Apa Itu YouTube Go? Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

apa itu youtube go ? Berikut Kelebihan dan kekurangannya

Apa itu YouTube Go? YouTube Go merupakan aplikasi Android yang bertujuan untuk membuat YouTube lebih mudah diakses. 

Dengan menggunakan aplikasi Go, maka Anda bisa mengunduh dan membagikan video dengan pengguna lain. 

Bagi Anda yang mungkin belum mengenal YouTube Go, simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini!


Apa Itu YouTube Go?

Setelah YouTube diakuisisi oleh Google, maka mulai berubah menjadi layanan video streaming yang paling populer digunakan masyarakat. 

Bahkan, layanan dan fiturnya pun semakin canggih. Kini, semua orang bisa berbagi video dalam aplikasi YouTube, sekaligus bisa meraup keuntungan dari video tersebut. 

YouTube kini menjadi salah satu platform yang banyak dicari untuk melihat tutorial, musik, film, dan masih banyak lagi lainnya. 

Selain itu, YouTube juga sudah memiliki aplikasi tersendiri dalam smartphone bersistem operasi Android maupun iOS. 

Lantas, apa itu YouTube Go? Aplikasi Go ini merupakan aplikasi yang memudahkan para penggunanya untuk mengakses video pada perangkatnya. 

Aplikasi YouTube sendiri memiliki banyak fitur menarik yang bisa Anda gunakan, mulai dari download video yang bisa Anda akses secara offline ketika sedang tidak tersambung pada koneksi internet. 

Namun, terkadang aplikasi YouTube ini juga cukup sulit untuk diakses. Hal ini karena koneksi internetnya yang sedang lambat. 

Untuk itulah, YouTube kemudian merilis aplikasi terbarunya untuk para pengguna Android. Aplikasi tersebut bernama YouTube Go

Pada awalnya, YouTube Go versi beta ini sudah dirilis di Google Play Store pada bulan April 2017. Namun, kini YouTube telah mengumumkan bahwa aplikasi ini secara resmi sudah tersedia untuk India dan Indonesia. 


Kelebihan YouTube Go

Perlu Anda ketahui, bahwa pada akhir tahun 2017 lalu, Google membesut beberapa aplikasi yang bertajuk Go. Aplikasi ini merupakan upaya dari Google untuk para pengguna handphone low end agar tetap bisa menikmati layanan lengkap selayaknya handphone canggih. 

Aplikasi Go ini memiliki kapasitas beberapa MB saja. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk menginstal YouTube Go dan menikmatinya pada handphone dengan RAM 1 GB atau bahkan handphone dengan RAM 512 GB. 

Setelah Anda mengetahui apa itu YouTube Go, maka Anda juga perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut. 

Nah, berikut ini akan dijelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan dari YouTube Go

Baca Juga:   Ukuran Foto Profil Instagram Ideal yang Perlu Kamu Perhatikan

1. Tidak Menghabiskan Memori

Kelebihan pertama dari aplikasi Go ini adalah aplikasinya yang sangat ringan. Aplikasi Go ini memiliki ukuran file sebesar 9,4 sampai 25 MB saja. 

Namun, meski ukurannya terbilang kecil, fitur yang ada dalam aplikasi Go ini sama dengan aplikasi YouTube reguler. 

Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika aplikasi Go ini akan menghabiskan ruang penyimpanan pada ponsel Anda. 

2. Irit Kuota

Aplikasi Go ini memungkinkan para penggunanya untuk menyimpan maupun memainkan video sesuai dengan ukuran yang mereka inginkan. 

Fitur ini tentunya akan membuat Anda boros kuota, malah sebaliknya kuota Anda akan jauh lebih irit. 

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh video yang Anda inginkan untuk menontonnya lain waktu. Video yang bisa Anda unduh ini memiliki pilihan kualitas yang berbeda-beda. 

Mulai dari Basiq Quality sebesar 144p, Standard Quality dengan besar 360p,dan terakhir adalah High Quality sebesar 480p. 

Kualitas video ini bisa Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. 

3. Lebih Mudah dalam Membagikan Video

Aplikasi YouTube Go ini juga memungkinkan para penggunanya untuk berbagi video. Nah, video yang bisa dibagikan adalah video yang sudah selesai didownload. 

Anda hanya tinggal klik menu share yang ada pada bagian atas tampilan aplikasi Go. Setelah itu, video bisa langsung Anda kirim. 

4. Kompatibel dengan OS Rendah

Keuntungan lain dari apa itu YouTube Go adalah bahwa aplikasi ini sangat kompatibel dengan os rendah. Aplikasi Go ini bisa Anda pasang pada handphone yang memiliki OS 4.2.1 Jelly Bean.

5. Mengatur Data

Para pengguna aplikasi Go ini bisa mengatur data yang akan mereka gunakan untuk melihat video. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa banyak data yang sudah digunakan untuk menonton video. 

6. Memiliki Fitur Preview

Aplikasi Go ini tentunya berbeda dengan aplikasi YouTube reguler. Pada aplikasi ini, Anda bisa menyaksikan cuplikan video yang akan Anda tonton nantinya. 

Dengan begitu, maka Anda tidak akan membuang kuota secara percuma. 


Kekurangan YouTube Go

Jika ada kelebihan, tentunya ada kekurangan. Begitu pula dengan aplikasi Go ini yang juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui. 

1. Kualitas Gambar Jelek

Bagi Anda yang mungkin pernah mencoba memainkan sebuah video melalui aplikasi Go ini dalam ukuran yang kecil, tentunya akan terganggu dengan kualitas videonya. 

Dengan ukuran video yang kecil inilah yang bisa membuat Anda menghemat kuota. Namun sayangnya, hal ini mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. 

Kualitas gambar yang akan Anda dapatkan adalah gambar yang pecah-pecah dan tidak begitu jelas. Mungkin, bagi sebagian orang kualitas gambar tidak menjadi masalah. 

Namun, untuk sebagian lagi akan cukup terganggu dengan kualitas gambar yang buruk. 

Baca Juga:   Apa Itu Instagram Reels dan Manfaatnya untuk Bisnis

2. Tidak Ada Kolom Komentar

Kekurangan lain dari YouTube Go ini adalah tidak adanya kolom komentar layaknya aplikasi YouTube pada umumnya. 

Aplikasi Go ini tentunya memiliki fitur yang berbeda dari YouTube biasa. Jadi, untuk Anda yang ingin berkomentar terkait dengan video yang Anda lihat, maka ada baiknya jika Anda menggunakan YouTube versi biasa saja. 

3. Tidak Bisa Masuk ke Profil

Ketika Anda membuka video dan ingin mengunjungi profil atau kumpulan video lainnya dari channel tersebut, maka hal tersebut tidak akan bisa Anda lakukan pada aplikasi Go ini. 

Jadi, jika Anda memang ingin mencari video lainnya, maka Anda bisa mencari video tersebut dengan cara search satu per satu.


Fungsi YouTube Go

Setelah Anda memahami apa itu YouTube Go, kelebihan dan kekurangannya. Maka, Anda juga harus tau apa saja fungsi dari aplikasi Go ini. 

Sekilas, YouTube Go ini merupakan aplikasi streaming video yang hemat data. Dengan begitu, maka aplikasi ini bisa Anda jalankan ketika kecepatan internet Anda sedang melambat. 

Untuk bisa mencoba fitur yang ada dalam aplikasi Go ini, maka Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store. 

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang aktif. Tujuannya adalah untuk memantau teman yang juga menggunakan aplikasi Go tersebut. 

Selanjutnya, Anda bisa memasukkan alamat email sebagai akun aplikasi Go. Terakhir, Anda akan mendapatkan kode verifikasi melalui SMS dan memasukkan kode tersebut pada tempat yang sudah tersedia dalam aplikasi Go. 

Hal yang membedakan antara YouTube biasa dengan YouTube Go adalah dari pilihan kualitas video yang akan Anda tonton. 

Kualitas video yang bisa Anda pilih mulai dari Basic Quality (114p), Standard Quality (360p), dan High Quality (480p). 

Selain itu, Anda juga akan diberikan pilihan untuk bisa langsung menonton video dengan menu play. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menonton video dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu melalui menu download. 

Apabila video sudah Anda unduh, maka secara otomatis video tersebut bisa Anda nikmati juga ketika handphone tidak terhubung dengan jaringan internet. 

Fitur menarik lainnya dari aplikasi apa itu YouTube Go ini adalah send dan receive. Kedua fitur ini bisa memudahkan Anda untuk berbagi video dengan sesama pengguna aplikasi Go. 

Anda bisa berbagi video melalui koneksi Bluetooth maupun Wi-Fi Direct. 

Terdapat tiga hal yang paling ditekankan dari YouTube pada aplikasi Go ini. 

  • Pertama adalah dari segi kemudahan para penggunanya untuk bisa mengakses video YouTube dari seluruh dunia. 
  • Kedua, para pengguna bisa menikmati video YouTube ketika tidak ada koneksi internet yang tersambung pada handphonenya. Cara menikmati video tanpa kuota ini adalah dengan cara mengunduh video tersebut. 
  • Ketiga, Anda dan para pengguna aplikasi Go yang lain bisa berbagi video YouTube dengan teman maupun keluarga dengan mudah. 
Baca Juga:   Pronouns Instagram : Fitur dan Juga Manfaatnya Bagi Bisnis

Memulai YouTube Go

Proses login ke YouTube Go cukup mudah. Namun, hal ini akan dipengaruhi dari jumlah akun Google yang aktif pada perangkat seluler yang Anda gunakan. 

Untuk itu, Anda harus online terlebih dahulu untuk bisa login ke aplikasi Go ini. 

  1. Silahkan Anda buka aplikasi YouTube Go. 
  2. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Klik berikutnya. 
  3. Jika Anda belum memiliki akun Google, maka pilih tambahkan akun Google dan ikuti petunjuk selanjutnya. 
  4. Jika perangkat seluler Anda memiliki dua akun Google, maka pilih saja salah satu akun yang ingin Anda gunakan untuk mendaftar. 
  5. Anda juga bisa memilih topik yang Anda sukai jika Anda mau. 
  6. Tinjau Izin. 
  7. Pilih dan klik Mulai. 

Bagi Anda yang ingin mengubah bahasa dari apa itu YouTube Go, maka Anda bisa masuk ke menu profil. Lalu, silahkan Anda pilih setelan, klik bahasa, dan pilih bahasa yang ingin Anda gunakan. 

Aplikasi Go ini akan memudahkan Anda untuk menemukan dan mengunduh video terbaru dan yang paling populer dari seluruh dunia. 

Anda bisa menonton video yang sudah berhasil di download kapan saja tanpa perlu akses internet. 


Download Video di YouTube Go

Dengan YouTube Go ini, maka Anda bisa mendownload video untuk Anda tonton secara offline ketika ponsel tidak tersambung lagi dengan internet. 

Caranya adalah silahkan Anda buka video yang ingin Anda download. Ketuk thumbnail video. Setelah itu, silahkan Anda pilih kualitas video yang Anda inginkan. Terakhir, klik download. 

Tombol download akan berubah warna menjadi biru jika proses download sudah selesai. Jika internet Anda putus ketika sedang mendownload video, maka proses download akan berlanjut secara otomatis ketika perangkat Anda terhubung kembali dengan internet. 


Kesimpulan

Apa itu YouTube Go merupakan aplikasi Android yang bertujuan untuk membuat video streaming lebih mudah diakses. Tentunya, aplikasi ini akan lebih memudahkan para pengguna untuk mengunduh dan membagikan sebuah video kepada orang lain. 

Bahkan, Anda bisa membagikan video yang sudah Anda unduh tersebut melalui koneksi Bluetooth. Selain itu, aplikasi YouTube Go ini juga menawarkan lebih banyak pilihan untuk kontrol data seluler dan revolusi video. 

Jika video yang Anda download tidak lagi tersedia untuk pemutaran secara offline, maka video tersebut akan terhapus dari perangkat Anda pada sinkronisasi berikutnya.


Dapatkan berbagai informasi seputar influencer, seperti social media influencer, berita influencer, maupun marketing influencer hanya di influencer101.id.

Baca juga:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password