Apa Itu Youtube Studio dan Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

apa itu youtube studio

Apa itu Youtube Studio? Mungkin saat ini hampir semua orang bermain Youtube. Hal ini terlihat dari para pengguna Youtube yang tidak hanya menjadi penikmat konten saja, melainkan juga turut berkarya. 

Nah, untuk mempermudah para penggunanya dalam mengelola Youtube dan memberikan berbagai kemudahan, maka rilislah Youtube Studio. 

Para youtuber bahkan bisa mengelola akun youtubenya dengan mudah melalui aplikasi. Pengelolaan channel Youtube akan jauh lebih mudah dengan menggunakan aplikasi ini. 

Lantas, apa sih Youtube Studio itu? Dan apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi ini?


Apa Itu Youtube Studio?

Youtube Studio merupakan sebuah aplikasi dari Google. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk mengakses channel Youtube yang kamu miliki melalui smartphone. Jadi, dengan adanya aplikasi Youtube Studio ini maka kamu akan lebih mudah dalam mengatur channel Youtube milikmu. 

Baik mengatur video dan melihat performa channel Youtubemu, atau melihat performa dari video yang kamu miliki. Pada dasarnya, apa itu Youtube Studio memang hadir untuk memudahkan para youtuber dalam memantau konten dan channel Youtubenya. 

Dengan begitu, maka kamu dan para youtuber lainnya pun akan lebih mudah untuk mengecek kondisi channelnya tanpa perlu membuka laptop atau komputer. Jadi, semua pun bisa kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Untuk versi terbarunya adalah versi 20.2.101. 

Dalam versi ini tentunya terdapat bergam jenis fitur yang akan memudahkan kamu dalam mengelola akun Youtubemu tersebut. Lantas, apa saja fitur dan manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi Youtube Studio ini?

Baca Juga:   7 Food Vlogger Terkenal dan Banyak Cuan di Indonesia


Fitur dan Manfaat Youtube Studio

Aplikasi Youtuber Studio ini memang dirancang secara khusus untuk membantu para kreator Youtube dalam mengelola channelnya. Nah, berikut ini ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan ketika sedang mengelola akun Youtubemu tersebut. 

1. Fitur Dashboard

Dashboard merupakan bagian utama dari halaman administrasi channel Youtubemu. Dashboar sendiri merupakan halaman pertama yang muncul ketika kamu membuka Youtube Studio. 

Dalam fitur dashboard ini, maka kamu akan menemukan banyak sekali bagian menu yang tentunya memiliki fungsi yang menarik dalam penggunaan aplikasi Youtube Studio ini. 

Menu yang bisa kamu manfaatkan antara lain adalah latest post, late video performance, news, creator insider, important notification, recent subcriber, and channel analytics. 

2. Fitur Video

Selain bisa melihat dashboard pada penjelasan apa itu Youtube Studio, kamu juga bisa mengedit videomu sebelum mulai kamu upload. Hal-hal yang bisa kamu edit antara lain adalah judul, deskripsi channel, tag, hingga pemasangan iklan. Kamu bisa menggunakan halaman video untuk melihat daftar upload baru. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk mengedit judul, thumbnail, deskripsi, hingga setelan video lainnya. Kamu juga bisa melihat komentar terbaru tentang sekaligus meninjau statistik video paling baru. 

Setelah kamu mengunggah sebuah video, namun kondisinya belum sempat kamu publikasikan. Maka kamu bisa melakukan publikasi melalui aplikasi Youtube Studio ini. Hal ini karena aplikasi Youtube Studio menyediakan pilihan untuk publikasi atau membuat video tersebut menjadi private video. 

Bagian menu dari fitur video ini antara lain adalah kategori konten untuk stories, uploads, and live. Menu lain yang bisa kamu temukan pada fitur video ini antara lain adalah filter video, detail video, hingga kotak pencarian. 

3. Fitur Playlist

Kamu bisa memutar video dari aplikasi ini. Caranya pun cukup mudah untuk dilakukan. Kamu tinggal klik saja menu dengan simbol tiga garis. 

Baca Juga:   Tingkatan Influencer Berdasarkan Subscriber YouTube

Setelah itu, silahkan kamu pilih video, lalu pilih video apa yang akan kamu tonton. Jika video tersebut tidak bisa berputar secara otomatis, maka kamu bisa menekan tombol putar. 

Fitur playlist yang ada pada apa itu Youtube Studio ini memiliki peranan yang cukup penting. Dengan menggunakan playlist secara benar, maka kamu pun bisa memperbesar kemungkinan video muncul pada hasil pencarian Google. 

4. Memoderasi Kolom Komentar

Kamu bisa menggunakan halaman komentar untuk meninjau semua komentar yang ada pada semua konten yang kamu upload. Selain itu, dengan fitur ini kamu juga bisa membalas komentar, menyetujui atau menghapus komentar yang telah dimoderasi. Tidak hanya itu, kamu juga bisa meninjau komentar yang dilaporkan sebagai sebuah spam. 

5. Fitur Analytics

Dengan menggunakan fitur analytics ini, maka kamu bisa mendapatkan beragam informasi mengenai semua data konten video yang sudah kamu buat sebelumnya. 

Dari data tersebut, maka kamu pun bisa melihat kata kunci terbanyak untuk bisa menemukan videomu tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat video apa yang banyak disukai, dan berapa penghasilan dari masing-masing videonya. 

Dengan fitur  analytics, maka kamu bisa melihat analisis channel, seperti halnya jumlah waktu menonton, penayangan atas sebuah video, berapa banyak subscriber, pendapatanmu, asal dari trafficnya, hingga performa channel. 

Kamu bisa menggunakan fitur analitik ini untuk melihat channelmu sendiri, dan video yang sedang naik bisa kamu pantau dengan aplikasi ini. 

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui jumlah penayangan video channel dalam kurun waktu tertentu. Kamu juga bisa melakukan setting selama 7 hari, 24 hari, 90 hari, atau bahkan 1 tahun. 

Bahkan, kamu juga bisa melihat jumlah penayangan atas videomu tersebut. Hal ini bisa terjadi pada apa itu Youtube Studio selama channelmu mulai kamu buat pertama kali hingga saat ini. 

Baca Juga:   Pengertian Social Media Management dan Tips Melakukannya

Tidak hanya itu, fitur analitik ini juga bisa kamu gunakan untuk melihat bagaimana performa dari pendapatanmu atas channel Youtubemu tersebut. 

Video mana saja yang bisa memberikan kamu pendapatan terbesar dari channel Youtube yang kamu miliki tersebut. 

Dengan Youtube Studio ini, maka kamu pun bisa melakukan beragam interaksi dengan viewers. Bahkan, ketika para followers ini melakukan komentar, kamu pun bisa membalas komentar tersebut melalui aplikas ini. 

6. Mendapatkan Notifikasi

Fitur notifikasi ini bisa kamu dapatkan apabila kamu melihat pertumbuhan subscriber yang cukup signifikan. Selain itu, ada juga yang bisa memilih untuk menyesuaikan preferensi notifikasi sesuai dengan keinginanmu. 

7. Melihat Claim Content ID dan Hak Cipta

Dengan fitur yang satu ini, kamu bisa melihat info terkait klaim content ID dan penghapusan. Hal ini dikarenakan pelanggaran hak cipta yang terjadi pada video di channelmu tersebut.


Sudah Paham Apa Itu Youtube Studio dan Manfaatnya?

Secara umum, apa itu Youtube Studio ini sangatlah membantu sekaligus memudahkan para youtuber dalam melakukan setting informasi videonya. Kemudian, para youtuber ini pun bisa mempublikasikannya dengan atau tanpa iklan. 

Selain itu, dengan adanya Youtube Studio ini juga sangat memudahkan para youtuber dalam memantau videonya dengan mudah melalui smartphone ketika sedang melakukan mobilitas. 

Tentunya masih ada banyak lagi fitur yang bisa kamu temukan dalam aplikasi Youtube Studio ini. Untuk bisa memanfaatkan aplikasi ini, maka kamu harus membuat channel Youtubenya terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu pun bisa mengunduh Youtube Studio ini secara gratis melalui Google Play Store maupun App Store dengan mudah.


Dapatkan berbagai tips influencer, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password