Rekomendasi Aplikasi untuk Content Creator, Mudah Digunakan!

aplikasi untuk content creator

Content creator adalah bidang pekerjaan yang tengah melambung belakangan ini.

Tidak heran jika aplikasi untuk content creator cukup banyak tersedia dan didesain sangat sederhana, sehingga mudah digunakan oleh para pembuat konten yang datang dari berbagai kalangan.

Berikut ini beberapa aplikasi user friendly yang wajib kamu manfaatkan sebagai content creator untuk menunjang kualitas kontenmu.

Simak bersama, ya!

1. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang ada sejak tahun 2012. Banyak jenis desain yang dapat kamu buat dengan aplikasi ini. Mulai dari Instagram post, Instagram Story, Presentation, E-Card, Poster, dan sebagainya.

Keunggulan dari aplikasi ini adalah kamu dapat menggunakannya secara gratis. Meski demikian, apabila kamu berlangganan, Canva akan menyediakan berbagai item premium untuk mendukung desainmu. Item premium tersebut, antara lain font, foto, video, template berbagai ukuran, element, dan juga folder penyimpanan.

Aplikasi yang hanya dapat digunakan secara daring ini tersedia untuk PC, dimana kamu dapat mengaksesnya dengan browser. Selain itu, kamu juga dapat mengunduh aplikasi Canva untuk Android. Kemudahan dan kelengkapan fiturnya, menjadikan Canva cocok sebagai aplikasi untuk content creator.

2. Crello

Berikutnya adalah Crello. Aplikasi yang satu ini memiliki kemiripan dengan aplikasi sebelumnya, baik dari segi fitur manfaat maupun penampakan.

Muncul belakangan, yaitu pada tahun 2016, Crello adalah hasil karya developer asal Ukraina. Sekilas seperti aplikasi yang kembar, Crello memiliki kemampuan yang cukup sepadan dengan Canva. Kamu juga dapat membuat berbagai ukuran desain dengan aplikasi ini. Baik itu foto, video, maupun desain grafis lainnya.

Baca Juga:   Ukuran Video YouTube Beserta Formatnya yang Ideal

Kelebihan aplikasi ini, kabarnya Crello menyediakan penyimpanan folder secara gratis. Fitur ini termasuk dalam layanan premium aplikasi Canva. Jadi, mana yang lebih kamu favorit kamu?

3. Wondershare Filmora

Aplikasi untuk content creator berikutnya adalah Wondershare Filmora. Software khusus edit video ini terkenal ringan dan user friendly. Meski kamu hanya dapat menggunakannya via PC, kamu tidak perlu kuatir aplikasi ini akan banyak menyita memori penyimpanan.

Aplikasi ini menggunakan metode seret dan lepas untuk menyusun foto dan video ke dalam timeline atau story board. Kamu juga dapat menambahkan tulisan serta backsound ke dalam video dengan bantuan aplikasi ini.

Kelebihan aplikasi ini adalah sudah tersedia beberapa template tulisan, animasi transisi, hingga musik untuk backsound. Namun, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu.

4. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro adalah salah satu pelopor aplikasi video editing. Meskipun terbilang senior, aplikasi ini terus mengikuti perkembangan zaman, sehingga tidak pernah kalah saing. Jadi, ini tentu adalah rekomendasi aplikasi untuk content creator.

Kelebihan utamanya, yakni kemampuan untuk saling dukung dengan aplikasi besutan Adobe yang lain. Mulai dari Adobe Font, Adobe Portfolio, Adobe Spark, Adobe After Effect, dan sebagainya.

Aplikasi ini juga memiliki ketelitian video hingga 0,01 detik. Hal ini tentu akan membantumu untuk membuat video yang sangat tajam dan mengalir. Selain itu, Adobe Premiere Pro juga dapat terhubung secara langsung dengan kamera yang terkoneksi dengan PC atau laptop. Paket lengkap dalam satu aplikasi.

5. Kinemaster

Aplikasi untuk content creator berikutnya adalah Kinemaster, aplikasi editing video yang sudah lama populer di kalangan pengguna smartphone. Kelebihan utamanya tentu adalah pengoperasian yang mudah melalui smartphone, yaitu IOS dan Android.

Baca Juga:   Cara Melihat TikTok Insight dan Memanfaatkannya

Aplikasi ini punya fitur green screen yang memudahkan para content creator untuk mengubah background. Fitur unggul lainnya adalah memungkinkan untuk menumpuk beberapa layer video dengan mudah. Mengagumkan, bukan?

6. Corel Video Studio

Selanjutnya, masih dari aplikasi video editing, yaitu Corel Video Studio. Aplikasi yang satu ini adalah pesaing Adobe Premiere Pro. 

Sama-sama pemain senior dalam dunia video editing, Corel Video Studio telah lengkap dengan berbagai filter dan effect. Salah satu filter terbaiknya adalah mampu mengurangi getar atau goyang pada video. Hal ini tentu akan membuat video mengalir dan elegan.

Berbagai filter ini bahkan dilengkapi dengan pengaturan custom, agar semakin sesuai dengan kebutuhan video editing.

7. Animation Desk

Aplikasi untuk content creator berikutnya adalah aplikasi pembuat animasi, Animation Desk. Ini adalah aplikasi favorit bagi para animator karena keunggulannya yang mudah digunakan dari level pemula hingga profesional.

Aplikasi besutan Kdan Mobile Software Ltd telah tersedia bagi Operating System Windows maupun Macintosh. Meski demikian, sebaiknya kamu tetap memperhatikan kebutuhan kebutuhan RAM dan processor sebelum melakukan penginstalan.

Melalui aplikasi ini, kamu dapat menyusun beberapa frame gambar dan mengubahnya menjadi klip video animasi bergerak yang sangat nyata. Sebagai content creator, aplikasi ini tentu akan sangat membantu untuk keperluan pembuatan video iklan yang berupa animasi.

8. Snapseed

Selanjutnya adalah Snapseed, salah satu rekomendasi aplikasi untuk content creator. Aplikasi yang dioperasikan melalui smartphone ini khusus untuk keperluan mengedit foto. Berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi ringan ini mampu membuat hasil tangkapan kamera menjadi lebih estetik dan menarik perhatian.

Aplikasi ini tentu mendukung kebutuhan kerja sebagai pembuat konten yang harus sangat sempurna ketika menampilkan berbagai konten foto maupun video.

Baca Juga:   Tutorial Edit Video TikTok dengan Capcut untuk Pemula

9. Power Director

Power Director adalah aplikasi video editing sebagai pesaing Kinemaster, karena keduanya sama-sama aplikasi untuk smartphone.

Aplikasi ini juga telah mendukung fitur green screen, sehingga layak dipertimbangankan untuk pembuatan video profesional. Selain itu, terdapat juga fitur stabilisasi video yang berfungsi untuk mengurangi guncangan.

Kelebihan lain dari Power Director adalah kemampuannya untuk menghasilkan video dengan kualitas Full HD. Meski demikian, kamu harus berlangganan untuk dapat memanfaatkan beberapa fitur premiumnya.

Tips Memilih Aplikasi untuk Content Creator

Tersedianya beragam aplikasi yang dapat mendukung pekerjaan, membuatmu harus memilih. Beberapa hal berikut ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagimu:

1. Sesuaikan dengan Konten

Aplikasi untuk video editing tentu berbeda dengan aplikasi untuk photo editing atau pembuatan animasi. Kamu dapat memilih aplikasi sesuai dengan konten jenis apa yang akan kamu hasilkan. Sebaiknya, hindari menginstal beberapa aplikasi untuk content creator sekaligus untuk menghindari kendala, seperti kinerja perangkat yang melambat.

2. Spesifikasi Perangkat

Hal penting berikutnya adalah spesifikasi perangkat yang kamu miliki harus sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Apabila aplikasi membutuhkan 16GB RAM, sedangkan PC yang kamu miliki hanya 8 GB RAM, sebaiknya kamu melakukan upgrade terlebih dahulu.

3. Biaya Berlangganan

Kebanyakan aplikasi memang dapat diakses secara gratis. Namun, beberapa fitur terkunci sebagai fitur premium. Hal ini tentu tidak boleh luput dari pertimbanganmu.

Siap Jadi Content Creator dengan Aplikasi User Friendly?

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi untuk content creator yang mudah digunakan.

Meski berbagai aplikasi tersebut makin lengkap dengan fitur yang canggih, kreativitas dari creator itu sendiri tetap menjadi kunci.

Untuk itu, pastikan terus mengasah skill-mu, ya!

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, social media marketing dan lain-lain hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password