Apa itu Backlink? Pengertian, Manfaat dan Cara Mendapatkannya

Backlink Adalah - Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Untuk mencapai standar SEO yang bagus backlink adalah sesuatu yang penting. Sebuah tautan pada halaman  artikel di website yang mengarahkan ke sebuah situs lainnya itulah yang orang sebut sebagai backlink.

Dalam mesin pencari seperti Google, keberadaannya adalah sebagai salah satu alat untuk melakukan verifikasi terhadap otoritas dan relevansi dari situs web yang kamu miliki. Dengan kata lain, adanya backlink sendiri merupakan tanda kepercayaan dari situs lain ke situs yang kamu miliki. 

Kalau ada backlink pada sebuah halaman website yang kamu temui, maka konten yang mereka miliki memang memiliki otoritas serta tingkat original yang baik serta terpercaya.

Kamu penasaran dengan apa itu sebenarnya backlink? Maka sekarang sedang membaca artikel yang bisa menjawab rasa penasaran yang kamu miliki tentang hal itu.  Di artikel ini akan kamu baca hal-hal seputar istilah itu yang tentu saja sangat penting kalau kamu ingin belajar soal SEO.

Apa Itu Backlink?

Pastinya kamu pernah membaca artikel di sebuah halaman website yang tidak informasinya belum lengkap. Biasanya dalam artikel itu, demi membantu para pembaca akan pengelola website berikan backlink yang berguna untuk penelusuran lebih lanjut dari sumber aslinya.

Dengan demikian, backlink adalah sebuah pengarah yang tersisip di sebuah artikel yang memiliki fungsi memberikan informasi yang lebih detail mengenai sebuah topik lewat artikel di halaman lain. 

Adanya hal ini bertujuan untuk membuat konten yang lebih berkualitas dengan informasi selengkap-lengkapnya tanpa harus menyimpang dari ide dasar yang sedang kamu bangun.

Adanya jumlah backlink yang berkualitas tinggi yang kamu peroleh dari website yang lain juga akan mempengaruhi websitemu di standar mesin pencari atau biasanya orang sebut sebagai SERPs yaitu Search engine result pages, misalnya di Google. Nantinya semakin bagus search engine result pages yang kamu miliki akan mempengaruhi kualitas SEO website yang kamu kelola.

Ada beberapa jenis backlink yang perlu kamu ketahui saat ini. Antara lain adalah:

1. Comment Backlink

Jenis yang satu ini muncul saat kamu menyertakannya dalam sebuah komentar di website berbeda. Kalau kamu melakukannya dalam jumlah yang wajar, maka akan mengangkat traffic website yang kamu kelola.

Baca Juga:   Apa yang dimaksud dengan Blog, Blogging dan Blogger ?

2. Jenis Editorial

Yang satu ini adalah jenis natural yang  berasal dari situs lain yang mengarah ke website yang mereka nilai pantas menjadi referensi, sumber terpercaya atau sitasi bagi halaman websitenya.

3. Guest Post

Jenis ini memungkinkan kamu untuk membuat kredibilitas dan kepercayaan pengunjung lebih tinggi saat menulis sebuah guest post.

4. Do-Follow

Ini adalah jenis yang akan memberitahukan ke mesin pencari untuk bisa memperhatikan hal tersebut ke nilai SEO-nya.

5. No-Follow

Berbeda dengan Do-follow, jenis yang ini meminta untuk mengabaikan backlink tersebut dan tidak menghitung score SEO-nya.

Manfaat Backlink Bagi Perkembangan Sebuah Website

Seperti itulah pengertian dari backlink yang perlu kamu ketahui. Siapa tahu salah satu dari jenis yang ada di atas juga pernah kamu temui dan buat saat menulis sebuah artikel di website yang kamu kelola.

Adanya backlink tentu saja tidak hanya sebagai pajangan. Keberadaannya memiliki manfaat yang besar bagi sebuah website yang kamu miliki. Kalau tidak bermanfaat buat apa sampai ada coba?

Nah, berikut ini akan kamu baca beberapa manfaatnya yang sangat penting. Perhatikan dengan seksama, ya.

1. Kredibilitas Website Meningkat 

Hal pertama yang bisa kamu dapatkan sebuah backlink, maka bisa kamu anggap website yang kamu kelola mendapatkan kepercayaan atau orang bisa dipercaya karena memiliki kualitas yang bagus untuk orang-orang baca. Artinya, website yang kamu kelola punya potensi untuk meningkat dalam hal kredibilitas.

2. Peringkat di SERPs Naik

Peringkat yang tinggi pada SERPs menjadi hal yang amat penting bagi kemajuan dari sebuah website. Saat mengelola sebuah website peringkat SERPs harus benar-benar kamu perhatikan. Salah satu cara meningkatkan SERPs adalah dengan mendapatkan link balik yang berkualitas. 

Nantinya jika hal itu kamu dapatkan, bukan hal yang mustahil website yang kamu miliki akan menjadi yang tampil di halaman pertama saat orang-orang tengah mencari informasi tertentu.

3. Exposure Website Meningkat

Exposure menjadi elemen penting dalam traffic website. Dengan adanya kuantitas link balik yang muncul secara banyak atas ke website yang kamu kelola akan mempengaruhi exposure website tersebut.

4. Membangun Jejaring dengan Website Lain

Manfaat selanjutnya adalah kemungkinan adanya membangun sebuah hubungan yang mutualisme dengan website yang orang lain kelola.. hubungan mutualisme saling mendukung antara website sangatlah penting nantinya bagi keberlanjutan  sebuah situs website.

5. Website Terindex oleh Search Engine

Tingkat visibilitas yang tinggi akan menguntungkan kamu sebagai pengelola website. Semakin cepatnya sebuah website terindeks oleh mesin pencari Google, maka traffic organik yang kamu dapatkan lebih banyak. Ini sangat baik untuk website milik kamu.

Baca Juga:   15 Situs Gambar Gratis untuk Kebutuhan Kontenmu!

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Seperti itu manfaat backlink bagi website yang kamu kelola kedepannya. Tentu saja, kamu pasti sekarang ingin sekali menerima manfaat-manfaat tersebut, kan?

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas sehingga bisa membuat website yang kamu kelola maju? Untuk menjawab pertanyaan yang satu ini, kamu harus baca kelanjutan dari artikel yang satu ini.

Ada beberapa metode yang pastinya sangat berguna. Jangan lupa siapkan catatan. Yuk, lanjut!

1. Membuat Konten yang Baik dan Terpercaya

Cara pertama untuk mendapatkan sebuah backlink adalah hal yang simpel sebetulnya. Cukup kamu membuat konten-konten yang memiliki manfaat untuk orang lain, memiliki kualitas yang baik, memecahkan masalah orang lain sekaligus informatif.

Nantinya, kalau kamu bisa membuat konten-konten yang amat berguna untuk orang lain, maka akan ada banyak orang yang merasa perlu melakukan backlink. Pembaca yang merasa mendapatkan manfaat dari artikel di website yang kamu kelola tidak akan segan-segan untuk mencantumkan link balik ke situsmu.

Bagaimana konten bisa orang nilai menarik atau bermanfaat bagi orang lain? ada beberapa cara untuk menghasilkan artikel yang nantinya bisa orang anggap memiliki manfaat atau membuat orang tertarik.

  • Gunakan gaya bahasa yang cair dan konsisten. Keduanya akan memberikan kenyamanan bagi para pembaca sehingga mereka mudah menyerap informasi yang tersaji di dalamnya.
  • Kamu perlu memahami pembaca. Jika kamu menargetkan kelompok masyarakat tertentu sebagai pembaca, maka artikel atau konten yang kamu buat harus memiliki manfaat untuk mereka atau menjawab kebutuhan-kebutuhan mereka.
  • Buatlah konten yang tidak membosankan. Sebuah konten yang mudah orang baca biasanya memiliki karakteristik yaitu padat serta jelas. Artikel terlalu panjang akan lebih membosankan bagi pembaca. Apalagi tingkat ketahanan baca masyarakat Indonesia rendah. Sehingga artikel pendek-pendek akan lebih efektif.

2. Kolaborasikan Konten dengan Influencer

Orang yang memiliki banyak followers saat ini menjadi pemeran penting dalam mempengaruhi keputusan seseorang. Maka dari itulah mereka orang sebut sebagai influencer. Mereka memiliki segmen pasar yang besar di media sosial tertentu biasanya. Para influencer biasanya aktif di beberapa platform atau aplikasi media sosial.

Keberadaan mereka bisa kamu manfaatkan untuk menggaet para pembaca untuk bisa mampir ke website atau menjadi pengikut tetap setiap konten yang kamu miliki. Bekerjasamalah dengan mereka. Saling bertukar backlink adalah cara kerjasama yang positif untuk masing-masing.

Walaupun hal itu tentu tidak akan langsung memberikan dampak besar pada peringkat website yang kamu kelola, tapi bisa membuat exposure milikmu meningkat.

Baca Juga:   7 Tips Menang Lomba Blog yang Perlu Kamu Tahu

3. Membuat Konten Guest Post

Cara apa lagi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas? Yaps, salah satunya adalah dengan membuat guest post.

Kamu bisa bekerja untuk membuat konten atau artikel pada seseorang dengan imbalan yaitu backlink ke website yang kamu miliki. Biasanya menulis konten guest post itu bisa kamu lakukan secara gratis. 

Namun, terkadang beberapa website memberikan tarif tertentu untuk layanan guest post dan juga link placement di website yang mereka kelola.

Kalau bisa saat menulis sebuah artikel guest post, pastikan juga untuk memilih website yang memiliki target pembaca yang mirip dengan yang kamu kelola. Ini agar ada korelasi antara kedua website yang saling membuat hubungan tersebut.

4. Memanfaatkan Broken Link

Yang dimaksud sebagai broken link adalah sebuah link atau tautan rusak. Kamu biasanya akan menemukan broken link ini dengan tulisan error 404. Tautan semacam itu tidak lagi mengarah pada situs tertentu lagi.

Biasanya broken link 404 itu sangat berbahaya untuk website yang kamu kelola. Namun, tahukah kalau broken link 404 seperti itu ternyata bisa kamu manfaatkan? Yaps, tautan semacam itu bisa menguntungkan SEO dan menaikan traffic dari website yang kamu kelola.

Untuk memanfaatkannya, kamu hanya perlu mencarinya dan lalu menyambungkannya dengan webmaster website tersebut. Langkah selanjutnya, kamu dapat menawarkan webmaster nya untuk memakai konten serupa yang kamu buat sebagai sebuah imbalan atas backlinknya.

Kalau memungkinkan, kamu juga bisa menawarkan untuk membuat konten baru yang sesuai kebutuhan mereka. Kamu akan membantu webmaster mereka untuk optimasi dari website milik mereka lalu mendapatkan yang kamu inginkan dari mereka.

Akan tetapi perlu kamu ingat bahwa ada syaratnya. Kamu harus memastikan kalau konten tersebut sesuai dengan jangkauan situs yang kamu miliki.

Sudah Paham Informasi Lengkap Tentang Backlink?

Backlink adalah sesuatu yang sepaket dengan bagian dari off-page SEO. Keduanya sangat vital dalam perkembangan sebuah website.

Karena itu, mendapatkannya dengan kualitas yang terbaik akan membantu website yang kamu kelolan menjadi lebih maju. Setelah mengetahui hal-hal seperti pengertian, jenis, manfaat serta cara mendapatkannya kini giliran kamu prakter secara mandiri di rumah.

Masih ragu untuk mencobanya? Kamu tidak perlu khawatir, informasi di atas akan sangat berguna jika anda menerapkannya dan konsisten untuk mencoba. Jangan patah semangat sebelum mencoba. Selamat mencobanya dari sekarang. Semoga berhasil!

Dapatkan informasi maupun tips seputar influencer, blogging influencer, marketing influencer, dan lainnya hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password