Apa itu WordPress? Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangannya

apa itu wordpress

Dalam dunia yang serba digital seperti saat ini, istilah wordpress pasti tidak asing lagi bagi sebagian orang. WordPress erat kaitannya dengan pembuatan konten website. 

Jadi untuk kamu yang sedang ingin membangun website. Kamu wajib tahu terlebih dahulu istilah wordpress, kelebihan dan kekurangannya.


Apa Itu WordPress?

WordPress adalah sebuah CMS atau content management System yang diluncurkan oleh Matt mullenweg dan Mike little yang bisa membantu kamu membuat dan mengelola website tanpa coding. Artinya kamu bisa mengatur tampilan dan menambah fitur website kamu dengan mudah sehingga cocok untuk para pemula.

Dalam membangun website, ada dua tipe CMS ini yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Apa itu wordpress.com dan wordpress.org?

WordPress.com yaitu sebuah layanan untuk membuat website dengan platform wordpress secara gratis dan berbayar.  Sedangkan wordpress.org yaitu sebuah website yang menyediakan platform website secara gratis, namun untuk hosting dan domainnya kamu harus membeli dulu.

Nah setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangannya.


Apa Kelebihan WordPress?

Adapun kelebihan CMS ini sebagai pendukung berbagai jenis website antara lain.

1. Hemat Biaya

Kelebihan wordpress pertama adalah hemat biaya. Bahkan bisa kamu gunakan secara gratis alias tanpa biaya sekalipun. 

Namun tentunya yang gratis tidak selengkap yang berbayar. Jadi sebaiknya disarankan untuk menggunakan yang berbayarnya. Untuk yang berbayar kamu hanya perlu membeli hosting nya ya.

Adapun untuk hostingnya pun sudah sangat terjangkau. Intinya kamu hanya perlu mencari layanan hosting terbaik yang menyediakan hosting termurah. Bahkan ada salah satu hosting yang menawarkan Rp. 26.000/Bulan kamu sudah bisa mendapatkan hosting untuk website yang akan kamu jalankan.

Baca Juga:   Cara Menulis Artikel yang Benar dan Menarik

2. Instalasinya Mudah

Bagi para pemula, kamu tidak perlu khawatir mengalami kesusahan dalam menginstal CMS ini. Hal ini karena salah satu kelebihannya adalah instalasinya yang mudah.

Bahkan hanya dengan beberapa klik saja kamu sudah bisa menjalankannya. Menarik bukan?

3. Updatenya Praktis

Bagi kamu yang sering mengalami kendala update, wordpress menawarkan kelebihan yaitu proses update yang praktis. Bahkan hanya dengan klik tombol update yang ada di halaman utamanya, kamu sudah bisa update CMS  mu ke versi terbaru. 

Untuk cara yang lebih mudah lagi, kamu bisa menggunakan hosting yang menawarkan update otomatis. Dengan begitu, website  kamu akan terus ter up to date setiap saat.

4. Kaya Akan Fitur Tambahan dari Plugin

Kelebihan wordpress selanjutnya adalah kaya akan fitur tambahan dari plugin. Apa itu plugin?

Plugin merupakan software tambahan yang bisa kamu instal di wordpress dan bisa membantu kamu dalam menjalankan website mu. Misalnya seperti menambahkan fitur ke website atau dengan membantu meningkatkan kinerja website kamu.

Menariknya, kamu bisa mendapatkan plugin gratis dari repositori milik CMS ini loh. Atau jika kamu ingin versi lengkapnya, kamu bisa menggunakan plugin berbayar yang memang sudah disediakan.

5. Tampilan Mudah Diganti dan Diatur

Mengubah tampilan website di wordpress adalah hal yang mudah. Kamu hanya tinggal memilih kemudian menginstal tema yang cocok untuk websitemu.

Bahkan tema website tersebut juga gratis, namun tidak menutup kemungkinan ada juga yang berbayar. Untuk tema gratis nya sudah memiliki fitur-fitur dasar seperti layout, font, dan sebagainya.

Adapun untuk berbayar biasanya menyediakan fitur yang lebih lengkap. Jadi kamu tinggal menentukan sendiri untuk menggunakan yang mana ya.

6. Ramah Optimasi Mesin Pencarian

Kelebihan wordpress berikutnya adalah ramah dalam optimasi mesin pencarian. Jadi bagi kamu yang ingin website kamu terus dikunjungi banyak orang dan berada di peringkat pertama mesin pencarian google. Ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk website kamu. 

Dengan CMS ini kamu bisa mengubah permalink dan alt text untuk menyisipkan kata kunci yang banyak dicari. Nah dengan teknik inilah website kamu bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Baca Juga:   Jenis Jenis Blog dan Contohnya yang Bisa Menginspirasi

7. Ramah Perangkat Mobile

Bagi kamu yang suka bekerja dengan mobile, kamu tidak perlu khawatir karena CMS ini ramah perangkat mobile. Dengan begitu kamu juga bisa melihat bagaimana tampilan website kamu dalam versi mobile.

Ini tentunya akan sangat menguntungkan untuk membuat website kamu tampil rapi. Tampil rapi ini perlu dalam pembuatan website, hal ini karena sebuah kerapian website bisa menjadi daya tarik pengunjung untuk terus mau berkunjung ke website kamu. 

Nah dengan adanya kelebihan yang ramah perangkat mobile ini. Kamu bisa membuat website yang mobile-friendly sehingga bisa lebih menarik. 

8. Bisa Dihubungkan dengan Layanan Pihak Ketiga

Kelebihan wordpress adalah bisa dihubungkan dengan berbagai layanan pihak ketiga. Ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang merasa masih kurang dengan plugin yang ada di wordpress. 

Misalnya  menghubungkannya dengan layanan email marketing seperti mailchimp atau dengan google analytics untuk mengetahui data pengunjung yang mengunjungi website kamu. 

9. Bantuan Mudah Didapatkan

Bagi kamu para pengguna pemula, kamu tidak perlu khawatir mengalami kesulitan dalam menjalankan CMS ini. Mengapa demikian?

Hal ini karena wordpress merupakan salah satu CMS yang cukup terkenal dan sudah banyak digunakan. Jadi untuk mengetahui hal-hal berkaitan dengan CMS ini sudah banyak tersedia di internet.

Jika kamu mengalami kesulitan sekalipun dalam menjalankannya, kamu tinggal mencari solusinya di pencarian google. Bahkan sudah tersedia tips dan trik bagaimana menjalankan wordpress. Jadi kamu tidak perlu khawatir ya!

Setiap hal tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya, begitupun dengan CMS ini. WordPress juga memiliki kekurangan dari beberapa segi, lalu apa itu kekurangannya?


Apa Kekurangan WordPress?

Berikut beberapa beberapa kekurangan CMS ini dan cara mengatasinya yang penting kamu ketahui.

1. Perlu Instalasi Manual

Kekurangan wordpress pertama adalah perlunya instalasi manual dalam proses hosting, terutama bagi yang menggunakan hosting sendiri. Ini tentunya merupakan suatu tantangan untuk kamu para pengguna pemula.

Namun dalam hal ini kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan simple wordpress hosting. Apa itu?

Simple wordpress hosting merupakan hosting yang cukup ramah bagi para pemula. Sehingga dalam menjalaninya pun sangat lah mudah jadi pastinya tidak akan membuatmu kesulitan.

Baca Juga:   User Generated Content: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

2. Masih Menjadi Sasaran Hacker

Popularitas wordpress yang cukup tinggi membuatnya sering menjadi incaran para hacker. Bahkan 94% serangan hacker ditujukan untuk CMS ini. Ini tentunya bukanlah hal baik bukan?

Untuk mengatasi hal ini, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan meningkatkan keamanan CMS kamu secara rutin. Salah satunya yaitu dengan selalu aktif update CMS website. Jadi jangan lupa untuk selalu update ya!

3. Ada Plugin dan Tema yang Tidak Berkualitas

Kekurangan wordpress selanjutnya adalah tidak semua plugin dan tema yang tersedia di dalamnya berkualitas. Terutama untuk tema dan plugin yang dalam pembuatannya menggunakan coding yang buruk dan tidak pernah update. 

Untuk itulah dalam hal ini kamu harus selalu teliti dalam memilih plugin dan tema untuk website kamu. Kamu bisa memperhatikan rating atau review dari plugin atau tema yang akan kamu perbaharui tersebut ya.

4. Kecepatan Berkurang Seiring Penggunaan

Kekurangan wordpress terakhir adalah kecepatannya yang akan berkurang seiring penggunaannya. Ada banyak hal yang menjadi penyebab website kamu berkurang kecepatannya.

Beberapa diantaranya yaitu kamu memasang banyak gambar di website dan menginstal plugin-plugin yang tidak penting. Jadi agar website kamu terhindar dari lemot, kamu sebaiknya menghindari hal tersebut ya. 

Tidak hanya itu, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa memeriksa pingdom atau melakukan tes kecepatan website secara berkala ya. 

Kesimpulan

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu wordpress? Apa kelebihan dan kekurangannya?

Selanjutnya kamu tinggal memutuskan untuk menggunakan CMS ini atau tidak untuk membangun website kamu. Namun jika berdasarkan pada kelebihan dan kekurangan tersebut. Ternyata kelebihan CMS ini  lebih banyak ya daripada kekurangannya?

Hal ini juga yang menjadi penyebab kenapa banyak pengguna yang memilih CMS ini sebagai sarana untuk membangun websitenya. Tipsnya, kamu tinggal menjalankannya dengan sebaik-baiknya, atasi setiap kekurangan dari CMS ini dengan cara yang diatas ya. Semoga  artikel ini bermanfaat!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar influencer, Blogger influencer, influencer marketing, dan lain-lain hanya di influencer101.id.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password