Apa Itu Bot Instagram? Beserta Kelebihan dan Risiko Penggunaannya

apa itu bot instagram

Punya bisnis di Instagram? Jika iya, pernahkah kamu merasa kewalahan selama mengelola akun Instagram bisnis? Hal tersebut tentu akan sangat merepotkan jika terus menerus dibiarkan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba salah satu tool pengelola akun otomatis yakni Bot Instagram.

Bot Instagram merupakan tool canggih yang dapat membantu setiap pengguna mengelola akun media sosial Instagram dengan praktis. Tool ini biasanya dipakai oleh para pebisnis online yang sering merasa kewalahan dalam mengurus akun Instagram bisnisnya.

Kewalahan dalam mengelola akun bisnis di Instagram juga dapat menurunkan peforma bisnis. Contohnya, banyak pesan-pesan dari pelanggan yang tak kunjung mendapat respon jawaban. Setiap pelanggan sudah pasti akan merasa kecewa jika upaya interaksinya sering diabaikan.


Apa Itu Bot Instagram?

Secara umum, bot adalah sebuah program atau aplikasi pihak ketiga yang mampu bekerja secara otomatis dalam melakukan suatu hal berdasarkan fungsinya. Bot Instagram sendiri merupakan tool otomatisasi Instagram yang dapat membantu pertumbuhan akun bisnis kamu.

Bot ini merupakan robot virtual dengan basis AI (Artificial Intelligence) atau teknologi kecerdasan buatan yang mampu merespon sesuatu secara otomatis. Tool ini dikenal mampu mengotomatisasikan segala proses interaksi media sosial, penjualan, dan layanan pelanggan agar bisa berjalan lebih efektif. 

Secara garis besar, bot ini mampu berinteraksi dengan para pengguna dan post-post di Instagram secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Kamu tidak perlu lagi melakukan apa-apa dan biarkan Bot Instagram tersebut menjalankan seluruh kegiatan pengelolaan akun.

Tugas kamu hanya memantau dan menargetkan post-post tertentu agar bots tersebut bisa memberikan likes, comment, dan mem-follow akun Instagram lain secara otomatis. Praktis bukan!

Kamu bisa menargetkan post berdasarkan tagar (hashtag) dan nama akun Instagram tertentu yang ingin kamu sasar. Setelah itu, bot Instagram akan melakukan tugas-tugasnya sebagaimana mestinya.

Baca Juga:   Apa Itu YouTube Go? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Penggunaan tool canggih ini memang terlihat sangat memudahkan aktivitas pengelolaan akun Instagram tanpa ribet. Kamu pun juga bisa memanfaatkan banyak alokasi waktu yang lain untuk mengerjakan hal-hal penting lainnya.

Ada banyak jenis layanan bot Instagram yang sudah bermunculan di kalangan pengguna Instagram yakni:

  • FollowLiker
  • Mass Planner
  • Instagress
  • Bot Katalog Instagram
  • Auto Reply atau Autoresponder DM Instagram
  • Robolike
  • Kenji
  • Combin
  • Social Captain 
  • Dan lain-lain

Fitur-Fitur Bot Instagram

Salah satu sistem bot yang kerap dipakai oleh pengguna Instagram bisnis adalah Chatbot. Chatbot merupakan program yang dapat membantu menjawab pesan secara otomatis kepada pelanggan.

Agar bisa bekerja secara efektif dan optimal, bot Instagram ini perlu mengusung fitur-fitur pendukung canggih seperti:

1. Instagram Multi Agents / Users

Fitur pendukung tersebut dapat bertindak sebagai agen atau admin yang mengelola akun Instagram tersebut. Instagram Multi Agent / Users menyediakan banyak pilihan admin atau CS yang dapat menangani banyak permintaan pelanggan secara praktis dan otomatis 

Sehingga tingkat pelayanan bisnis kamu akan semakin meningkat tanpa menguras banyak energi dan waktu. Fitur ini juga bisa kamu gunakan di berbagai jenis perangkat secara sekaligus tanpa perlu memberikan informasi username dan kata sandi asli dari satu akun Instagram tersebut.

2. Instagram Rotator

Fitur yang satu ini berfungsi untuk meneruskan pelanggan yang belum mendapatkan solusi tepat dari bot yang satu ke tim CS lain secara otomatis. Melalui fitur tersebut, tidak akan ada lagi pelanggan bisnis yang merasa terabaikan karena Instagram Rotator dapat melayani semua customer dengan tepat dan cepat.

3. Instagram Auto Reply

Fitur dalam bot Instagram kali ini bertujuan untuk merespon setiap pesan masuk secara otomatis. Dengan fitur Auto Reply atau Autoresponder, kamu dapat mendesain isi pesan otomatis tersebut sesuai kebutuhan bisnis masing-masing.

Misalnya, kamu dapat membuat desain pesan dengan struktur kata sapaan, isi pesan, informasi harga produk, informasi transaksi, pemberian gambar produk, dan masih banyak lagi.

4. Instagram Automation

Fitur kali ini bertugas untuk mengunduh dan menyimpan semua data percakapan termasuk informasi kontak. Seluruh data tersebut akan tersimpan di dalam sistem CRM untuk mempermudah proses pengaksesan jika sewaktu-waktu diperlukan.

Tim marketing atau CS dapat mengakses data tersebut untuk keperluan perkembangan bisnis kedepannya.

Baca Juga:   7 Cara Menjadi Linkedin Influencer untuk Mengembangkan Karir

5. Laporan dan Data Analitik

Bot Instagram setidaknya perlu mengusung fitur laporan dan analitik yang dapat menampilkan data interaksi antara tim CS dengan pelanggannya dalam satu dasbor terintegrasi.

Melalui dasbor tersebut, kamu bisa melihat berbagai jenis informasi mulai dari pencapaian kinerja, tren penjualan, sampai kontak pelanggan. Dengan begitu, kamu bisa menyusun strategi perkembangan bisnis berdasarkan data-data yang ada.

6. Integrasi dengan Aplikasi Media Sosial Lain

Di dalam setiap bisnis, kamu pasti memiliki banyak jenis informasi media komunikasi seperti nomor WhatsApp, Telegram, Facebook, maupun jenis media sosial lainnya. Fitur ini dapat memungkinkan kamu untuk bekerja di berbagai jenis platform bisnis tanpa harus pindah akun atau perangkat.


Kelebihan Bot Instagram

Layaknya jenis aplikasi pihak ketiga lainnya, bot Instagram juga memiliki beberapa sisi positif dan negatif dalam penggunaannya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut.

1. Lebih Praktis

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa keunggulan dari layanan bot ini dapat menawarkan kemudahan dan kepraktisan pengguna dalam mengelola akun Instagram.

Kamu dapat mengerahkan energi lainnya untuk mengurus keperluan lain yang menyangkut hal-hal bisnis penting lainnya.

2. Mampu Merespon Pelanggan dengan Cepat dan Real Time

Kegiatan mengelola akun media sosial secara manual, tentu dapat menguras banyak waktu, pikiran, dan tenaga. Apalagi keperluan menjalankan operasional CS selama 24/7 akan sangat memakan banyak dana untuk membayar seorang admin.

Dengan bantuan bot Instagram, kamu bisa melakukan banyak hal secara sekaligus dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, bot otomatis ini juga mampu melayani permintaan pelanggan secara repetitif sehingga dapat meningkatkan customer experience bisnis.

3. Mengumpulkan Feedback dari Pelanggan

Beberapa jenis bot Instagram dapat memungkinkan kamu untuk menghimpun seluruh feedback dari pelanggan. Bot ini mampu mengajukan beberapa pertanyaan seputar kualitas pelayanan sekaligus dapat mengajak para pelanggan bisnis untuk melakukan bentuk interaksi aktif lainnya.


Kekurangan Bot Instagram

Selain memiliki beberapa macam kelebihan, bukan berarti bot ini terbebas dari beberapa jenis risiko penggunaan. Bot seperti ternyata juga bisa membawa dampak negatif untuk kelangsungan bisnis kamu kedepannya.

Beberapa jenis kekurangan dalam menggunakan bot Instagram antara lain:

1. Hilangnya Kepercayaan Pelanggan terhadap Brand Bisnis Kamu

Salah satu fungsi dari penggunaan bot adalah mampu merespon pesan dan meninggalkan komentar secara otomatis. Sampai sejauh ini, bot belum mampu membuat kata-kata sendiri dan masih bergantung pada ketentuan yang sudah diatur oleh manusia.

Baca Juga:   Apa Itu Ikoy-Ikoy Instagram? Bagaimana Peluang Marketingnya?

Bot biasanya lebih sering meninggalkan komentar seperti ‘Bagus’, ‘Keren’, ‘Nice post’, dan jenis kata-kata umum lainnya. Besar kemungkinannya bahwa otomatisasi ini akan menimbulkan kesalahan fatal yang dapat merugikan brand bisnis kamu.

Misalnya, bot tersebut meninggalkan komentar seperti ‘Baguss’ dalam postingan berita duka. Tentu hal ini akan menjadi malapetaka besar bagi reputasi bisnis. 

Lama kelamaan, pelanggan akan kehilangan respect dan loyalitasnya terhadap bisnis tersebut. Padahal membangun brand di platform media sosial harus diawali dengan membangun kepercayaan konsumen.

2. Hilangnya Engagement dari Followers

Sebagai pebisnis online, kamu tentu lebih suka memiliki pengikut-pengikut manusia asli (bukan bot atau akun-akun palsu). Umumnya, bot hanya akan menarik akun yang dikelola oleh sesama bot juga.

Followers asli umumnya bisa melakukan bentuk-bentuk interaksi berupa menyebarkan bisnis melalui IG Stories, merespon ajakan giveaway, dan bentuk engagement lainnya. Sedangkan bot, tidak bisa melakukan kesemua hal tersebut. 

3. Membahayakan Akun Bisnismu

Penggunaan bot Instagram sebenarnya ilegal dan melanggar ketentuan aplikasi Instagram. Hal ini karena pemakaian sistem bot dapat mengakses seluruh fitur Instagram tanpa mendapat izin resminya.

Aplikasi Instagram mempunyai term and condition tersendiri yang harus dipatuhi oleh seluruh penggunanya. Jika pihaknya menemukan ada tindak pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku, maka pihak Instagram berhak memberikan sanksi.

Melakukan akses Instagram tanpa izin resmi merupakan bentuk pelanggaran yang serius. Jika pengguna menggunakan bot Instagram, maka akun bisnis akan mendapat sanksi berat berupa shadowban atau penutupan akun oleh pihak Instagram.


Kesimpulan

Secara singkat, bot Instagram memang mampu menawarkan pelayanan menarik yakni membantu para pengguna untuk mengelola akun Instagram dengan efektif dan efisien. 

Namun, setelah kamu mengetahui risiko penggunaan sistem bot tersebut, masihkah kamu berani untuk menggunakannya?


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password