5 Tips Membuat Caption yang Dapat Meningkatkan Engagement

Caption Adalah Sebuah Hal yang Penting untuk Meningkatkan Engagement

Caption adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris dan sering masyarakat gunakan, sehingga terkesan sebagai istilah umum dalam penggunaan media sosial. Meskipun memang media sosial sangat mudah untuk digunakan. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang bisa membuat kalimat yang mengundang ketertarikan audiens untuk ikut berinteraksi. 

Padahal, caption menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan apakah konten yang kamu buat memiliki daya tarik, sehingga bisa meningkatkan brand awareness atau personal branding milikmu. 

Untuk memahami lebih lengkap mengenai pengertian dari caption,  maka silahkan kamu simak saja penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Caption?

Arti kata caption merujuk pada tulisan pada bagian bawah judul halaman, pada buku, media informasi, hingga media sosial. 

Secara lebih sederhana, caption adalah deskripsi singkat yang menyertai sebuah gambar. Caption sendiri biasanya berupa kata atau kalimat singkat sebagai informasi tambahan dalam sebuah gambar. 

Selain itu, caption merupakan tulisan singkat pada foto atau video yang ada dalam sebuah media sosial. Istilah ini paling dikenal di Instagram. 

Kalimat penjelas ini merupakan deskripsi dari sebuah postingan yang berupa foto maupun video yang kamu upload pada akun Instagrammu. 

Kalimat tambahan dalam media sosial memang biasanya berisikan kata-kata yang ingin pengguna jelaskan untuk melengkapi gambar sebuah gambar. 

Hal ini tentunya sejalan dengan tujuan dari penggunaan media sosial sebagai media promosi online. Dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi brand, maka jangkauan pasar yang bisa kamu dapatkan pun jadi lebih luas. 

Hanya saja, kamu akan memerlukan kalimat penjelas yang bisa menarik perhatian banyak orang. Di era yang serba modern seperti saat ini, kamu juga bisa menggunakan layanan pembuatan caption. 

Namun, jika kamu memang ingin mencoba membuatnya sendiri, maka simak saja penjelasan mengenai cara kerja hingga manfaat dari penggunaan caption berikut ini. 

Cara Kerja Caption

Pada umumnya, cara kerja dari kalimat penjelas ini akan tergantung dengan penggunanya masing-masing. Namun, cara kerja caption ini akan jauh lebih terstruktur jika menggunakan struktur penulisan yang baik dan benar. 

Agar caption bisa menjelaskan sebuah gambar dengan tepat dan bisa tersampaikan dengan baik, maka kamu harus mengetahui bagaimana struktur penulisannya. 

1. Opening

Opening atau pembuka merupakan bagian yang berisikan kalimat pembuka. Tujuan dari pembuatan kalimat pembuka ini adalah untuk menarik minat vpara pembacanya. 

2. Content

Pada bagian content ini akan berisikan dengan pokok atau inti yang harus kamu jelaskan, terkait dengan gambar yang kamu posting dalam media sosialmu. 

Penjelasan dari caption ini haruslah sesuai dengan gambar yang ada sebagai pelengkap sebuah informasi. 

3. Closing

Penutup merupakan bagian paling akhir yang berfungsi untuk menutup penjelasan dari informasi pada sebuah gambar. 

Penutup ini berisikan kata-kata penutup yang umum sering digunakan, seperti halnya ucapan terimakasih. 

Tips Membuat Caption yang Menarik

Pada umumnya, caption adalah penjelasan konteks dari sebuah foto yang bisa mendorong followers untuk mengambil tindakan, seperti halnya membagikan konten atau ikut berkomentar pada sebuah postingan. 

Baca Juga:   Ingin Jadi Social Media Manager? Berikut Cara Dan Skill Yang Dibutuhkan!

Nah, agar kamu bisa menciptakan kalimat penjelas yang lebih menarik, simak saja beberapa tips dalam membuat caption Instagram yang catchy berikut ini. 

1. Mengenali Demografis Followers

Langkah pertama yang bisa kamu coba untuk membuat kalimat penjelas Instagram menarik adalah dengan memahami siapa followersmu terlebih dahulu. 

Sebab, ketika kamu sudah bisa mengenali jenis followers Instagrammu, maka akan jauh lebih mudah bagi kamu untuk membuat strategi Instagram marketing yang sesuai dengan kebutuhan dari para followersmu. 

Hal ini tentunya akan mempengaruhi kepentingan dari bisnis perusahaanmu. Sebab, strategi marketing yang baik adalah strategi yang ramah akan keperluan dari para audiensnya. 

2. Menunjukkan Brand Personality

Ketika kamu akan membuat sebuah caption, maka sangat penting untuk mengingat kembali pentingnya brand personality

Pada intinya, kamu harus bisa menggunakan setiap kalimat yang sesuai dengan personality dari brand tersebut. 

3. Jangan Membuat Caption Terlalu Panjang

Untuk bisa menarik minat followersmu, maka jangan pernah buat caption yang terlalu panjang. Hal tersebut hanya akan membuat followersmu malas dan menganggap bahwa postinganmu membosankan. 

Oleh sebab itu, buatlah dengan kata-kata dan kalimat yang menari. Dengan begitu, maka para followersmu pun akan tertarik untuk membacanya. 

4. Curi Perhatian Followers dengan Kalimat Pertama

Karena memang penggunaan Instagram ini cenderung tidak lama menghabiskan waktu pada satu postingan saja, maka sangat penting bagi kamu untuk bisa mencuri perhatian follower dengan kalimat pertama. 

Kalimat pertama pada caption adalah aspek yang nantinya akan menentukan apakah followersmu akan menghabiskan waktunya untuk membaca caption milikmu atau tidak. 

Nah, agar kalimat pertamamu dalam caption bisa menarik, maka letakkan informasi penting dalam susunan kalimat yang persuasif. 

5. Sertakan CTA

Tips terakhir dalam membuat kalimat penjelas Instagram yang menarik adalah dengan menggunakan CTA. CTA merupakan instruksi dalam bentuk kalimat agar followersmu memberikan tanggapan terhadap postinganmu. 

CTA dalam sebuah kalimat penjelas bisa berupa kalimat ajakan atau pertanyaan. Hal inilah yang akan memicu audiens untuk mengambil tindakan dan respon. 

Manfaat Caption

Penggunaan kalimat penjelas pada postingan Instagram tentunya memiliki kegunaan atau manfaat. Namun, manfaat ini akan berdampak berbeda-beda, tergantung dengan keinginan dari pengguna media sosialnya. 

Namun, ada beberapa kegunaan caption Instagram secara umum yang perlu kamu ketahui sebagai berikut ini. 

1. Menjelaskan Maksud dari Sebuah Gambar

Caption dapat kamu jadikan sebagai kalimat yang bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah gambar atau video dalam media sosial. 

Pada umumnya, gambar akan membutuhkan penjelasan berupa kata-kata. Tujuannya adalah agar orang lain yang melihatnya bisa memahami maksud dari gambar tersebut. 

2. Berisi Pesan

Caption adalah salah satu cara yang bisa kamu jadikan sebagai media untuk mengisi pesan yang ada dalam gambar termaksud. 

Kegunaan caption sendiri adalah sebagai pengisi pesan yang pada umumnya ada pada gambar ilustrasi atau motivasi hidup. 

Dengan menggunakan kalimat penjelas Instagram, maka kamu bisa menuliskan pesan ke beberapa orang sesuai dengan keinginanmu. 

3. Menyatakan Perasaan

Kalimat penjelas ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai media dalam menyampaikan perasaan. Pesan yang akan tersampaikan pun bisa bermacam-macam jenisnya. 

Dengan menggunakan bantuan kalimat penjelas yang tepat, maka akan mendukung kamu untuk bisa mengutarakan perasaanmu. 

Kamu juga bisa membagikan berbagai momen dengan gambaran masing-masing perasaan ke semua pengguna media sosial yang juga mengikuti media sosialmu tersebut. 

4. Kebutuhan Bisnis

Kamu bisa menggunakan sosial media sebagai media dalam mengembangkan sebuah bisnis. Dengan bantuan dari media sosial ini tentunya akan membuat peningkatan pada profitabilitas bisnismu tersebut. 

Dengan caption Instagram ini, tentunya kamu bisa memberikan penjelasan terkait dengan produk yang sedang kamu tawarkan. 

Baca Juga:   11 Travel Vlogger Indonesia Populer, Inspiratif untuk Liburan!

Selain itu, kalimat penjelas ini juga bisa memberikan penjelasan terkait dengan bagaimana cara pemesanan produk yang sedang kamu tawarkan tersebut. 

Cara Mengoptimalkan Caption untuk Postingan di Instagram

Setelah kamu memahami bahwa caption adalah kalimat yang mendukung sebuah gambar atau video yang akan kamu upload ke media sosial. Kalimat penjelas ini berisikan berbagai macam kalimat yang sesuai dengan keinginan masing-masing individunya. Dengan adanya kalimat penjelas ini, maka kamu akan lebih mudah menggambarkan perasaan. 

Tidak hanya itu saja, dengan adanya kalimat penjelas yang menarik maka akan membuat postingan menjadi semakin terlihat menarik. Akan ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika bisa mengoptimalkan penggunaan kalimat penjelas dengan baik dan tepat. Salah satunya adalah dengan banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan  caption Instagram dalam menulis postingan. 

Sayangnya, ketika ingin menuliskan sesuatu, memang orang sering bingung bagaimana cara untuk memulainya. Memang tidak mudah untuk bisa menyusun kata-kata, terlebih jika tidak memiliki bakat untuk menulis atau mengarang. Untuk membuat caption, kamu bisa mencoba penjelasan yang sudah ada sebelumnya. Setelah itu, kamu bisa mulai mengoptimalkannya. 

Nah, untuk mengoptimalkan caption, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menumbuhkan engagement audiens. 

1. Gunakan Kalimat Ajakan atau CTA

Sama halnya dengan strategi pemasaran online lainnya, jika kamu ingin melihat hasil yang signifikan dari penggunaan captionmu, maka perkuat dengan penggunaan kalimat ajakan. 

Jika kamu tidak memberikan ajakan untuk bertindak secara jelas kepada followers, maka kemungkinan lebih kecil akan adanya tindakan lebih lanjut. 

Untuk itu, kamu harus menyertakan tautan pada profil Instagram. Hal ini dikarenakan pihak Instagram sendiri tidak akan memberikan tautan secara langsung pada postingan kamu. 

Dengan menyertakan CTA pada caption postinganmu, maka akan lebih menarik followers sekaligus mengundang adanya tindakan. 

Pastikan juga bahwa pesanmu tersebut bisa dengan mudah orang lain pahami. Selain itu, perjelas caption adalah sesuatu yang ingin followersmu lakukan. 

Kamu juga bisa menyertakan link untuk membuat postingan iklan berbayar yang akan menyertakan tombol ajakan untuk melakukan konversi secara tidak langsung pada followersmu tersebut. 

Namun perlu kamu ingat juga, bahwa tidak semua caption membutuhkan CTA. Sebab, dengan meminta orang lain untuk melakukan sesuatu yang terlalu sering dapat menyebabkan kamu malah kehilangan sebagian followers. 

Sebaiknya, lakukanlah variasi konsep caption yang tentunya sesuai dengan foto atau video yang kamu posting. 

2. Ajak Followers Berdiskusi

Sebuah ajakan untuk bertindak tentunya akan mendorong beberapa tingkat keterlibatan followers. Kamu bisa menuliskan sebuah pendapat dan mengundang sudut pandang dari para followers. 

Tujuannya adalah untuk membuat pengikut berbicara antara satu dengan lainnya. Setelah kamu mendapatkan dua atau tiga komentar, dan diskusi mulai berlangsung, maka kamu pun bisa turut terlibat untuk memberikan pendapat. 

Kamu juga bisa membuat caption media sosial yang mendorong lahirnya interaksi. Baik interaksi yang terjadi antara kamu sebagai pemilik brand dengan followers, atau antar followers. 

Contohnya: ketika kamu membuat caption tentang bagaimana kamu sangat menyukai air putih. Caption yang seperti itu tentunya tidak akan memancing timbulnya interaksi. 

Lain halnya jika dalam captionmu tersebut terselip cerita bagaimana kamu bisa menyukai putih, mengajukan beberapa pertanyaan yang relevan dengan topik tersebut, apakah followersmu juga menyukai minum air putih?

Dengan begitu, maka secara otomatis para followers pun yang melihat postinganmu akan ikut memberikan pendapatnya. 

Contoh caption: “air putih menjadi minuman utama sehari-hari saya. Selain menyegarkan, air putih juga sangat menyehatkan tubuh. Lalu, apakah kamu juga suka minum air putih? 

… Apa saja manfaat yang kamu rasakan dengan mengkonsumsi air putih? Tulis jawabannya di kolom komentar, ya!”

Baca Juga:   Apa Itu Bot Instagram? Beserta Kelebihan dan Risiko Penggunaannya

Perlu kamu ingat juga, bahwa pertanyaan terbuka biasanya akan memicu lebih banyak percakapan daripada pertanyaan umum yang pilihan jawabannya hanya “ya” atau “tidak”. 

3. Gunakan Hashtag dan Emoji yang Tepat

Ada beberapa hal yang tentunya bisa kamu lakukan di media sosial, namun tidak bisa kamu lakukan pada platform lain. Salah satunya adalah penggunaan hashtag dan emoji. 

Dengan penggunaan dua fitur dari caption adalah tentunya akan membuat caption milikmu menjadi lebih baik dan menarik. Hashtag merupakan saluran yang kuat untuk bisa mencapai visibilitas yang jauh lebih baik untuk sebuah postingan. 

Kebanyakan, orang akan menggunakan hashtag untuk menemukan gambar yang sesuai dengan keinginan. Jadi, hashtag apapun yang akan kamu gunakan tentunya dapat meningkatkan peluang gambar tampil pada hasil pencarian tersebut. 

Emoji yang melengkapi caption akan menjadi lebih berkarakter dan menyenangkan. Namun, berhati-hatilah untuk tidak over stuff gambar penuh dengan hashtag. 

Kamu bisa menggunakan satu emoji saja dalam satu postingan. Sementara untuk hashtagnya, kamu bisa mengunggah satu topik saja untuk mendapatkan banyak perhatian pada postinganmu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa membuat hashtag milikmu sendiri untuk social media campaign yang jauh lebih tepat sasaran. 

4. Promosi Silang

Jika memang bisnismu memiliki platform selain Instagram, maka kamu bisa memanfaatkan promosi silang dengan baik. 

Kamu bisa membagikan pos Instagram melalui profil Twitter dan Facebook. Namun, lakukan dengan seminimal mungkin karena berbeda platform akan berbeda pula demografinya. 

5. Gunakan Fitur InstaStory

Saat ini, hampir 80 persen pengguna Instagram melihat setiap insta story yang ditampilkan oleh orang lain. Fitur ini menjadi sebuah media yang sangat ampuh untuk melakukan promosi. 

Terlebih jika kamu bisa menggunakan caption dengan tepat. Semakin menarik caption yang kamu buat, maka akan semakin banyak follower yang penasaran dan melihat postinganmu tersebut. 

Baca Juga: 5 Tips Instagram Story untuk Meningkatkan Reach dan Engagement

6. Posting dengan Baik

Banyak survei yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk update di Instagram adalah pada hari kerja. Beberapa juga mengatakan bahwa waktu terbaik untuk memposting sesuatu adalah malam Minggu. 

Hasil yang bisa kamu dapatkan mungkin akan berbeda. Jadi, luangkanlah waktu untuk mempelajari bagaimana tanggapan followersmu. Setelah itu, sesuaikan strategimu agar sesuai dengan kebutuhan bisnis. Pastikan juga untuk tetap menggunakan caption terbaik. 

Contoh Penggunaan Caption

Untuk contoh penggunaan caption sendiri tentunya sudah kamu ketahui. Caption yang ada pada Instagram bisa kamu temui pada postingan berupa foto maupun video. Caption ini terletak pada deskripsi yang ada di bawah postingan foto atau video tersebut. 

Contohnya seperti gambar berbentuk hati yang terbelah menjadi dua. Kemudian, pada bagian bawahnya terdapat caption yang berbunyi, “sedang patah hati oleh seseorang yang tidak dapat tergantikan.”

Sudah Tahu Informasi Lengkap Tentang Caption?

Dengan tumbuhnya engagement audiens yang lebih baik, maka akan berdampak juga pada peningkatan konsumennya. Melakukan pemasaran melalui media sosial, termasuk dengan menggunakan caption adalah salah satu cara paling efektif yang bisa kamu lakukan. 

Hal ini juga bisa terlihat dari pengguna media sosial yang tumbuh dengan begitu pesat saat ini. Inilah sedikit penjelasan mengenai pengertian dari caption, hingga manfaat dan contohnya yang perlu kamu ketahui. 

Jadi, kesimpulannya caption merupakan sebuah tulisan yang ada pada sebuah gambar atau video. Fungsi dari caption ini adalah untuk menjelaskan dan memberikan informasi tambahan terkait dengan postingan tersebut. Yuk, buat caption yang menarik untuk setiap postinganmu!

Dapatkan berbagai tips dan informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password