8 Cara Kreatif Posting Carousel Instagram, Mana yang Ingin Kamu Coba?

8 Cara Kreatif Posting Carousel Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial global yang sangat populer. Di dalam platform ini, terdapat beragam fitur posting menarik untuk mengunggah single photo, video, story, reel, live, dan carousel. Pada kesempatan ini, kita akan mengupas seputar pengertian dan cara kreatif posting carousel Instagram.

Bagi kamu yang sedang berusaha menaikkan performa akun atau kehabisan inspirasi postingan untuk Instagram, artikel ini akan sedikit menyentil daya kreatifitasmu dalam menciptakan konten-konten luar biasa. Simak ulasannya sampai tuntas ya!

Cara Kreatif Posting Carousel Instagram

Sudah tahu apa itu carousel di Instagram? Beberapa dari kamu mungkin sudah cukup familiar dengan fitur Instagram yang satu ini. Untuk yang belum tahu, pengertian carousel secara umum adalah jenis konten media sosial yang menampilkan beberapa macam gambar dan/ atau video dalam satu postingan.

Sementara itu, pengertian carousel di Instagram adalah fitur di mana pengguna dapat membagikan lebih dari satu foto atau video dalam sekali unggahan. Fitur ini bersifat jauh lebih interaktif daripada jenis konten statis yang hanya memungkinkan pengguna untuk memposting satu macam foto atau video saja.

Secara resmi, fitur carousel Instagram ini diperkenalkan pada tahun 2017. Dengan fitur tersebut, kamu bisa memposting lebih dari satu konten, yakni sebanyak 2-10 foto atau video, secara sekaligus. 

Menariknya, jenis konten carousel juga bisa membantu menaikkan performa profil, trafik, engagement, bahkan konversi produk jika dilakukan apik dan benar. Bagaimana sih caranya? Ini dia 8 cara kreatif posting carousel Instagram yang sangat menginspirasi:

1. Promosi Produk

Jenis konten carousel atau karosel akan sangat pas jika pengguna manfaatkan untuk memperkenalkan produk baru maupun mempromosikan kembali produk lama. 

Dengan karosel, kamu bisa memposting banyak varian produk  seperti model, warna, rasa, ukuran, dan lain-lain dalam satu unggahan. 

Atau, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengunggah satu macam produk dengan beragam angle foto, informasi produk, penjabaran komposisi, manfaat, fitur, dan detail informasi lain yang ingin kamu unggulkan.

Sebagai contoh, kamu merupakan seorang pebisnis produk sabun kecantikan untuk wanita. Dalam rangka mempromosikan produk jualanmu, kamu dapat memposting kembali salah satu varian produk andalan yang sedang tren atau banyak dibutuhkan oleh target pasar bisnismu menggunakan format karosel.

Kamu bisa menempatkan produk tersebut sebagai sebuah solusi masalah kulit dengan menjelaskan komposisi, testimoni, dan manfaat efektifnya. Hal terpenting, atur unggahan semenarik dan sebaik mungkin agar bisa menghasilkan konversi dan angka penjualan yang tinggi.

2. Posting Carousel Instagram Photo Dumps

Cara kreatif posting carousel Instagram berikutnya adalah mengunggah foto ala kadarnya atau biasa kita kenal dengan istilah “photo dump”. Buat yang belum tahu, photo dump adalah jenis konten karosel berupa foto mentah dan acak yang masih berhubungan dengan kehidupan sehari-hari atau pengalaman seseorang.

Beberapa contoh konten photo dump pun juga sangat beragam. Contohnya foto jendela kamar yang dilanjutkan dengan gambar menu makanan rumahan, secangkir kopi pagi, langit senja, hewan peliharaan, foto blur, dan masih banyak lagi.

Meski kelihatannya seperti ‘tidak niat’, konten photo dump selalu konsisten dalam menonjol kesan yang autentik dan nilai keunikannya tersendiri. Ternyata, tren photo dumb ini baru muncul sejak masa-masa lockdown covid-19, dimana kebanyakan orang hanya bisa berdiam diri di rumah dan tak tahu harus berbuat apa.. 

Jika kamu ingin tetap update mengunggah konten tapi ide masih seret, photo dump bisa jadi selingan untuk mengisi kekosongan jadwal posting konten. Agar terlihat autentik, usahakan photo dump harus terlihat senatural mungkin berdasarkan sudut pandang, cerita, maupun suasana hati pemilik akun masing-masing.

3. Mengungkap Before & After

Pernahkah kamu merasa puas setelah mengerjakan sesuatu? Apalagi setelah mengingat kondisi awal dari suatu hal dan menyadari betapa signifikannya perubahan yang kamu ciptakan. 

Itulah mengapa, konten before & after menjadi salah satu cara kreatif posting carousel Instagram yang terbilang satisfying. Selain itu, konten before & after juga menjadi ajang untuk menunjukkan bukti, dampak, hingga pencapaian atas suatu perlakuan tertentu. 

Misalnya, kamu hendak menunjukkan hasil penggunaan produk versi sebelum dan sesudahnya untuk membuktikan keampuhan produk tersebut dalam mengatasi suatu masalah. Dengan cara ini, audiens akan semakin yakin dengan kualitas produk tersebut dan tertarik untuk membelinya.

Konten before & after hampir selalu berhasil mengundang rasa penasaran seseorang untuk menggeser gambar selanjutnya. Hal ini tentu dapat mempercantik nilai engagement postingan sehingga algoritma Instagram tak akan ragu untuk mem-promote konten tersebut kepada audiens secara luas.

4. Posting Carousel Instagram Storytelling

Konten storytelling juga termasuk cara kreatif posting carousel Instagram yang sering kita jumpai. Format karosel memang sangat cocok untuk mengemas jenis konten cerita yang notabene terbilang panjang.

Dengan karosel, kamu bisa menceritakan brand atau cerita personal tertentu secara komprehensif dan humanis meski dalam satu unggahan saja. 

Memang sih, orang-orang cenderung kurang tertarik membaca konten yang panjang dan penuh dengan tulisan. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan memberikan ‘cover’ yang estetik tanpa membelot dari karakteristik profil aslimu.

Setelah itu, kamu bisa bebas melanjutkannya dengan gaya penyampaian cerita atau jenis foto apapun asalkan isi konten tersebut masih saling terhubung.

Sebagai contoh, kamu bisa membagikan feed tentang perkenalan member team projek, cerita perjalanan, mengulas pengalaman spesifik, dan lain-lain.

5. Konten Rekomendasi

Pada dasarnya, konten karosel memang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas postingan maupun akun Instagram. Agar makin efektif, kamu perlu menyajikan suatu konten bermanfaat untuk para audiens.

Konten-konten tersebut dapat berupa rekomendasi tool atau teknik tertentu, tutorial, rutinitas harian dalam upaya meningkatkan kualitas diri, dan jenis postingan lainnya yang sekiranya menjelaskan tentang langkah-langkah terbaik menurut preferensi pemilik akun.

Misalnya, kamu bisa memposting rekomendasi serangkaian produk perawatan kulit yang sesuai dengan masalah kulit tertentu. Contoh lain, pengguna juga bisa membagikan tips dan cara sukses meraih suatu pencapaian berdasarkan pengalaman pribadinya.

Agar lebih ramai, ajak para audiens untuk turut mengutarakan pendapat pribadinya mengenai postingan tersebut di kolom komentar.

6. Menunjukkan Ulasan Pelanggan

Cara kreatif posting carousel Instagram berikutnya adalah menunjukkan kisah sukses diri atau brand dengan menunjukkan ulasan-ulasan jujur dari orang lain. Dengan cara ini, orang-orang akan semakin sadar dan yakin bahwa nilai brand tersebut benar-benar telah mendapat pengakuan dari pihak-pihak luar.

Menunjukkan ulasan positif di akun Instagram akan menunjukkan kualitas kredibilitas brand di mata audiens. Selain itu, konten review ini juga jadi cara jitu untuk:

  • Menaikkan visibilitas akun,
  • Membangun brand awareness
  • Membangkitkan minat audiens terhadap produk atau layananmu
  • Membangun dan mempertahankan kepercayaan merek
  • Meningkatkan konversi penjualan
  • Dan lain-lain

Karosel Instagram akan jadi cara estetik untuk ‘memamerkan’ nilai diri dan brand dengan cara estetik.

7. Menampilkan Konten Buatan Pengguna (UGC)

User Generated Content (UGC) atau konten buatan pengguna juga menjadi salah satu konten terpercaya yang dapat mengisi beranda Instagram kamu. 

Jika pemilik akun Instagram tersebut menetapkan aturan dan strategi UGC dengan tepat, mereka akan mendapat berbagai macam keuntungan seperti peningkatan kepercayaan terhadap brand, penjualan produk, rasa bangga konsumen atau pengguna produk, dan lain-lain.

Contoh penyajian konten UGC yang dapat kamu lakukan adalah mengunggah kumpulan postingan dari komunitas ke akun Instagram utama.

Misalnya, untuk pebisnis produk fashion, pemilik akun dapat memposting unggahan milik audiens yang menggunakan produk tersebut.

Cara ini juga akan menghasilkan konten inspirasi segar bagi para audiens lainnya dengan variasi konteks yang beragam. Seperti padu padan outfit, model pemakaian, penambahan aksesoris penunjang, dan lain sebagainya.

8. Posting Konten Behind The Scene

Terakhir, cara kreatif posting carousel Instagram yang tak kalah menarik adalah mengunggah konten dibalik layar atau behind the scene

Tak sedikit juga orang-orang yang cenderung penasaran dengan segala kejadian menarik dibalik terciptanya suatu karya luar biasa. Seperti bagaimana persiapannya, proses pembuatannya, tingkah laku creator saat mengerjakan proyek tersebut, dan sebagainya.

Format konten karosel akan jadi wadah yang tepat untuk membagikan keseruan kejadian behind the scene kepada followers maupun audiens secara luas.

Contoh pengaplikasian penyajian konten behind the scene yang bisa kamu tiru yakni mengunggah proses photoshoot produk, pengemasan produk, waktu istirahat tim atau kru, dan peristiwa-peristiwa lainnya sesuai keinginanmu.

Mana Cara Kreatif Posting Carousel yang Akan Kamu Coba?

Berdasarkan semua uraian di atas, dapat kita perjelas kembali bahwa postingan karosel Instagram juga turut berkontribusi dalam meramaikan beranda akun pengguna dan membantu meningkat visibilitas profil Instagram kamu ke banyak audiens secara luas.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, instagram influencer, marketing influencer, berita influencer, dan masih banyak lagi di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password