Tips Mengelola Budget Content Marketing Agar Lebih Efektif

budget content marekting

Mengelola budget content marketing menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang.

Terutama mereka yang baru saja terjun dalam bidang ini.

Namun, tahukah kamu jika bisnis bisa mencapai kesuksesan tentu dengan strategi pemasaran produk yang tepat?

Itu sebabnya mengelola serta memaksimalkan budget supaya lebih efektif penting untuk dilakukan.

Tips Mengelola Budget Content Marketing

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengelola budget content marketing agar lebih maksimal.

Simak bersama, ya!

1. Ketahui Prioritas Bisnis

Sebelum mengelola budget content marekting, kamu perlu mengetahui seluruh pengeluaran yang akan dibutuhkan perusahaan terlebih dahulu.

Catat berapa biaya peralatan, operasional, personel, dan biaya lainnya.

Jika sudah mengetahui besarnya, kamu bisa mulai memperkirakan budget untuk proses marketing.

Pada umumnya, untuk kelas bisnis kecil hingga menengah, perusahaan menyisihkan budget mulai dari 5% hingga 10% dari pendapatan untuk melakukan kegiatan pemasaran.

2. Pahami Tujuan Pengelolaan Budget Marketing

Setiap perusahaan tentu memiliki tujuan pemasaran yang berbeda untuk bisnisnya, sehingga pengelolaan budget content marekting juga akan berbeda.

Sehingga jika kamu ingin proses marketing berjalan sukses, mulailah untuk memahami apa saja kebutuhan perusahaan. 

Lalu, cari tahu hal apa saja yang ingin perusahaan capai dari budget content marketing yang kamu persiapkan.

Biasanya, perusahaan baru memiliki tujuan marketing yang berbeda dengan perusahaan yang sudah berdiri sejak lama.

Perusahaan baru cenderung mengeluarkan banyak dana untuk kegiatan pemasaran agar produk bisnis lebih terkenal di kalangan masyarakat. Singkatnya, upaya ini bisa kamu sebut dengan istilah brand awareness.

Jika perusahaan kamu masih baru, maka kamu harus fokus pada proses marketing untuk sarana branding produk kepada masyarakat terlebih dahulu.

Jadi, bukan hanya bertujuan agar produk bisnis bisa laris terjual.

Baca Juga:   Strategi Digital Marketing Yang Perlu Kamu Coba Saat Ini

3. Ketahui Target Market

Sebelum menentukan budget content marekting untuk kegiatan pemasaran, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu siapa saja yang akan menjadi target pasar dalam bisnismu.

Misalnya anak muda, anak sekolah, atau mahasiswa, tentu strategi pemasarannya pun tidak akan sama dengan target market kalangan orang tua.

Jika targetnya anak muda, manfaatkan media sosial sebagai tempat promosi produk melalui konten yang menarik. Sedangkan untuk orang tua, biasanya lebih jarang mengakses media sosial, sehingga promosi harus kamu lakukan dengan cara lain.

Misalnya, demo produk pada acara perkumpulan anggota RT. 

Pasalnya, mengetahui siapa saja target pasar bisnis adalah hal paling penting yang bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam menentukan budget content marketing.

4. Tentukan Strategi Marketing

Setelah kamu menentukan siapa saja target pasar dari proses promosi, maka selanjutnya tentukan strategi untuk mencapai target tersebut.

Jika target pasar kamu adalah anak muda, maka gunakan strategi content dengan membuat akun media sosial dan halaman blog pada website perusahaan.

Kamu bisa memasang iklan baik secara online maupun offline dengan menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan finansial perusahaan.

Strategi marketing akan menentukan seberapa besar budget content marekting yang kamu butuhkan, sehingga kamu harus menentukannya dengan cermat agar biaya pengeluarannya tepat guna dan tepat sasaran.

5. Buatlah Lembar Kerja Anggaran

Sama seperti rencana anggaran, kamu juga harus membuat lembar kerja tersendiri untuk anggaran proses marketing. Buatlah menggunakan Excel untuk memonitor progres keluar masuknya anggaran. 

Kamu bisa menduplikasi template rencana marketing dan menambahkan kolom elemen biaya yang meliputi bulan, besar pengeluaran, dan sisa budget.

6. Gunakan Software Manajemen Biaya

Agar pengelolaan budget content marekting lebih mudah, kamu bisa memanfaatkan teknologi dengan menggunakan sistem pembayaran berupa software, aplikasi, atau layanan digital lainnya yang sekiranya paling cocok dengan strategi pemasaran perusahaanmu.

Asalkan, aplikasi tersebut bisa kamu gunakan untuk mengelola budget content marketing dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia. Hal ini sangat memudahkan kamu untuk memantau penggunaan budget proses marketing.

7. Gunakan Kartu Korporat atau Kartu Virtual

Agar budget content marekting tidak sampai melebihi yang kamu rencanakan, gunakanlah kartu virtual atau kartu korporat.

Baca Juga:   Rekomendasi Podcast Spotify Lokal, Cocok untuk Menemanimu!

Kartu ini sangat cocok untuk memudahkan tim marketing dalam melakukan pembayaran langganan SaaS dan software manajemen biaya.

Kegiatan marketing khususnya di era digital ini biasanya membutuhkan dukungan inovasi dan teknologi terkini agar bisa berjalan lebih optimal.

Contohnya, saat kamu ingin mengoptimalkan SEO website perusahaan, maka kamu membutuhkan alat bantu seperti SEO monitor atau Ahrefs. Alat bantu inilah yang bernama layanan SaaS.

Penggunaan layanan SaaS (Software as a Service) memang perlu biaya langganan setiap periode tertentu dan akan secara otomatis memotong dana dari kartu kredit.

Oleh karena itu, kamu wajib mempunyai kartu korporat atau kartu virtual demi kelancaran pengelolaan budget dalam menjalankan strategi content marketing.

Namun jika bisnis kamu masih berskala kecil atau menengah, mungkin kartu korporat masih sulit untuk kamu gunakan.

Solusinya, kamu bisa memanfaatkan fitur/fungsi kartu debit virtual yang tersedia dalam suatu layanan/software pengelolaan budget marketing andalanmu.

Dengan adanya kemudahan layanan tersebut, kamu lebih mudah untuk menetapkan limit biaya langganan SaaS sehingga tidak terjadi over budget dalam kegiatan marketing

Selain itu, penggunaannya juga lebih mudah dilacak karena beberapa software manajemen budget memiliki dashboard akan menampilkan setiap jenis transaksi atau pembayaran secara real time.

Keuntungan lainnya yaitu bisa memudahkan pekerjaan tim keuangan dan akuntansi, karena setiap transaksi pembayaran secara otomatis akan tercatat langsung ke software akuntansi.

8. Pastikan Memiliki Sumber Daya yang Tepat

Sumber daya dalam suatu bisnis tidak hanya berupa uang, tetapi juga sumber daya manusia atau para karyawan.

Pembuat konten, pengembang website, desainer grafis, konsultan, dan staff lain, semua harus berperan dalam proses marketing.

Kegiatan marketing akan berjalan lebih lancar jika semua karyawan yang berkompeten ikut terjun dalam proses promosi.

Karyawan bebas berkreativitas dengan caranya untuk promosi produk, misalnya dengan memposting konten produk pada media sosialnya atau melakukan promosi dengan menyebar brosur di jalanan.

Oleh sebab itu, kamu perlu membuat anggaran untuk sumber daya manusia yang ikut dalam kegiatan promosi tersebut. Jadi anggaran tidak hanya digunakan untuk biaya produksi saja.

Baca Juga:   11 Travel Vlogger Indonesia Populer, Inspiratif untuk Liburan!

9. Evaluasi Kegiatan Marketing

Setiap strategi pemasaran yang kamu jalankan bersama para staff perusahaan tentu memerlukan evaluasi.

Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah strategi atau budget content marketing masih perlu ada perbaikan atau cukup dipertahankan saja.. 

Pada proses evaluasi ini kamu bisa melakukan aspek perbaikan apa saja mulai dari sisi sumber daya manusia maupun proses pembuatan konten atau iklan produk. 

Misalnya, cari tahu apa saja konten yang memberi dampak positif, bagian mana saja yang perlu kamu perbaiki, dan melakukan upaya meningkatkan kualitas konten.

Selebihnya, kamu bisa berkonsultasi kepada ahli terkait agar mendapatkan feedback positif atau penyegaran inspirasi baru.

Setelah evaluasi, kamu juga harus selalu update terhadap perkembangan dunia konten atau iklan.

Lalu sesuaikan juga dengan rencana budget content marketing yang mungkin akan semakin bertambah pengeluaran seiring berkembangnya zaman.

Yuk, Kelola Budget Content Marketing dengan Tepat!

Memahami proses strategi marketing sangat penting bagi setiap pengusaha untuk meningkatkan performa bisnisnya.

Nah, buat kamu yang sedang menjalani atau memulai bisnis, informasi pada artikel ini sudah menjelaskan berbagai tips untuk mengelola budget content marekting.

Yuk segera saja terapkan pada bisnismu!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing dan lain-lain hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password