Assistant Planner: Tanggung Jawab dan Manfaatnya Untuk Influencer

Menjadi orang yang berpengaruh di media sosial membutuhkan banyak usaha untuk menarik perhatian. Sayangnya, tugas tersebut tidak bisa kamu lakukan sendirian. Kamu membutuhkan bantuan dari assistant planner. Tahukah kamu apa itu assistant planner? Yuk, cari tahu definisi, tugas, dan manfaatnya untuk influencer!
Daftar Isi
Apa Itu Assistant Planner?
Assistant planner adalah orang yang membuat jadwal dan mengorganisir keperluan dari influencer. Ia memiliki peran besar untuk membantu kesibukan mereka yang fokus dalam menciptakan konten. Dengan memiliki asisten ini, tokoh berpengaruh akan memiliki pengganti yang signifikan.
Influencer akan merasa terbantu dalam menyelesaikan tugas pembuatan konten. Lalu, sang asisten juga bisa memberikan ide yang cemerlang. Adanya si asisten akan menjadi bantuan yang sangat berharga, baik ketika dalam pengolahan media sosial maupun aktivitas lain di luar jadwal tersebut.
Selain itu, asisten ini akan menjadi teman yang baik dalam mengolah suatu platform media sosial. Kamu bisa memanfaatkan peran penting dari pengorganisir ini untuk menaikkan engagement dan mendapatkan keuntungan lebih.
Tanggung Jawab Assistant Planner
Sebelum membuka lowongan pekerjaan asisten pengorganisir untuk membantu pekerjaanmu, ada baiknya untuk mencari tahu tanggung jawab yang ia pegang. Berikut penjelasannya.
1. Membuat Jadwal Bulanan
Sebagai tokoh yang memiliki pengaruh di media sosial, kamu bisa merasakan kerepotan saat membuat jadwal bulanan. Oleh karena itu, tugas assistant planner adalah untuk membuat jadwal, mulai dari pembuatan, penyuntingan, dan pengunggahan. Peran dari pekerjaan ini juga harus bisa memberikan tenggat waktu.
Dengan adanya bantuan dari asisten ini, maka kamu akan lebih terjadwal. Selain itu, kamu bisa menghemat tenaga dari pembuatan jadwal. Tidak hanya mendapatkan bantuan yang lengkap dan terorganisir, kamu bisa memiliki orang yang membantu untuk lebih disiplin dalam pembaharuan konten.
2. Melakukan Riset Konten
Sebenarnya, proses pembuatan konten baru cukuplah mudah, apabila ada ide yang jelas. Sayangnya, tidak semua influencer memiliki ide baru yang bisa menaikkan engagement dan viral. Oleh sebab itu, tugas dari asisten ini adalah untuk melakukan riset konten baru yang bisa menarik perhatian audiens.
Assistant planner bisa mencari ide baru melalui platform media sosial yang sama. Lebih baiknya lagi, ia bisa melakukan riset dari sumber lain, seperti kata kunci yang trending di mesin pencarian, reels yang ramai di Instagram, video yang viral di TikTok, dan unggahan di YouTube dengan penonton terbanyak.
3. Mengoptimasi Ide Konten
Setelah melakukan riset untuk konten baru, asisten ini bisa mengoptimasi ide konten dengan cara membuat preview. Mulailah dari alur, properti, lokasi pembuatan, dan waktu shooting. Ketika konten telah selesai, asisten planner bisa memeriksa apakah konten tersebut sudah layak atau belum.
Apabila hasilnya kurang memuaskan, maka mintalah perbaikan di sisi yang kurang optimal. Pastikan pula penyuntingan selesai tepat waktu. Saat konten sudah baik, maka asisten bisa mengunggahnya di platform media sosial. Jangan lupa untuk mengunggah di hari dan jam terbaik, agar bisa menarik perhatian lebih banyak!
4. Melaporkan Insight
Tanggung jawab terakhir dari assistant planner adalah melaporkan insight kepada influencer. Laporan tersebut bisa dilakukan dalam kurun waktu mingguan atau bulanan. Hal ini akan menjadi evaluasi dari semua konten yang telah diunggah. Si asisten wajib menunjukkan seberapa banyak audiens dan engagement yang terjadi.
Apabila hasil yang muncul memuaskan, maka konten tersebut bisa dijadikan sebagai acuan. Namun apabila sebaliknya, maka asisten dan influencer harus bekerja lebih keras lagi sembari melakukan evaluasi.
Kejadian ini akan jadi pelajaran, sehingga tidak akan ada kesalahan lain, justru harus ada solusi untuk menyelesaikan.
Manfaat Assistant Planner Untuk Influencer
Assistant planner adalah orang penting dengan tanggung jawab yang penting pula. Namun, tahukah kamu apa saja manfaat si asisten untukmu sebagai tokoh yang berpengaruh? Lanjutkan membaca untuk tahu manfaatnya di bawah ini!
1. Jadwal Lebih Terorganisir
Menjadi orang penting yang memiliki pengaruh di media sosial sudah pasti sibuk. Karena kesibukan ini, kamu mungkin tidak punya waktu untuk menjaga diri dan konten yang kamu unggah. Tidak hanya itu, beberapa orang bahkan merasa hidupnya jadi berantakan. Dengan adanya si asisten, hidupmu akan jadi teratur.
Ia akan membantu membuatkan jadwal dan memastikan kamu mengikuti jadwal tersebut. Sebagai tambahan, kamu bisa menghindari hal lain yang tidak terlalu penting, sehingga waktu yang kamu punya lebih efisien. Jadi, apakah kamu tertarik untuk memiliki asisten planner pribadi?
2. Memiliki Pemeran Pengganti
Influencer juga manusia yang membutuhkan waktu istirahat. Di tengah kesibukan yang tiada henti, kamu pasti merasa lelah. Namun, dengan adanya si asisten, kamu memiliki pemeran pengganti untuk menyelesaikan beberapa urusan. Sebagai contoh, asisten ini bisa memeriksa insights harian di media sosial.
Kamu juga tidak perlu memeriksa semua surat elektronik yang berhubungan dengan bisnis atau endorse. Sebaliknya, asistenmu yang terpercaya akan menyelesaikan tugas tersebut dan membalasnya. Jadi, kamu memiliki waktu sejenak untuk rehat dan beralih dari kehidupan yang sibuk sebagai tokoh berpengaruh.
Tanggung jawab dari asisten satu ini cukup besar. Namun semua itu bisa membawa perubahan yang signifikan. Tidak hanya si influencer memiliki orang yang mengorganisir jadwal, tapi juga mengendalikan media sosial.
3. Mendapatkan Ide Baru
Ide yang cemerlang dan riset yang mendalam adalah manfaat ketiga yang akan kamu rasakan. Biasanya, assistant planner adalah orang yang kreatif dan tahu cara untuk menarik banyak perhatian. Mereka memiliki peran unggul untuk mencari hal baru yang tidak membosankan. Sebagian akan berusaha memberi ide original.
Namun jangan selalu menggantungkan diri kepada si asisten. Kamu juga harus berusaha untuk mendapatkan ide baru untuk konten yang kamu unggah.
Cobalah untuk berkoordinasi dengan asistenmu, sehingga bisa menggabungkan ide yang kalian miliki. Semakin menarik ide tersebut, semakin mudah kamu mendapatkan audiens.
4. Membantu Menaikkan Engagement
Salah satu cara untuk menaikkan engagement adalah memiliki caption yang bagus. Kamu bisa meminta bantuan si asisten untuk membuatkan kalimat yang menarik, agar banyak audiens yang menyukai konten tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan ide cemerlang dengan memanfaatkan fitur media sosial.
Sebagai contoh, Instagram memiliki fitur pertanyaan yang bisa mengajak followers saling berinteraksi. Sedangkan YouTube memiliki fitur komentar untuk mengetahui reaksi para subscriber. Dengan dua contoh ini, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapat engagement lebih dan lebih sukses dalam berkarya di media sosial.
Yuk, Sewa Assistant Planner Untukmu Sendiri!
Assistant planner adalah orang penting yang harus influencer miliki untuk membantu pekerjaan. Orang yang berpengaruh ini tidak akan bisa bekerja sendiri. Sebaliknya, bantuan dari orang yang memiliki pengalaman tentang media sosial akan sangat berharga. Jadi, segera buka lowongan pekerjaan untuk posisi ini!