Apa itu Brand Awareness? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

Apa itu Brand Awareness - Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

Salah satu hal yang penting agar bisnis bisa berjalan dengan sukses adalah brand awareness. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai apa itu brand awareness dan juga artinya. Simak selengkapnya berikut ini! 

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness terdiri dari dua kata yaitu brand dan awareness. Jika kamu mengartikan setiap katanya, maka brand sendiri merupakan merek dan awareness merupakan kesadaran. Nah, apa arti dari kesadaran merek itu sendiri?

Kesadaran merek merupakan suatu indikator yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat dalam mengenal suatu merek sehingga masyarakat akan menghubungkan merek tersebut dengan produk lain yang serupa. 

Misalnya seperti merek Aqua sebagai merek sebuah produk air mineral. Merek tersebut sangat identik dengan air mineral itu sendiri. Sehingga, orang orang secara tidak sadar akan menyebut semua minuman air mineral dengan sebutan Aqua.

Adanya kesadaran merek sendiri akan sangat mempengaruhi bagaimana penjualan dan pemasaran dari suatu produk nantinya. 

Pada saat kesadaran merek suatu produk sangat tinggi, tentunya kamu bisa dengan mudah memasarkan produk tersebut karena masyarakat sudah mengenalnya dan hanya perlu meyakinkan mereka untuk menggunakan produk itu.

Biasanya, brand awareness akan muncul pada saat seseorang berbelanja suatu produk di supermarket. Misalnya di sebuah supermarket, seseorang ingin mencari mie instan. Nah, saat mereka tidak mengetahui di mana letak rak mie instan, mereka akan bertanya kepada petugas supermarket.

Pertanyaan yang mereka lontarkan biasanya juga langsung merujuk ke sebuah merek. Contohnya “mas, letak indomie di mana ya mas?” dan petugas supermarket akan langsung paham bahwa orang itu bermaksud mencari mie instan, tidak hanya yang ber-merek indomie.

Selain itu, sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan adanya kesadaran merek ini. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya berikut ini!

Manfaat Brand Awareness

Beberapa manfaat dari adanya kesadaran merek adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaan Merek

Sesuai namanya, kesadaran merek ini akan meningkatkan masyarakat dalam menyadari keberadaan suatu merek. Biasanya, kamu perlu menggunakan suatu hal yang menarik dan berbeda untuk bisa meningkatkan kesadaran merek ini. Misalnya seperti penggunaan logo yang unik, nama brand yang menarik, dan lain sebagainya.

Ketika kesadaran terhadap merek produk mu ini meningkat di masyarakat, maka mereka akan selalu mengingat dan mengaitkan produk apapun yang mirip, dengan merek mu ini.

Hal ini tentunya akan berdampak positif terhadap bisnis kamu nantinya. Kesadaran merek yang meningkat ini akan menyebabkan orang-orang cenderung lebih memilih untuk menggunakan produk dengan merek yang mereka kenal daripada merek yang kurang terkenal.

2. Meningkatkan Nilai Jual

Sebuah branding bisa dikatakan sukses saat brand awareness suatu produk bisa meningkat. Selain itu, patokan sukses juga bisa kamu ketahui berdasarkan seberapa bagus efeknya terhadap pertumbuhan dari nilai jual produk tersebut.

Saat sebuah produk memiliki nama yang besar namun terkenal dengan hal yang buruk, maka nilai jualnya juga akan terus menurun. Hal ini merupakan contoh brand awareness yang belum termasuk ke dalam kategori sukses. Contohnya seperti platform binomo yang saat ini sedang ramai dan sudah terkenal di mana-mana.

Baca Juga:   Apa itu ROAS? Pengertian, Cara Menghitung, dan Tips Meningkatkannya

Sedangkan ketika sebuah produk memiliki nama yang besar dan terus mengalami pertumbuhan nilai jual, maka ini termasuk ke dalam kesadaran merek yang berhasil. Contohnya seperti merek smartphone iPhone yang kualitas dan nilai jualnya semakin meningkat dari waktu ke waktu.

3. Sebagai Bentuk Kepercayaan

Brand awareness juga memiliki manfaat dalam membangun kepercayaan di masyarakat. Saat brand atau merek milik kamu memiliki nama yang besar, maka orang-orang akan percaya dengan kualitas yang kamu hadirkan. Hal ini bisa terjadi saat kamu mampu melakukan branding dengan sangat baik.

Selain dari sudut pandang konsumen, kepercayaan juga akan terbentuk bagi para investor. Ketika perusahaan mu mampu melahirkan kesadaran merek yang bagus, investor akan percaya untuk menggelontorkan dana mereka dan berinvestasi di bisnis yang kamu jalankan ini.

Dana dari investor tersebut tentunya akan sangat membantumu dalam menjalankan semua  kegiatan operasional dari perusahaan milik kamu. Namun, hal ini harus kamu manfaatkan sebaik mungkin agar tingkat kepercayaan investor akan semakin meningkat nantinya.

4. Brand Awareness Mampu Menciptakan Asosiasi

Selanjutnya, suatu asosiasi bisa terbentuk apabila sebuah produk memiliki kesadaran merek yang sangat bagus. Biasanya, orang-orang akan membentuk suatu perkumpulan di mana anggotanya adalah pengguna dari sebuah merek tersebut.

Nah, hal ini akan menjadi berita bagus bagi sebuah bisnis. Adanya asosiasi semacam itu, akan membuat produk tersebut menjadi terus berkembang. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga bisa melihat dan mengetahui apa saja hal yang mereka keluhkan sehingga kamu bisa memperbaiki kualitas produk itu kedepannya.

Sayangnya, manfaat yang satu ini terbilang cukup sulit untuk kamu capai. Kamu memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk bisa mendapatkannya. Contoh dari beberapa produk atau merek yang mampu mencapai manfaat yang satu ini adalah seperti Google, Xiaomi, Xerox, dan lain sebagainya.

Cara Membangun Brand Awareness

Bagaimana? Manfaat dari kesadaran merek sendiri sangat banyak, bukan?

Mengetahui hal itu, tentunya kamu pasti menjadi semakin tertarik untuk segera menerapkan hal yang satu ini pada bisnis milik kamu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara membangun kesadaran merek. Antara lain:

1. Membuat Akun Bisnis di Media Sosial

Media sosial merupakan hal yang banyak orang-orang gunakan pada saat ini. Nah, kamu bisa memanfaatkan kepopuleran media sosial itu sendiri untuk membangun brand awareness pada bisnis milik kamu.

Salah satu hal yang bisa kamu fokuskan saat menggunakan media sosial untuk membangun kesadaran merek adalah brand experience. Apa itu brand experience?

Brand experience sendiri merupakan pengalaman yang konsumen rasakan saat mereka menggunakan atau membeli produk dari bisnis milik kamu itu. Nah, kamu bisa memaksimalkan brand experience itu sendiri dengan menggunakan media sosial.

Hal ini karena dengan menggunakan media sosial, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin, tentunya konsumen akan semakin nyaman saat menggunakan produk milik kamu. Nah, hal ini bisa meningkatkan brand experience itu sendiri.

Meningkatnya brand experience tentunya juga akan membuat kesadaran merek juga ikut meningkat. Hal ini bisa kamu capai dengan mudah saat kamu mampu mengelola media sosial sebaik mungkin.

Pengelolaan media sosial sendiri mulai dari tingkat keaktifannya, seberapa interaktif postingannya, seberapa relevan postingannya, dan lain sebagainya. Sayangnya, pengelolaan media sosial sendiri seringkali memakan waktu yang tidak sedikit.

Baca Juga:   Hashtag Adalah Strategi Terbaik Meningkatkan Branding, Berikut Tipsnya!

Untuk itu, kamu bisa menggunakan beberapa tools manajemen media sosial yang tentunya akan sangat membantumu dalam melakukan pengelolaan akun media sosial. Contohnya adalah seperti tools bernama Hootsuite.

Dengan memaksimalkan pengelolaan media sosial, kamu bisa dengan cepat meningkatkan brand awareness. Sehingga kamu bisa segera merasakan manfaat yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya.  

2. Menerapkan Content Marketing

Selanjutnya brand awareness juga bisa kamu bangun dengan cara menerapkan content marketing. Dalam melakukan hal ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Contohnya seperti seberapa menarik dan juga relevan konten yang kamu buat terhadap produk dan target konsumen mu.

Kamu harus bisa menunjukkan bahwa kamu memanglah seorang yang sudah ahli di bidang yang ingin kamu geluti. Jangan sampai kamu ragu dengan kualitas produk yang ingin kamu bahas. Dengan begitu, orang-orang juga akan menjadi semakin percaya dan yakin untuk menggunakan produk milikmu.

Kemudian konten marketing tidak harus selalu memaksakan orang-orang untuk membeli dan menggunakan produk milikmu. Kamu hanya perlu memberikan informasi kepada mereka mengenai apa saja kelebihan dari produk milik kamu ini. 

Pastikan kamu menuliskan kelebihan yang sangat menarik dan berpotensi untuk menyelesaikan permasalahan dari target konsumen. Dengan begitu, mereka akan menyadari bahwa produk mu inilah yang akan menjadi jawaban dari masalah yang sedang mereka hadapi saat ini.

Untuk bisa membangun brand awareness, kamu tidak hanya bisa menyajikan konten berupa artikel saja. Kamu bisa menggunakan media lain seperti video, gambar, dan media lainnya yang kamu rasa lebih menarik. 

Dengan keberagaman jenis penyajian ini, orang-orang juga tidak akan merasa jenuh dan tidak merasa bosan saat menikmati konten yang kamu sajikan.

3. Bekerja Sama dengan Influencer

Brand awareness juga bisa kamu bangun dengan cara lainnya. Salah satunya adalah menjalin kerja sama dengan para influencer. Influencer merupakan seseorang yang memiliki pengaruh yang cukup besar untuk meningkatkan kepercayaan para konsumen.

Ada berbagai macam jenis influencer. Misalnya seperti influencer yang aktif di instagram, facebook, youtube, bahkan di tiktok. Nah, kamu bisa memilih influencer mana yang sekiranya sesuai dengan target konsumen dari produk milik kamu ini.

Pemilihan influencer ini juga sangat berpengaruh nantinya terhadap keefektifan marketing yang kamu lakukan.  Semakin relevan influencer tersebut dengan produk milik kamu, maka akan semakin efektif juga marketing dan juga kesadaran merek yang akan kamu dapatkan.

Contohnya apabila kamu memiliki sebuah produk makanan, maka akan relevan apabila kamu menjadikan youtuber reviewer makanan sebagai influencer dari produk tersebut.

Namun, akan menjadi kurang relevan lagi apabila kamu memilih influencer youtuber gaming. Hal ini karena penilaian dari youtuber reviewer makanan terhadap produk makanan, akan lebih meyakinkan dari penilaian seorang youtuber gaming.

Berdasarkan sebuah survey, terdapat sebuah data yang menunjukkan bahwa influencer mampu meningkatkan brand awareness hingga 76%. Selain itu, juga terjadi peningkatan jumlah konsumen baru sebanyak 71% setelah sebuah usaha bekerja sama dengan influencer untuk memperkenalkan produk mereka ini.

4. Mengadakan Event  

Kemudian kamu juga bisa meningkatkan brand awareness dengan mengadakan event. Dalam hal ini, event yang dimaksud adalah live event dimana kamu akan memperkenalkan sebuah produk dan menonjolkan berbagai kelebihannya. Bisa jadi seperti event launching produk terbaru, pameran produk, dan lain sebagainya.

Dengan adanya event semacam ini, kamu bisa menunjukkan seberapa bagus kualitas dari produk brand milik mu. Selain itu, event juga bisa meningkatkan kepercayaan konsumen untuk terus menggunakan produk tersebut.

Baca Juga:   7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Influencer dan Alasannya

Live event juga terbukti mampu meningkatkan jumlah pelanggan secara signifikan. Misalnya ketika kamu mengadakan event di sebuah mall, maka pengunjung mall yang tadinya tidak mengetahui brand tersebut, akan mulai penasaran dan tertarik untuk mencari tahu lebih dalam terkait brand itu.

Meskipun memang membutuhkan biaya yang cukup besar, tapi cara yang satu ini merupakan cara yang sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan seluruh orang yang hadir di event itu. 

Dengan begitu, kamu bisa lebih memastikan seperti apa respon orang-orang nantinya terhadap produk yang kamu tawarkan.

5. Memberikan Sponsorship untuk Event

Jika kamu merasa bahwa mengadakan suatu event akan memakan biaya yang sangat besar, maka kamu bisa menggunakan alternatif yang satu ini. Kamu bisa mengeluarkan sejumlah dana untuk memberikan sponsorship ke sebuah event. 

Dengan memberikan sponsorship, brand milik kamu juga akan ikut menjadi bagian dari event tersebut. Meskipun tidak sebesar memiliki event sendiri, tapi hal ini juga mampu memberikan efek yang bagus terhadap brand awareness mu.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua event cocok untuk kamu sponsori. Pastikan event tersebut masih berkaitan dengan brand milik kamu. Hal ini berkaitan dengan target audience yang akan hadir di event tersebut.

Saat sebuah event menargetkan audience dengan minatnya dalam hal memasak, maka tidak akan cocok apabila kamu menjadi sponsorship nya ketika brand mu berkaitan dengan sparepart otomotif. Akan menjadi lebih efektif nantinya jika brand sparepart otomotif itu memberikan sponsorship ke event pameran sepeda motor.

Cara Mengukur Brand Awareness

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara membangun kesadaran merek ini, tentunya kamu juga perlu mengetahui seberapa efektif hasil dari cara yang sudah kamu lakukan. Salah satunya yaitu dengan mengukur tingkat kesadaran merek itu sendiri.

Untuk mengukur tingkat kesadaran merek, kamu bisa melakukan beberapa cara. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengukur Brand Awareness Melalui Survey

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan survey. Survey merupakan salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk mengumpulkan pendapat dari orang-orang terkait brand bisnis milik kamu.

Dengan menggunakan survey ini, kamu bisa mendapatkan banyak data dan mampu menjangkau berbagai daerah. Proses pengisian survey juga biasanya sangat cepat dan pertanyaan yang ada juga sangat sederhana. Sehingga responden juga tidak akan merasa kerepotan saat kamu minta untuk mengisi survey tersebut. 

Memanfaatkan Fitur Analytics Website

Kemudian kamu juga bisa mengetahui tingkat brand awareness dengan menggunakan fitur analytics website. Salah satu tools yang bisa kamu gunakan dalam hal ini adalah seperti Google Analytics.

Google Analytics mampu menyajikan data-data terkait jumlah share, likes, komen, dan berbagai hal lainnya terkait suatu postingan. Kemudian kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi website mu dengan langsung mengetikkan url melalui browser.

Hal-hal semacam itu merupakan indikator yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui tingkat kesadaran merek dari brand milikmu.

Siap Menerapkan Brand Awareness Pada Brand Milik Kamu?

Nah, kurang lebih seperti itu pembahasan mengenai kesadaran merek. Dengan memperhatikan manfaatnya, kamu pasti akan menyadari betapa pentingnya kesadaran merek untuk perkembangan sebuah bisnis.

Untuk itu, segera terapkan kesadaran merek untuk bisnis mu agar kamu bisa segera merasakan berbagai manfaatnya! Tentunya dengan tetap memperhatikan bagaimana cara membangun kesadaran merek pada brand yang benar.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, marketing influencer, social media influencer, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password