Cara Jitu untuk Menambah View YouTube, Mudah dan Cepat!

menambah view youtube

Tahukah kamu bahwa YouTube adalah situs web yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia? Lebih dari 139 juta orang di Indonesia menggunakannya, yang artinya 74% masyarakat Indonesia menonton video di YouTube.

Maka dari itu, menambah view YouTube bukanlah hal yang sulit dan banyak cara yang bisa kamu lakukan.

Cara Jitu Menambah View YouTube

Secara global, ada lebih dari 1 miliar orang di dunia yang menonton YouTube per jamnya setiap hari. Jadi, jika ingin konten video YouTube kamu out from the crowd dan mencuri perhatian, inilah cara yang bisa kamu lakukan.

1. Lakukan Riset Kata Kunci dan Tingkatkan Peringkat Pencarian 

YouTube adalah platform sosial, tetapi juga bisa bertindak sebagai mesin pencari. Dan salah satu cara terampuh untuk menambah view YouTube adalah melakukan teknik SEO YouTube, yaitu mengoptimalkan video kamu di pencarian dengan riset kata kunci.

Dengan kata lain, ketika pemirsa mengetikkan kata kunci yang sudah kamu pilih, maka kamu berpeluang muncul di peringkat video bagian atas dari daftar hasil pencarian YouTube sehingga view-nya pun akan semakin cepat bertambah. 

Itu berarti, kamu perlu riset terkait kata kunci apa yang paling sering dicari audiens, entah itu tutorial, inspirasi, atau hiburan. Jadi, bagaimana cara riset keyword untuk meningkatkan peringkat pencarian dan menambah view YouTube? Kamu bisa gunakan tool seperti Google Keyword Planner.

Atau, kamu bisa temukan inspirasi untuk video kamu berikutnya berdasarkan kata kunci yang sudah sering dicari orang. Caranya, lihat pola penelusuran dan lihat kata kunci apa yang memiliki banyak kueri penelusuran, tetapi sedikit videonya, alias persaingan rendah.

2. Tulis Judul Video yang Impactful

Salah satu cara menambah view YouTube adalah memberi konten video dengan judul yang menarik dan impactful. Coba kamu bandingkan antara dua judul video YouTube ini. Misalnya kamu ingin mengunggah konten tentang cara mendapatkan subscriber:

  • Cara Mendapatkan 1.000 Subscribers
  • Subscribers Masih di Bawah 1.000? Coba Trik Ini!

Menurut kamu, dari dua judul ini, lebih menarik dan impactful yang mana? Pasti yang kedua, kan? Menambahkan kalimat call-to-action “Coba Trik Ini” kemungkinan besar akan memancing rasa penasaran pemirsa sehingga tertarik mengklik video kamu untuk mencari tahu.

3. Lipat Gandakan View YouTube Kamu dengan Membuat Playlist

Mengatur dan membuat playlist video di YouTube adalah cara terbaik untuk menambah view YouTube. Pasalnya, dengan membuat playlist dapat membantu kamu untuk meminimalkan kemungkinan pemirsa beralih ke saluran lain setelah mereka menonton konten video kamu.

Mengapa demikian? Itu karena playlist ini mengikuti aturan yang sama seperti Netflix, yaitu segera setelah satu video berakhir, akan diputar video selanjutnya secara otomatis alias auto-play

Nah, karena kamu sudah susah payah membuat konten video di YouTube, ada baiknya jika kamu pertimbangkan untuk membuat playlist. Ini akan membantu pemirsa menemukan video kamu, lalu mengklik dan dan menonton semuanya.

Selain itu, playlist dapat membantu meningkatkan peringkat pencarian video YouTube kamu. Itu karena judul di playlist bisa jadi peluang lain untuk menargetkan kata kunci. Cukup klik ikon ‘+’ di bawah video lalu navigasikan setiap video yang ingin kamu tambahkan ke dalam daftar playlist

4. Menambah View YouTube dengan Kustom Thumbnails

Sebagian besar calon penonton kamu yang berada dalam mode pencarian, akan cenderung membaca sekilas hasil penelusuran dan rekomendasi channel yang muncul di hasil pencarian tersebut. Nah, thumbnail adalah bagian penting yang memengaruhi keputusan mereka untuk mengklik video kamu atau tidak. 

Lalu, apa apa saja properti dari kustomisasi thumbnail yang efektif? Thumbnail harus  jelas, akurat, dan relevan terkait video yang kamu sajikan tersebut. 

Buatlah thumbnail yang unik dan menonjol, misalnya dengan menggunakan warna dominan seperti merah, biru, oranye, atau hijau. Selain itu, jangan lupa masukkan judul saat kustomisasi thumbnail.

5. Arahkan Trafik ke YouTube Menggunakan Cards dan End Screens

Selain playlist dan thumbnail, cara menambah view YouTube yang efektif adalah menggunakan Cards dan End Screens. Ini akan membantu kamu untuk melewati algoritma YouTube dan secara langsung memengaruhi pilihan pemirsa berikutnya.

Cards adalah fitur interaktif yang clickable serta bisa muncul kapan saja selama video. Fitur ini hadir dalam berbagai format yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan penayangan. Jadi, pilihlah Cards agar bisa menautkan ke salah satu video di YouTube kamu, atau bahkan ke daftar playlist-mu.

Namun, perlu kamu catat bahwa fitur Cards tidak tersedia untuk konten video yang teridentifikasi unsur anak-anak. Pastikan cards yang kamu buat mampu menambahkan value pada video kamu, bukannya malah membuat pemirsa merasa di-spam

Sementara itu, End Screens atau layar akhir adalah call to action visual yang dapat kamu tambahkan ke akhir video kamu dalam 5 hingga 20 detik terakhir. 

End Screens ini berguna untuk mendorong pemirsa agar mau menonton video kamu berikutnya. Menggunakan End Screens bahkan bisa mendorong pemirsa untuk subscribe channel kamu, loh. 

6. Bangun Hubungan dengan Audiens

Meningkatkan engagement audiens dengan membangun hubungan yang baik terhadap mereka adalah cara jitu lain untuk menambah view YouTube. Usahakan untuk sering berinteraksi dengan audiens kamu cara menanggapi komentar yang mereka tinggalkan. 

Interaksi ini bisa menjadi sinyal penting yang membuat YouTube mempertimbangkan untuk merekomendasikan video kamu ke penonton. Cara ini sukses dilakukan oleh channel YouTube Greg Preece yang merespon hampir semua komentar penontonnya. 

7. Promosikan Video YouTube Kamu ke Semua Medsos

Untuk menambah view YouTube, kamu bisa manfaatkan kekuatan media sosial sebagai media promosi. Dalam mempromosikannya melalui medsos (Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, atau LinkedIn), ada beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari. 

Pertama, menautkan link YouTube ke platform medsos. Itu karena algoritma medsos tidak akan mempromosikan posting teks saja dengan tautan di luar platform. Dengan kata lain, view YouTube kamu tidak akan bertambah.

Kedua, meng-upload seluruh video kamu ke platform medsos. Memposting video lengkap ke medsos mungkin akan meningkatkan engagement dan jangkauan di platform tersebut. 

Tetapi video yang diputar di Facebook organik tidak akan terhitung sebagai view serta tidak dapat dimonetisasi. Sebaiknya, posting video teaser pendek ke akun medsos kamu, lalu tambahkan tautan ke video lengkap yang mengarah ke YouTube.

8. Buat Konten yang Orisinil dan Menarik

Tidak peduli berapa banyak cara atau promosi yang kamu lakukan untuk menambah view YouTube, jika konten video kamu tidak menarik, maka banyak orang tidak akan tertarik. Jadi, bagaimana cara membuat konten menarik yang akan mendapatkan lebih banyak penayangan di YouTube? 

Cukup identifikasi konten macam apa yang paling ingin diketahui atau dicari oleh pemirsa ideal kamu. Lalu, buat video yang memenuhi keinginan atau kebutuhan mereka. 

Misalnya, jika tujuan kamu membuat channel YouTube adalah untuk membahas tentang makeup and beauty, kamu bisa menyajikan video tutorial makeup kekinian, review produk kecantikan yang sedang ngetren, dan lain-lain. 

Selain itu, ada banyak jenis konten lain yang bisa kamu pilih sesuai passion masing-masing, seperti gaming, konten kolaborasi, podcast, vlog, dan masih banyak lagi.

9. Manfaatkan Trending Topics 

Cara lain untuk menambah penayangan adalah dengan memperhatikan tren YouTube. Jika video kamu mengikuti sesuatu yang sedang trending, maka hasil pencarian YouTube kamu juga akan meningkat.

Untuk membuat video yang layak tren, kamu perlu tahu topik mana yang harus diikuti dan relevan dengan niche kamu. Selain untuk menjadi viral, penting untuk menjaga agar channel kamu tetap pada jalurnya sehingga tidak membuat pemirsa kebingungan.

Juga, jangan terlalu terpaku atau memaksakan diri untuk memposting topik yang sedang tren. Pastikan konten video yang kamu posting tetap berada dalam niche dan tujuan kamu supaya menghasilkan value jangka panjang dan mendapatkan tampilan yang stabil. 

Idealnya, cukup 10-20% saja dari keseluruhan konten kamu yang mengikuti tren. Lantas, bagaimana cara untuk melacak tren YouTube? Kamu bisa memanfaatkan Google Trends atau trends alerts tools seperti Buzzfeed, Hashtagify, vidIQ, dan lain-lain.

Sekarang Giliranmu Menambah View YouTube dengan Mudah!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah view YouTube dengan mudah dan cepat.

Selain konsisten, kamu juga harus up-to-date dengan tren yang terjadi di industri kamu agar tidak ketinggalan. 

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar YouTube influencer dan social media influencer lainnya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password