenuhi persyaratan tertentu.

Fitur siaran langsung pada TikTok ini berjalan dengan cara merekam konten yang ditangkap oleh kamera. Baik itu menggunakan kamera depan maupun kamera belakang. Kemudian konten tersebut akan langsung terunggah secara real-time pada TikTok. Dengan begitu, penonton bisa langsung menonton konten real-time atau siaran langsung milik kamu ini.

Sebelum masuk ke cara live di TikTok, kamu juga perlu memahami bahwa terdapat fitur live chat pada aplikasi ini. Ini penting untuk kamu ketahui karena akan berhubungan langsung dengan kualitas siaran langsung mu nantinya. Semakin antusias orang-orang dalam berkomentar menandakan bahwa siaran langsung milik kamu sangat menarik untuk mereka tonton.

Kurang lebih seperti itu pembahasan mengenai apa itu fitur siaran langsung pada aplikasi TikTok. Setelah mengetahuinya, kamu masih belum bisa masuk ke pembahasan terkait cara untuk melakukan siaran langsung pada aplikasi TikTok ini. Kamu masih perlu mengetahui persyaratan apa saja yang harus kamu penuhi agar bisa mengakses fitur live ini. Langsung saja, berikut pembahasannya!


Syarat Untuk Bisa Melakukan Cara Live di Tiktok

Berbicara mengenai persyaratannya, terdapat beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar akun milik kamu bisa mendapatkan akses terhadap fitur siaran langsung ini. Ini penting untuk kamu perhatikan agar kamu bisa mengetahui harus seperti apa akun TikTok milik kamu agar kamu bisa melakukan siaran langsung melalui akun TikTok milik kamu.  

Berusia 16 Tahun

Syarat agar bisa mengakses fitur live pada TikTok yang pertama adalah kamu harus berusia minimal 16 tahun. Batasan usia ini penting untuk kamu perhatikan agar kamu bisa mengakses fitur siaran langsung pada aplikasi TikTok ini. Dengan melewati batasan usia ini, kamu sudah bisa mendapatkan akses ke fitur live yang ada pada TikTok.

Baca Juga:   Ketahui Waktu Terbaik Posting TikTok, Tingkatkan Eksistensi Konten

Aplikasi TikTok sendiri akan mengecek usiamu berdasarkan data yang kamu masukan pada akun TikTok milik kamu. Kamu pasti harus memasukkan data berupa tanggal lahir saat ingin mendaftar akun TikTok. Dari situlah TikTok kemudian memperhitungkan berapa usiamu saat ini. 

Memiliki Lebih Dari 1000 Followers

Syarat berikutnya yang harus kamu penuhi agar kamu bisa mengakses fitur live pada TikTok adalah memiliki lebih dari 1000 jumlah followers. Ini menjadi hal yang juga harus kamu penuhi agar bisa mendapatkan akses ke fitur live nantinya. Kamu harus memiliki paling sedikit 1000 followers agar fitur live ini bisa muncul pada pilihan mode create pada akun TikTok mu.

Sebenarnya ini menjadi persyaratan yang paling sulit untuk kamu penuhi. Kamu memerlukan sedikit usaha agar jumlah followers milik kamu mampu mencapai angka 1000 ini.


Cara Live di TikTok Dengan Mudah 

Setelah mengetahui persyaratannya, sekarang saatnya untuk masuk ke pembahasan terkait cara untuk melakukan siaran langsung di aplikasi yang satu ini. Secara garis besar terdapat dua cara untuk melakukan siaran langsung pada aplikasi TikTok ini. Cara yang pertama adalah cara untuk live seorang diri saja. Kemudian cara yang satunya adalah cara live dengan berkolaborasi atau duet dengan pengguna TikTok lainnya. 

Untuk itu, langsung saja masuk ke pembahasan terkait cara yang pertama yaitu cara live seorang diri. Berikut cara yang bisa kamu lakukan!

Cara Melakukan Live Sendiri Di TikTok

Cara yang pertama ini bisa kamu lakukan sendirian dengan menggunakan aplikasi TikTok. Kamu bisa dengan bebas memulai live sendirian pada aplikasi TikTok. Tentunya kamu perlu memperhatikan persyaratan sebelumnya ketika ingin melakukan live sendiri. 

Cara Live di Tiktok dengan Mudah

Pertama, kamu harus masuk ke aplikasi TikTok sehingga kamu akan mendapat tampilan seperti pada gambar di atas. Saat sudah berhasil membuka aplikasi TikTok, kamu bisa langsung fokus untuk memperhatikan tombol yang pada bagian bawah layar. Di situ terdapat tombol dengan tanda + yang berfungsi ketika kamu ingin membuat konten baru. Nah, silahkan tekan tombol tersebut sesuai dengan yang ditunjuk panah merah pada gambar di atas.

Cara Live di Tiktok 2

Langkah selanjutnya dari cara live di TikTok sendirian ini adalah dengan mengakses fitur live di TikTok. Tampilan seperti ini akan muncul setelah kamu menekan tombol + pada sebelumnya. Namun, tampilan seperti pada gambar tidak akan muncul jika kamu belum memenuhi persyaratan dalam fitur live ini.

Pertama, kamu perlu menggeser pada bagian bawah sehingga kamu bisa mengakses fitur LIVE. Setelah kamu masuk ke mode LIVE, maka kamu akan melihat tombol di atasnya berubah menjadi tombol untuk memulai siaran langsung mu. Setelah itu, kamu hanya perlu menekan tombol siaran langsung tersebut dan live mu akan segera bisa kamu mulai.

Seperti itulah cara live sendirian pada aplikasi TikTok ini. Selanjutnya, kamu juga perlu memahami cara live yang berikutnya yaitu live bersama orang lain. Langsung saja, berikut caranya!

Cara Live Bersama Orang Lain Di TikTok (duet)

Selain live sendirian, kamu juga bisa melakukan live bersama orang lain. Dengan melakukan live bersama orang lain, kamu bisa memperluas topik pembicaraan pada saat live. Ini akan membuat topik pembicaraan pada saat live menjadi tidak membosankan sehingga penonton akan betah menonton live kalian. Langsung saja, berikut caranya!

Langkah LIve di TIktok

Seperti halnya saat live sendirian, kamu perlu membuka aplikasi TikTok dan berfokus pada tombol + pada bagian bawah. Setelah menemukan tombolnya, kamu bisa langsung menekannya dan masuk ke tampilan kamera mu.

Pilih Live di Tiktok

Setelah masuk, kamu hanya perlu menggeser bagian bawah hingga kamu menemukan LIVE seperti pada yang ditunjuk panah pertama. Kemudian ketika kamu sudah masuk ke mode LIVE, kamu akan melihat tombol mulai siaran langsung akan muncul di atasnya. Nah, kamu hanya perlu menekan tombol tersebut untuk memulai siaran langsung mu.

Baca Juga:   Seberapa Besar Pengaruh Endorse Selebgram Terhadap Minat Pembelian?

Live duet Tiktok

Setelah siaran langsung sudah kamu mulai, kamu akan melihat tombol pada pojok kiri bawah pada layar. Perhatikan bagian yang ditunjuk oleh panah merah pada gambar. Nah, tombol itu berfungsi untuk mengundang orang lain agar bisa live bersama dengan kamu. Untuk itu, langsung saja tekan tombol tersebut untuk memilih teman mana yang akan kamu ajak duet.

Cara Duet Live Tiktok

Cara live di TikTok bersama orang lain yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah memilih teman yang ingin kamu ajak duet. Setelah kamu menekan tombol di pojok kiri bawah sebelumnya, kamu akan mendapat tampilan seperti pada gambar. Nah, pilihlah orang yang ingin kamu ajak live bersama. Tekan tombol undang pada sebelah kanan dari user yang ingin kamu ajak live bersama. 

Cara Live duet Tiktok

Jika pengguna tersebut menyetujui permintaan dari kamu untuk join ke live TikTok milik kamu, maka kamu akan melihat tampilan seperti pada gambar di atas. Kamu bisa mengobrol satu sama lain dengan pengguna lain tersebut. Dengan begitu, arah pembicaraan akan menjadi semakin luas dan penonton tidak merasa bosan.


Tips Live di TikTok Agar Banyak Viewers

Setelah memahami bagaimana cara untuk melakukan siaran langsung di TikTok, kamu juga perlu mengetahui beberapa tips agar jumlah penonton mu semakin meningkat. Dengan mengetahui beberapa tips live TikTok berikut ini, kamu akan memiliki siaran langsung yang lebih baik dan lebih berkualitas. Berikut tips yang harus kamu perhatikan! 

Mempersiapkan Seluruh Peralatan Sebelum Live

Tips Live TikTok yang pertama adalah mempersiapkan semua peralatan sebelum kamu melakukan live. Ini menjadi hal yang penting untuk kamu perhatikan sebelum memulai siaran langsung mu. Seluruh peralatan yang akan kamu gunakan, harus kamu persiapkan sebelumnya.

Dengan semua peralatan yang sudah siap, kamu bisa memulai siaran langsung dengan nyaman tanpa takut ada gangguan terkait ketidaksiapan alat yang kamu gunakan. Ini akan membuat penonton juga bisa semakin menikmati konten yang kamu tampilkan saat siaran langsung.

Memilih Topik Yang Menarik Untuk Pembicaraan Saat Live

Tips live TikTok yang berikutnya adalah memilih topik yang menarik untuk menjadi bahan pembicaraan pada saat siaran langsung. Ini juga tidak kalah penting untuk kamu perhatikan mengingat pembicaraan menjadi hal yang paling penting saat kegiatan live sedang berlangsung.

Dengan memilih topik menarik, kamu bisa mempertahankan jumlah penonton siaran langsung mu. Bahkan, kamu bisa dengan mudah mendapatkan penonton baru saat topik yang kamu bawakan sangat menarik di mata penonton.

Menanggapi Live Chat Penonton

Tips penting berikutnya saat live di TikTok adalah selalu menanggapi live chat dari para penonton. Kamu harus bisa berusaha sebisa mungkin memberikan tanggapan terhadap apa yang penonton bahas di kolom live chat. Ini akan membuat kamu terasa lebih dekat dengan para penontonmu.

Selain memberikan tanggapan, kamu juga harus cermat dalam membaca situasi berdasarkan live chat. Kamu harus mengetahui konten mana yang sekiranya penonton kamu suka dan konten mana yang sekiranya penonton tidak suka.

Melakukan Kolaborasi Pengguna TikTok Lain

Tips yang juga tidak kalah penting saat live yang berikutnya adalah melakukan kolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya. Ini menjadi tips yang perlu kamu perhatikan agar penonton tidak merasakan bosan saat melihat konten yang kamu sajikan. Kehadiran pengguna TikTok lain akan membuat penonton merasa bahwa pasti akan ada hal baru pada konten kali ini.

Baca Juga:   8 Ide Konten Kuliner Instagram Untuk Bisnis: Kamu Wajib Tahu!

Selain itu, penonton dari pengguna TikTok lain yang tadinya tidak mengenalmu, akan menjadi mengenal diri kamu berkat kolaborasi tersebut. Hal ini juga tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak baik untuk mu maupun untuk pengguna TikTok lain yang kamu ajak kolaborasi atau duet.

Mengadakan Event Giveaway

Tips lainnya yang bisa kamu terapkan saat live di TikTok adalah mengadakan event giveaway. Giveaway menjadi salah satu solusi yang paling manjur ketika kamu ingin meningkatkan jumlah penonton dari tayangan milik kamu.


Keuntungan dan Manfaat dari Live TikTok

Sebenarnya kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan saat melakukan siaran langsung pada aplikasi TikTok. Keuntungan dan juga manfaat ini akan menjadi hal yang membuat kamu lebih tertarik dan lebih semangat dalam mengadakan siaran langsung. Langsung saja berikut ini manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat melakukan siaran langsung di TikTok!

1. Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Manfaat pertama saat melakukan live di TikTok tentunya adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan ini biasanya kamu dapatkan dari penonton yang rela memberikan sedikit uangnya kepada kamu sebagai bentuk dukungan dari mereka. Uang yang kamu dapatkan ini harus bisa kamu manfaatkan dengan baik. Salah satunya harus kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas siaran langsung milik kamu agar penonton mu juga bisa terus meningkat nantinya.

2. Lebih Dekat Dengan Followers

Selain mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga akan merasa lebih dekat dengan followers mu. Dalam hal ini, followers bukanlah hanya sekedar angka saja. Mereka merupakan orang-orang yang mengidolakan dirimu di TikTok. Dengan adanya live pada akun TikTok mu, maka mereka bisa berkomunikasi langsung dengan mu melalui fitur live chat. Kamu juga bisa langsung menanggapi mereka melalui siaran langsung yang kamu lakukan itu. Hal ini tentu akan menambah kedekatan di antara kamu dengan followers mu. 

3. Menambah Jumlah Followers

Selanjutnya kamu juga bisa meningkatkan jumlah followers saat rutin melakukan siaran langsung. Siaran langsung membuat orang-orang melihat dirimu sebagai konten kreator yang peduli dengan followers nya. Ini membuat orang yang tadinya belum menjadi followers mu, akan dengan senang hati menjadi followers dari akun TikTok mu. Hal ini akan meningkatkan jumlah followers dari akun TikTok milik kamu. Dengan begitu, akun TikTok mu akan semakin berkembang dan semakin besar.

4. Meningkatkan Kemampuan Dalam Interaksi Sosial

Manfaat yang bisa kamu rasakan yang terakhir adalah mampu meningkatkan kemampuan dalam interaksi sosial. Hal ini akan terasa saat kamu bisa dengan rutin melakukan siaran langsung. Kamu akan terbiasa berkomunikasi dengan orang lain secara percaya diri. Hal ini karena kamu sudah biasa melakukan siaran langsung dan berinteraksi dengan banyak orang. Ini tentunya juga membuat kemampuan public speaking mu akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Itulah Cara Live Di TikTok Beserta Tips Agar Banyak Penonton

Cara melakukan siaran langsung tersebut bisa kamu lakukan saat kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan yang ada. Setelah memenuhi persyaratannya, tentunya kamu juga harus memperhatikan beberapa tips penting saat melakukan siaran langsung agar bisa menarik banyak penonton. Selain itu, kamu juga harus mengetahui beberapa manfaatnya agar kamu bisa menghasilkan konten yang menarik dengan penuh semangat dan termotivasi.


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password