Aplikasi Edit Video TikTok Tanpa Watermark Gratis!

aplikasi edit video tiktok tanpa watermark

Siapa yang tak kenal sama aplikasi TikTok? Bagi kamu yang suka membuat video-video pendek atau shorts yang lucu, heboh, menggemaskan, dan populer, TikTok adalah alat yang cocok untukmu. Video TikTok buatan kamu tentunya harus diedit terlebih dulu supaya hasilnya bagus. Hanya saja video editan tersebut harus kamu tempelkan watermark sehingga mengganggu audiens. Mau tahu solusinya bagaimana? Ayo baca artikel tentang aplikasi edit video TikTok tanpa watermark berikut ini.


Mengapa Video TikTok Harus Menggunakan Watermark?

Coba perhatikan video TikTok yang kamu tonton baik-baik! Di bagian atas atau bawah video, kamu akan menemukan semacam tanda nama atau gambar yang setengah transparan pada video tersebut. Tanda setengah transparan ini namanya watermark.

Secara sederhana, watermark adalah sebuah bentuk identitas digital yang menandakan jika video tersebut merupakan properti kamu yang sah. Watermark ini dapat berupa inisial nama asli kamu, atau nama akun TikTok, foto 3D, bahkan tanda tangan mini. Watermark mempunyai dua fungsi. 

Fungsi pertama ialah untuk mempromosikan akun dan konten kamu kepada sebanyak mungkin audiens. Fungsi kedua yaitu untuk melindungi video TikTok kamu dari tangan-tangan jahil yang hendak mencurinya demi kepentingan mereka.

Namun kadang-kadang audiens dapat merasa terganggu dengan adanya watermark itu karena menghalangi video di layar komputer atau smartphone. Dengan menggunakan aplikasi edit video TikTok tanpa watermark, kamu dapat menghilangkan tanda watermark pada video kamu agar tampilan video menjadi lebih bersih. 

Artikel ini akan membahas 10 aplikasi pengeditan yang bisa kamu unduh dari berbagai sumber.


Macam-Macam Aplikasi Edit Video TikTok Tanpa Watermark

Pada bagian ini, kamu akan membaca tentang jenis-jenis aplikasi pengeditan video yang sekiranya cocok untuk kamu gunakan supaya video TikTok kamu tidak terhalangi oleh watermark. 

Kendati demikian, aplikasi-aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membuat watermark pada video TikTok menjadi lebih jelas dan terlihat oleh audiens. Silakan kamu baca satu per satu.

Baca Juga:   Ingin Jadi Social Media Manager? Berikut Cara Dan Skill Yang Dibutuhkan!

1. Pelicut

Pada nomor satu kita mempunyai aplikasi editing video yang bernama Pelicut, juga dikenal dengan nama Free Vlog Maker, yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini menyediakan berbagai jenis template untuk video TikTok kamu, lengkap dengan tambahan musik dan gaya grafis yang lucu dan memukau. 

Pelicut juga menawarkan fitur penambahan sticker, filter, dan GIF untuk mempercantik video kamu, sekaligus fitur pemotongan dan penggabungan video. Aplikasi Pelicut mendukung video-video yang mempunyai format MP4, AVI, FLV, dan 3GP dan menjamin keutuhan kualitas video tersebut saat kamu unggah ke TikTok.

2. Quik

Aplikasi edit video TikTok tanpa watermark yang berikutnya ialah Quik. Aplikasi besutan GoPro ini menyediakan banyak fitur pengeditan video dan foto pada smartphone dan PC, sehingga cocok untuk kamu gunakan dalam urusan editing video TikTok. 

Quik memiliki beragam jenis gaya grafis, emoji, font, dan filter yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan watermark pada video TikTok. Jenis video yang dapat aplikasi Quik edit adalah video yang berukuran 7020p dan 1080p (yang HD), jadi pastikan ukuran video kamu sudah betul sebelum kamu masukkan ke Quik.

3. PowerDirector

Ada pula sebuah aplikasi edit video TikTok tanpa watermark yaitu PowerDirector. Aplikasi ini dibuat oleh Cyberlink.com demi kemudahan kamu dalam membuat beraneka ragam video yang menarik dan berkualitas, termasuk juga video TikTok. 

PowerDirector memberikan 2 versi aplikasi bagi para penggunanya, yaitu versi gratis dan versi pro yang berbayar. Dalam aplikasi versi gratis, kamu hanya bisa mengakses fitur-fitur dasar saja, dan video yang kamu edit akan meninggalkan watermark. 

Untuk bisa menghilangkan watermark dari video, kamu harus membeli versi pro, namun jika kamu tidak sanggup membelinya, ada pula yang bernama Power Director Pro Mod.

4. VivaVideo: Free Video Editor

Aplikasi editing video TikTok yang keempat namanya VivaVideo. Aplikasi ini adalah ciptaan Quvideo Inc. dan mempunyai banyak pilihan bahasa yang bisa kamu pilih. 

Baca Juga:   Social Media Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Panduannya

Pada menu utama aplikasi ini, kamu akan melihat dua menu : mengambil video langsung melalui bantuan aplikasi VivaVideo atau mengambil video yang sudah ada di smartphone kamu. 

Kamu lalu dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini untuk mengedit. Contohnya seperti opsi cut-and-paste, transisi video, dan filter yang akan menghilangkan watermark dari video sebelum kamu unggah ke TikTok.

5. YouCut – Video Editor

Pada nomor lima, kita punya sebuah aplikasi edit video TikTok tanpa watermark yang bernama YouCut. Aplikasi ini adalah produk buatan InShot Inc. dan sangat cocok untuk kamu gunakan dalam hal editing video TikTok dan Instagram. 

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi YouCut ini contohnya fitur pemangkasan video menjadi klip-klip pendek / shorts, pemotongan video, dan pengubahan atau konversi video ke format MP4. 

Jika kamu hendak menambahkan musik ke video kamu, YouCut juga menyediakan opsinya. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa secara langsung membagikan video ke media semacam Instagram, TikTok, twitter, dan YouTube.

6. Kinemaster – Pro Video Editor

Di bagian keenam adalah aplikasi editing video yang banyak masyarakat Indonesia gandrungi yaitu Kinemaster. Aplikasi ini tergolong gratis dan penggunaannya tergolong mudah bagi kebanyakan warga negara kita. Fitur-fiturnya cenderung sama dengan aplikasi-aplikasi pengeditan video sebelumnya, meski Kinemaster memiliki fiturnya sendiri. Sebagai contoh, aplikasi ini punya 200 font ekstra, efek green screen, dan color grading agar watermark di video hilang dengan sempurna. Perlu kamu ingat bahwa color grading tersebut sebaiknya jangan sampai memburamkan video sebab warna yang dapat kamu gunakan ada banyak variasinya.

7. Capcut

Adapun aplikasi edit video TikTok tanpa watermark selanjutnya ialah Capcut. Capcut merupakan aplikasi pengeditan yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Apakah kamu tahu bahwa Capcut mempunyai kemampuan melengkapi fitur-fitur editing video yang sudah ada dalam TikTok? Ya, layanan tersebut ada dalam opsi New Projects di Capcut. Opsi New Projects dalam Capcut diperuntukkan bagi kamu yang siap mengedit video TikTok kamu dari nol. Jika kamu tak mau repot dengan editan semacam itu, silakan pilih opsi Template. Opsi tersebut memberikan kamu berbagai macam template video TikTok yang bisa langsung kamu gunakan.

Baca Juga:   Cara Download Video di TikTok Lite Cepat dan Mudah 

8. InShot

Untuk aplikasi pengeditan tanpa watermark yang satu ini, dia namanya InShot. Aplikasi ini memiliki fitur user interface yang sifatnya mempermudah akses bagi para pengguna. Jika kamu memerlukan fitur merger untuk menyatukan beberapa klip TikTok menjadi satu video, InShot telah menyediakannya secara gratis. Kamu dianjurkan agar menyatukan klip-klip tersebut secara teratur agar tak membuat InShot mendadak error. Ada juga fitur-fitur lainnya dalam aplikasi ini seperti fitur stiker, filter, teks, dan pengaturan latar video.

9. Videoshop

Aplikasi edit video TikTok tanpa watermark di nomor sembilan adalah Videoshop. Salah satu keunggulan aplikasi editing ini yaitu fitur perekam suara yang dapat kamu gunakan bila hendak merekam suara sendiri. Videoshop dapat membantu kamu menyesuaikan isi video dan suaranya dalam proses pengeditan. Kekurangan dari Videoshop yaitu proses penyimpanan video TikTok editan yang memakan waktu lama. Ini boleh jadi karena isi konten video TikTok terlalu banyak dan aplikasinya perlu waktu untuk memeriksa isi video tersebut. Kendati demikian, aplikasi editing ini cenderung mudah kamu gunakan.

10. Magisto Video Editor

Aplikasi pengeditan tanpa watermark di bagian terakhir yaitu Magisto Video Editor yang mengunggulkan fitur template. Pada aplikasi ini, kamu memiliki akses terhadap bermacam-macam template unik dan lucu untuk video TikTok kamu. Fitur template pada Magisto juga dilengkapi dengan bantuan efek-efek cantik dan frame atau bingkai video. Apabila kamu perlu musik untuk ditambahkan dalam video TikTok, jangan khawatir sebab Magisto mempunyai beragam musik yang pasti cocok untuk video kamu. Ada pula efek suara-suara jika kamu merasa tak suka memasukkan musik pada video kamu.

Sekarang apakah kamu sudah mengerti tentang macam-macam aplikasi edit video TikTok tanpa watermark? Pastikan video shorts kamu untuk TikTok sudah kamu edit dengan benar ya, supaya video tersebut tampak lebih jernih di mata audiens. Selamat mencoba!


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, marketing influencer, hingga social media influencer hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password