Melihat Sepak Terjang dan Bisnis Daniel Mananta yang Inspiratif

Kamu pastinya tidak asing lagi dengan seorang Daniel Mananta bukan?

Dia memang terkenal sebagai seorang pembawa acara yang asik saat membawakan beberapa program di televisi. Salah satunya adalah Indonesian Idol.

Selain sebagai pembawa acara, Daniel Mananta juga menjalankan 2 bidang bisnis.

Demi menjawab rasa penasaran kamu mengenai kedua usahanya tersebut. Simak ulasannya dalam artikel yang berikut ini!

Sepak Terjang Daniel Mananta di Layar Kaca

Sebelum mengenal bisnis dari Daniel Mananta, mari kenali dulu profilnya.

Daniel Mananta adalah seorang pembawa acara yang andal di layar kaca Indonesia. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1981.

Daniel bukanlah artis dadakan yang bisa membawakan acara dengan hebohnya. Kemampuannya lahir lewat jalur pendidikan formal. 

Daniel adalah lulusan dari London School of Public Relations dan lulusan Universitas Edith Cowan Peth di Australia.

Maka tidak heran jika ia dapat membawakan acara dengan luwesnya.

Sebelum menggeluti bisnis, Daniel Mananta memulai karirnya dari ajang kompetisi pemilihan VJ Hunt di MTV Indonesia pada tahun 2003 silam. 

Pada acara tersebut, ia menjadi juara hingga merambah dunia akting. Pada tahun 2006, ia membintangi sinetron pertamanya yang berjudul “I Love You Boss”.

Di tahun 2006 itu juga, ia memulai karirnya sebagai seorang pembawa acara. Daniel diberikan kepercayaan membawa acara Indonesian Idol.

Hingga 2020, ia memandu acara ajang pencarian bakat ini hingga sangat ikonik. Jika menyebutkan Indonesian Idol, maka pasti sosoknya yang terbayangkan.

Hingga akhirnya pada tahun 2020, Daniel memutuskan untuk berhenti menjadi pembawa acara Indonesian Idol dan digantikan oleh Boy William.

Baca Juga:   Rekomendasi Tren Desain Grafis Saat Ini, Bisa Jadi Inspirasi Untukmu!

Selain sebagai pembawa acara, di tahun 2006 hingga 2020 Daniel juga membintangi segenap film layar lebar.

Mulai Dari Host Terbaik hingga Sukses Berbisnis 

Setelah berhenti menggeluti dunia entertain, Daniel membanting setirnya ke dunia bisnis.

Berikut 2 bidang bisnis Daniel yang sukses dan inspiratif.

Simak bersama, ya! 

1. DAMN I Love Indonesia!

damn i love indonesia

Sumber: Instagram  

Setelah sukses menjadi salah satu pembawa acara terbaik Indonesia, Daniel Mananta ternyata juga sukses menjadi seorang pebisnis muda yang berfokus dalam membangun sebuah brand yang unik. 

Brand yang Daniel usung mencoba menggaungkan kecintaan terhadap Indonesia, yaitu “Damn! I Love Indonesia”.

Brand ini memang cukup unik dan lahir karena kecintaannya terhadap budaya serta keetnikan lokal yang belum tergali di Indonesia.

Nama DAMN sendiri adalah singkatan dari namanya, yaitu Daniel Mananta.

Demi menambahkan kesan nasionalisme, dia menambahkan kalimat I Love Indonesia.

Produk awalnya adalah kaos. Melalui kaos bertuliskan slogan tersebut, Daniel berharap agar nantinya anak muda di Indonesia bisa lebih mencintai serta bangga terhadap negara Indonesia.

Di awal peluncuran dari produknya, DAMN diproduksi masih terbatas, yaitu hanya 150 kaos yang terjual pada sebuah toko kecil miliknya sendiri dengan menyasar anak muda.

Awalnya, brand yang satu ini dipromosikan kepada teman-teman sesama selebritisnya. Selain itu juga, ia juga kerap memakainya untuk tampil di acara-acara off air maupun on air.

Perjuangannya tidak singkat, butuh sekitar 3 tahun hingga akhirnya DAMN banyak dikenal sebagai brand kebanggan anak muda Indonesia.

Setelah itu, DAMN berkembang pesat hingga memiliki sejumlah gerai toko, salah satunya di di Plaza FX.

Selain kaos, kini DAMN juga memiliki varian produk lainnya. Umumnya apparel seperti jaket, topi, hingga celana yang memiliki model yang kekinian dan pas untuk dipakai sehari-hari.

Baca Juga:   Tips Membuat Artikel yang Menarik Cocok untuk Posting Blog!

2. Padamu Negeri 

bisnis daniel mananta

Sumber: Instagram 

Selain membangun brand fashion DAMN I Love Indonesia, Daniel Mananta juga membangun bisnis di bidang kuliner. Tidak kalah unik dengan brand fashionnya, bisnis kuliner yang dia kembangkan juga cukup unik. Namanya adalah Padamu Negeri.

Pertama kali dibuka, masyarakat menyambut baik adanya resto Padamu Negeri. Gerai pertamanya ada di Gandaria City. Tentu saja karena namanya adalah Padamu Negeri, kuliner yang dia jual di restonya adalah makanan-makanan kuliner asli Indonesia yang terkemas dengan gaya yang elegan.

Contoh daftar menu makanan yang tersedia di resto Padamu Negeri, yaitu Es Pontianak, Tapak Kucing, Seafood Base Gede, Mangut Lele Asap, dan Gohu Tuna Bitung.

Sedangkan beberapa menu minuman yang tersedia, mulai dari Telang Pandan, Tambring Bali, Nyiur Melambai, Kiamboy Sonkit, Jeruk Sultan, Es Matcha Aren, hingga Cincau Padamu Negeri.

Pada awal pembukaannya, Padamu Negeri cukup sukses. Akan tetapi Pandemi Covid-19 menghantam Indonesia, membuat omzetnya turun. Meskipun begitu, resto dengan konsep hidangan kuliner lokal Indonesia dari Sabang hingga Merauke ini tetap bertahan.

Bahkan, saat PPKM diberlakukan oleh Indonesia, justru Daniel Mananta mencoba mengembangkan bisnis kuliner ini dengan membuka gerai cabangnya. 

Cabang dari Padamu Negeri ini ada di Mall Kota Casablanka Jakarta. Kemudian, rencananya akan membuka lagi di beberapa kota di Indonesia, seperti Bandung, Jawa Barat, serta Medan.

Selain kuliner, pada restoran ini juga tersedia tempat untuk para pengunjung membeli merchandise ataupun showcase creator Indonesia. Tentu saja, ini menjadi salah satu inovasi totalitas dari Daniel Mananta yang memadukan bisnis kuliner dan bisnis lainnya.

Sudah Terinspirasi untuk Membangun Bisnis?

Jika melihat bisnis Daniel Mananta yang mengusung kecintaan kepada produk dalam negeri dan budaya lokal Indonesia tentu saja menginspirasi.

Baca Juga:   Bisnis Tasya Farasya yang Sangat Sukses di Indonesia

Kamu juga bisa mencontoh apa yang dia lakukan dan membangun brand unik lainnya. Semoga bermanfaat!


Temukan inspirasi lainnya seputar berita influencer, influencer marketing dan sebagainya hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password