Bisnis Edho Zell: Dari YouTuber Menjadi Pebisnis

Bisnis Edho Zell - Dari YouTuber Menjadi Pebisnis

Bisnis Edho Zell di dunia pemasaran hingga kuliner berkembang pesat. Cabangnya sudah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Bahkan saat ini, bisnis kulinernya sudah membuka kesempatan franchise untuk masyarakat umum.

Namun jauh sebelum kesuksesannya saat ini, Edho, sapaan akrabnya, telah mengalami jatuh bangun. Dari tinggal sendirian di Jakarta, menjadi YouTuber, hingga saat ini memiliki bisnis sukses. Simak berikut perjalanan hidup Edho Zell sebagai seorang pebisnis yang bisa menginspirasimu.

Tinggal Sendiri di Jakarta dan Bisnis Parfum

Di balik kesuksesan bisnis Edho Zell, ada usaha yang tanpa henti dari dirinya. Pria kelahiran 1986 ini sudah mulai hidup dengan berbisnis sejak SMA.

Orang tua Edho memutuskan untuk berpisah ketika Ia masih kecil. Ia bahkan tidak tahu siapa sosok ayah kandungnya. Saat SMA, sang Ibu memutuskan untuk melanjutkan hidup dengan menikah lagi lalu pindah ke Papua. Alih-alih ikut ke Papua, Edho lebih memilih untuk tetap tinggal di Jakarta.

Meskipun masih remaja, Ia sudah berani bertanggung jawab sepenuhnya terhadap hidupnya sendiri. Ia menyewa sebuah kamar kost kecil berdinding triplek di tempat yang cukup kumuh, di dekat kali.

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, Ia memutuskan untuk berjualan parfum. Tidak hanya itu, Ia juga mendapatkan upah 16 ribu sehari dengan menjadi penjaga warnet. Meskipun ngepas, namun setidaknya uang yang Ia dapatkan bisa membantunya untuk bertahan hidup.

Saat jam makan siang, Ia akan membeli makanan di warteg. Ia bisa mendapatkan makanan dengan harga yang cukup murah dan porsi yang banyak. Untuk makan malam, Ia mengandalkan kebaikan teman-temannya. Edho akan menumpang makan malam di rumah mereka.

Bisnis Edho Zell: Kursus Modern Dance

Edho adalah seorang yang berbakat dan dapat memanfaatkannya dengan baik. Terbukti, Ia berhasil mendapatkan rupiah dari bakatnya, yaitu menari. Saat SMA, Ia mengikuti ekstrakurikuler breakdance.

Baca Juga:   Bisnis Tasya Farasya yang Sangat Sukses di Indonesia

Setelah lulus, Ia berhasil menjadi pelatih modern dance dengan penghasilan yang cukup besar kala itu, yakni sekitar 3 hingga 7 juta rupiah. Tidak hanya menjual jasa melatih, Ia juga aktif menjadi MC di berbagai  acara ulang tahun.

Usahanya masa itu membuahkan hasil yang baik. Ia bisa pindah ke tempat kost yang lebih layak. Bahkan Ia berhasil melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi di London School of Public Relations.

Awal Mula Jadi YouTuber

Tahukah kamu, sebelum bisnis Edho Zell besar seperti sekarang ini, Ia pernah tinggal di Jepang? Ia pergi ke Negeri Sakura tersebut dengan bermodal nekad untuk kehidupan yang lebih baik. Namun impiannya ternyata belum bisa tercapai dengan pergi ke sana. Akhirnya Ia kembali ke tanah air dan mencoba peruntungan untuk menjadi model iklan.

Ternyata menjadi model iklan juga bukan jalannya untuk mencapai kehidupan ekonomi lebih baik. Ia ditolak oleh berbagai agensi. Seolah semua nasib buruk menghampirinya, kekasih Edho meninggalkan dirinya menjelang foto prewedding.

Meskipun sempat terpuruk, Ia mencoba untuk kembali bangkit. Terinspirasi dari video viral Sinta dan Jojo, Edho juga mencoba membuat sebuah video dan mengunggahnya ke kanal YouTube nya.

Berkarya di YouTube ternyata tidak semudah yang Ia bayangkan. Video yang Ia buat tidak kunjung viral seperti video Keong Racun yang kala itu meledak di Indonesia.

Akan tetapi hal tersebut tidak membuatnya berhenti untuk membuat karya. Tidak heran bukan mengapa bisnis Edho Zell bisa sukses? Ya, karena Edho memiliki mental yang tidak mudah menyerah, mental yang harus dimiliki oleh pebisnis.

Setelah konsisten mengunggah video, Edho mulai mendapatkan perhatian pengguna YouTube. Videonya mulai ramai penonton dan Ia mendapatkan penggemar.

Bahkan pihak YouTube menawarinya pelatihan membuat video agar kualitas karyanya di aplikasi tersebut semakin bagus. Tahun 2022 ini, subscriber nya telah mencapai 3,8juta akun. Menjadikannya sebagai salah satu influencer besar di tanah air.

Sayangnya, 2020 lalu, Ia mengumumkan berhenti untuk membuat konten di YouTube. Namun Ia masih aktif menyapa penggemarnya di Instagram @edhozell.

Bisnis Edho Zell di Bidang Kuliner

Edho Zell ternyata memiliki rencana besar pasca meninggalkan YouTube. Ia mulai menekuni beberapa bidang bisnis, salah satunya adalah kuliner.

Baca Juga:   Pelajari Strategi Marketing Arief Muhammad yang Selalu Viral

Dimulai dengan Nyapii, Edho melangkahkan kakinya ke dunia kuliner. Nyapii adalah restoran cepat saji yang menyediakan daging sapi asap khas Nusa Tenggara Timur. Saat peluncuran nya, begitu banyak influencer yang ikut mempromosikannya.

Menurut beberapa sumber, Nyapii adalah hasil kolaborasi Edho dengan grup Baba Rafi. Pasti kamu sudah tidak asing dengan nama tersebut, bukan? Grup bisnis kuliner yang terkenal dengan kebab lezatnya.

Saat ini, Nyapii sudah memiliki sekitar 70 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk franchise, kamu harus menyiapkan dana minimal 300 juta rupiah. Tim Nyapii akan memberikan dua penawaran, yaitu tipe regular dan tipe autopilot.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bermitra dengan Nyapii seperti konsultasi dan pemasaran. Dengan nama yang sudah besar, tentu kamu lebih mudah menjalankan bisnis mu.

Tidak hanya Nyapii, ada bisnis Edho Zell di bidang kuliner yang lain yaitu Sibeku. Usaha ini Ia mulai sejak tahun 2021 lalu. Melalui Sibeku, Edho menjual daging sapi beku kualitas premium. Wah, usaha kulinernya selalu berkaitan dengan daging, ya?

Daging sapi yang Ia tawarkan bisa untuk bermacam-macam masakan, seperi rendang, sop, dan barbeque. Pembeliannya dapat dilakukan secara online melalui Tokopedia, Shopee, hingga Blibli.

Mendirikan Sekolah E-Sport

Bukan Edho Zell kalau tidak hadir denga ide cemerlang. Dengan perkembangan pesat e-sport yang mengiringi kemajuan teknologi, Ia mengambil kesempatan besar dengan mendirikan sekolah e-sport yang Ia beri nama Esport Academy ID.

Ia mengaku, ide tersebut berasal keresahannya yang dulu tidak tahu cara menjadi pemain profesional. Padahal e-sport sendiri adalah hobinya. Tidak tanggung-tanggung, Ia bahkan bisa bermain game hingga menjelang subuh dengan Arza Satria, seorang pro player.

Bersama Arza, akhirnya Ia memutuskan untuk mendirikan sekolah e-sport tersebut. Di dalam kurikulum yang Ia susun, Ia juga memberikan pelajaran mengenai industri e-sport hingga attitude yang perlu dibangun.

Ia berharap, sekolah yang Ia bangun dapat menciptakan kultur e-sport yang aman dan tidak toxic, seperti pandangan orang awal saat ini.

Baca Juga:   Mengenal Usaha Burger Bangor Denny Sumargo yang Sukses!

Membantu Pemasaran UMKM di Masa Pandemi

Bisnis Edho Zell tidak hanya di bidang kuliner, Ia juga merambah ke dunia pemasaran digital pada tahun 2020. Ia mendirikan Social Bread Indonesia, sebuah agensi yang fokus membantu pemasaran digital UMKM dan brand lokal.

Ilmu dari pengalamannya bertahun-tahun di dunia media sosial Ia gunakan untuk membantu usaha kecil yang kesulitan memasuki era digital. Beberapa brand yang sudah bekerjasama dengan agensinya adalah Shakeshake, Komi Sushi, Yoridori, Baba Rafi, dan Oranje Juicery.

Konten kerjasama yang Social Bread Indonesia buat banyak yang viral juga, lho. Bahkan mencapai jutaan penonton di TikTok. Hal ini membuktikan bahwa agensi pemasarannya adalah agensi yang kredibel dan berhasil.

Bagi Makanan Gratis Sejak 2019

Kamu akan dengan mudah menemukan bisnis kuliner dengan konsep tempat berupa food truck di era sekarang. Namun, apakah sering menemukan food truck yang makanannya gratis?

Satu tahun sebelum bisnis Nyapii, Edho memutuskan membuat Warteg Gratis. Program amal dengan membagikan makanan dengan bayaran sukarela bahkan gratis.

Awal membangun Warteg Gratis, sebenarnya Ia hanya memiliki dana untuk dua bulan operasional. Namun ternyata hingga saat ini, program tersebut terus berjalan bahkan hingga merambah ke beberapa kota.

Ingin Jadi Pebisnis Seperti Edho Zell?

Demikian cerita bisnis Edho Zell yang menginspirasi. Apakah kamu juga tertarik untuk mengikuti jejaknya untuk menciptakan banyak lapangan kerja dengan berbisnis?

Usaha tak kenal seorang Edho Zell berhasil membawa dirinya ke posisi seperti sekarang. Ia juga seorang yang berani mengambil resiko, seperti tidak tinggal bersama orang tua, berangkat ke Jepang, hingga membuka warung makan gratis dengan biaya yang cukup mepet.

Selain itu, Ia juga pintar dalam mengambil kesempatan. Seperti memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis e-sport di tengah banyaknya anak muda yang berminat menjadi pemain profesional.

Yuk bagikan cerita bisnis Edho Zell ini ke kerabat mu, agar semakin banyak orang yang terinspirasi!

Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, berita influencer, marketing influencer, dan masih banyak lagi di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password