Apa itu Youtube Influencer dan Manfaatnya untuk Marketing?

apa-itu-youtube-influencer

Sekarang ini Youtube termasuk dalam media  sosial atau platform yang besar dengan miliaran pengguna aktifnya. Oleh karena itu, banyak istilah baru muncul dan berkembang, seperti youtube influencer. Namun masih banyak yang awam mengenai apa itu youtube influencer.

Youtube influencer biasanya sering bersanding dengan urusan marketing atau mendongkrak pemasaran. Sebenarnya apa hubungan atau manfaat youtube influencer untuk marketing? Apa pula jenis-jenisnya?


Apa Itu Youtube Influencer?

Untuk kamu yang belum tahu, influencer adalah seseorang yang mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain atau orang yang melihatnya. Seorang influencer bisa mempengaruhi banyak orang karena beberapa hal yaitu otoritas, pengetahuan, posisi, atau interaksinya dengan audiens yang melihatnya.

Di era digital seperti saat ini, influencer memakai banyak platform untuk bisa memengaruhi banyak orang. Bisa dengan cara membuat konten di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga Tiktok. Seorang influencer juga sering menggunakan platform seperti Youtube. Oleh karena itu muncul istilah Youtube influencer.

Siapa Youtube Influencer yang Sebenarnya?

Tidak semua yang berkarya pada kanal Youtube bisa masuk kategori Youtube influencer. Mereka yang memiliki keunikan dengan pengikut yang banyaklah yang mendapatkan sebutan demikian. Syarat lainnya setiap konten yang mereka buat harus bisa membuat orang lain bergerak. 

Tujuan  Seorang Youtuber Membuat Konten

Tentu saja tujuannya membuat konten bisa bermacam-macam. Bisa agar orang lain melakukan gerakan sosial atau kampanye, bisa hanya sekedar bentuk pencerdasan publik, atau mengajak membeli atau menggunakan jasa tertentu. Yang terakhir ini kamu bisa menyebutnya dengan upaya marketing atau pemasaran.

Baca Juga:   Cara Membuat Thumbnail Youtube dengan Mudah

Siapa saja sasaran dari Youtube influencer? Tentu saja setiap pengguna Youtube. Biasanya seorang youtuber akan memiliki segmentasi penontonnya masing-masing. Bisa fokus ke anak-anak atau khusus  orang dewasa.


Manfaat Youtube Influencer untuk Marketing

Telah kamu baca secara sekilas pada penjelasan sebelumnya bahwa ada yang namanya seorang influencer marketing.  Sebutan ini merujuk pada aktor yang bisa mempengaruhi banyak audiens untuk bergerak membeli barang atau memakai jasa tertentu dari sebuah brand.

Konten video melalui Youtube mempunyai daya ampuh dan berkekuatan besar untuk kampanye pemasaran digital saat ini. Mengapa bisa demikian? Secara garis besar Youtube influencer memiliki banyak manfaat bagi dunia marketing. Diantaranya sebagai berikut ini:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness tidak lain adalah kesadaran merek. Secara umum, kamu bisa mengartikannya sebagai kemampuan konsumen untuk bisa mengenali dan mengingat suatu merek hanya dari melihat sesuatu yang ada dalam iklan seperti warna, objek, logo dan lain sebagainya.

Meningkatkan brand awareness menjadi hal yang penting dalam dunia marketing. Jika kamu memiliki brand baru, maka membuat pelanggan bisa akrab dengannya adalah hal yang utama. Konten dari Youtube influencer bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk menjalankan tujuan ini. Mengapa?

Pertama, pengguna Youtube yang banyak. Kedua, ketimbang iklan dari perusahaan langsung, orang-orang akan lebih percaya pada influencer. Maka sangat pas kiranya kalau kamu mencoba mengangkat brand milikmu yang baru dengan bantuan dari seorang Youtuber.

2. Youtube Influencer Bisa Memaksimalkan ROI

Sebuah iklan tentu saja ditujukan untuk meningkatkan Return On Investment atau (ROI). ROI dalam dunia bisnis berarti pengembalian investasi atau keuntungan yang dihasilkan dari sebuah investasi.

Kemampuan youtube influencer untuk menampilkan pengalaman audiovisual produk dan brand akan menjadi kunci utama mengangkat ROI. Semakin menarik konten dan diterima oleh masyarakat dengan mudah, maka investasi tersebut akan segera berbalik dan menguntungkan pemilik brand.

Baca Juga:   Tingkatan Influencer Berdasarkan Subscriber YouTube

3. Menjadi Panduan Bagi Pelanggan

Terkadang hanya dengan menggunakan sebuah pamflet atau flyer iklan tidak akan cukup membuat para pelanggan mengerti. Mereka sering kali masih mengalami kebingungan cara membeli dan menggunakan sebuah produk. Ini karena informasi yang didapat dari tulisan tidak bisa membuat fokus. Begitu juga dari pamflet iklan yang kadang terbatas medianya.

Sebuah konten yang dibuat Youtuber berbeda. Hal itu bisa membawa audiens dari tahap awal hingga akhir yaitu menggunakan produk tersebut. Yang jelas, Youtuber dengan sekali jalan bisa menggiring banyak orang untuk mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan. Apalagi jika nantinya seorang Youtube influencer mau memampang kode promo dan link ke situs web dari pemilik produk tersebut.


Jenis-Jenis Youtube Influencer

Tahukah kamu bahwa dalam dunia media sosial ada pengkategorian terhadap influencer. Beberapa kategori influencer dibagi berdasarkan dari jumlah pengikutnya.

1. Nano-Influencer

Pertama yaitu nano-influencer. Jenis yang satu ini adalah mereka yang baru saja mendapatkan pengakuan. Otomatis mereka belum memiliki banyak pengikut.  Jumlah pengikut dari konten-konten mereka tidak mencapai puluhan ribu. Biasa mereka adalah Youtuber yang baru bisa memonetisasi akun Youtube-nya.

Meskipun begitu, nano-influencer cenderung ahli dalam bidangnya atau sangat terspesialisasi. Contoh konten yang dibuat skalanya detail dan kecil.

2. Mikro-Influencer

Orang bisa yang membuat konten namun dikenal karena pengetahuan mereka tentang sebuah topik disebut dengan mikro-influencer. Jumlah pengikut juga belum terlalu banyak. Kisaran beberapa ribu pengikut saja.

Hal yang unik dari mikro-influencer adalah hubungan atau interaksinya dengan audiens yang menjadi pengikutnya baik. Para pengikutnya akan dengan senang hati mempromosikan kontennya secara gratis.

3. Makro-Influencer

Berbeda dengan mikro-influencer atau nano-influencer, yang satu ini memiliki pengikut dalam kisaran antara 40.000 hingga 1 juta pengikut akunnya. Makro-influencer sebutannya.

Baca Juga:   Cara Monetisasi Youtube dan Syarat Daftar Adsense Youtube

Dalam kategori yang ini biasanya terdapat dua jenis orang. Pertama, seorang selebriti papan tengah yang belum terlalu terkenal. Kedua, seseorang yang naik daun karena kontennya yang menarik.

Pengikutnya bisa jadi adalah fans dari artis yang memiliki akun di Youtube. Bisa juga orang-orang yang sangat tertarik pada informasi yang sering para influencer bagikan kepada mereka karena unik dan edukatif.

4. Mega-Influencer

Bagi seorang youtuber berpengaruh yang memiliki pengikut lebih dari 1 juta bisa disebut dengan mega-influencer. Kategori ini biasanya diisi oleh para selebriti yang tenar secara offline. Misalnya, bintang film layar lebar, olahragawan, pemusik, atau artis yang terkenal karena membawa acara di televisi. 

Akan tetapi, ada juga yang merangkak naik daun sejak awal di platform online.  Seperti seorang artis, seorang youtuber mega-influencer memiliki tim yang akan menangani berbagai kegiatan, terutama jadwal dan negosiasi urusan pekerjaan. Biasanya pekerjaan yang berhubungan dengan klien untuk endorsement dan kerjasama lainnya akan ditangani oleh manajer.


Yuk, Kerjasama Dengan Youtuber Influencer untuk Memajukan Bisnismu!

Kamu pastinya sudah memahami apa itu youtube influencer dan manfaatnya. Bekerjasama dengan mereka untuk mendapatkan hasil maksimal dalam penjualan adalah strategi yang baik dan penting dilakukan. Tentu saja, memilih Youtuber yang sesuai kontennya dengan produkmu akan menjadi kuncinya.


Dapatkan berbagai tips influencer, berita influencer, blogger influencer dan social media influencer hanya di Influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password