Apa yang dimaksud dengan Blog, Blogging dan Blogger ?

apa yang dimaksud dengan blog

Saat ini dengan kemajuan penggunaan internet yang semakin pesat, salah satu akibatnya adalah semakin beragamnya konten di internet yang bisa kita lihat. Salah satu konten internet yang cukup populer ini adalah blog. Mungkin masih banyak orang yang bertanya apa yang dimaksud dengan blog? Lalu apa itu blog dan bedanya dengan blogging atau blogger?


Apa itu Blog?

Blog merupakan kependekan dari weblog. Secara singkat, blog mirip dengan jurnal atau catatan namun bersifat online. Nantinya, media ini akan banyak berisi konten seperti artikel, foto, atau video.


Tujuan Membuat Blog?

Setelah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan blog, mungkin kamu akan bertanya mengapa banyak orang yang membuat media ini. Salah satu alasannya, karena konten ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat blog yang paling banyak orang gunakan adalah sebagai media mencatat.

Namun selain itu, masih banyak tujuan lainnya dari pembuatan blog ini. beberapa tujuannya antara lain:

1. Tempat Berbagi

Salah satu tujuan orang membuat blog adalah sebagai sarana untuk berbagi. Misalkan kamu suka memasak, maka dengan membuat konten ini kamu bisa berbagi resep yang sudah kamu coba. kamu juga bisa memberikan komentar kamu tentang resep tersebut.

Ini merupakan salah satu media yang menjadi tempat ideal untuk berbagi. Salah satu penyebabnya adalah tidak terbatasnya jumlah kata yang bisa kamu gunakan. Sehingga kamu bisa berbagi banyak hal. Selain itu, blog juga memungkinkan kamu untuk menambahkan foto dan juga video sebagai konten tambahan.

2. Menghasilkan Uang

Mungkin banyak orang yang penasaran dengan apa itu blog, salah satu alasannya adalah karena konten ini bisa menghasilkan uang. Apakah hal itu benar? Maka jawabannya adalah benar.

Blog bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang ketika konten yang kamu punya memiliki banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung maka akan semakin banyak uang yang bisa kamu dapatkan. Sumber uang dari konten ini sendiri ada beraneka macam. Dari mulai iklan sampai postingan berbayar.

Yang jelas, ketika kamu ingin membuat blog kamu sebagai salah satu cara menghasilkan uang, maka kamu perlu mendapatkan banyak pengunjung terlebih dahulu. Dan cara untuk mendapatkan banyak pengunjung tentunya dengan membuat konten yang berkualitas dan juga bermanfaat.

3. Sarana untuk Menyalurkan Hobi Menulis

Banyak orang yang menjadikan blog sebagai tempat untuk menyalurkan hobi mereka dalam dunia tulis menulis. Salah satu konten yang ada di dalamnya memang ditujukan untuk mereka yang gemar menulis. Dengan cara ini, mereka bisa berbagi tulisan mereka dan bisa membagikannya kepada banyak orang.

Baca Juga:   Apa itu CTR? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

Yang perlu kamu tahu juga, banyak cerita pendek menarik yang bisa kamu baca lewat blog. Hal ini menandakan jika banyak penulis hebat yang juga memulai tulisannya lewat media ini.

4. Menunjukan Profesionalitas

Saat ini, banyak juga orang yang menggunakan blog sebagai salah satu cara untuk menunjukan profesionalitas dan hasil kerja yang sudah mereka lakukan. Sebagai contoh, seorang guru bisa mengupload konten tentang pelajarannya via internet. Nantinya, murid bisa mengakses pelajaran tersebut dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, contoh lainnya adalah seorang peneliti yang bisa saja mempublikasikan hasil temuannya melalui media ini. Ini juga bisa menjadi salah satu pilihan, karena selain mudah, mengupload konten ke blog juga murah.

5. Tempat Melakukan Promosi

Hal lain yang juga menjadi tujuan banyak orang dengan membuat blog adalah sebagai tempat untuk melakukan kegiatan promosi. Jika dilihat dari sisi bisnis, maka media ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk melakukan promosi.

Banyak konten marketing yang bisa kamu buat dengan memanfaatkan media ini. Selain itu, dengan memanfaatkan media ini juga maka konten kamu bisa dilihat banyak orang. Apa yang dimaksud dengan blog disini adalah sebagai media marketing yang memiliki jangkauan sangat luas. Keuntungan lainnya dari melakukan promosi via media ini adalah biaya yang jauh lebih murah.

6. Tempat Menyimpan Portofolio

Media ini juga bisa menjadi salah satu tempat untuk kamu menyimpan portofolio. Misalkan, kamu merupakan seorang fotografer, maka kamu bisa membuat  blog yang berisi kumpulan foto yang kamu buat. 

Hal ini tentu saja akan memudahkan orang yang ingin melihat foto-foto kamu. Sehingga nantinya, kamu juga akan mudah menunjukan kepada orang lain ketika kamu butuhkan.


Apa itu Blogging?

Selain mengenal apa yang dimaksud dengan blog, mungkin kamu juga akan bertanya tentang blogging. Blogging sendiri merupakan aktivitas untuk mengelola blog. Baik berupa menulis dan mengisi konten, memperbaharui konten, menambah foto, menambah elemen lain pada media ini, dan aktivitas lainnya.

Jenis-Jenis Blog

Selain paham dengan apa yang dimaksud dengan blog, maka kamu juga perlu mengetahui jika media ini sendiri memiliki beberapa jenis. Perbedaan dari jenis media ini juga dibedakan berdasarkan konten yang ada di dalamnya.

Adapun beberapa jenis blog tersebut antara lain:

1. Blog Pribadi

Ini merupakan jenis yang biasanya khusus dibuat untuk kebutuhan personal. Penggunaannya pun hanya untuk kebutuhan personal dan tidak memperhatikan sisi pengunjung. Biasanya media seperti ini akan banyak orang gunakan untuk mendokumentasikan apa yang sudah didapatkan selama ini.

Baca Juga:   Mengenal Apa Itu SEO Off page untuk blogger pemula?

Blog seperti ini biasanya akan membahas banyak topik. Dari mulai kehidupan, pekerjaan, keluarga, dan lainnya. Konten pada media ini juga akan dibuat sesuai dengan minat dari pemiliknya.

2. Blog Niche

Ini merupakan jenis media yang benar-benar hanya membahas satu topik saja sesuai niche nya. Adapun niche yang akan dipilih adalah sesuai dengan minat dan kemampuan dari pemilik blog. Misalkan, jika pemiliknya memiliki minat dan kemampuan pada bidang kesehatan, maka niche dari media ini akan berisi banyak hal tentang kesehatan.

Ini merupakan media yang biasanya memiliki tujuan khusus dan target khusus. Sehingga mungkin tidak semua orang akan menyukainya. Namun demikian, saat ini juga banyak media seperti ini dengan niche tertentu yang cukup mendapatkan respon baik. Salah satu cara untuk mendapatkan respon seperti itu, adalah membuat konten dengan informatif dan banyak orang yang membutuhkan.

Beberapa contoh niche yang bisa kamu pilihan seperti traveling, fashion, olahraga, dan lainnya. Jika kamu tidak ingin spesifik, maka kamu juga bisa memilih menggunakan niche umum. namun pastikan setiap konten yang kamu buat memiliki keterkaitan.

3. Blog untuk Bisnis

Sesuai namanya, maka penggunaan dari media ini adalah untuk kebutuhan bisnis. Media ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhan marketing ataupun promosi. Tujuan utama dari pembuatan media jenis ini adalah mendapatkan banyak pengunjung yang bisa saja menjadi konsumen.

Blog memang memiliki jangkauan yang sangat luas. Sehingga kemungkinan untuk banyak orang yang melihatnya juga cukup tinggi. Hal inilah yang banyak orang manfaatkan dari hal ini sebagai salah satu media untuk melakukan promosi ataupun pemasaran.

4. Blog Affiliasi

Ini merupakan media yang tujuan utama dari pembuatannya adalah untuk affiliate marketing. Affiliate marketing sendiri merupakan cara melakukan pemasaran dengan memanfaatkan pihak ketiga. Isi dari media ini akan banyak kamu lihat sebagai barang jualan. Kamu juga akan melihat banyak link yang mengarah ke tempat belanja online.

Untuk kamu yang mengidamkan mendapatkan uang dari blog, maka jenis ini bisa kamu coba. Cukup dengan menaruh link, nantinya, jika ada orang yang membeli barang tersebut melalui link yang kamu kirim maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.


Apa itu Blogger?

Setelah paham dengan apa itu blog, maka istilah lain yang juga akan kamu temukan adalah blogger. Singkatnya, blogger merupakan orang yang mengelola media ini. Nantinya, mereka lah yang membuat postingan, mengupdate, merubah tampilan, dan melakukan kegiatan lainnya di media ini.


Bagaimana Cara Menjadi Blogger?

Setelah paham dengan apa yang dimaksud dengan blog maka mungkin kamu juga mulai tertarik untuk menjadi blogger. Ketika kamu ingin menjadi blogger, maka pastikan kamu bisa konsisten untuk mengupdate kontennya. Ini merupakan cara agar kamu mendapatkan banyak pengunjung.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan Blogger, Vlogger dan YouTuber yang Perlu Kamu Tahu

Ketika media ini kamu memiliki banyak pengunjung, maka hal itu juga menjadi salah satu hal yang bisa membuat kamu mendapatkan uang dari media ini. Berikut adalah beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjadi blogger.

1. Milikilah Tujuan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan menjadi blogger adalah memiliki tujuan. Nantinya, tujuan inilah yang akan menentukan apa saja konten yang kamu buat. Selain itu, tujuan ini juga akan menentukan seperti apa blog kamu nantinya,

Tentunya, tujuan membuat media yang kamu miliki haruslah tujuan baik. Hal ini juga untuk memastikan konten yang kamu buat merupakan konten yang bagus, bermanfaat, dan berkualitas. Konten seperti ini juga yang bisa menjadi salah satu cara untuk mendatangkan banyak pengunjung.

2. Tentukan Niche dan Tema yang Akan Kamu Buat

Berkaitan dengan memiliki tujuan, maka hal lain yang juga perlu kamu perhatikan ketika kamu akan menjadi blogger adalah pilihan tema dan niche dari blog yang akan kamu buat. Tentunya, pilihan tema atau niche harus yang sesuai dengan keahlianmu.

Ada beberapa niche atau pilihan tema yang bisa kamu pilih. Seperti misalnya, teknologi, kesehatan, otomotif, olahraga, dan lainnya. Nantinya, dari tema atau niche itulah kamu akan menentukan bagaimana isi dari blog kamu.

3. Konsistensi

Hal lain yang juga perlu kamu siapkan ketika akan menjadi blogger adalah konsistensi. Tentunya ini merupakan modal yang sangat penting untuk kamu miliki. Untuk bisa mengembangkan blog kamu maka konsistensi adalah hal yang sangat kamu perlukan.

Konsistensi ini juga penting untuk membuat media kamu berkembang. Mungkin blog kamu tidak akan mendapat banyak pengunjung sekaligus dalam satu waktu, namun dengan konsistensi ini maka setidaknya kamu bisa membuat progress pertumbuhan pada media yang kamu buat ini.

4. Update terus Media Kamu

Berkaitan dengan konsistensi, maka hal penting lainnya ketika kamu menjadi blogger adalah terus update media yang kamu punya. Apa yang dimaksud dengan blog di sini adalah sesuatu selayaknya media sosial yang perlu kamu update secara konsisten. 

Bedanya, jika media sosial bisa kamu update kapan saja, maka untuk media ini setidaknya update lah secara rutin pada satu waktu tertentu.

Misalnya, kamu melakukan update setiap minggu satu kali pada hari selasa. Hal ini untuk memastikan pengunjung setia kamu tidak menunggu. Dengan melakukan update berkala ini juga membuat blog kamu tetap hidup.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pahami tentang apa yang dimaksud dengan blog, blogging, dan blogger, semoga bisa menjawab pertanyaan kamu tentang apa itu blog dan bagaimana cara menjadi blogger yang baik.


Dapatkan berbagai macam tips menarik seputar influencer marketing, strategi influencer, blogger influencer, social media influencer dan berita influencer lainnya hanya di influencer101.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password