Cara Download Video di TikTok Tanpa Tools, Dijamin Anti Ribet!

Berasal dari Tiongkok, aplikasi jejaring sosial yang juga menyediakan fitur video dan musik ini mulai terkenal pada tahun 2017. Bahkan memiliki jumlah yang menyentuh angka sebanyak 1 Miliar per bulan Juli tahun 2021. Mulai dari membuat konten, menjadi penonton, bahkan melihat siaran ulang, aplikasi tersebut berperan sebagai wadah untuk mengekspresikan diri dan kreativitas. Apakah kamu merupakan pengguna baru TikTok yang sedang mencari cara download video di TikTok? Maka ulasan berikut adalah jawaban dari persoalan tersebut.

TikTok merupakan aplikasi yang saat ini sedang populer dan memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan. Berbagai pilihan konten bisa kamu lihat dengan mudah melalui aplikasi tersebut. Mulai dari konten kecantikan, olahraga, memasak, hiburan, hingga isu-isu terkini dapat tersedia di TikTok. 

Banyaknya video yang tersedia di aplikasi ini menyebabkan pula banyak penggunanya mencari cara download video di TikTok. Selain itu, content creator yang memiliki background dan passion yang berbeda inilah yang membuat konten di aplikasi TikTok menjadi bervariasi. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang beragam dan penggunaan yang mudah. Fitur ini terdiri dari filter visual, mengatur tempo video, bahkan menyediakan musik atau mengimpor audio dari device. Durasi waktu video yang tersedia di TikTok yakni mulai dari 15 detik, 60 detik, hingga 3 menit.

Sebelum kamu mengetahui cara download video di TikTok pastikan bahwa aplikasi ini sudah terdapat di smartphone Android atau IOS ya. Jika kamu telah memiliki aplikasi TikTok maka selanjutnya adalah langkah mengenai cara download video di TikTok yang sangat mudah untuk diikuti.

Cara Menyimpan Video TikTok Menggunakan Android atau IOS

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang mempunyai tampilan menarik sehingga dapat menarik minat penggunanya. Pada halaman awal saat kamu mengaksesnya, pop-up iklan akan muncul dengan desain yang menarik.

Jika aplikasi lain memiliki timeline atau feeds dalam halaman utama, maka TikTok memiliki for you page atau yang lebih dikenal dengan FYP. Ini menjadi ciri khas TikTok karena pengguna dapat menemukan berbagai pilihan konten video sesuai dengan ketertarikan mereka melalui sistem algoritma TikTok. 

Sehingga ketika kamu membuka aplikasi ini pada halaman awal sudah tersedia beragam konten video yang sesuai dengan hal yang kamu sukai.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Pinterest untuk Bisnis Agar Semakin Berkembang

Bagi kamu yang merupakan pengguna smartphone Android dan IOS, maka bagian ini yang penting untuk kamu ketahui. Untuk mengunduh video di TikTok, kamu dapat melakukannya melalui beberapa cara. 

Yang pertama adalah pilihan konten yang terdapat di fyp. Cara yang kedua yakni melakukan download video trending di opsi discover. Serta yang terakhir adalah memanfaatkan fitur search untuk menemukan content creator favorit. 

Cara Download Video di For You Page 

TikTok memiliki fyp sebagai halaman utama dalam tampilan aplikasi. Berikut ini merupakan cara download video di TikTok khususnya melalui for you page:

1. Pilih dan Buka Aplikasi TikTok di Smartphone Android

membuka aplikasi tiktok

Ketika ingin mengunduh konten video di aplikasi ini, maka langkah pertama yakni membuka aplikasi TikTok pada smartphone Android. Pastikan bahwa kamu memiliki koneksi internet yang aktif dan stabil ya, agar tampilan media dari aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar.

2. Memilih Konten di FYP

memilih konten di fyp untuk didownload

For you page merupakan halaman awal dan utama saat kamu membuka TikTok. Sistem algoritma akan menampilkan konten berdasarkan hal-hal yang kamu sukai. Langkah selanjutnya dari cara download video di TikTok adalah mencari konten yang ingin diunduh. 

Jika belum menemukan konten yang sesuai maka kamu dapat menggulirkan layar kebawah agar tampilan konten berganti. Ketika kamu sudah menemukan video yang ingin di unduh maka jangan geser layar ke atas maupun ke bawah.

3. Klik Opsi Save Video

download video di tiktok

Setelah menjelajahi for you page dan menemukan konten yang ingin diunduh, kamu bisa menahan layar pada bagian video hingga muncul tampilan dengan pilihan opsi ‘save video’. Pastikan bahwa saat menahan layar pada tampilan video yang kosong, hal ini penting dilakukan agar menu tersebut muncul.

4. Proses Download Video di TikTok

proses download video di tiktok

Sesaat setelah kamu memilih opsi save video maka pada tampilan bagian bawah video akan muncul angka persentase unduhan. Indikator ini menunjukkan progress untuk proses download video di TikTok. 

Cepat atau lambatnya presentase download ini bisa dipengaruhi oleh koneksi atau stabilitas internet yang kamu miliki saat melakukan download video di TikTok.

Waktu yang diperlukan untuk proses download video di TikTok adalah beragam. Selain faktor koneksi internet, kondisi lain yang mempengaruhi durasi pengunduhan adalah size dari video. 

Untuk video yang memiliki durasi maksimal yakni 3 menit, maka durasi pengunduhannya akan memakan waktu lebih lama daripada video dengan durasi 15 detik.

Normalnya memakan waktu tidak sampai 60 detik untuk melakukan pengunduhan video. Namun tidak menutup kemungkinan akan memakan waktu lebih dari itu mengingat ada faktor lain yang telah disebutkan sebelumnya.

5. Proses Pengunduhan Selesai

selesai download video di tiktok

Angka yang menjadi indikator dari proses download video di TikTok akan berhenti di 100%. Tampilan akan berganti dengan notifikasi video saved dengan highlight biru. Hal ini menandakan pengunduhan video telah berhasil dan kamu dapat melihat hasil unduhan pada galeri di smartphone.

Baca Juga:   Keuntungan dan Cara Daftar LinkedIn Premium yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Mengunduh Video yang Sedang Trending di TikTok

TikTok juga merupakan salah satu platform yang kerap kali menyebarkan tren hingga viral. Opsi discover yang terdapat pada tampilan aplikasi ini dapat menjadi salah satu pilihan dalam cara download video di TikTok. 

Opsi ini menampilkan berbagai hastag yang sedang menjadi trending secara real-time. Jika dari banyaknya konten yang sedang viral tetapi tidak pernah melewati fyp mu maka kamu dapat memilih untuk melihat konten tersebut secara manual.

Tutorial cara download video di TikTok menggunakan fitur dashboard discover adalah sebagai berikut:

1. Pilih Ikon Discover

pilih icon discover

Jika sebelumnya adalah cara download video di TikTok melalui menu for you page, maka saat ini adalah saatnya mengunduh video yang sedang trending secara real time. Dashboard discover atau pencarian yang terletak di sebelah icon home dengan gambar kompas ini dapat kamu jelajahi ketika mengakses TikTok. 

Setelah memilih dashboard discover, kamu dapat melihat tampilan hashtag yang sedang trending saat ini sekaligus dengan video dari para content creator yang sedang viral.

2. Jelajahi Hashtag yang Sedang Trending

jelajahi hashtag yang sedang populer

Kamu dapat menemukan hashtag yang saat ini paling banyak muncul di TikTok. Pada urutan pertama merupakan hashtag yang memiliki peringkat teratas. Kamu juga dapat mengunduh video dengan hashtag ini dengan cara melakukan klik pada hashtag di peringkat pertama.

Sesudah memilih hashtag, kamu dapat melihat tampilan dari berbagai macam video yang akan muncul seperti pada gambar. Video dengan viewers terbanyak akan berada di baris teratas tampilan tersebut. 

3. Pilih dan Download Video

pilih dan download video

Jika kamu sedang mencari konten yang sedang trending, maka video pada barisan paling atas dapat menjadi jawaban. Langkah selanjutnya adalah memilih video tersebut dan menahan layar pada bagian video yang kosong hingga muncul tampilan seperti pada gambar. Tampilan menu tersebut menampilkan opsi ‘save video’ yang dapat kamu klik untuk mengunduh video. 

Tampilan layar akan berubah dengan adanya persentase yang menandakan proses download. Angka tersebut akan berganti menjadi lebih besar hingga 100%. Durasi waktu untuk mengunduh video berdasarkan koneksi internet dan ukuran video. 

4. Pengunduhan Berhasil

video tiktok telah terdownload

Setelah persentase mencapai angka 100, maka tampilan tadi akan berganti dengan notifikasi video saved. Ini menandakan bahwa konten video yang kamu unduh telah selesai. Langkah ini menjadi akhir dari cara download video di TikTok. Jika kamu ingin melihat hasil download video, maka kamu dapat melihat file video pada galeri yang ada di smartphone

Cara Download Video di TikTok Melalui Pencarian

Ulasan sebelumnya telah menjelaskan cara download video di TikTok melalui fyp dan hashtag yang sedang trending. Maka pada bagian terakhir kali ini akan memberikan tutorial cara download video di TikTok dengan memanfaatkan fitur pencarian.

Baca Juga:   Jenis-Jenis Konten YouTube Menarik yang Sering Orang Tonton 

Ikuti langkah-langkah berikut ini supaya berhasil untuk melakukan cara download video di TikTok dengan fitur pencarian:

1. Temukan Kolom Pencarian

menemukan kolom pencarian

Langkah pertama untuk menerapkan cara download video di TikTok dengan fitur pencarian adalah klik ikon kompas. Setelah muncul tampilan yang yang menghadirkan kolom pencarian, hashtag yang sedang trending, dan video maka selanjutnya adalah klik kolom pencarian. 

Kolom pencarian memiliki simbol ikon kaca pembesar di bagian paling atas pada tampilan. Melalui kolom tersebut kamu dapat menelusuri akun ataupun topik. 

2. Telusuri Akun atau Topik 

mencari akun atau topik di tiktok

Selain dapat menelusuri topik atau akun, kolom tersebut juga menyarankan topik yang sedang trending. Jika kamu sedang ingin menelusuri akun atau topik tertentu, maka ketiklah sesuatu pada kolom tersebut.

Sesaat setelah mengetikkan topik tertentu, hasil pencarian terkait akan muncul dengan beberapa pilihan yang relevan. Hasil pencarian yang menampilkan thumbnail menunjukkan bahwa itu merupakan sebuah akun. Sedangkan hasil pencarian tanpa thumbnail menunjukkan bahwa itu adalah sebuah topik yang paling banyak dicari.

3. Pilih Akun atau Topik 

memilih akun yang telah dicari

Kamu dapat memilih akun atau topik yang muncul pada hasil pencarian. Namun, pada tutorial cara download video di TikTok kali ini akan memilih penelusuran akun. Setelah memilih akun yang terdapat pada hasil pencarian, maka layar akan berganti menjadi halaman yang menampilkan konten dari akun tersebut.

Untuk menelusuri semua konten di akun tersebut kamu bisa menggulirkan tampilan kebawah. Kamu dapat melakukan klik pada sebuah video untuk melakukan proses download.

4. Proses Download

proses download video di tiktok

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses pengunduhan. Kamu dapat menahan layar sedikit lama hingga opsi save video muncul di tampilan. Setelah menu tersebut muncul, kamu dapat melakukan klik dan menunggu proses download berlangsung.

Setelah berhasil melakukan klik save video, maka tampilan layar akan berganti dengan persentase pengunduhan. Cara download video di TikTok ini akan berhasil ketika angka tersebut telah mencapai 100%. Proses download membutuhkan waktu yang singkat jika video yang kamu download memiliki ukuran yang kecil.

5. Download Video di TikTok Berhasil

download video di tiktok telah berhasil

Saat persentase unduhan menunjukkan angka 100% maka tampilan akan berganti dengan notifikasi video berhasil tersimpan. Notifikasi ini akan muncul langsung setelah proses pengunduhan selesai. Jika kamu ingin menemukan video tersebut maka kamu dapat memeriksanya di galeri pada smartphone.

Tutorial cara download video di TikTok telah selesai dan kamu dapat melihat konten video yang berasal dari aplikasi tersebut secara offline. 

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, tiktok influencer, hingga marketing influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password