Bahaya Beli Followers di IG Bagi Engagement Follower Kamu!

Bahaya Beli Follower IG

Bahaya Beli Followers IG – Instagram adalah salah satu media sosial yang sangat berguna bagi semua orang, terkhususnya bisnis online. Aplikasi yang keluar pada tahun 2010 lalu ini berkembang pesat dari tahun ke tahun dengan penggunanya bertotal 1 Milyar lebih. 

Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan ketenaran melalui Instagram baik itu melalui cara legal maupun ilegal seperti membeli followers. Walaupun sudah banyak oknum yang menawarkan jasa tambah followers, namun ternyata ada banyak bahaya beli followers yang akan kamu dapatkan jika memutuskan untuk melakukannya, lho!

Biasanya, pengguna Instagram seperti ini selalu ingin memikirkan cara instan tanpa ingin membuat konten-konten yang menarik.


Bahaya Beli Followers Instagram

1. Akan Membuat Engagement Akun Kamu Rendah

Salah satu alasan orang membeli followers adalah karena ingin meningkatkan kepopularitasnya di dunia online. Meningkatnya followers juga dapat membuat akun tersebut akan mempunyai interaksi dengan orang atau akun lain. 

Interaksi-interaksi seperti memiliki banyak Likes pada setiap postingan yang dia upload, atau juga komentar dan share yang tentunya menjadi impian semua orang.

Nah, maka dari itu, jika Kamu membeli followers, artinya kamu ‘memaksakan’ akunmu untuk mendapat pengikut secara instan dan illegal. Hal ini justru akan berbalik menyerangmu karena para pengikut yang kamu beli tidak akan aktif berinteraksi dengan akunmu dan akan menyebabkan performa akun milikmu akan buruk.

Jika Engagement Instagram kamu rendah atau bahkan buruk, akun Instagram yang kamu miliki tetap tidak akan berkembang dan tidak akan ada yang ingin memakai jasa atau barang yang kamu jual. Maka dari itu, membeli pengikut yang pasif tetap akan merugikan kamu dan akun milikmu.

2. Akun Akan Memiliki Aktivitas Yang Tidak Normal

Pada biasanya, pertambahan Followers atau pengikut pada suatu akun sangat pelan dan bertahap tergantung algoritma Instagram yang berlaku pada saat itu. Namun, jika kamu membeli Followers, maka otomatis pengikut akun milikmu akan bertambah naik secara pesat. 

Hal ini akan tercatat oleh algoritma Instagram sebagai pertumbuhan yang aneh dan akan memantau akunmu dalam beberapa saat. Jika memang akun milikmu ternilai buruk dan tidak sesuai dengan performa dan ketentuan yang berlaku pada Instagram, maka pihak Instagram akan memberikan sanksi terhadap akunmu.

Baca Juga:   Mengenal Social Media Evaluator dan Bagaimana Cara Kerjanya

3. Kredibilitas Akun Milikmu Akan Menurun

Sebagai seseorang konten kreator ataupun pemilik bisnis online, kamu tentu tahu bahwa kredibilitas adalah salah satu poin penting yang wajib kamu miliki. Caranya untuk mendapatkan kredibilitas yang baik adalah dengan berlaku jujur dan menjual produk yang memang sesuai klaim.

Di Indonesia sendiri, sangat penting bagi seseorang untuk mempertahankan citra baiknya agar tetap di-support oleh netizen. Jika kamu ketahuan membeli followers, maka akibatnya adalah kamu akan ditolak oleh para netizen yang mempunyai Instagram. 

Menjadi sebuah akun yang tidak didukung oleh netizen malah akan membuat produk kamu tercap buruk dan hal tersebut bisa menjadi kerugian besar buat kamu.

4. Rawan Terkena Blokir dan Suspend dari Instagram

Semua media sosial yang ada pastilah mempunyai tim khusus yang bekerja memantau jalannya aplikasi dan tindakan para pemakai. Tim khusus ini akan memeriksa apakah ada para pemakai aplikasi tersebut yang tidak menuruti segala peraturan dan ketentuan yang sudah ada.

Hal ini juga berlaku pada Instagram, jika tim pemantau khusus yang ada pada aplikasi Instagram menilai kamu adalah sebuah akun yang buruk melalui algoritma-algoritma yang ada, maka akun mu akan rawan terkena suspend.


Alasan Orang Membeli Followers

Ada banyak alasan seseorang tertarik untuk melakukan segala cara ilegal dan tidak aman hanya untuk mendapatkan ketenaran. Berikut ini adalah contoh alasan-alasan seseorang memutuskan untuk membeli followers untuk akunnya:

1. Meningkatkan Ketenaran Secara Instan

Alasan pertama banyak orang yang tertarik untuk membeli pengikut bahkan setelah mengetahui bahaya beli followers di IG adalah karena mereka ingin meningkatkan ketenaran akun mereka secara instan. 

Banyak pengguna media sosial yang selalu menganggap ketenaran dan jumlah followers yang ada pada akun Instagram mereka akan memberikan kesuksesan dan ketenaran untuk mereka.

Namun, banyak orang yang tidak ingin memulai usaha dari nol alias ingin ketenaran secara instan. Segala cara mereka lakukan dari membuat konten yang nyeleneh, atau membeli followers.

Padahal membeli followers Instagram dalam jumlah banyak tidak akan membuatmu menjadi populer, loh. Algoritma Instagram tidak terlalu banyak mencatat banyaknya jumlah followers yang ada pada akunmu untuk membuat kamu muncul pada halaman eksplor. 

Biasanya mereka mencatat bagaimana aktivitas yang ada pada sebuah akun. Aktivitas-aktivitas ini bisa seperti jumlah suka, komentar dan lain-lain.

2. Ingin Mengaktifkan Fitur Swipe-Up

Banyak orang termasuk akun-akun bisnis yang membutuhkan fitur-fitur yang telah Instagram sediakan untuk memasarkan produk mereka. Salah satunya adalah fitur swipe-up yang ada pada Instagram.

Fitur swipe-up ini adalah sebuah fitur yang ada pada Instagram Stories yang mana para penonton story bisa langsung masuk ke dalam link yang tersedia hanya dengan menggesek layar mereka ke atas.

Baca Juga:   Cara Menjadwalkan Live di Instagram dengan Mudah

Hal ini tentunya salah satu cara memudahkan para calon pembeli yang ingin langsung melihat-lihat katalog dan daftar harga dari suatu akun bisnis. Namun, fitur swipe-up ini hanya berlaku buat sebuah akun yang sudah memiliki banyak pengikut. Sebuah akun yang bisa menggunakan fitur ini harus mempunyai jumlah pengikut diatas 10.000 orang.

Itulah mengapa banyak orang yang ingin membeli followers karena mengumpulkan 10.000 pengikut dari 0 pasti membutuhkan waktu yang lama dan konsisten yang besar.

3. Menarik Followers Aktif

Terlepas dari bahaya beli followers di IG, ada alasan lain yang banyak dianut oleh beberapa orang ketika memutuskan untuk membeli followers. Ibarat kalimat “pancing ikan kecil sebelum ikan besar”, banyak akun yang beranggapan dengan mereka membeli followers yang pasif, akun mereka akan ‘kelihatan’ aktif dan layak untuk diikuti oleh pengikut asli.

Contohnya, jika kamu diberi pilihan untuk mengikuti sebuah akun, pasti kamu lebih memilih untuk mengikuti akun yang mempunyai pengikut yang lebih banyak. Itulah mengapa membeli followers yang tidak aktif dapat memancing para followers pasif untuk dapat mengikuti akun milikmu.


Tips Meningkatkan Followers

Jika kamu takut akan bahaya beli followers di IG namun tetap ingin memiliki jumlah pengikut yang banyak, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Promosikan Akun Milikmu

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan promosi akun ke media sosial lain. Hal ini selain untuk meningkatkan jumlah pengikut, kamu bisa memakai trik ini untuk memperluas nama brand yang kamu miliki agar lebih terkenal dan menjangkau orang banyak.

Contohnya, promosikanlah akun bisnis Instagram mu pada aplikasi Tiktok yang sedang booming. Dengan begitu kamu akan menimbulkan rasa penasaran yang ada pada banyak orang tentang produk apa yang kamu jual dan berbagai macam kelebihan lain yang tentunya menguntungkan para calon membeli.

2. Promote For Promote

Nah, teknik lain selain melakukan tindakan bahaya beli followers di IG, kamu juga bisa membuka trik “promote for promote”. PFP atau Promote for Promote ini biasanya banyak dilakukan antar sesama akun bisnis yang masih kecil dan baru. Caranya cukup mudah yaitu kamu hanya perlu saling mempromosikan akun milikmu dengan akun partner mu.

Promosi ini biasanya seperti saling mengunggah profil akun ataupun saling memberi iklan yang bagus tentang barang yang kalian jual. Teknik ini cenderung berhasil karena kamu tentunya akan terkenal pada para pengikut yang ada pada akun partner yang kamu pilih.

3. Follow dan Unfollow

Untuk tips yang ketiga, kamu tidak perlu bersusah-susah. Seringkali ketika kita mempunyai pengikut baru, kita dengan reflek akan ‘melihat’ profil akun Instagram yang baru saja mengikuti kita. Nah, hal ini bisa kamu gunakan sebagai salah satu tips untuk mendapatkan pengikut, loh.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu Paid Promote Beserta Manfaatnya Bagi Pebisnis Online

Caranya adalah membuat banyak orang penasaran dan mengunjungi akun kita dengan trik follow dan unfollow.

Mulailah dengan mengikuti sebuah akun personal yang tidak banyak pengikutnya. Hal ini akan membuat akun yang kamu ikuti tersebut akan penasaran dan membuka akunmu. Setelah itu, silahkan unfollow orang tersebut jika kamu mau.

Teknik ini dinilai lumayan efektif karena salah satu algoritma Instagram adalah dengan menghitung interaksi yang ada pada akunmu. Semakin banyak orang yang berinteraksi, seperti mengunjungi profilmu, maka Instagram akan menilai akunmu memiliki performa yang baik.

4. Menjadi Sponsor Giveaway

Daripada kamu membeli dan harus menanggung bahaya beli followers illegal, kamu bisa menjadi sponsor giveaway. Banyak sekali akun-akun giveaway yang ada di Instagram yang membuka kesempatan orang untuk menjadi sponsor dari barang yang akan mereka giveaway.

Cara kerjanya adalah kamu memberikan sejumlah nominal kepada pemilik akun giveaway yang nantinya mereka akan bagikan. Biasanya syarat dari giveaway adalah dengan mengikuti semua sponsor yang ada.

Dengan begitu, kamu akan mempunyai banyak pengikut aktif yang akan mengikuti akunmu sebagai bagian dari persyaratan untuk memenangkan barang giveaway tersebut. 

Hal ini lumayan efektif karena kamu akan mendapatkan banyak sekali pengikut dalam waktu yang sedikit dan semua pengikut tersebut adalah akun aktif atau akun yang masih bisa berinteraksi dengan kamu.

Hal ini tentunya akan menambah engagement yang ada pada akun bisnismu karena memungkinkan mereka tertarik pada barang yang kamu jual. Kekurangan dari tips satu ini adalah pengikutmu bisa saja langsung unfollow akunmu setelah periode giveaway berakhir. Selain itu, kamu harus pintar dalam memilih akun giveaway mana yang akan kamu sponsori karena beberapa diantara mereka adalah akun penipu.


Masih Ingin Membeli Followers?

Itu dia beberapa hal yang perlu Kamu tahu tentang bahaya beli followers Instagram untuk akun Kamu. Walaupun begitu, kita tidak boleh menghakimi orang hanya karena dia membeli followers karena kita tidak tahu apa alasan pasti mereka ingin meningkatkan followers dalam waktu singkat.

Setelah mengetahui beberapa alasan dan bahaya beli followers, apakah Kamu masih ingin membelinya? Selalu ingat bahwa hal-hal yang curang seperti ini tentunya menimbulkan resiko dan tanyakan ke dirimu sendiri apakah kamu siap untuk menanggung resikonya. Semoga artikel ini dapat membantumu memutuskan pilihan!


Dapatkan berbagai insight maupun tips seputar influencer, berita influencer, influencer marketing, hingga social media influencer tentunya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password