Yuk, Ketahui Arti Buzzer dan Influencer! Apa Perbedaannya?

arti buzzer dan influencer

Pemasaran digital adalah sebuah terobosan terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, salah satunya untuk meningkatkan kesadaran brand.

Namun, menggunakan media sosial saja kurang maksimal, oleh sebab itu mereka menggunakan jasa buzzer dan influencer. Apa arti dari buzzer dan influencer?

Kendati keduanya memiliki peran yang hampir sama. Namun, ada perbedaan antara buzzer dan influencer yang terlihat secara nyata.

Yuk, pelajari pengertian dan perbedaannya dari penjelasan di bawah ini!

Apa Arti Buzzer dan Influencer?

Supaya mengetahui pengertian dari kedua istilah ini, kamu harus tahu bahwa buzzer dan influencer adalah opinion leader.

Opinion leader adalah organisasi atau individu dalam industri yang memiliki pandangan dan dipercaya oleh masyarakat luas.

Namun, kedua penggiring opini dan penarik audiens ini memiliki arti yang jauh berbeda. Xendit mengemukakan bahwa buzzer adalah individu atau organisasi yang bertugas untuk mengunggah konten tertentu, sehingga dapat diterima oleh audiens dalam jumlah banyak. 

Sedangkan arti influencer berasal dari kata Bahasa Inggris, influence yang berarti pengaruh. Influencer adalah individu yang memiliki peran untuk mempengaruhi audiens dan memandu pendapat mereka untuk melakukan sesuatu. 

Berdasarkan penjelasan arti buzzer dan influencer di atas, kamu bisa tahu bahwa peran influencer lebih besar daripada buzzer. Orang-orang ini memiliki pengaruh cukup besar untuk membawa banyak audiens agar melakukan apa yang mereka promosikan. 

Kendati tugas yang mereka lakukan sama, namun lebih banyak brand yang memilih untuk menggunakan jasa influencer daripada buzzer. Hal ini dikarenakan oleh hasil yang mereka berikan cukup signifikan. Buzzer memang dapat mengirimkan pesan, namun influencer lebih bisa mempengaruhi banyak audiens. 

Baca Juga:   Apa Itu Konten Pilar? Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Kamu bisa mendeteksi pekerjaan buzzer dengan cara memeriksa unggahan tertentu. Apabila ada komentar atau balasan yang ditujukan untuk menarik audiens dengan pesan yang sama, maka bisa jadi balasan tersebut berasal dari buzzer

Kamu bisa melihat perbedaan keduanya dengan jelas dari unggahannya. Sedangkan influencer akan mengunggah lebih banyak unggahan kampanye yang berbentuk video atau cerita di media sosial. 

Apabila buzzer hanya menyebarluaskan unggahan, influencer akan membuat pengikutnya agar terpengaruh dan mau melakukan hal yang ia lakukan.

Perbedaan Buzzer dan Influencer

Dilansir dari arti buzzer dan influencer menurut Xendit, keduanya memiliki tugas yang hampir sama, namun dengan fungsi yang berbeda. Berikut adalah perbedaan peran dari kedua opinion leader berikan untuk para brand di media sosial: 

1. Banyaknya Jumlah Audiens

Perbedaan paling kentara antara keduanya adalah jumlah audiens yang dapat mereka capai. Kamu bisa melihatnya melalui pengikut di media sosial mereka. Kebanyakan buzzer bekerja secara tim yang berisi belasan orang sehingga mereka tidak wajib memiliki banyak pengikut.

Selain tugas mereka yang mengunggah konten tertentu, mereka juga memenuhi komentar di berbagai unggahan milik brand yang menyewa jasa mereka. Oleh karena itu, mereka tidak harus memiliki banyak pengikut di media sosial.

Sedangkan influencer adalah orang yang mempengaruhi audiens dengan konten atau kampanye tertentu. Mereka hanya bisa mempengaruhi orang apabila audiens mereka banyak. Jumlah pengikut mereka pun beragam, ada yang ribuan hingga jutaan.

2. Tingkat Engagement Rate

Perbedaan yang kedua adalah tingkat engagement rate atau partisipasi dari audiens yang muncul akibat pekerjaan dari buzzer dan influencer. Karena buzzer hanya fokus menyebarluaskan konten, beberapa pengikut di media sosial lebih memilih untuk mengabaikan komentar dari buzzer.

Baca Juga:   Cara Membuat Akun Instagram dengan Cepat dan Mudah

Namun apa yang buzzer lakukan juga tidak buruk. Sebab beberapa pengikut pasti tetap akan memeriksa komentar yang buzzer berikan di beberapa konten. Kendati demikian, hasil yang buzzer berikan untuk brand pun tidak terlalu besar.

Sedangkan influencer dengan banyak pengikut bisa menyebarkan konten lebih cepat. Sebagai tambahan, mereka bisa membuat para pengikut untuk melakukan kampanye yang sedang mereka promosikan saat itu pula. 

Influencer yang baik akan meningkatkan interaksi dengan para pengikut. Mulai dari membalas komentar, melakukan tanya jawab di cerita, atau bahkan memberikan tanda suka untuk mereka. Oleh karena itu, engagement rate yang influencer hasilkan dalam mempromosikan sesuatu lebih tinggi daripada buzzer

3. Indikator Keberhasilan 

Belajar dari arti buzzer dan influencer, peran keduanya yang bertolak belakang dapat mempengaruhi indikator keberhasilan.

Buzzer bertugas untuk menyebarkan informasi atau konten tertentu di berbagai media sosial agar dapat mencakup lebih banyak audiens.

Mulai dari umur, gender, hingga latar belakang yang berbeda. Semakin aktif buzzer, semakin banyak pula audiens yang mereka jangkau.

Sedangkan indikator keberhasilan menurut influencer adalah bagaimana mereka dapat menggunakan kemampuan untuk menarik pengikut agar terpengaruh. 

Biasanya influencer akan berbicara banyak melalui cerita atau tulisan yang dapat menggugah hati pengikut.

Influencer dikatakan berhasil apabila apa yang mereka lakukan bisa membuat pengikut percaya dan memutuskan untuk memiliki pendapat yang sama dengannya. 

Semakin banyak interaksi dan konten yang influencer sebar, semakin tinggi pula tingkat keberhasilannya untuk menarik audiens dan mempengaruhi mereka. 

Sudah Pahamkah Kamu Arti Buzzer dan Influencer?

Setiap opinion leader memiliki tugas dan fungsi yang berbeda, begitu pula dengan buzzer dan influencer. Keduanya memiliki peran untuk menyebarkan konten dengan harapan bisa menambah kesadaran brand serta menarik lebih banyak audiens. Namun, kedua opinion leader memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Baca Juga:   Podcast adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Manfaatnya

Apabila kamu ingin brand lebih terkenal, kamu bisa menggunakan jasa buzzer.

Namun, jika kamu ingin meningkatkan penjualan, influencer adalah salah satu solusi terbaik yang dapat mempengaruhi pengikut untuk melakukan hal yang ia lakukan.

Jadi, jasa opinion leader mana yang akan kamu gunakan?


Temukan informasi lainnya tentang social media influencer, influencer marketing dan sebagainya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password