7 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Menunjang Konten Video Kamu

animation desk

Berkat kemunculan aplikasi pembuat animasi, kini mengedit konten video sudah bisa dilakukan dengan banyak metode, bahkan dari smartphone sekalipun.

Berkat kemudahan ini, tak heran content creator baru pun semakin banyak yang bermunculan.

Di bawah ini kami akan merekomendasikan aplikasi pembuat animasi dengan fitur canggih yang bisa kamu gunakan.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Animasi 

Beberapa aplikasi yang akan kamu temukan di artikel ini bisa kamu gunakan di smartphone dan juga PC.

Tentu saja tiap aplikasi punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga penting untuk mencari tahu mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tidak perlu berlama-lama, simak ulasan di bawah ini bersama, yuk!

1. FlipaClip

FlipaClip adalah salah satu pilihan yang baik untuk animator pemula. Alasan utamanya adalah karena aplikasi pembuat video animasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Play Store ataupun App Store.

Meski gratis, FlipaClip memiliki fitur yang jauh dari kata cukup. Aplikasi ini memiliki teknologi AI yang dapat membuat proses membuat animasi menjadi lebih mudah.

Tidak cuma itu, FlipaClip juga menyediakan fitur layering yang ada pada aplikasi seperti Photoshop, sehingga proses menggambar juga jadi lebih fleksibel. FlipaClip juga punya banyak koleksi efek suara yang bakal membuat animasi kamu jauh lebih seru.

2. Draw Cartoons 2

Selain FlipaClip, kamu juga bisa membuat animasi di ponsel menggunakan Draw Cartoons 2. Namun berbeda dengan FlipaClip, aplikasi ini cuma hadir untuk Android.

Draw Cartoons 2 menyediakan banyak kebebasan untuk kamu, terlebih jika kamu memang ingin lebih fokus ke animasi dan bukan ingin lebih banyak menggambar. 

Pasalnya, aplikasi pembuat animasi ini menyediakan fitur pack di mana kamu bisa mengunduh desain karakter yang sudah orang lain buat sehingga bisa kamu jadikan tokoh dalam animasi kamu.

Baca Juga:   15 Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest dengan Mudah

Meski bisa digunakan secara gratis, namun Draw Cartoons 2 juga punya versi PRO yang bisa kamu beli seharga 50 ribu rupiah di Play Store.

3. Pencil 2D

Bagi kamu yang merasa kalau membuat animasi menggunakan ponsel terlalu membatasi dalam berkreasi, maka Pencil 2D adalah pilihan yang baik.

Aplikasi yang dikembangkan secara swadaya oleh Matthew Chang dan kawan-kawan ini memiliki serangkaian fitur, seperti banyaknya jenis pensil yang bisa kamu pilih.

Karena ini di komputer, maka kamu bisa membuat animasi yang lebih kompleks dan dengan warna yang lebih detail ketimbang di FlipaClip. 

Untuk mengetahui apa yang bisa aplikasi pembuat video animasi ini lakukan, situs Pencil 2D juga menyajikan beragam video tutorial di situs resminya.

4. Animation Desk

Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, Animation Desk adalah aplikasi pembuat video animasi yang cukup spesial karena dapat digunakan pada ponsel dan komputer.

Aplikasi buatan Kdanmobile ini punya banyak fitur yang membuatnya nyaman untuk digunakan.

Meski begitu, kelebihan utama dari Animation Desk terletak di komunitasnya yang solid.

Dengan ini, kamu dapat belajar animasi dengan animator lain dengan cara saling memberi feedback.

Tidak hanya itu, pengembang Animation Desk juga mendesain aplikasi ini dengan mindset pembelajaran.

Jadi, untuk kamu yang memang ingin mengajar animasi, Animation Desk ini cocok untuk jadi bahan pertimbangan.

Animation Desk menaruh perhatian lebih mengenai storyboard yang memang sangat berguna ketika kamu nantinya terjun ke dunia profesional.

5. Toon Boom Harmony 

Omong-omong soal profesional, Toon Boom Harmony adalah salah satu aplikasi pembuat animasi yang ditujukan untuk studio-studio besar ataupun kamu yang ingin menjadi animator profesional.

Toon Boom memang sudah menjadi kepercayaan studio animasi besar ketika membuat film 2 dimensi setelah Adobe Animate.

Adapun fitur yang membuat aplikasi ini makin keren adalah customization yang sangat beragam.

Baca Juga:   Call to Action Adalah: Ketahui Cara Membuatnya Agar Menarik Audiens!

Sebagai contoh, kamu bisa membuat sebuah karakter dengan serangkaian anggota tubuh yang nantinya ingin kamu gerakkan.

Menggunakan Toon Boom Harmony, kamu bisa memprogram anggota tubuh sesuai kehendakmu.

Meski begitu, dengan fiturnya yang mumpuni, Toon Boom Harmony juga mempunyai harga yang tidak murah.

Aplikasi ini memiliki sistem langganan yang mewajibkan kamu untuk membayar minimal 25,5 dolar AS per bulannya atau sekitar Rp375 ribu. 

Toon Boom Harmony memiliki dua paket lainnya yang lebih optimal untuk pembuatan animasi game dan keperluan yang lebih profesional.

Jadi iya, kalau kamu sudah merasa pro, tidak ada salahnya untuk beralih ke aplikasi yang lebih menantang.

6. KeyShot

Kalau dari tadi kamu melihat aplikasi untuk membuat animasi dalam wujud 2 dimensi, kali ini KeyShot justru lebih terfokus pada animasi 3 dimensi.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Luxion ini merupakan aplikasi yang cukup profesional. Pasalnya, banyak orang yang menggunakan Keyshot ini sebagai alat untuk memasarkan produk mereka dalam bentuk 3 dimensi, termasuk mobil yang kamu sedang lihat di gambar thumbnail.

Keyshot akan membantu kamu jika tidak paham soal membuat model 3D. Karena aplikasi pembuat animasi ini menyediakan banyak model yang bisa kamu pilih sebagai bahan untuk mockup.

Masalah harga, Keyshot ini tergolong cukup merogoh kocek. Sama seperti Toon Boom Harmony, Keyshot memilih sistem langganan di mana kamu harus membayar 99 dolar AS per bulannya.

Keyshot juga menyediakan plug-in tambahan untuk fitur-fitur yang tidak masuk dalam aplikasi utamanya dengan harga yang beragam.

7. Blender

Bagi kamu yang merasa KeyShot memasang harga yang terlalu tinggi, maka orang-orang juga berpikiran serupa. Apalagi ketika aplikasi seperti Blender hadir.

Aplikasi pembuat animasi yang satu ini memang sudah jadi primadona bagi para desainer maupun animator. Meski bersifat open-source, namun Blender menyajikan banyak fitur seperti aplikasi profesional.

Baca Juga:   Melihat Sepak Terjang dan Bisnis Daniel Mananta yang Inspiratif

Blender cocok untuk kamu yang ingin memulai belajar membuat animasi 3D, baik yang statis hingga dinamis. Kalau kamu melihat animasi 3D yang ada di sebuah situs ataupun video klip, besar kemungkinan kalau animasi tersebut merupakan hasil buatan di aplikasi Blender.

Satu kelebihan Blender dibanding aplikasi lainnya adalah komunitas penggunanya yang cukup besar. Jadi kalau kamu bingung untuk melakukan sebuah trik animasi di aplikasi tersebut, bakal ada animator Blender lainnya yang minimal mendemonstrasikan tutorialnya di kanal YouTube.

Sebenarnya banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh Blender, namun jika dikupas satu persatu akan memakan banyak porsi. Pada akhirnya, Blender memang cocok untuk orang-orang yang ingin menggeluti bidang desainer 3D.

Aplikasi Pembuat Animasi Mana yang Sesuai Denganmu?

Itu dia rekomendasi aplikasi pembuat video animasi.

Tentunya semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pastikan untuk memilih aplikasi sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika kamu tekun dan bekerja sepenuh hati, tentu animasi yang kamu buat juga akan lebih maksimal.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar influencer marketing, YouTube influencer dan lain-lain hanya di influencer101.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password