Cara Daftar AdSense untuk Blog dan Syarat Lengkapnya

Cara Daftar AdSense untuk Blog Beserta Syaratnya

Google AdSense merupakan program iklan dari Google. Program ini melibatkan para pemilik website atau blog untuk menayangkan iklan Google pada blog pribadinya. 

Iklan ini berasal dari para pemasang iklan pada program Google Ads atau Google AdWords. Iklan inilah yang akan muncul pada blogmu, dan sesuai dengan konten atau niche dari blogmu tersebut. 

Google nantinya akan memberikan komisi atau akan membayar para publisher setiap kali link iklannya ada yang klik. Komisi ini akan Google berikan untuk setiap PPC atau Paid Per Clik atau setiap iklan tampil per seribu tayangan (Paid Per Impression). 

Penjelasan Mengenai Google AdSense

Apa itu Google Adsense

Menjadi seorang publisher iklan Google merupakan cara paling populer untuk bisa mendapatkan uang dari internet. Meskipun memang masih banyak alternatif lain seperti Google AdSense ini. 

AdSense sendiri merupakan iklan kontekstual. Iklan ini akan Google tampilkan blog yang sudah sesuai dengan konten yang ada. 

AdSense juga akan memilih iklan berdasarkan riwayat pencarian dari pengunjung web. Metode ini bermaksud untuk membuat iklan menjadi lebih tepat sasaran. 

Untuk memasang iklan Google sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menambahkan sebuah kode dan iklan akan langsung aktif dengan sendirinya. 

Jika salah satu blog sudah diterima menjadi penayang iklan Google, maka kamu bisa memasang AdSense pada beberapa website. 

Nah, jumlah penghasilan AdSense ini akan terakumulasi dari beberapa blog. Pembayarannya pun akan dikirimkan setiap bulan. Metode pembayaran ini bisa melalui Western Union. 

Syarat Blog yang Diterima AdSense

syarat blog diterima adsense

Setelah kamu memahami mengenai Google AdSense, maka hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah syarat dari cara daftar adsense

1. Konten Harus Menarik, Berkualitas, dan Original

Pastikan bahwa blog milikmu memiliki konten yang menarik dan original, dan bukan hasil plagiat. Intinya, konten yang kamu buat harus dari tulisanmu sendiri, lengkap, dan bermanfaat untuk orang lain. 

Selain itu, pastikan bahwa kontenmu tersebut juga konten yang dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang. 

2. Jumlah Pengunjung

Untuk hal yang satu ini cukup sulit untuk dijawab. Google sendiri bahkan tidak bisa menyebutkan angkanya. Google hanya bisa menyebutkan trafik tinggi dan pageview yang tinggi. 

Intinya adalah bahwa konten dikunjungi oleh banyak pengunjung. Namun, ada yang mengatakan bahwa minimal blog harus memiliki pengunjung 250 unik per harinya. 

Baca Juga:   Apa itu Backlink? Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Jika pengunjung per hari hanyalah sebanyak 250 visitor, maka kemungkinan pendapat adsense yang kamu dapatkan pun hanya sedikit. Namun, dari segi lainnya, untuk minimal jumlah pengunjung blog untuk AdSense ini adalah 1000 unique visitor. 

3. Usia Blogger Minimal 18 Tahun

Usia dari pemilik blog haruslah sudah lebih dari 18 tahun. Untuk anak usia dibawah 18 tahun dianggap masih anak-anak, dan belum dewasa. Hal ini juga terkait dengan pencairan dana atau komisi AdSense yang akan melalui bank atau western union. 

4. Tidak Ada Konten Dewasa

Cara daftar adsense selanjutnya adalah bahwa blog milikmu tidak boleh berisikan akan konten pornografi, maupun konten kekerasan dan berbau SARA. 

Blogmu juga tidak boleh berisikan konten pelecehan, penindasan, atau konten yang serupa untuk menganjurkan seseorang menyakiti orang lain. 

5. Konten Terlarang

Ada banyak sekali poin penting yang harus kamu perhatikan dalam syarat konten terlarang ini. Berikut beberapa poinnya. 

  • Konten obat-obatan terlarang dan peralatannya
  • Penjualan minuman keras
  • Jual rokok atau produk serupa
  • Jual obat resep
  • Menjual senjata atau amunisi
  • Penjualan produk tiruan atau imitasi barang bermerek
  • Penjualan atau penyebaran tugas maupun makalah kuliah. Konten seputar program yang mengkompensasi penggunanya untuk klik iklan maupun penawaran. 
  • Konten ilegal lainnya, seperti mempromosikan aktivitas ilegal, bahkan sampai melanggar hak hukum orang lain. 

Sebenarnya masih banyak ketentuan lainnya yang perlu kamu ketahui. Namun, syarat untuk blog agar bisa diterima oleh Google AdSense ini memang cukup berat. 

Tapi, ketika Google akhirnya menerima kamu, maka dolar pun akan mengalir menjadi passive income. Pada akhirnya, blogging pun akan menjadi bisnis onlinemu. 

Manfaat Menggunakan Google AdSense

Google AdSense merupakan program iklan dari Google yang memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk menjadi partnernya. 

Seluruh penggunanya bisa mengikuti layanan Google AdSense ini dengan syarat sudah memiliki website. 

Para pengguna yang mengikuti program ini akan mendapatkan bayaran dari Google saat ada pengunjung yang berhasil klik iklan yang Anda pasang. 

Nah, berikut ini ada beberapa keuntungan dari cara daftar adsense

1. Penghasilan Tambahan

Keuntungan pertama dari penggunaan Google AdSense ini adalah bayaran yang Google tawarkan. Dengan adanya penambahan iklan AdSense yang terpasang pada website maupun blog bisa membuat website lebih menghasilkan. 

Semakin kompetitif kata kunci yang Anda targetkan, maka akan semakin besar pula nilai pada setiap iklan yang pengunjung klik. 

Google akan melakukan pembayaran pada setiap bulannya. 

2. Traffic Cepat Naik

Perlu Anda ketahui, bahwa Google Ads ini menggunakan hitungan PPC atau pay per click untuk menghitung pembayaran iklan Anda. 

Nah biaya beriklan ini akan secara otomatis dikonversi ke pengunjung menurut harga iklannya. 

3. Iklan Sesuai Konten 

Konten merupakan salah satu bagian yang penting dalam sebuah website. Hal ini tentu akan membuat pengunjung kurang menyukainya. 

Baca Juga:   Cara Mendapatkan Uang dari Blog Pribadi dengan Mudah

Iklan yang akan muncul pada website Anda tentu sesuai dengan isi dari konten yang Anda buat. Jadi, adanya iklan tidak akan mengganggu isi konten Anda. 

4. Penjualan Meningkat

Keuntungan lain dari cara daftar adsense adalah penjualan bisa meningkat. Namun, pada intinya dengan adanya Ads ini tidak bisa menjamin omset suatu produk Anda meningkat. 

5. Menyediakan Statistik Lengkap

Selain itu, ternyata Google AdSense juga bisa menyediakan data statistik dan analisis yang cukup lengkap mengenai data pengunjung dan penghasilan website Anda. 

Semua fitur tersebut sudah tersaji dalam akun dashboard Google AdSense Anda. Anda bisa melihat jumlah klik dan penghasilan setiap kliknya. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat popularitas website maupun blog Anda, dan popularitas dari halaman website berdasarkan iklan yang tampil. 

Cara Membuat Akun AdSense

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam membuat akun AdSense. 

1. Buka web AdSense di https://www.google.com/adsense/start

membuka web adsense

2. Klik tombol Mulai 

3. Login menggunakan akun Google kamu.

4. Masukkan URL situs dari tempatmu ingin menampilkan iklannya. Jika kamu ingin menambahkan situs nanti, maka kosongkan saja kolom tersebut, dan pilih saya belum punya situs. 

mendaftarkan website

5. Pilih apakah kamu ingin AdSense mengirimkan saran performa dan bantuan yang sesuai. Sebaiknya, kamu pilih saja ‘yes, send me customized help and performance suggestions’ agar Google bisa membantumu mendapatkan hasil yang maksimal dari AdSense. 

6. Klik tombol let’s go. 

pilih tombol lets go

7. Setelah itu, copy kode ke website AdSense. Tujuan dari kode tersebut adalah supaya website kamu bisa terhubung dengan Google AdSense.

copy code adsense ke website

8. Jika sudah, silahkan kamu klik tombol request review. 

Tips Sukses dengan AdSense

Google AdSense merupakan salah satu pilihan bisnis online untuk kamu. Google AdSense ini memungkinkan kamu mendapatkan uang dari iklan kontekstual yang tampil pada blog milikmu tersebut. 

Sebelum kamu bergabung dalam program PPC, maka lebih baik jika kamu mempelajari terlebih dahulu mengenai tips sukses dengan adsense berikut ini. 

1. Tingkatkan Traffic Website

Website yang kekurangan traffic tentunya tidak akan bisa tampil di halaman pertama mesin pencarian Google. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan beberapa cara. 

  • Memaksimalkan SEO websitenya. 
  • Kampanyekan email marketingmu. 
  • Gunakan media sosial untuk bisnis lebih efektif. 
  • Tulis konten yang bermutu. 
  • Jadikan situsmu menjadi mobile friendly. 
  • Auditlah konten lamamu.
  • Buatlah program afiliasi. 
  • Gunakan link internal pada kontenmu. 
  • Gunakan CDN untuk bisa meningkatkan kecepatan situsmu. 
  • Gunakan Facebook Ads.
  • Buatlah channel YouTube. 
  • Beriklan di Instagram. 
  • Menggunakan influencer marketing. 
  • Menjadi sponsor untuk saluran YouTuber. 
  • Manfaatkan juga Linkedin. 

2. Pilih Jenis Iklan Terbaik

Orang yang membuka internet biasanya hanya ingin mencari informasi dan bukanlah iklan. Iklan yang kamu masukkan ke blog harus kamu ubah terlebih dahulu sesuai dengan web kamu. 

Pada umumnya, pihak publisher akan meletakkan iklan dari Google secara by default. Untuk jenis iklan yang biasanya tampil adalah matched content, display ads, dan lain sebagainya. 

Baca Juga:   Cara Menjadi Blogger Sukses, Profesional dan Berpenghasilan

Namun, memang tidak ada patokan untuk bisa menentukan mana iklan yang terbaik. Sebab, setiap iklan memiliki performa yang berbeda-beda, tergantung dari websitenya. 

3. Selalu Riset dan Uji Coba

Cara daftar AdSense selanjutnya adalah dengan cara kamu selalu rajin untuk riset jenis yang memang sekiranya memiliki traffic terbaik dan paling banyak konsumen cari. 

Kamu bisa  melakukan berbagai macam riset dari segi posisi websitemu, jumlah iklan yang tayang, hingga jenis iklan yang akan tampil pada websitemu tersebut. 

Setelah itu, kamu bisa mulai uji coba semua yang sudah kamu riset pada websitemu tersebut. 

4. Block Iklan yang Tidak Relevan

Sebagai seorang publisher yang menjadi mitra dari Google AdSense, maka kamu pasti sering menemukan iklan yang tidak sesuai atau tidak relevan pada blogmu. 

Untuk itu, kamu bisa block iklan yang tidak relevan tersebut dengan beberapa cara sebagai berikut. 

  • Gunakan pusat peninjauan iklan atau ad review center. 
  • Blokir akun AdWords pengiklannya. 
  • Menonaktifkan iklan berdasarkan dengan kategorinya. 
  • Blokir saja URL pengiklan atau advertiser URLs. 

5. Block Iklan dengan CPC Rendah

Tentunya, sebagai seorang blogger tentu saja kamu akan sering menjumpai banyak sekali iklan yang memiliki CPC rendah atau iklan sensitif yang sangat mengganggu. 

Iklan ini tampil dengan keyword yang cukup mengganggu. Selain mengganggu, nilai CPCnya pun sangatlah rendah. Untuk itu, kamu bisa memblokir iklan dengan CPC rendah ini menggunakan beberapa cara seperti berikut ini. 

  • Masuklah ke akun Google AdSense. 
  • Setelah itu, klik menu blocking controls. 
  • Ketikkan keyword sensitifnya, url, maupun domain pada kolom pencariannya. 
  • Klik iklan yang muncul setelah pencarian berhasil. 
  • Lakukan pemblokiran iklan pada detail informasi yang ada pada bilah sebelah kanan. 
  • Setelah itu, klik block account untuk memblokir akun pengiklannya. 
  • Klik block ad untuk memblokir iklannya tersebut. 
  • Jika kedua cara tersebut kamu lakukan, maka secara otomatis iklan CPC rendah tersebut tidak akan tampil lagi pada blogmu. 

Kesimpulan

Inilah beberapa cara daftar adsense yang perlu kamu ketahui dan pelajari. Syarat utama blog agar diterima jadi penayang iklan Google AdSense adalah banyaknya pengunjung. 

Jika diperkirakan, jumlah minimal pengunjung adalah 300 hingga 1000 orang per harinya. Untuk mendapatkan pembaca yang banyak, maka blog harus berisikan konten berkualitas. 

Google sendiri tidak akan menerima blog yang menggunakan konten hasil copy paste, terlebih jika konten tersebut hasil plagiarisme. 

Salah satu kriteria dari konten yang berkualitas adalah dengan memposting konten berkualitas dan berguna serta bisa memberikan informasi terbaru kepada para pembacanya. 

Demikianlah ulasan tentang cara mendaftar AdSense, Syarat pendaftaran, hingga tips sukses dengan AdSense. Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, hingga blogger influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password