Apa itu Blogwalking? Manfaat, Cara dan Tips Melakukannya

Blogwalking Adalah - Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukannya

Bagi kamu yang terjun ke dunia blogger, istilah blogwalking mungkin bukanlah sebuah istilah asing dan mungkin sudah sering kamu dengar. Namun ternyata istilah blogwalking ini hanya ada di Indonesia saja.

Hal tersebut karena ternyata di luar negeri istilah tersebut kurang banyak diketahui oleh banyak orang. Untuk lebih mengenal tentang blogwalking ini, mari kita bahas lebih lanjut lagi tentang blogwalking.

Apa itu Blogwalking?

Secara umum blogwalking adalah sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang dengan mengunjungi sebuah blog dengan tujuan tersendiri. Ada berbagai tujuan dan juga motif seseorang mengunjungi sebuah blog.

Ada yang mengunjungi sebuah blog untuk mencari ide-ide baru bagi konten atau isi dari blog mereka sendiri dan ada juga yang mengunjungi sebuah blog dengan tujuan mempromosikan blog milik mereka sendiri.

Apakah Blogwalking Aman?

Kegiatan blogwalking ini seringkali dianggap sebagai kegiatan yang tidak aman dan bersifat spam. Hal tersebut karena seringkali orang-orang yang meninggalkan komentar hanya meninggalkan link yang kemudian mengarah ke blog mereka.

Jika kamu melakukannya maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi blog kamu. Untuk menghindari hal tersebut, maka tinggalkanlah komentar yang baik dalam sebuah konten pada sebuah blog. Komentar tersebut bisa seperti pujian atau mengajak berdiskusi bagi orang-orang yang berkunjung ke konten tersebut.

Manfaat Blogwalking

Kegiatan blogwalking  ini tentunya memiliki manfaatnya tersendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kegiatan blogwalking yang sering dilakukan oleh para blogger yang ada di Indonesia.

1. Mengembangakan Networking

Manfaat blogwalking yang pertama adalah memperluas atau mengembangkan networking. Hal tersebut dapat terbentuk melalui berbagai komentar yang ada dalam sebuah konten di dalam sebuah blog. 

Kamu bisa memberikan komentar positif untuk mengapresiasi pemilik blog tersebut. Selain itu juga kamu dapat meninggalkan komentar dalam bentuk pertanyaan yang akan memancing pemilik blog dan orang-orang yang membaca komentar kamu untuk menjawab dan berdiskusi lebih lanjut.

Komentar yang ada dalam sebuah konten pada sebuah blog juga bisa kamu gunakan untuk mempromosikan blog milik kamu sendiri. Hal tersebut tentunya akan memberikan keuntungan bagi kamu karena dengan hal tersebut akan semakin banyak orang yang berkunjung ke blog kamu.

2. Memberikan Ide Baru

Manfaat blogwalking yang kedua adalah bisa memberikan ide baru bagi blog milik kamu. Hal tersebut karena tentunya saat kamu mengunjungi sebuah blog, maka akan ada berbagai macam isi dari blog tersebut yang bisa memberikanmu ide untuk blog kamu sendiri.

Untuk mendapatkan ide baru dari sebuah blog lain, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Pertama adalah ketika kamu mengunjungi sebuah blog lain, kamu dapat melihat apa saja isi dari blog tersebut, konten-konten apa saja yang ada dalam blog tersebut dan konten-konten seperti apakah yang paling banyak dibaca dan mendapatkan respon positif dari orang-orang yang berkunjung.

Selanjutnya adalah perhatikan juga bagaimana cara blog tersebut menyampaikan informasi dan juga perhatikan hal unik apa yang membuat banyak orang berkunjung ke blog tersebut.

Setelah melakukan hal tersebut, maka kamu akan mendapatkan ide baru untuk blog kamu. Namun perlu kamu perhatikan agar jangan melakukan duplikasi isi dari konten-konten dalam blog tersebut. Hal tersebut tentunya untuk menjaga kualitas dari blog kamu dan juga menghargai pemilik blog yang kamu kunjungi.

3. Mendapatkan Bantuan

Ketika kamu memiliki sebuah blog, dan mengalami kesulitan maka ada baiknya kamu bertanya dengan sesama pemilik blog. Inilah manfaat lainnya dari kegiatan blogwalking.

Contohnya adalah apabila ada update mengenai hal teknis seperti tools yang digunakan. Ketika kamu mengalami kesulitan untuk menyesuaikan dengan fitur baru tools tersebut, maka kamu dapat bertanya dengan blogger lainnya yang menggunakan tools yang sama.

Contoh lainnya adalah apabila ada sebuah konten yang cukup berbeda dengan yang biasa kamu buat, maka kamu dapat bertanya atau bahkan melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan blogger lainnya.

4. Menjadi Bahan Evaluasi

Manfaat berikutnya dari kegiatan blogwalking adalah menjadi bahan evaluasi blog kamu sendiri. Kamu dapat membandingkan bagaimana blog kamu saat ini dengan beberapa blog lainnya yang sudah sukses.

Dengan semakin banyak dan semakin seringnya kamu mengunjungi blog-blog lain yang sudah sukses, maka kamu akan semakin banyak mendapatkan referensi dan mengetahui hal apa saja yang perlu kamu perbaiki bagi blog kamu.

Kamu bisa membandingkan beberapa hal pada blog-blog lain yang sudah sukses. Hal-hal tersebut adalah seperti pemilihan topik, isi atau materi yang ada ada dalam blog tersebut, gaya bahasa dan cara penyampaian dalam konten pada blog tersebut sampai dengan gambar seperti apa sajakah yang hadir dalam konten pada blog tersebut.

5. Sebagai Bahan Promosi Blog Sendiri

Manfaat terakhir dari kegiatan blogwalking adalah bisa menjadi bahan promosi bagi blog kamu sendiri. Hal yang perlu kamu perhatikan pada poin ini adalah jangan hanya sekedar meninggalkan link yang mengarah ke blog kamu sendiri.

Hal tersebut akan dianggap sebagai spam dan juga kurang bisa menarik perhatian orang-orang yang melihat hal ini. Selain itu juga hal ini bisa berdampak buruk bagi blog kamu karena akan dianggap kurang berkualitas.

Kamu dapat memulai dengan meninggalkan komentar yang bersifat untuk berdiskusi pada sebuah blog. Lalu kemudian seiring berjalannya waktu ketika kamu merasa sudah waktunya kamu melakukan promosi blog kamu, maka kamu dapat melakukannya.

Cara Melakukan Blogwalking

Setelah mengetahui apa itu blogwalking dan juga manfaatnya, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara melakukan blogwalking ini. Cara melakukan kegiatan yang satu ini cukup mudah untuk kamu lakukan. 

Pertama kamu dapat mencari dan memilih blog lain sesuai dengan keinginan kamu. Kamu dapat memilih blog-blog lainnya yang memiliki niche atau sejenis dengan blog kamu namun sudah sukses. Selain memilih blog-blog dengan niche yang sama , kamu juga dapat memilih blog-blog yang sudah memiliki popularitas cukup tinggi serta banyak orang yang membaca blog tersebut.

Selanjutnya adalah kamu dapat meninggalkan komentar pada kolom komentar dari sebuah konten pada blog tersebut. Kamu dapat meninggalkan komentar yang bersifat apresiasi atau membuka pertanyaan untuk berdiskusi bagi orang-orang yang berkunjung ke konten dalam blog tersebut.

Tips Melakukan Blogwalking

Setelah mengetahui beberapa informasi penting mengenai blogwalking mulai dari pengertian, manfaat dan cara melakukannya, ada juga beberapa tips yang perlu kamu ketahui. Berikut ini adalah beberapa tips melakukan blogwalking.

1. Carilah Blog Sejenis

Tips yang pertama adalah mencari blog lain yang sejenis dengan blog kamu. Sebagai contoh, apabila kamu memiliki blog kecantikan atau wisata, maka carilah blog lainnya yang juga membahas kecantikan atau wisata.

Dengan melakukan hal tersebut maka akan lebih mudah bagi kamu meninggalkan komentar yang relevan dalam sebuah konten di blog tersebut. Akan lebih bagus lagi jika kamu meninggalkan komentar dalam sebuah konten yang sudah cukup populer di blog tersebut.

2. Tinggalkan Komentar yang Relevan

Tips melakukan blogwalking  yang berikutnya adalah meninggalkan komentar yang relevan. Tinggalkanlah komentar yang sesuai dengan isi dari sebuah konten yang ada dalam blog tersebut.

Sebagai tambahan, sebaiknya kamu juga membuat komentar yang berbobot dan tidak umum. Komentar yang berbobot dan tidak umum tersebut adalah seperti pembahasan atau pujian terhadap poin yang menarik dalam konten tersebut. Kamu juga dapat membuat pertanyaan yang sesuai dengan isi dari konten tersebut.

3. Pelajari Isi Konten

Tips berikutnya adalah mempelajari isi konten dalam blog tersebut. Kamu dapat mempelajari beberapa hal seperti isi konten tersebut, gaya bahasa yang digunakan dan juga kata kunci atau keyword apa yang digunakan dalam konten tersebut.

Kamu juga dapat melihat bagaimana blog tersebut menyertakan informasi tambahan seperti gambar atau video dalam konten mereka. Selain hal tersebut, kamu juga dapat melihat frekuensi atau seberapa sering blog tersebut menambahkan konten-konten terbaru.

4. Gunakan Identitas yang Jelas

Tips yang terakhir adalah menggunakan identitas yang jelas. Hal ini seringkali lalai atau tidak dilakukan oleh orang-orang yang meninggalkan komentar pada sebuah konten dalam sebuah blog.

Hal tersebut akan sangat disayangkan terutama jika tujuanmu adalah untuk mempromosikan blog kamu sendiri. Dengan identitas yang jelas maka akan semakin meningkatkan kesempatan orang lain untuk melihat komentar kamu dan bahkan memberikan pendapat mereka.

Siap untuk Melakukan Blogwalking?

Itulah informasi lengkap mengenai kegiatan blogwalking yang sering dilakukan oleh para blogger termasuk oleh para blogger di Indonesia. Kegiatan yang satu ini sudah tidak asing lagi dan pasti banyak dilakukan oleh para blogger.

Dengan melakukan kegiatan yang satu ini dengan konsisten dan benar, maka seiring berjalannya waktu blog kamu sendiri akan semakin banyak orang-orang yang mengunjunginya. Semoga informasi lengkap ini bermanfaat untuk kamu dan blog kamu.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, social media influencer, blogger influencer, hingga marketing influencer hanya di influencer101.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password