Buzz Marketing Adalah: Ketahui Manfaatnya untuk Bisnis!

buzz marketing adalah

Jika kamu sedang bingung untuk promosi brand, buzz marketing adalah strategi pemasaran yang wajib kamu coba dan kembangkan. Pasalnya, di era digital seperti sekarang ini, tidak cukup hanya mengandalkan strategi digital marketing saja. Tanpa adanya aspek lain yang menunjang viralnya sebuah brand atau produk di sosmed.

Bahkan, pada beberapa kasus, ditemukan bahwa strategi pemasaran dengan memanfaatkan buzzer sebagai aktor pengelola iklan ini justru menunjukan tingkat keberhasilan lebih tinggi. Selain itu, teknik pemasaran digital ini juga terbilang sangat sederhana dan mampu menarik banyak audiens hanya dengan satu tindakan saja.

Mengenal Buzz Marketing

Pada umumnya, buzz marketing adalah sebuah strategi yang berfungsi memaksimalkan pemasaran dan promosi dengan cara membagikan informasi dari mulut ke mulut lewat media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Strategi pemasaran ini biasanya mengusung konsep yang menarik, supaya audiens jadi penasaran terhadap brand atau produk yang kamu tawarkan. Singkatnya, konsep ini lebih ke

arah penggiringan opini sepihak, agar nantinya audiens bingung dan mencari tahu tentang produk yang kamu promosikan tersebut.

Strategi pemasaran ini bisa membangun reputasi dan tanggapan yang positif terhadap brand atau produk yang akan kamu luncurkan. Bahkan, telah banyak brand lokal dan Internasional yang sukses menerapkan strategi pemasaran buzzer ini.

Tujuan pemasaran buzz marketing adalah meyakinkan konsumen lewat promosi yang dilakukan oleh konsumen lain. Jadi, pada proses pemasarannya, strategi ini lebih mengandalkan sudut pandang konsumen untuk meyakinkan konsumen lainnya, bahwa produk ini memang memiliki kualitas bagus.

Kemudian, untuk media sosial yang bisa kamu gunakan guna mengembangkan strategi pemasaran ini, seperti Facebook, TikTok, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa meminta bantuan dari kerabat terdekat, agar mau membuat sebuah promosi singkat tentang produk yang kamu tawarkan.

Jenis-jenis Buzz Marketing

Setelah mengetahui apa itu buzz marketing, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang jenis-jenis strategi pemasaran buzzer yang perlu kamu ketahui.

Simak penjelasan lengkapnya!

1. Taboo

Untuk jenis ini, buzz marketing menggunakan subjek yang kontroversial dan bertujuan menghasilkan objek, agar membuat audiens jadi ikut berbicara. Namun, strategi jenis ini memiliki risiko, yaitu berupa reaksi yang negatif dari audiens. 

2. Outrageous

Jenis strategi pemasaran buzzer ini adalah dengan memberikan subjek yang sifatnya mengejutkan audiens. Jadi, dalam proses kampanye marketingnya, Outrageous lebih menekan ke arah sesuatu yang kesannya mengejutkan. 

Tujuannya sendiri agar audiens penasaran akan kejutan tersebut, kemudian mencari tahu lebih dalam tentang brand atau produk yang kamu iklankan.

3. Hilarious

Hilarious adalah strategi buzzer yang mengandalkan unsur komedi dalam subjek iklannya. Dengan unsur komedi yang lucu ini, maka diharapkan audiens menjadi tertarik dengan kesan santai dari brand tersebut.

Selain itu, Hilarious dalam buzz marketing adalah teknik yang tidak memiliki risiko yang negatif di mata audiens. Jadi, jenis ini sangat efektif untuk proses branding, karena audiens jadi lebih mudah mengenal identitas brand tersebut.

4. Secret

Sesuai dengan namanya, strategi buzzer ini lebih mengedepankan aspek rahasia yang tersimpan dalam brand atau produk yang kamu tawarkan. Tujuannya, agar audiens atau konsumen jadi penasaran terhadap apa yang terdapat di dalam rahasia tersebut.

Dengan mengedepankan unsur secret ini, pastinya audiens akan bertanya-tanya dan penasaran untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang produk atau brand yang menyimpan rahasia tersebut.

5. Unusual

Jenis strategi terakhir dari buzz marketing adalah Unusual. Singkatnya, Unusual adalah teknik promosi yang mengedepankan unsur unik produk sebagai objek utama. 

Jadi, brand atau produk akan menggambarkan sesuatu yang berbeda, agar audiens penasaran tentang keunikan yang tersimpan dalam brand atau produk tersebut.

Manfaat Buzz Marketing Bagi Bisnis

Setelah mengetahui apa itu buzz marketing, serta jenis-jenis strategi pemasarannya, berikut ini adalah 5 manfaat dari strategi buzzer bagi kepentingan bisnis:

1. Promosi Lebih Menekan ke Hati Audiens

Salah satu manfaat strategi pemasaran buzzer ini, yaitu promosi atau iklan yang lebih menarik ke hati dan perasaan audiens. Dengan promosi yang langsung menekan ke hati audiens ini, tentunya peluang audiens untuk melakukan call to actions dalam pembelian produk menjadi lebih tinggi.

Pasalnya, promosi yang kamu lakukan dengan buzz marketing ini lebih mengedepankan teknik yang menyasar ke arah perasaan audiens. Hal ini lah yang membuat audiens nantinya semakin yakin terhadap produk yang kamu tawarkan.

2. Biaya Promosi Lebih Murah

Buzz marketing adalah strategi pemasaran digital yang memiliki biaya promosi yang relatif murah. Karena pada penerapannya, buzzer lebih mengandalkan konsumen sebagai subjek utama yang bertujuan meyakinkan konsumen lain akan produk yang kamu tawarkan.

Hasilnya, selain promosi yang langsung menekan ke arah perasaan audiens, strategi ini juga akan menghemat dan menekan biaya promosi. Jika kamu bandingkan dengan teknik digital marketing, buzzer jauh lebih hemat, karena subjek yang kamu gunakan lebih sederhana.

3. Akses Mudah

Manfaat buzz marketing bagi keperluan bisnis selanjutnya, yaitu aksesnya yang sangat mudah. Jika kamu menggunakan strategi pemasaran lain, terlebih lagi yang konvensional, maka akan sulit untuk terakses. Terutama oleh usaha mikro kecil, karena biaya operasionalnya yang mahal.

Namun, hal ini sangat berbeda dengan strategi buzzer yang mampu mencakup seluruh aspek pelaku bisnis, baik itu besar maupun kecil. Jadi, jika saat ini kamu sedang mengembangkan bisnis skala kecil, mungkin kamu bisa menggunakan strategi pemasaran ini, karena aksesnya yang mudah.

4. Feedback Audiens Lebih Tinggi

Karena menerapkan konsep audiens sebagai subjek dan objek utama, maka feedback yang akan kamu dapatkan menjadi lebih tinggi. Karena audiens akan melihat pengalaman konsumen yang memberikan feedback bagus terhadap produk yang kamu tawarkan tersebut.

Selain itu, audiens juga akan merasa yakin bahwa produk yang kamu tawarkan ini memiliki kualitas bagus, lewat testimoni dari konsumen. Jadi, hasilnya tentu saja audiens atau calon konsumen baru akan berpotensi tinggi untuk membeli produk tersebut.

5. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Strategi pemasaran buzz marketing adalah teknik promosi yang memiliki jangkauan pasar serta konsumen jauh lebih luas. Karena konsumen lain akan terus menyebarkan feedback produk atau brand yang kamu tawarkan. Hasilnya, tentu saja produk tersebut semakin tersebar luas di kalangan konsumen baru.

Bahkan, penyebarannya juga bisa mencakup calon konsumen yang bukan merupakan target pasar. Jadi, produk kamu ini lebih dikenal oleh masyarakat luas nantinya.

Sudah Tahu Apa Itu Buzz Marketing?

Nah, itu dia penjelasan terkait apa itu buzz marketing, jenisnya, dan manfaatnya bagi perkembangan bisnis.

Pada dasarnya, buzz marketing adalah teknik pemasaran yang tujuannya menarik audiens dengan menerapkan konsumen sebagai subjek utama dan menghasilkan feedback yang jauh lebih tinggi.

Sehingga jika kamu semakin paham istilah-istilah dalam marketing maka akan lebih nyaman lagi saat menjalankannya.

Semoga berhasil!


Temukan inspirasi lainnya tentang influencer marketing, social media influencer dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password