Cara Ganti Nama di Tiktok dengan Mudah dan Cepat

Cara Ganti Nama di Tiktok dengan Mudah dan Cepat

Tiktok merupakan aplikasi yang berasal dari negeri tirai bambu dan saat ini sedang populer. Hal ini karena tiktok menyediakan platform berbasis video yang dapat bekerja sebagai media sosial. Apakah saat ini kamu juga menggunakan tiktok? Untuk pengguna baru mungkin perlu sedikit adaptasi terhadap fitur dan setelan yang ada. Terutama jika ingin mengganti nama di tiktok. Tetapi kamu tidak perlu risau, karena pada artikel kali ini akan mengulas tentang cara ganti nama di tiktok dengan mudah.

Tiktok adalah aplikasi yang dapat kamu gunakan dengan atau tanpa memiliki akun. Jika kamu hanya ingin melihat video tanpa berinteraksi dengan pihak lain maka kamu dapat menggunakannya tanpa login akun. Sedangkan apabila kamu ingin memberi komentar atau memberikan likes maka kamu memerlukan akun tiktok.

Proses pembuatan akun tiktok pun mudah dan seperti jejaring sosial pada umumnya yang menggunakan email dan password. Selain itu, terdapat hal lain yang perlu kamu perhatikan yakni foto profil dan juga penggunaan nama. 

Terdapat dua bagian yang akan muncul dalam akun tiktok dan kamu dapat melakukan ganti nama pada bagian tersebut. Pertama adalah nama dari pemilik akun dan username dari akun tersebut.

Apa maksud dari kedua nama tersebut dan bagaimana kamu dapat melakukan ganti nama di tiktok? Simak penjelasan berikut ini ya!

Apa itu Username Tiktok?

Dalam menggunakan aplikasi tiktok, selain membutuhkan foto profil dan juga email untuk verifikasi akun, kamu juga memerlukan sebuah username. Pada sebuah akun tiktok terdiri dari nama dan username. Apa yang membedakan kedua hal tersebut? 

Bagian nama di akun tiktok merupakan nama asli atau panggilan yang kamu miliki. Sedangkan untuk username dapat kamu buat secara khas sebagai nama pengguna atau ID agar akun tiktok mudah ditemukan.

Kamu perlu melakukan pengaturan pada nama dan username di akun tiktok ya. Karena jika tidak melakukannya maka tiktok akan memberikan nama acak berdasarkan email yang kamu gunakan untuk mendaftar. 

Selain itu, kamu kemungkinan tidak dapat dikenali oleh teman yang kamu ikuti jika menggunakan nama dan username yang acak. Oleh karena itu kamu dapat melakukan ganti nama di tiktok sesuai dengan keinginanmu.

Pentingnya Nama di TikTok

Setelah mengetahui apa itu nama dan username di tiktok, maka selanjutnya adalah mencari tahu apa pentingnya nama bagi akun tiktok. Seperti halnya identitas, nama yang kamu gunakan dalam tiktok merupakan ciri khas atau identitas agar kamu dapat dikenal oleh orang lain. Baik nama dan username adalah elemen yang penting untuk kamu isi.

Baca Juga:   Ketahui Apa Saja Aplikasi YouTuber Sebelum Membuat Kontennya!

Mengapa kedua hal ini penting dan tak bisa sembarangan untuk kamu isi? Karena penggunaan yang tepat dan sesuai dengan isi konten akan terbaca dengan baik oleh algoritma tiktok. Oleh karena itu kamu dapat melakukan ganti nama di tiktok jika sekiranya username yang saat ini kamu pakai belum sesuai.

Sebagai contoh jika akun tiktok yang kamu miliki berisi konten keseharian maka kamu dapat menggunakan username seperti ‘(insert name)diary’ atau ‘dailylifeof(insert name)’. Sedangkan pada bagian nama dapat kamu isi dengan nama asli atau panggilan. 

Dengan menggunakan nama seperti itu maka terjadi kesinambungan konten dengan profil akun. Hal tersebut penting untuk diperhatikan agar dapat menarik audiens yang tepat. Selain itu, kecocokan username dengan konten dapat membuat profil akun yang kamu kelola lebih menarik untuk audiens kunjungi.

Setelah konsisten membuat konten yang selaras dengan identitas akun, kamu bahkan dapat menghasilkan cuan dari tiktok. Ini dapat terjadi karena kamu dapat menerima endorse sebuah produk yang sesuai dengan karakter akun yang kamu kelola. 

Endorse tersebut akan sesuai dengan konten yang kamu buat dalam sebuah akun, dan kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hal tersebut. Menarik bukan? Maka dari itu kamu bisa melakukan ganti nama di tiktok untuk menyesuaikan karakteristik akun dengan konten yang ingin kamu kelola.

Cara Ganti Nama di TikTok

Bagian selanjutnya adalah mengenai bagaimana caranya kamu bisa mengganti nama di tiktok. Hal ini dapat kamu lakukan jika nama dan username yang saat ini muncul di akun tiktok masih merupakan hasil acak oleh pihak tiktok. Nama dan username tersebut perlu untuk kamu ganti sesuai dengan identitas dan konten yang ingin kamu kelola. 

Pengaturan ini dapat kamu lakukan melalui smartphone baik android maupun ios. Cara ganti nama di tiktok pun sangatlah mudah dan kamu tak perlu khawatir akan kebingungan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti nama yang perlu kamu ikuti ya!

1. Buka Aplikasi Tiktok pada Smartphone

membuka aplikasi tiktok

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengganti nama adalah membuka aplikasi tiktok yang ada pada smartphone. Pastikan bahwa kamu memiliki koneksi internet karena proses mengganti nama ini hanya dapat kamu lakukan secara online.

2. Pilih Icon Profile

pilih icon tiktok saat ingin ganti nama di tiktok

Setelah membuka aplikasi tiktok dan tersambung dengan internet, maka video yang tampil di fyp akan otomatis terbuka. Kamu dapat mengabaikan video yang ada di fyp dan memilih icon profile yang terdapat pada bagian kanan bawah dari tampilan aplikasi tiktok. Jika kamu kesulitan mencarinya dalam proses ganti nama di tiktok, maka kamu dapat melihat tanda panah yang mengarah pada icon profile.

3. Klik ‘Edit Profile’ untuk Ganti Nama pada Akun Tiktok

klik edit profile untuk ganti nama pada akun tiktok

Profil akun tiktok yang kamu kelola akan muncul sesaat setelah kamu memilih icon profile seperti instruksi sebelumnya. Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan bahwa nama dan username yang tertera masih merupakan hasil acak. Username tersebut merupakan hasil penyesuaian pihak tiktok berdasarkan alamat email yang kamu gunakan. Jika kamu tidak ingin username yang acak maka kamu perlu melakukan ganti nama pada akun tiktok ya.

Baca Juga:   Algoritma Instagram: 10 Fakta yang Perlu Diketahui

Langkah yang dapat kamu lakukan adalah melakukan klik pada bagian ‘edit profile’ yang terletak pada tampilan dari my profile. Opsi edit profile ini hanya akan muncul pada sisi pengelola akun dan hanya pemilik akun yang dapat melakukan pengaturannya. Kamu dapat memilih opsi edit profile sesuai dengan instruksi gambar anak panah.

4. Tentang Opsi Nama dan Username

Setelah kamu melakukan klik pada opsi ‘edit profile’ maka tampilan selanjutnya adalah mengenai pengaturan informasi akun. Pengaturan tersebut terdiri dari foto profil, nama, username, biodata, hingga pilihan menyambungkan dengan jejaring sosial yang lain seperti instagram dan youtube. Untuk memaksimalkan akun maka kamu dapat mengganti foto profil, nama dan username yang sesuai pada akun tiktok. 

Pilih Opsi Nama 

memilih opsi nama

Tampilan dari opsi ‘edit profile’ adalah sebagai berikut. Jika kamu ingin melakukan ganti nama yang dapat kamu isi dengan nama asli atau panggilan maka pilih opsi ‘name’. Dalam kolom ini kamu dapat mengisi dengan nama lengkap, nama asli, atau nama panggilan. Kamu dapat menentukannya dengan bijak sesuai keperluan ya.

Pilih Opsi Username

memilih opsi username

Selain opsi nama, kamu juga dapat melakukan ganti username pada akun tiktok. Untuk username, kamu bisa menggunakan pilihan nama yang unik dan khas sesuai dengan konten yang akan kamu hasilkan. 

Agar tidak terlalu rumit, kamu dapat merangkai username yang tidak terlalu panjang tapi menarik dan mudah teringat. Kamu dapat menemukan opsi username pada bagian seperti yang tertunjuk dengan panah seperti di gambar.

5. Proses Ganti Nama di Tiktok

Kemudian saat kamu telah mengetahui pilihan menu untuk melakukan ganti nama dan password maka selanjutnya adalah melakukan pengaturan. Sebelum itu, kamu sudah memikirkan secara matang tentang username. 

Hal ini karena kamu hanya dapat mengganti username setelah 30 hari atau dengan kata lain kamu hanya dapat mengganti username satu kali dalam kurun waktu tersebut.

Ganti Nama di Tiktok

ganti nama di tiktok

Untuk mengganti nama di tiktok maka kamu perlu memilih opsi nama seperti yang terjabarkan pada langkah sebelumnya. Ketika kamu memilih opsi nama, maka tampilan akan muncul seperti gambar dan kamu dapat mulai mengetik nama yang baru. 

Dalam opsi nama ini kamu dapat menggunakan nama lengkap, nama asli, atau nama panggilan sebagai identitas akun tiktok yang kamu kelola.

Ketik Nama yang Kamu Inginkan

mengetik nama yang diinginkan

Kamu dapat mengetikkan nama yang ingin kamu isi sesuai dengan identitas pada kolom seperti yang muncul pada gambar. Saat kamu telah selesai mengetikkan nama, maka kamu bisa melakukan klik pada tombol save untuk menyimpan nama tersebut.

Baca Juga:   Ukuran Ideal Postingan di LinkedIn yang Wajib Diketahui

6. Cara Ganti Username di Tiktok

Selain nama pada akun tiktok, kamu juga perlu memperhatikan pengaturan lainnya yakni username. Seperti yang telah tertera sebelumnya, bahwa penggunaan username berpengaruh besar bagi sebuah akun maka kamu juga harus memikirkan username yang tepat. Berikut adalah bagaimana cara ganti nama pengguna di tiktok dengan cara yang mudah.

Ganti Nama Pengguna di Tiktok

mengganti nama pengguna di tiktok

Pertama-tama yang dapat kamu lakukan setelah memilih opsi username adalah melihat kolom pengaturan nama pengguna. Kamu hanya bisa melakukan pergantian username dalam 30 hari sebanyak satu kali. Jika tidak ada keterangan kamu tidak dapat melakukan penggantian username maka kamu masih memiliki kesempatan untuk menggantinya. 

Selain durasi penggantian, kamu juga perlu memperhatikan peraturan karakter. Hal ini karena username yang akan kamu buat hanya bisa terdiri dari alfabet, digit nomor, garis bawah dan tanda titik. Jadi jika kamu ingin membuat karakter selain itu maka kamu tidak bisa melakukannya.

Ketik Username yang Kamu Inginkan

mengetik username yang diketikkan

Setelah mengetik nama sesuai dengan panduan peraturan karakter yang tertera, maka kamu dapat melakukan pengecekan ketersediaan. Hal ini karena tiktok memiliki jutaan pengguna dan tidak ada satupun dari mereka memiliki nama yang sama. Setelah kamu memikirkan username yang tepat dan mengetiknya pada kolom, maka kamu bisa memperhatikan ketersediaan username. 

Jika setelah kamu mengetik username muncul tanda centang berwarna hijau maka kamu dapat menggunakan username tersebut. Sedangkan apabila yang muncul adalah tanda silang ‘x’ maka kamu tidak dapat menggunakan username karena telah terpakai oleh pengguna lain. 

Setelah selesai mengetik username dan muncul tanda centang hijau, maka kamu dapat melakukan klik pada tombol ‘save’ untuk menyimpan data.

7. Simpan Data dan Proses Ganti Nama di Tiktok Selesai 

menyimpan data perubahan ganti nama di tiktok

Langkah terakhir setelah melakukan kamu mengganti nama dan username adalah memilih tombol save untuk menyimpan data. Sesaat setelah kamu menyimpan data maka akan muncul notifikasi ‘saved‘ yang akan tertera pada bagian atas di opsi ‘edit profile’. Hal ini menandakan bahwa pengaturan baru yang kamu lakukan berhasil tersimpan.

nama di tiktok telah berhasil diubah

Ketika notifikasi penyimpanan berhasil telah muncul maka kamu dapat kembali pada bagian profil dan melakukan pemeriksaan. Jika tampilan nama dan username telah berubah seperti yang kamu inginkan maka cara ganti nama di tiktok yang kamu lakukan telah berhasil. Untuk hasil akhir dari perubahan nama dan username adalah seperti yang tertera pada gambar. 

Kesimpulan

Tiktok yang merupakan aplikasi dengan jutaan pengguna tentunya menghadirkan fitur-fitur yang bermanfaat. Maka dari itu tak heran jika beberapa pengguna masih bingung untuk melakukan pengaturan terhadap akun masing-masing. 

Meskipun begitu, artikel ini telah membahas tentang bagaimana caranya mengganti nama pada tiktok dengan mudah. Kamu dapat mengikuti langkah demi langkah dari tutorial yang telah dijabarkan ya. Semoga berhasil!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar tiktok influencer, berita influencer, influencer marketing, dan lain lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password